Inspirasi Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah, Bermanfaat dan Berpeluang!

Wirausaha kerajinan bahan limbah memiliki banyak manfaat, baik untuk lingkungan maupun masyarakat sekitar.

Bahkan, omset dari bisnis olahan sampah ini bisa mencapai ratusan juta rupiah, lho.

Hanya memerlukan modal yang sedikit, bisnis olahan sampah ini menjadi tren baru di kalangan pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Apa Itu Kerajinan Bahan Limbah?

Kerajinan bahan limbah adalah teknik mengelola atau mendaur ulang suatu bahan olahan limbah, agar menjadi sebuah produk baru atau kerajinan baru yang bermanfaat, memiliki nilai jual, dan menjadi peluang bisnis.

Inspirasi Bisnis Hasil Olahan Limbah

Tanpa perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk memulai bisnis kerajinan hasil olahan limbah.

1. Kerajinan Taplak dan Keset Kain Perca

Siapa sangka bahan olahan hasil produk garmen bisa menjadi kerajinan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dengan bermodalkan bahan kain perca sisa produksi garmen, kamu bisa merangkainya menjadi sebuah taplak meja atau sebuah keset.

Proses pembuatannya juga sangat mudah. Cukup merangkai bahan limbah tersebut dan menjahitnya menjadi sebuah motif taplak meja atau keset. Selain itu, harga jual dari produk wirausaha kerajinan bahan limbah cukup lumayan, lho. Kamu bisa menjualnya dengan harga Rp10.000 sampai Rp15.000 per taplak meja.

2. Lukisan Cangkang Telur

Potensi yang kedua dalam peluang wirausaha kerajinan bahan limbah selanjutnya adalah dengan membuat lukisan cangkang telur. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kerajinan seni satu ini juga cukup sederhana. Hanya beberapa cangkang telur saja yang tentunya bisa dengan mudah kamu temukan.

Untuk proses pengerjaannya, kamu hanya perlu membuat desain lukisan bermotif di sebuah kanvas atau bingkai dengan cara menyusun beberapa buah cangkang telur. Namun, untuk bisa melakukannya, tentu saja kamu perlu memiliki bakat dan passion di bidang melukis agar hasil karya kamu lebih memiliki nilai jual.

3. Hiasan Bunga dari Kulit Jagung

Wirausaha kerajinan bahan limbah yang ketiga yang bisa kamu coba kembangkan adalah membuat hiasan bunga dari kulit jagung. Bahan dasarnya tentu saja kulit jagung. Kemudian, kamu rangkai menjadi sebuah bunga dengan motif yang menarik. Peluang usaha ini terbilang masih sangat jarang di industri olahan sampah.

Jadi, kamu bisa memiliki potensi perkembangan bisnis yang cukup besar. Selain itu, omset yang ditawarkan dari kerajinan hiasan bunga ini juga cukup besar, lho, jika kamu sudah mengetahui target pasarnya.

Namun, kamu perlu membuat hiasan bunga dengan kualitas yang bagus dan corak warna yang menarik, supaya konsumen tertarik untuk membelinya. Biasanya, pemanfaatan hiasan bunga ini untuk mempercantik ruang tamu. Jadi, pastikan kamu membuat hiasan dengan motif yang mencolok dan pemilihan warna yang  cerah.

4. Tempat Sampah Berbahan Ban Bekas

Tempat sampah dengan bahan dasar ban bekas bisa menjadi peluang wirausaha kerajinan bahan limbah. Peluang ini sangat menjanjikan dengan omset puluhan juta, mengingat kebutuhan konsumen akan tempat sampah cukup besar.

Kamu bisa memulainya dengan cara mengumpulkan bahan ban bekas, yang kemudian kamu rangkai menjadi bentuk tempat sampah sederhana. Agar tampak lebih menarik, beri juga hiasan di bagian luar tempat sampah ini. Atau, untuk lebih simpel, kamu bisa memberikan gambar di bagian luar tempat sampah.

5. Pot Bunga Berbahan Botol Bekas

Botol bekas saat ini menjadi permasalahan sampah yang sangat berdampak bagi kualitas lingkungan dan ekosistem. Karena botol plastik ini sifatnya tidak dapat hancur dan cenderung merusak lingkungan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan sampah botol plastik ini menjadi peluang  wirausaha kerajinan bahan limbah. Caranya, dengan membuat botol plastik menjadi sebuah pot bunga yang cantik.

Kamu cukup memotong botol plastik di bagian tengah, kemudian memberikan hiasan tambahan agar terlihat cantik, maka jadilah sebuah pot bunga yang memiliki nilai jual. 

6. Asbak dari Kaleng

Bahan sampah yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha terakhir adalah kaleng bekas. Dengan sebuah kaleng, kamu bisa mengolahnya sebagai asbak unik yang memiliki nilai jual.

Peluang wirausaha kerajinan bahan limbah kaleng bekas ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membentuk asbak minimalis dengan bahan kaleng bekas. Selain itu, berikan juga hiasan atau cat warna agar asbak tersebut terlihat lebih menarik.

7. Tas dari Kemasan Plastik

Sebagian besar kemasan produk berbahan plastik, sehingga sampah kemasan ini terhitung paling banyak. Oleh sebab itu, demi mengurangi sampah plastik, kamu bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha dengan membentuk kemasan plastik menjadi tas cantik.

Kamu bisa menggunakan kemasan minuman bubuk maupun makanan, kemudian kamu rangkai, tempel atau jahit hingga menjadi tas yang memiliki nilai jual. Sebaiknya, pilih kemasan yang tidak mudah sobek, agar tas bisa bertahan lebih lama.

Kelebihan Memulai Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Nah, untuk membuat kamu tertarik mencoba sektor bisnis olahan sampah ini, berikut adalah keunggulan dari usaha bahan olahan limbah.

1. Modal yang Minim

Untuk memulai usaha ini, kamu tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Modal utama dari usaha ini adalah keyakinan yang kuat. Selain itu, kamu juga bisa memulai usaha olahan sampah ini tanpa modal sepeserpun. 

2. Persaingan Bisnis Rendah

Jika kamu berhasil membuka peluang wirausaha kerajinan bahan limbah, maka kamu telah membuka sektor baru dalam industri tersebut. Hal ini berdampak pada persaingan bisnis yang relatif rendah, karena masih sangat jarang sektor usaha ini di Indonesia.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka sektor baru di industri olahan sampah di Indonesia.

3. Mengatasi Permasalahan Sampah 

Keunggulan yang ketiga dari pemanfaatan limbah sebagai peluang usaha adalah untuk mengatasi permasalahan sampah, khususnya yang terjadi kota-kota besar. Telah kita ketahui bahwa sampah di kota besar sangat menumpuk dan mengganggu. 

Selain itu, penampungan sampah juga terbilang sedikit, sehingga menimbulkan permasalahan lain yang lebih besar. Dengan membuka wirausaha kerajinan bahan limbah, maka sampah jenis tertentu dapat ditangani bahkan justru bermanfaat.

4. Memperbaiki Perekonomian Masyarakat

Hal terakhir yang akan kamu dapatkan ketika sukses menjalankan bisnis bahan olahan sampah ini adalah membaiknya perekonomian warga. Hal ini tidak terlepas dari kamu yang nantinya mempekerjakan warga sekitar, agar bisnis kamu dapat lebih berkembang.

Perekonomian masyarakat tentu saja akan sangat terbantu dengan hadirnya sektor usaha ini. Terutama, bagi wilayah yang cenderung tertinggal dengan peluang bisnis yang sedikit. Dengan adanya wirausaha kerajinan bahan limbah, tentu saja akan membuka lapangan kerja baru yang lebih luas di suatu wilayah.

Tertarik Memulai Bisnis Olahan Sampah?

Nah, itu dia pembahasan lengkap tentang wirausaha kerajinan bahan limbah beserta contoh usahanya.

Perlu kamu ketahui, bahwa dalam memulai bisnis, hal utama yang harus kamu tanamkan adalah niat yang kuat.

Selain itu, kamu juga perlu keberanian untuk memulainya dan berani untuk mengambil resiko. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait