Warung Kelontong Modern, Berpeluang untuk Dimulai!

Warung kelontong modern merupakan solusi untuk meningkatkan penjualan usaha warung kelontong di masa serba teknologi sekarang ini.

Desain warung kelontong modern yang menarik mampu memikat banyak pelanggan sehingga jumlah pelanggan warung kelontong bisa meningkat dengan cepat.

Cara Kerja Warung Kelontong Modern

Sebelum kamu mulai mengubah warung kelontong milikmu menjadi warung kelontong modern, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara kerja dari sistem warung seperti ini.

Cara kerja dari warung kelontong semacam ini adalah memanfaatkan keberadaan teknologi canggih yang mampu meningkatkan produktivitas dari kegiatan warung tersebut. Misalnya seperti proses transaksi, pembukuan, monitoring stok barang, dan lain sebagainya.

Biasanya teknologi tersebut tersedia dalam bentuk aplikasi baik untuk aplikasi komputer maupun Android. Aplikasi tersebut akan menyediakan berbagai fitur menarik yang berkaitan dengan pengelolaan terhadap warung kelontong milik kamu.

Contohnya adalah fitur transaksi. Dengan menggunakan aplikasi ini, warung kelontong milik kamu akan mendukung berbagai macam jenis pembayaran dalam satu transaksi.

Tidak hanya pembayaran secara cash, kamu juga bisa menerima pembayaran melalui e-banking atau bisa juga melalui dompet digital.

Selain mampu meningkatkan jumlah pelanggan, transaksi dengan aplikasi ini juga bisa menjadi cara untuk membuat monitoring stok barang bisa menjadi lebih tepat. Setiap kali terjadi transaksi, sistem akan mengurangi jumlah stok barang sesuai dengan transaksi yang terjadi.

Kemudian dengan menggunakan aplikasi ini, warung kelontong milik kamu bisa melakukan pengadaan stok barang dengan lebih mudah.

Hal ini karena biasanya aplikasi semacam ini menyediakan agen grosir yang sudah bekerja sama dengan penyedia layanan aplikasi tersebut.

Bagaimana, aplikasi warung kelontong ini bisa sangat membantumu dalam melakukan pengelolaan warung milik kamu, bukan?

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak lagi fitur yang bisa kamu dapatkan.

Namun, untuk bisa menjalankan warung kelontong dengan sistem semacam ini, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal.

Berikut pembahasannya.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui seperti apa cara kerja dari warung kelontong modern, maka kamu juga harus memahami apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum menjalankan usaha yang satu ini.

Berikut ulasannya.

1. Bangunan untuk Lokasi Warung Kelontong

Untuk membuka usaha toko kelontong modern, kamu juga perlu mempersiapkan tempat yang akan kamu gunakan untuk menjalankan usaha warung ini.

Tempat ini nantinya akan kamu gunakan sebagai warung yang akan dikunjungi oleh pelanggan-pelanggan yang ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal ini, kamu perlu memperhatikan lokasi dari bangunan yang akan kamu jadikan tempat usaha warung kelontong. Pastikan lokasi tersebut memiliki akses jalan yang mudah dan juga pastinya berada di tempat yang strategis. 

Dengan memenuhi kedua kriteria tersebut, warung kelontong milik kamu bisa lebih mudah untuk orang-orang temukan. Sehingga mereka pun tidak perlu mengeluarkan usaha lebih untuk mencari lokasi dari warung kelontong milik kamu ini.

2. Modal Usaha Warung Kelontong Modern

Apabila sudah menemukan tempat yang cocok untuk membeli stok barang dan juga lokasi yang sangat pas, maka sekarang saatnya kamu harus memikirkan modal usaha untuk toko kelontong modern ini.

Modal usaha untuk membuka warung kelontong terbilang besar di awal. Apalagi jika kamu membangun usaha warung kelontong benar-benar dari nol. 

Waktu yang kamu butuhkan untuk bisa balik modal juga tidak bisa kamu nikmati secara singkat karena kamu masih perlu membangun branding warung kelontong milik kamu ini.

Untuk itu, buatlah rincian modal usaha yang harus kamu keluarkan dan juga siapkan modal usaha sesuai rincian tersebut.

Mengenai pengeluaran pembelian stok barang, sebaiknya kamu jangan membeli terlalu banyak barang terlebih dahulu. Hal ini berlaku apabila kamu membangun warung kelontong mulai dari nol.

3. Aplikasi Warung Kelontong Modern

Apabila ketiga hal sebelumnya sudah kamu persiapkan, sekarang saatnya untuk mempersiapkan aplikasi yang akan kamu gunakan untuk membuat warung kelontong dengan menerapkan desain warung kelontong modern.

Dalam hal ini, terdapat dua pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Hal yang pertama adalah opsi untuk membuat aplikasi sendiri dengan membayar jasa developer untuk membuatkan aplikasi khusus untuk warung milik kamu.

Opsi yang pertama ini memiliki keunggulan yaitu aplikasi bisa menjadi berbeda dengan yang lain dan pembuatannya khusus hanya untuk warung milik kamu saja. Sayangnya, kekurangan dari opsi yang pertama ini adalah biayanya yang terlampau tinggi dan proses pembuatannya yang tidak sebentar.

Sedangkan opsi yang kedua yaitu dengan menggunakan layanan aplikasi yang sudah jadi. Opsi ini bisa kamu pilih apabila kamu hanya memiliki modal yang terbatas. Selain biaya yang murah atau bahkan gratis, proses pendaftaran warung kamu di aplikasi semacam ini juga terbilang mudah dan tidak ribet.

Rekomendasi Aplikasi Warung Kelontong Modern

Sebelumnya sudah bisa kamu ketahui bahwa kamu harus mempersiapkan aplikasi untuk menjalankan warung modern milikmu ini.

Nah, apabila kamu kebingungan dalam mencari aplikasi semacam itu, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar pertimbanganmu.

1. E-Kelontong

E-Kelontong

E-Kelontong

Merupakan aplikasi warung kelontong modern yang bisa kamu nikmati keseluruhan fiturnya secara gratis.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi E-Kelontong ini melalui layanan Google Play Store kemudian melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang mereka sediakan.

E-Kelontong menyediakan dua pilihan pendaftaran yaitu sebagai pemilik toko maupun sebagai agen grosir yang menyediakan stok barang untuk para pemilik toko yang terdaftar di aplikasi tersebut.

2. Warung Pintar

Warung Pintar

Warung Pintar

Aplikasi warung kelontong modern yang selanjutnya adalah Warung Pintar.

Seperti namanya, aplikasi ini bisa membuat warung kelontong milik kamu menjadi lebih pintar dan canggih dengan teknologi yang mereka miliki.

Cara untuk bergabungnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi Warung Pintar ini melalui Google Play Store.

Kemudian tinggal daftarkan saja warung kelontong milik kamu. Setelah itu, warungmu sudah menjadi warung modern yang bisa kamu kelola lewat aplikasi.

Kamu juga bisa menikmati berbagai promo yang biasanya mereka tawarkan sehingga kamu bisa mendapatkan barang dari agen dan supplier dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Kemudian kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan barang dari agen supplier.

Warung Pintar sudah memiliki 52 gudang dan juga 5 depo yang sudah tersebar di 200 lebih Kota dan Kabupaten di Indonesia dengan jumlah supplier mencapai lebih dari 500 agen yang siap mengisi barang di warung kelontongmu.

Mulai Warung Kelontong Modern Sekarang Juga!

Melihat kemudahan yang bisa kamu dapatkan, kamu tidak perlu ragu lagi untuk memodernisasi warung kelontong yang kamu miliki.

Ubahlah warung milikmu dengan desain warung kelontong modern dan rasakan berbagai kemudahan dalam pengelolaannya.

Semoga berhasil!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait