7 Tips Sukses Memulai Usaha Warkop Indomie Omset Fantastis

Usaha warkop Indomie atau warmindo akhir-akhir ini mulai menjamur di berbagai daerah mulai dari kota-kota besar hingga pelosok. Banyak orang yang memilih membuka bisnis warmindo karena modal yang mereka keluarkan relatif sedikit namun keuntungan yang akan mereka dapatkan cukup besar.

Sekilas Tentang Warmindo

Warung makan Indomie biasanya menjual varian menu pinggiran dengan harga sangat murah dan rasa nikmat. Menu utama dari warmindo tersebut adalah olahan mi instan (atau Indomie) yang banyak disukai orang-orang dari berbagai kalangan, terlebih anak kos, mahasiswa, pekerja pabrik dan lain-lain.

Nah, jika kamu berminat membuka bisnis kuliner ini, cari tahu tips-tips khusus agar bisnis warmindo milikmu sukses dan meraup banyak keuntungan.

Tips Membuka Usaha Warkop Indomie Omset Melimpah

Sebelum kamu membuka bisnis makanan ini, ada baiknya kamu perlu mengetahui tips berikut agar warung makan Indomie-mu selalu ramai pengunjung.

1. Tips Sukses Usaha Warkop Indomie, Siapkan Modal

Modal adalah hal penting dan wajib kamu siapkan saat ingin membuka bisnis apapun. Banyaknya modal yang harus dikeluarkan tergantung jenis dan bahan makanan apa yang akan kamu jual.

Nah, untuk bisnis warmindo sendiri kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar. Ini karena bahan utama warmindo adalah mi instan yang harga jualnya sangat ramah kantong alias super terjangkau.

Apalagi kalau kamu sudah punya tempat sendiri untuk jualan, bisa sangat menghemat biaya modal usaha warkop indomie karena kamu tidak perlu membayar biaya sewa atau mengontrak.

Rincian perkiraan besar modal yang harus kamu keluarkan adalah: 

  • Alat properti seperti kursi, meja, dan alat-alat makan sebesar Rp1.500.0000.
  • Bahan baku seperti mi instan, telur, sayuran, kopi, teh, keju, minuman sachet dan lain sebagainya sekitar Rp3.600.000. 
  • Biaya air, listrik dan perawatan lain, kisaran angka Rp400.000.

Total modal awal ini sebesar kurang lebih Rp5.500.000. Sedangkan untuk modal berikutnya hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp4.000.000 saja untuk kembali membeli bahan baku dan biaya rutin lainnya.

Modal ini cocok untuk perintisan warung makan Indomie sederhana. Namun jika kamu ingin memodifikasi warungmu seperti cafe, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Apalagi jika promosinya menggunakan influencer terkenal, maka siapkan modal yang lebih besar.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Selain modal yang cukup, kamu juga harus memilih lokasi penjualan yang strategis dan berpotensi didatangi banyak pengunjung.

Memilih lokasi yang tepat tidak hanya membuat usaha warkop Indomie ramai pengunjung, namun juga bisa menekan biaya modal agar tidak terlalu mahal. Misalnya saja kamu memilih  rumahmu untuk lokasi usaha, maka biaya yang kamu keluarkan tidaklah terlalu besar karena kamu tidak perlu membayar uang sewa.

Penting untuk kamu ketahui, biasanya lokasi usaha strategis yang berpotensi ramai pengunjung adalah terletak pada pusat keramaian atau sekitaran fasilitas publik seperti dekat kampus atau pabrik. 

Tempat-tempat tersebut sering menjadi lokasi lalu lalang orang beraktivitas sehingga sangat cocok untuk mendirikan usaha kuliner.

Selain tempat, perhatikan juga akses jalan yang akan pengunjung lalui. Jangan sampai akses jalannya sulit dan membuat mereka enggan mampir ke warungmu. Pastikan juga ada tempat parkir yang cukup luas agar pelanggan tidak kesusahan mencari parkiran.

3. Buatlah Konsep Unik dan Berbeda dari Warung Lainnya

Konsep yang unik akan membuat pengunjung cepat mengenal warungmu. Kamu bisa membuat warung dengan konsep kekinian  ala anak-anak muda, misalnya saja desain warung yang sederhana tapi instagramable, fasilitas AC, hingga akses WiFi yang mumpuni.

Desain tempat makan yang instagramable akan sangat mudah menarik minat kalangan pemuda seperti anak kuliahan untuk berkunjung. Sebab selain makan, biasanya mereka akan memanfaatkan tempat untuk berfoto lalu upload ke sosial media.

Kamu bisa memilih konsep indoor atau outdoor sesuai dengan jumlah modal dan kondisi lapangan. Usahakan tempat yang kamu gunakan untuk berjualan memang nyaman untuk pengunjung dalam menikmati makanan atau berbincang dengan teman-temannya (nongkrong).

Kamu juga bisa mengonsep penyajian warung yang unik. Misalnya cara pemesanannya tidak menggunakan cara lama yang pembeli langsung memesan kepada penjual. Namun kamu bisa menggunakan cara pembeli mengambil sendiri varian indomie beserta topping-nya, lalu pembeli menyerahkan kepada penjual.

Nah, karena zaman semakin berkembang, kamu juga bisa menjual menu usaha warkop Indomie melalui aplikasi pemesanan makanan online. Dengan cara begitu, jangkauan penjualanmu akan semakin luas dan pelangganmu akan semakin banyak.

Sediakan berbagai promo makanan yang bisa menarik pelanggan, karena biasanya mereka sangat tergiur dengan banyaknya promo yang sudah kamu sediakan.

4. Usaha Warkop Indomie, Buatlah Berbagai Macam Varian Menu

Menu yang kamu sediakan haruslah beragam dan menarik, sehingga tidak hanya masakan Indomie rumahan biasa. Para konsumen suka sekali dengan olahan mi instan warmindo, oleh karena itu jangan ragu untuk mencoba berbagai resep baru.

Kamu bisa mengolah Indomie bersama dengan beragam varian topping seperti sosis, kornet, telur, bakso dan lain-lain serta bumbu tambahan rahasia yang kamu racik sendiri.

Sajian mi instan seperti ini terasa lebih nikmat daripada mi instan biasa tanpa topping. Inilah yang membuat menu mi instan kamu berbeda dengan olahan mi instan rumahan yang umumnya sangat biasa.

Selain menu varian Indomie, kamu juga bisa menambah menu lain selain mi instan. Misalnya saja makanan kecil seperti dimsum, siomay, atau aneka gorengan lainnya plus olahan minuman kekinian yang menyegarkan dan enak.

5. Siapkan Peralatan Penting yang Kamu Butuhkan

Peralatan-peralatan penting untuk usaha warkop Indomie juga harus kamu persiapkan secara lengkap dan teliti. Peralatan ini biasanya terdiri dari kursi, meja, piring, kompor, gelas, panci, dan lain-lain.

Selain alat-alat tersebut, bahan-bahan masakan perlu juga kamu persiapkan. Pastikan bahan baku penting dalam masakan sudah lengkap untuk nantinya kamu gunakan memasak.

Jika warungmu ada fasilitas WiFi atau televisi, pastikan pula keduanya bekerja dengan baik, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung warung kamu.

6. Usaha Warkop Indomie, Tentukan Harga Jual yang Sesuai

Setelah semuanya sudah selesai, step selanjutnya adalah kamu perlu menentukan harga jual yang sesuai. Ini merupakan bagian terpenting dan cukup rumit karena kamu benar-benar harus menghitungnya dengan cermat.

Mematok harga jual yang terlalu tinggi bisa membuat pelanggan enggan berkunjung. Namun jika harga jualnya terlalu murah itu akan membuat keuntungan yang kamu dapatkan sedikit.

Oleh karenanya, kamu sangat perlu cermat dan melakukan riset pasar tentang harga-harga yang sudah kompetitor gunakan. Kamu juga perlu menyesuaikan dengan harga bahan baku dan modal awal sebelum menentukan harga jual standar menu makanan di warmindo.

7. Usaha Warkop Indomie, Lakukan Promosi Secara Kreatif dan Inovatif

Promosi adalah kegiatan penting agar usaha warkop Indomie kamu lebih banyak orang mengenalnya. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahamu, seperti membuat konten dalam platform TikTok, Instagram (feed, reels, story), status WhatsApp, Facebook, dan sebagainya.

Membuat konten-konten pada media sosial bisa membuat warungmu terkenal dan tentu akan meningkatkan penjualan karena kemungkinan akan ada banyak orang yang berkunjung.

Konten-konten itu perlu kamu fokuskan pada sisi unik dan keunggulan warungmu daripada warung lainnya. Sehingga viewers merasa tertarik datang ke tempatmu untuk mencicipi varian menu yang kamu sediakan.

Kalau modal dan nama warungmu cukup besar, kamu juga bisa mengundang influencer untuk mempromosikan dan mereview menu makanan dan minuman warungmu.

Influencer yang memiliki jumlah followers banyak akan menarik ratusan viewers untuk melihat konten promosi warungmu. Dari situlah akan ada banyak orang yang berpotensi tergiur untuk berkunjung ke warung makan milikmu.

Berapa Rata-Rata Keuntungan dari Usaha Warkop Indomie?

Dari modal awal Rp5.500.000 (jumlah perkiraan) yang kamu keluarkan, kamu akan mendapatkan profit yang cukup besar dari usaha warung Indomie ini.

Katakanlah harga satu porsi menu Indomie yang kamu jual sebesar Rp10.000, dan perkiraan Indomie terjual per harinya adalah 40 porsi. Jadi, dalam sehari kamu mengantongi pendapatan sebesar Rp400.000 yang jika kamu kalikan sebulan maka pendapatan kotor per bulanmu sebesar Rp12.000.000. 

Adapun, jumlah keuntungan atau laba bersih yang kamu dapatkan bisa mencapai Rp6.500.000.

Sangat fantastis, bukan? Ini adalah perkiraan keuntungan yang akan kamu dapatkan, bisa saja kurang bisa lebih tergantung pasar dan faktor lainnya.

Tertarik Membuka Usaha Warkop Indomie Ini?

Sajian mi instan Indomie memang sudah biasa dan sangat rumahan. Namun dengan kreativitas dan inovasi, menu mi instan yang awalnya biasa-biasa saja bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan.

Berani menggeluti jenis usaha ini?


Temukan inspirasi tentang tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait