Cara Memulai Usaha Souvenir Pernikahan dengan Modal Kecil

Souvenir pernikahan menjadi salah satu item yang hampir selalu ada di setiap pesta perkawinan.

Bentuknya pun tak melulu harus mewah, kadang benda-benda sederhana sebagai wujud terima kasih kepada para tamu yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir.

Souvenir pernikahan juga berfungsi sebagai pengingat atau kenang-kenangan acara, maka dari itu seringkali dibubuhi oleh tanggal atau inisial nama pengantin.

Karena permintaan yang sangat tinggi, tak heran jika usaha souvenir pernikahan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Meskipun pandemi, jumlah pernikahan yang didaftarkan tak mengalami penurunan.

Mungkin beberapa orang melaksanakan upacara yang lebih sederhana dan tertutup, namun usaha souvenir pernikahan akan terus dicari karena sifatnya sebagai memorabilia.

Tertarik menggeluti usaha souvenir pernikahan? Yuk cari tahu cara memulai dan modal usaha souvenir/mahar menikah berikut!

1. Tentukan Produk yang Mau Kamu Jual

Usaha souvenir pernikahan bisa jadi peluang usaha rumahan yang bisa kamu coba.

Terutama bagi kamu yang memiliki kreativitas membuat kerajinan tangan lokal yang unik, rapi, dan sesuai dengan harapan konsumen.

Beberapa produk hand-made memang memiliki daya jual tinggi dan punya pasar tersendiri. Tak heran jika orang rela membayar lebih mahal dibanding produk keluaran pabrik.

Contoh kerajinan tangan yang bisa kamu jual sebagai souvenir pernikahan diantaranya; boneka, kerajinan flanel, tas anyaman, aksesoris daur ulang, frame foto/cermin, pot bunga, atau gantungan kunci.

Beberapa barang seperti dreamcatcher, pajangan dengan teknik weaving, hingga kerajinan daur ulang juga banyak diburu sebagai souvenir pernikahan.

Tidak punya waktu mengerjakannya sendiri? Kamu juga bisa memakai strategi semi produksi.

Caranya, kamu membeli souvenir pernikahan yang sudah jadi lalu ubahlah sesuai permintaan konsumen.

Misalnya membeli cushion dan sarung bantal yang sudah jadi lalu menambahkan sedikit tulisan sablon di atasnya.

Tidak ingin repot dalam produksi? Kamu cukup mencari suplier yang juga pelaku usaha souvenir pernikahan.

Carilah suplier dengan harga terjangkau lalu jual dengan selisih profit seperti yang kamu mau.

Jika perlu, carilah beberapa suplier sekaligus agar kamu bisa memiliki usaha souvenir pernikahan dengan pilihan barang bermacam-macam.

2. Menentukan Modal Usaha

Sudah menentukan untuk menjadi produsen atau distributor usaha souvenir pernikahan?

Masing-masing tentu memiliki keuntungan tersendiri. Jika memproduksi sendiri, bisa jadi profit yang kamu dapatkan lebih besar.

Namun, mengambil barang dari supplier bisa menghemat modal.

Sebab, umumnya konsumen membayar sebagian atau bahkan full payment untuk souvenir pernikahan.

Kamu tinggal meneruskan pesanan ke supplier dan memastikan semua sesuai dengan keinginan konsumen dan diantarkan tepat waktu.

Memiliki supplier terpercaya juga bisa meminimalisir kesalahan produk karena tanggung jawab di tangan mereka.

Kamu pun tak perlu mempekerjakan karyawan untuk membantumu produksi sendiri.

3. Membuat Strategi Bisnis yang Matang

Jika kamu menjadikan usaha souvenir pernikahan sebagai pilihan bisnis rumahan, maka modal yang kamu miliki harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar tidak merugi.

Dimulai dari pemilihan bahan, mempekerjakan karyawan, hingga menentukan target konsumen.

Karyawan yang diseleksi pun harus memiliki keterampilan sesuai standar. Belum waktu untuk mendidik karyawan agar bisa memproduksi souvenir pernikahan berkualitas tanpa cacat produk.

Lakukan juga riset terkait kebutuhan souvenir pernikahan/mahar menikah di sekitar rumah kamu.

Jika perlu, sering-seringlah menghindari pernikahan rekan/teman. Atau utnuk keperluan riset, kamu juga bisa bertanya/menyebar survey terkait souvenir pernikahan idaman.

Ingin hal yang unik dan berbeda? Kamu bisa mengembangkan idemu sendiri dan menjadi usaha souvenir pernikahan yang berbeda dari yang lain.

Misalnya membuat home-made cookies, sabun, atau lilin wangi dengan aroma unik.

Bisa jadi peluang bisnis kreatif lainnya jika produk usaha souvenir pernikahanmu makin dikenal orang!

Begitu pun jika kamu memutuskan sebagai distributor usaha souvenir pernikahan, tentu strategi bisnis harus disesuaikan.

Misalnya, membuat katalog produk sebanyak-banyaknya dan menyediakan sample. Lalu ikutlah pameran di mall atau event wedding lainnya.

Siapkan produk dengan range harga mulai dari yang paling murah hingga premium.

Jangan lupakan juga tentang kemasan. Banyak orang yang menyukai hampers karena dibungkus cantik dengan pita, tali, dan ucapan. Kamu bisa mengedepankan segi aesthetic ini untuk menarik minat pembeli.

4. Promosi secara Offline dan Online

Selain rajin ikut pameran bertema pernikahan, kamu juga harus menunjukan keberadaan usaha souvenir pernikahanmu secara online.

Mengingat kompetitor usaha mahar menikah terbilang banyak dengan konsep hampir mirip, maka kamu bisa menonjolkan bisnismu dengan tampilan feed di sosial media yang menarik.

Luangkan waktu untuk mengunggah foto produk yang profesional, mengumpulkan testimonial, re-post unggahan konsumen, atau mengendorse influencer untuk mempromosikan produk usaha souvenir.

Jangan lupa melakukan branding bisnis dengan membuat logo yang catchy dan mudah diingat.

Saat usaha souvenir pernikahanmu memiliki citra yang baik, maka usahakan agar tidak telat mendistribusikan barang, menghindari produk cacat, serta memiliki komitmen dan komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Soal pembayaran juga harus transparan dan diarsipkan dengan baik agar menghindari salah paham di kemudian hari.

Kamu juga bisa melakukan strategi jemput bola, misalnya menyebarkan sample kepada rekan atau calon konsumen potensial yang hendak melangsungkan pernikahan.

Memberi diskon atau bonus juga bisa dilakukan untuk pemesanan dalam jumlah banyak. Tapi pastikan semua sesuai dengan anggaran bisnis yang sudah kamu susun ya!

Itu dia beberapa cara memulai dan modal usaha souvenir/mahar menikah yang bisa kamu coba.

Ingin memulai usaha namun terhalang dana? Ajukan saja pinjaman modal usaha melalui Super Financial App KoinWorks.

Melalui produk KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mendapatkan modal tambahan hingga Rp 2 Miliar dengan bunga bulanan mulai dari 0,75% per bulan.

Tak hanya memberi pinjaman, KoinWorks juga memberi kesempatan berpromosi di aset sosial media resmi KoinWorks secara gratis dengan mengikuti program #LokalSupportLokal.

Ayo wujudkan usaha souvenir pernikahan kamu segera!

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait