Peluang Usaha Sepatu Brand Lokal Sebagai Ide Bisnis

Usaha Sepatu Brand Lokal – Bisnis sepatu adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Terbukti, beragam gerai sepatu mudah ditemukan—baik di pinggir jalan maupun mal, baik produk lokal maupun internasional.

Mengapa bisnis sepatu diminati? Soalnya, alas kaki merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Bahkan saat berada di rumah, kita terbiasa memakai sandal rumah agar kaki tidak kotor.

Lalu di tengah pandemi, apakah usaha sepatu merupakan pilihan tepat bagi pebisnis pemula? Ternyata, ya, karena beberapa usaha sepatu lokal sukses bertahan bahkan masih meraup keuntungan.

Jadi jika kamu tertarik mendalami bidang ini, tidak usah berpikir dua kali dan mulailah menjalankannya!


Tips Memulai Usaha Sepatu Brand Lokal

Tentukan Target Pasar

Ketika memutuskan untuk menjadi pengusaha sepatu, pastikan kamu memiliki gambaran jelas mengenai target pasar. Apakah kamu mau meraih konsumen wanita, pria, anak-anak, atau kalangan tertentu seperti pencinta olahraga?

Ada baiknya kamu melakukan riset mengenai kebutuhan konsumen saat ini sehingga bisa menentukannya.

Steven, pemilik usaha SNS Sneakers, misalnya, mengungkapkan kalau dirinya berbisnis sepatu sneakers karena melihat tingginya anemo masyarakat, terutama anak muda, yang berkunjung ke acara-acara sneakers.

Cobalah liat tren atau situasi yang terjadi di sekitarmu untuk menentukan target pasar sehingga tahu jenis sepatu apa yang akan diproduksi.

Kualitas Maksimal

Untuk meraih hati konsumen, kamu harus menciptakan produk yang berkualitas baik. Artinya, sepatu yang dijual haruslah nyaman dipakai konsumen dan tidak membuat kaki mereka sakit.

Brand sepatu Parayu mengklaim kalau sepatu sneakers dan sandal mereka memiliki insole yang empuk sehingga konsumen tidak akan merasa pegal ketika memakainya dalam jangka panjang.

Inilah salah satu alasan brand mereka masih bertahan di tengah pandemi.

Quality control juga menjadi pegangan bagi brand lokal lainnya, Ashiato, dalam menjual sepatu heels, wedges, dan sandal.

Sepatu yang diproduksi harus melewati beberapa kali quality control dan memberikan garansi untuk produk yang beda ukuran, cacat, atau rusak.

Jadi, pastikan sepatumu berkualitas baik agar konsumen setia memakai brandmu.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi

Pasarkan Online

Manfaatkan perkembangan teknologi untuk memasarkan produkmu ke konsumen di berbagai daerah. Memang, ada baiknya kamu memiliki toko fisik agar konsumen dapat melihat secara langsung sebelum membeli.

Namun, hal ini tidaklah mutlak—kamu dapat memanfaatkan platform online seperti media sosial dan marketplace untuk menjual produkmu. Vincent, pemilik brand sepatu wanita Shopatblow, awalnya mengalami kerugian ketika memasarkan sepatunya secara offline yaitu dengan mengelilingi pasar dan berpartisipasi dari satu bazar ke bazar lain.

Di akhir tahun 2019 ia pun mulai menjual produknya secara online di kampanye akhir tahun di salah satu marketplace Indonesia. Saat itu, ia menjual ribuan sepatu sehingga memutuskan fokus untuk menjual online.

Fauzan dan Yusuf pendiri brand sepatu olahraga Athletica juga mengakui kalau potensi pasar online lebih besar dibandingkan offline, terutama di tengah pandemi.

Menurut keduanya, sejak berjualan online awareness masyarakat terhadap brand ini terus meningkat—sehingga angka penjualan pun bertambah, bahkan hingga 9 kali lipat di saat promo kampanye salah satu marketplace.

Ini menunjukkan betapa pentingnya menjual produk secara online.

SDM

Untuk meraih banyak konsumen, memiliki sumber daya manusia yang cukup adalah hal wajib. Tanpa adanya SDM, bagaimana kamu bisa mengembangkan bisnis secara maksimal? Seperti yang diungkapkan Steven, suatu bisnis tidak bisa dikelola sendirian.

Oleh karena itu, SDM adalah faktor krusial sehingga pebisnis pun harus memastikan kalau SDM yang direkrut memiliki peran yang tepat sehingga bisa memberikan manfaat bagi bisnis.

Tentunya, ketika pebisnis menuntut karyawananya untuk bekerja maksimal, pebisnis juga harus memastikan karyawan memperoleh apresiasi.

Stevan pun menerapkan prinsip reward dan punishment bagi seluruh karyawan agar mereka termotivasi sekaligus disiplin dalam bekerja.

Baca juga: Ini Modal dan Potensi Keuntungan Bisnis Packaging

Merambah Luar Negeri

Jangan gentar untuk memperluas bisnis hingga luar negeri. Tidak sedikit brand sepatu lokal yang meraih konsumen di negara tetangga sehingga mereka pun meraih lebih banyak pemasukan.

Melalui program ekspor di salah satu marketplace, Shopatblow pun kini memiliki pelanggan dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Shopatblow pun mencatat pertumbuhan hingga 500 kali lipat sejak usaha ini didirikan di tahun 2016.

Hal yang sama juga dialami oleh Athletica yang berhasil mewujudkan impian mereka membawa brand ini ke mancanegara. Brand yang memanfaatkan potensi lokal seperti bahan baku, proses produksi dan pemasaran, dan SDM ini kini memiliki pelanggan dari berbagai negara di Asia Tenggara hingga Brazil.

Jadi jangan takut untuk bermimpi besar seperti menjual produkmu di luar negeri, apalagi kini beberapa marketplace dan juga pemerintah memiliki program ekspor untuk UMKM.

Jangan ragu untuk mencari informasi di internet atau bertanya langsung kepada orang lain yang sudah terjun lebih dulu. Dengan begitu, bisnis sepatu lokalmu pun akan terus berkembang.


Khawatir terbentur masalah dana ketika menjalankan usaha sepatu brand lokal?

Tenang, kamu bisa menumbuhkan bisnismu dengan pinjaman bisnis hingga Rp2 miliar dari KoinBisnis dari KoinWorks.

Bunga cicilannya juga terjangkau, lho, yaitu antara 0,75% – 1,67% per bulan. Cukup daftarkan dirimu di sini melalui smartphone.

Untuk artikel inspirasi bisnis lainnya, kunjungi https://lokalsupportlokal.id/berita-bisnis/.

Sudah siap menjalankan usaha sepatu brand lokal?


Temukan berbagai tips bisnis dan ide bisnis menarik lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait