Kiat Sukses Memulai Usaha Rental Mobil dengan Modal Kecil

Mobil jadi salah satu moda transportasi yang paling dibutuhkan di Indonesia.

Hal ini merupakan peluang tersendiri dalam memulai usaha rental mobil, mengingat banyaknya kebutuhan sewa mobil yang ada saat ini. Tidak mustahil, kamu bahkan bisa memulai usaha rental mobil dengan modal kecil.

Beberapa alternatif pasar pun bisa kamu targetkan, mulai dari sewa mobil untuk taksi online hingga individual, semuanya menjanjikan keuntungan yang tidak main-main. Selain keuntungan yang besar, usaha rental mobil juga mudah dikelola dan dapat menjangkau pasar konsumen yang sangat luas.

Apalagi menjelang bulan puasa, bisnis sewa mobil saat Ramadhan terbilang menjanjikan. Peluang besar untuk mendulang profit! Sebenarnya, ada banyak keuntungan usaha rental mobil yang bisa jadi pertimbanganmu memulai bisnis. Bahkan sangat mungkin kalau kamu mau segera memulai usaha dengan modal kecil.

Gimana caranya? Kamu bisa menyediakan anggaran khusus untuk DP atau uang muka pembelian mobil baru. Selanjutnya, biaya angsuran dan perawatan bisa kamu bayarkan melalui penghasilan dari rental mobil.

Kamu tertarik untuk memulai usaha rental mobil? Perhatikan dulu yuk beberapa tips di bawah ini supaya usaha kamu makin sukses meski dengan modal kecil.


Kiat Sukses Memulai Usaha Rental Mobil dengan Modal Kecil

1. Memilih Mobil yang Tepat

Jenis mobil yang kamu miliki akan sangat berpengaruh terhadap branding usaha rental mobil yang akan kamu bangun.

Pilihlah jenis mobil yang bisa memuat 6-7 orang dengan biaya perawatan yang cukup terjangkau, seperti mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau city car. Pelajari spesifikasi dan panduan perawatan agar tidak salah pilih.

Baca Juga: Ini 3 Usaha Yang Cocok Untuk Pensiunan


2. Tekan Biaya Perawatan

Kamu bisa menekan biaya perawatan dengan membeli mobil baru. Hindari pembelian mobil bekas ya, karena sangat berisiko bagi usaha rental mobil yang akan kamu jalankan.

Mobil bekas cenderung lebih cepat rusak dan memakan biaya untuk keluar-masuk bengkel, sedangkan mobil baru bisa lebih murah karena biaya perawatan masih bergaransi oleh dealer.

Baca juga: Tips Berjualan Merchandise K-POP, Makin Laris Di 2021!


3. Buat Regulasi Rental Mobil

Dalam memulai usaha rental mobil, hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah membuat peraturan yang tepat.

Regulasi rental mobil yang baik sangat dibutuhkan, mengingat banyaknya kasus penipuan, pencurian maupun penggelapan dari mobil yang akan kamu sewakan ke pelanggan nanti.

Beberapa peraturan regulasi rental mobil yang bisa kamu terapkan antara lain:

  • Buatlah surat perjanjian dengan penyewa disertai dengan materai untuk legalitas berkekuatan hukum, jika di kemudian hari terjadi pelanggaran bisa ditindak tegas
  • Mensyaratkan jaminan kartu identitas penyewa, jika memungkinkan lebih dari satu (misal KTP dan Paspor, atau KTP dan NPWP)
  • Menyediakan formulir berisi keterangan data diri yang harus diisi oleh penyewa
  • Menginstalasi GPS atau alat pendeteksi lokasi pada mobil agar bisa dipantau
  • Memasang alarm mobil dengan fitur proteksi terbaik

Baca juga: Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya


4. Daftarkan Mobil ke Perusahaan Asuransi

Ketika memulai usaha rental mobil, peran asuransi sangat penting sebagai jaminan perlindungan apabila terjadi kecelakaan, kerusakan suku cadang, atau kehilangan.

Daftarkan mobil kamu ke perusahaan atau agen asuransi terpercaya yang sudah berpengalaman dalam memberikan perlindungan kendaraan.

Jika kamu mempekerjakan karyawan sebagai supir, bisa juga didaftarkan asuransinya.

Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir risiko dalam usaha rental mobil.


5. Atur Strategi Pemasaran

Kalau kamu sudah siap dengan sumber daya untuk menyewakan mobil, saatnya mengatur strategi pemasaran. Disini, memperkuat branding bisnis menjadi sangat penting.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa platform online untuk pemasaran secara gratis, seperti melalui situs, media sosial, maupun Google Business. Kamu juga bisa memasang iklan lewat Facebook Ads, Google Ads, dan Instagram Ads.

Buatlah branding yang menarik dan tawarkan berbagai promosi untuk penyewa, seperti potongan harga saat opening, atau kartu member untuk memberikan diskon bagi penyewa reguler.

Baca Juga: Tips Usaha Jual Beli Barang Antik Agar Makin Diburu Kolektor


6. Kelola Keuangan Kamu Secara Tepat

Ketika usaha rental mobil sudah mulai berjalan, kamu perlu juga mempertimbangkan cara mengelola keuangan secara tepat. Jangan sampai nanti besar pasak daripada tiang.

Mulailah dengan membuat pembukuan yang terperinci. Catat setiap transaksi yang masuk maupun keluar, sertakan bukti transaksi seperti faktur dan kuitansi. Kamu juga bisa mencoba aplikasi pembukuan jika tidak ingin melakukannya secara manual.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk memulai usaha rental mobil, kamu bisa langsung eksekusi sesuai dengan modal awal yang kamu miliki.

Pastikan juga ya lokasi usaha rental mobil kamu berada di tempat yang cukup strategis dan mudah diakses.

Untuk urusan modal, serahkan saja kepada platform online Peer-to-Peer Lending yang sudah diakui OJK, seperti KoinWorks.

KoinWorks melalui KoinBisnis berkomitmen membantu pembiayaan modal usaha kepada para pebisnis UKM di Indonesia.

Kamu bisa mendapatkan modal usaha tambahan hingga Rp2 miliar dengan bunga 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Yuk tunggu apalagi, segera mulai usaha rental mobil kamu!


Dapatkan berbagai informasi dan tips bisnis untuk mengembangkan bisnis kamu, hanya di LokalSupportLokal.

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait