Inspirasi Usaha Pertanian Rumahan untuk Dimulai, Mudah!

Ada banyak contoh usaha pertanian rumahan, namun sebelum membahas itu, alangkah lebih baik kamu tahu dulu apa itu usaha pertanian.

Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Usaha Pertanian Rumahan?

Usaha pertanian rumahan adalah segala kegiatan pemeliharaan, pengembangbiakan, pembudidayaan, pembesaran atau penggemukan yang dilakukan di rumah dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya akan dijual atau ditukar untuk memperoleh keuntungan.

Inspirasi Usaha Pertanian Rumahan untuk Dimulai

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai usaha pertanian di rumah, namun belum ada gambaran untuk menanam apa, mungkin contoh usaha pertanian di bawah ini bisa kamu coba:

1. Tanaman Obat

Inspirasi usaha pertanian yang bisa kamu coba pertama, yaitu bisnis tanaman obat. Bisnis ini cukup menjanjikan untuk kamu lakukan, mengingat saat ini cukup banyak masyarakat yang mulai beralih ke obat-obatan herbal.

Tidak hanya itu, harga tanaman obat-obatan pun sangat tinggi, bahkan terhitung bisa mencapai jutaan rupiah. Tentunya, ini akan menjadi peluang bisnis yang sukses untuk kamu kedepannya.

Adapun beberapa tanaman obat yang bisa kamu coba mulai tanam di rumah, yaitu daun sirih, daun binahong, jahe, kunyit, kencur, kumis kucing, dan banyak lagi. 

Semua tanaman tersebut bisa kamu tanam di rumah, karena bisa tumbuh dengan mudah, namun tentunya kamu juga perlu menyesuaikan dengan kondisi tempat hidupnya.

2. Tanaman Rempah

Berikutnya, bisnis tanaman rempah seperti cabe, bawang putih, bawang merah, dan sebagainya. Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, mengingat masyarakat Indonesia yang tidak pernah lepas dari masakan khas rempah-rempahnya.

Apalagi jika mengingat bahwa harga bahan baku rempah-rempah terutama cabe yang semakin mahal dari tahun ke tahun. Makam dengan menanam tanaman rempah-rempah, menjadi solusi terbaik bagi sebagian banyak orang. Tertarik mencoba?

3. Tanaman Hidroponik

Jika kamu memiliki keterbatasan lahan di rumah, bertani tanaman hidroponik menjadi pilihan terbaik. Mengapa demikian?

Karena hidroponik merupakan metode bertani tanpa menggunakan tanah, melainkan memanfaat sistem pengairan yang sudah diberikan nutrisi, agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Dengan kata lain, kamu hanya membutuhkan cukup air, bibit, dan sistem yang tepat untuk memulai bisnis ini.

Dua tanaman yang bisa kamu coba untuk metode ini, yaitu kangkung dan seledri. Karena keduanya mudah untuk diterapkan dalam sistem tanam seperti ini. 

4. Umbi-umbian

Inspirasi usaha pertanian rumahan yang bisa kamu coba selanjutnya, yaitu tanaman umbi-umbian. Bagi kamu yang memiliki iklim dan kondisi tanah yang cocok untuk pertumbuhan wortel ataupun kentang, bisnis ini cukup menjanjikan untuk kamu coba.

Selain itu, wortel dan kentang merupakan sayuran yang banyak orang cari saat ini. Karena selain enak, juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Menarik bukan?

Namun, dalam proses penanamannya, kamu perlu berhati-hati. Sebaiknya, kamu coba lihat beberapa tutorial untuk proses penanaman wortel dan kentang terlebih dahulu. Sudah banyak tutorial tersedia di website ataupun Youtube. 

5. Buah-buahan

Bagi kamu yang memiliki cukup lahan di depan rumah, kamu bisa coba memulai bisnis buah-buahan. Beberapa contoh buah yang bisa kamu tanam di depan rumah, yaitu anggur, mangga, jambu, atau kelengkeng. 

Kamu bisa memilih tanaman apapun, tapi sebaiknya kamu sesuaikan dengan lahan dan kondisi depan rumah, ya. Karena ada beberapa tanaman buah yang tidak bisa tumbuh dengan baik pada kondisi yang berbeda dari seharusnya.

6. Jamur

Inspirasi usaha pertanian rumahan yang memiliki prospek yang cukup bagus berikutnya, yaitu jamur. Saat ini pun sudah banyak orang yang mulai menggeluti bisnis jamur ini, karena proses penanamannya yang tidak terlalu sulit.

Hal terpenting dalam proses penanaman jamur tiram adalah bibitnya. Jadi, sebaiknya kamu memilih bibit yang berkualitas, karena bisa menentukan kualitas jamur nantinya. 

Jamur yang buruk tentunya akan mempengaruhi minat pembeli. Untuk itulah, kamu bisa mulai dengan melakukan survey penyedia bibit berkualitas sebelum membelinya.

7. Daun Teh

Jika kamu memiliki kondisi tanah dan iklim yang cocok untuk pertumbuhan teh, usaha ini sangat cocok untuk kamu. Diketahui, teh biasanya akan tumbuh di dataran tinggi, yaitu ketinggian sekitar 200-2.000 meter di atas permukaan laut.

Nah, jika rumah kamu berada di posisi ini, bisnis daun teh mungkin bisa kamu coba. Prospek usaha ini pun cukup besar, mengingat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya cukup besar. 

Karena sejak ribuan tahun yang lalu, orang-orang percaya bahwa teh memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Jadi, dengan menjalankan bisnis ini, bisa menjadi peluang terbaik untuk kamu.

8. Sayuran Merambat

Jika kamu memiliki lahan yang tidak terlalu luas untuk bertani, menanam sayuran merambat menjadi pilihan terbaik. Beberapa jenis tanaman yang bisa kamu coba tanam, yaitu mentimun, labu, dan sebagainya.

Kamu hanya perlu membuat media untuk perambatannya, seperti kayu atau bambu. Ini tidak akan membutuhkan banyak lahan, jadi kamu bisa mencobanya, ya!

Cara Memulai Usaha Pertanian Rumahan

Setelah mengetahui beberapa contoh usaha pertanian rumahan tersebut, pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memulai usahanya?

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis pertanian, antara lain:

1. Pilih Tanaman yang Ingin Diproduksi

Nah, sebelumnya sudah dibahas mengenai contoh usaha pertanian rumahan, kamu tinggal memilih tanaman mana yang akan kamu tanam. Dalam memilih tanaman ini, sebaiknya kamu juga memperhatikan kondisi tanah dan iklim di rumahmu!

2. Persiapkan Modal

Dalam setiap bisnis, modal adalah salah satu hal penting untuk kamu siapkan. Modal kamu perlukan untuk membeli bibit dan pupuk dalam proses tanam nanti.

3. Siapkan Strategi Bisnis

Setiap bisnis, termasuk usaha pertanian rumahan memerlukan strategi. Jadi, kamu bisa mulai merancang apa saja yang akan kamu lakukan saat proses menanam nanti. Agar berhasil hingga bagaimana proses pemasaran produkmu nanti. Kamu bisa belajar strategi bisnis dari beberapa orang yang sudah sukses di bidang ini.

4. Lakukan Persiapan

Persiapan ini meliputi persiapan media tanam dan bibit. Untuk persiapan media ini meliputi penyuburan tanah dengan menggunakan pupuk kompos atau persiapan sistem aliran air untuk sistem hidroponik.

Sedangkan persiapan bibit ini meliputi pengadaan bibit, jika kamu menggunakan bibit sendiri. Atau survey pasar tempat pembelian bibit dengan kualitas terbaik.

5. Mulai Menanam

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, selanjutnya kamu bisa langsung mulai menanam. Sebaiknya kamu melakukannya dengan sepenuh hati, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sudah Menemukan Inspirasi Usaha Pertanian Rumahan?

Setelah mengetahui beberapa contoh usaha pertanian rumahan tersebut dan cara memulainya, kamu tinggal menentukan sendiri untuk memulai usaha yang mana, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait