Tips Usaha Jual-Beli Barang Antik agar Makin Diburu Kolektor

Pesona barang antik masih memukau penggemar setianya yang tak lelah berburu hingga ke pelosok daerah.

Makin antik, makin menarik! Harga yang tinggi pun tak jadi soal bagi para kolektor yang sudah terlanjur jatuh hati pada suatu benda.

Semangat para penghobi barang lawas ini juga turut membuka peluang bisnis jual-beli barang antik semakin besar.

Karena faktor keunikan barang antik yang autentik, kamu pun tidak perlu khawatir dengan adanya persaingan pasar, sebab setiap barang antik yang dijual pasti berbeda dan memiliki nilai sejarah tersendiri.

Barang antik yang kamu jual tidak akan pernah sama dengan yang dijual oleh kompetitor.

Terus, barang-barang antik apa saja sih yang bisa kamu jual? Lalu, apakah ide bisnis unik ini mampu meraup untung menjanjikan?

Yuk kita simak tips usaha jual-beli barang antik berikut!

Jenis Barang Antik yang Bisa Kamu Jual

Kamu bisa mulai jual barang antik milik pribadi, atau yang kamu beli di pasar barang bekas.

Tentunya, tidak bisa sembarangan ya. Kamu harus bisa menentukan barang-barang antik apa saja yang banyak peminat dan masih tinggi permintaan, serta orisinil alias bukan barang palsu.

Siapkan modal untuk berinvestasi pada barang antik yang punya nilai jual tinggi.

Kamu bisa mulai berburu barang antik sebagai berikut:

Jam Antik

Jam antik atau yang biasa dikenal dengan Grandfather’s Clock ini memang melegenda dari generasi ke generasi. Bentuknya yang kokoh berbahan kayu mahoni dengan berbagai macam motif, ukuran, warna, dan bentuk.

Biasanya berwarna kecoklatan atau coklat gelap, jam antik yang kerap identik dengan suara-suara dalam film horror ini banyak peminatnya.

Dibandrol mulai dari harga Rp 3 jutaan hingga puluhan juta rupiah, jam antik ini dijamin bisa jadi salah satu yang akan laris dalam usaha jual-beli barang antik kamu.

Selain jam antik berukuran besar, jam tangan antik juga bisa jadi salah satu jenis barang yang menguntungkan untuk kamu jual.

Baca juga: 5 Cara Persiapkan Diri Hadapi New Normal

Moda Transportasi Antik

Tips usaha jual-beli barang antik lainnya yang bisa kamu terapkan adalah menjual transportasi antik.

Moda transportasi antik ini cukup beragam, mulai dari mobil dan motor antik, hingga sepeda antik.

Yang paling penting, kamu harus tahu dulu kondisi barang-barang antik tersebut sebelum dibeli; apakah ada cacat, mesinnya masih berfungsi atau tidak, masih bisa digunakan atau hanya sekadar miniatur untuk pajangan.

Biasanya moda transportasi antik ini juga cukup laku di kalangan pengusaha hotel dan penginapan yang ingin menambah sentuhan vintage pada dekorasi bangunannya.

Mata Uang Antik

Tips usaha jual-beli barang antik selanjutnya yaitu mata uang antik. Kolektor mata uang antik ini cukup beragam, bahkan sampai ke mancanegara.

Selain mata uang logam, para kolektor juga mengincar mata uang kertas khususnya cetakan edisi terbatas.

Kalau kamu bisa memperoleh mata uang antik dari penjual yang terpercaya, kamu bisa menjualnya kepada kolektor dengan harga berkali lipat.

Kerajinan Antik

Ada banyak barang-barang kerajinan tangan antik yang menarik untuk kamu jual.

Di antaranya seperti porselen atau guci dan vas bunga antik, lukisan antik, barang-barang pajangan antik, maupun patung dan pahatan antik.

Umumnya kolektor kerajinan antik mencari dekorasi tambahan untuk rumah pribadi maupun menambah sentuhan artistik di penginapan.

Kamu perlu mempertajam taste untuk bisa menilai vas atau guci macam apa yang sekiranya akan menarik minat pemburu barang antik.

Pemahaman akan sejarah secara umum dan kaitannya dengan asal muasal benda yang kamu jual tentu bisa menambah daya tarik usahamu.

Radio Antik

Radio antik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tips usaha jual-beli barang antik ini biasanya terdapat dua ukuran, yaitu radio antik berukuran kecil yang bisa diletakkan di atas meja, maupun radio antik berukuran besar yang bisa berfungsi sebagai furnitur.

Sekalipun radio antik banyak yang sudah tidak berfungsi lagi, kamu bisa mengganti mesin di dalamnya dengan mesin radio modern yang standar, atau digunakan sebagai pengganti lemari maupun dekorasi menyerupai meja.

Kamera Analog

Tips usaha jual-beli barang antik lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu menjual kamera analog.

Banyak kamera analog yang masih berfungsi optimal, dan digunakan oleh komunitas pecinta kamera analog.

Ada suatu keunikan tersendiri bersifat nostalgik dari setiap foto yang dihasilkan oleh kamera analog ini.

Setelah mengetahui barang-barang antik apa saja yang bisa kamu jual, berikutnya kamu bisa langsung eksekusi saja tips usaha jual-beli barang antik di bawah ini.

Persiapkan Hal ini Sebelum Mulai Bisnis Jual Beli Barang Antik

Hal-hal yang perlu kamu lakukan supaya usaha kamu makin cuan antara lain:

  • Perkaya pengetahuan kamu tentang barang antik. Pelajari kenapa kolektor atau calon pembeli menyukai barang antik, dan nilai-nilai sentimental yang bisa melancarkan usaha jual-beli barang antik yang kamu lakukan.
  • Kroscek informasi secara detail dari tiap barang antik yang akan kamu jual, hal ini mencakup tahun pembuatan, asal-muasal, siapa yang memproduksinya, dan nilai sejarah dari barang antik tersebut.
  • Lakukan perawatan secara teratur dan berkala, agar barang antik yang kamu jual tetap kinclong dan tidak kusam juga tidak cepat rusak. Ketahui bedanya cara membersihkan barang antik berbahan dasar kayu, logam, maupun barang-barang antik bersifat seni seperti lukisan yang memerlukan kemampuan khusus untuk restorasi dan konservasi.
  • Tentukan lokasi yang strategis untuk menjual barang-barang antikmu. Kamu juga bisa menjual barang antik secara online melalui e-commerce atau marketplace. Buatlah foto produk berkualitas baik dan berkesan vintage agar semakin menarik pembeli.
  • Persiapkan diri kamu untuk berjejaring dengan komunitas pecinta barang antik. Selain bisa menjaring pembeli, kamu juga bisa menjadi distributor barang-barang antik.
  • Terapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan target pasar kamu, bisa dengan melakukan promosi ataupun potongan harga bagi pelanggan setia.

Setelah menerapkan tips usaha jual-beli barang antik di atas, dijamin usaha yang kamu lakukan akan berkembang pesat dan menghasilkan keuntungan yang tidak main-main.

Perluas wawasan tentang barang antik dan gencar terapkan strategi pemasaran yang tepat, lambat laun bisnismu akan mengundang pembeli potensial.

Networking is a must dalam dunia jual-beli barang antik. Sebab, kamu memerlukan kredibilitas dan kepercayaan dari orang-orang yang bergelut di bisnis yang sama denganmu.

Perluas jejaring pertemanan dengan para kolektor atau sering-sering mengunjungi pameran barang antik sambil bertukar kartu nama.

Bangun branding bisnis yang kuat untuk memberikan kesan pertama yang meyakinkan di depan kolektor.

Memulai usaha jual barang antik tentu perlu modal yang tidak sedikit agar koleksi produkmu beragam.

Jika butuh dana tambahan, kamu bisa ajukan pinjaman modal untuk raih keuntungan.

Percayakan pada produk pendanaan KoinBisnis dari KoinWorks yang telah berizin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pinjam uang lebih mudah tanya syarat ribet hingga Rp2 miliar dengan bunga mulai dari 0.75%  flat setiap bulannya.

Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.