Usaha Franchise Indomaret: Peluang, Modal, Syarat, dan Tips Menjalankannya

Membangun usaha franchise Indomaret adalah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Banyak yang telah mencobanya dan berhasil sukses. Bagaimana cara mendirikannya dan peluang keuntungan yang bisa kamu dapat ketika membangun bisnis ini?

Kamu pastinya penasaran dengan hal itu. Untuk kamu yang berminat bisa membacanya hingga akhir.


Mengenal Indomaret

Siapa sih yang tidak mengenal Indomaret? Gerainya hampir ada di setiap kota. Kamu juga pasti sering melihatnya di pinggir-pinggir jalan atau malah sering singgah untuk membeli sesuatu.

Sebagai sebuah perusahaan yang menyediakan bahan-bahan keseharian masyarakat umurnya termasuk tua. Pada tahun 1988 Indomaret pertama kali buka. Perusahaan penyedia bahan pokok ini berada di bawah naungan PT Indomarco Prismatama. Perusahaan ini bervisi “menjadi jaringan ritel unggul” serta motto “mudah dan hemat”.

Di awal pendiriannya, perusahaan ini hanya berfokus pada konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen. Lalu, menyediakan berbagai kebutuhan pokok untuk sehari-hari masyarakat. Misinya adalah melayani masyarakat yang majemuk dengan. Pemiliknya mengonsep luas toko Indomaret hanya hanya sekitar 200 m2.

Namun, seiring perkembangan waktu dan kebutuhan masyarakat , Indomaret terus meluas. Perusahaan ini menambah gerai di berbagai tempat. Pengembangannya bukan hanya di sekitar perumahan, tetapi juga di perkantoran, niaga serta apartemen.

Dalam perkembangannya, Indomaret menjadi sebuah aset nasional. Ini karena putera-puteri Indonesialah yang menjalankan usaha ini. Sebab itu, perusahaan ini berbagi kesuksesannya kepada masyarakat Indonesia dengan mengajak ikut dalam jaringan waralaba atau franchise.


Peluang Usaha Franchise Indomaret

Masyarakat tentu saja sangat mudah menjumpai minimarket Indomaret di sekitar rumahnya. Di sisi lain, masyarakat punya kecenderungan membeli keperluan sehari-harinya di mini maret seperti ini. Maka tidak perlu heran kalau sangat mudah menemui mini market. Ini yang membuat banyak pihak ingin menjalankan bisnis waralabanya.

Menurut pihak Indomaret, seorang yang melakukan waralaba akan bisa mendapatkan 12 persen profit di setiap bulannya. Menurut pihak Indomaret, risiko gagal menjalankan waralaba Indomaret hanya berada di bawah angka 10 persen.

Terlebih lagi, kamu akan mendapat pengembalian modal dalam jangka waktu yang cukup cepat yaitu sekitar 24-45 bulan. Hal ini melihat pengalaman dari para pemilik franchise yang menginvestasikan modalnya Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Biaya ini di luar biaya sewa property tentunya.

Tentu saja, ini peluang yang bagus untuk kamu jalankan. Apalagi kesempatannya selalu terbuka lebar untuk masyarakat luas. Pastinya, kamu pun tidak perlu repot-repot melakukan promosi dan branding.

Usaha franchise Indomaret menawarkan banyak keuntungan. Kamu pastinya tidak akan menyesal jika bergabung dengan waralaba ini.

1. Indomaret Memiliki Brand Authority yang Jelas 

Label yang kamu miliki tidak kaleng-kaleng dan terpercaya tentunya. Berkat hal ini kamu tidak perlu bersusah payah meluangkan waktu membesarkan brand.

2. Memiliki Jaringan Promosi yang Masif

Kedua, promosi levelnya nasional. Pastinya promosi yang dilakukan oleh Indomaret sangat sering tampil di TV ataupun media sosial secara masif. Hal ini bisa secara langsung membantu usaha franchise Indomaret yang kamu buat.

Kalau ingin memulai bisnis franchise Indomaret kamu tidak perlu susah-susah membangun kepercayaan pelanggan dari awal. Ini karena mereka sudah terbiasa dan tahu kualitas yang dimiliki usahamu.

3. Menjadi Pebisnis Mandiri

Kamu bisa menjadi pelaku bisnis dan terjadinya transformasi pengetahuan. Artinya, kamu bisa mandiri dan mendapatkan keuntunganmu sendiri.

4. Usaha Franchise Indomaret Memiliki Sistem Operasional Terintegrasi

Suplai barang-barang kebutuhan atau stock yang diperlukan akan dipenuhi secara terintegrasi. Kamu tidak perlu pusing-pusing mencari barang di supplier lainnya.

5. Memiliki Waktu Luang Banyak

Kamu sebagai investor tidak perlu terjun langsung setiap waktu. Ini karena kamu bisa mempekerjakan karyawan yang terpercaya yang akan diseleksi langsung oleh perusahaan induk Indomaret.

6. Minimnya Resiko Kegagalan

Bisa dikatakan peluang sukses dari usaha ini tinggi. Saat membangun usaha franchise ini kamu akan diberi dukungan oleh Indomaret. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir saat menjalankannya.


Modal Usaha Franchise Indomaret

Berapa modal membangun usaha franchise Indomaret? Kamu pasti penasaran dengan hal ini.

Modal adalah hal dasar yang memang wajib harus kamu miliki. Untuk waralaba membangun toko ini modalnya bervariasi. Hal ini tergantung dengan jenis waralaba yang kamu pilih.

Kamu akan diberi pilihan yaitu ingin membuka gerai sendiri atau mengambil usaha yang telah ada. Dua pilihan tersebut tentu akan membawa keuntungan padamu.

Untuk membuat sebuah toko baru maka kamu membutuhkan investasi modal sekitar 300 hingga 400 juta rupiah. Sementara itu, untuk mengambil usaha dari mitra lama kamu harus memiliki modal sedikitnya 150 hingga 200 juta rupiah.

Semua biaya itu sudah termasuk dengan royalti yang harus disetorkan selama masa kontrak. Biasanya lamanya kontrak adalah lima tahunan. Bisa kamu perpanjang atau sudahi kalau melewati waktu tersebut.


Syarat dan Ketentuan Usaha Franchise Indomaret

Memutuskan untuk membangun sebuah waralaba Indomaret, maka langkah awal yang harus kamu dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Menyediakan lokasi toko di area yang komersial yang luas idealnya sekitar 120-299 m2.
  • Mempunyai kelengkapan dokumen izin usaha minimarket seperti SIUP, TDP, IUTM/IUTS, IMB/IPB Ruko, UUG/HO, STPW,  NPWP, PKP, dan lain sebagainya.
  • Mampu menyediakan modal investasi sekitar Rp394 juta di awal.
  • Memiliki semangat entrepreneur yang besar dan mampu fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Kamu harus mengingat bahwa proses dari persiapan tersebut cukup memakan waktu dan panjang. Apalagi kalau mengurusnya dari nol, maka kamu perlu bekerja keras di awal.


Tahapan Kerjasama Waralaba Indomaret

Ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan sebelum bisa menjalankan usaha ini. Tahapannya sebagai berikut:

Presentasi Pertama

Presentasi pertama ini bisanya akan diminta untuk menunjukkan berbagai kelengkapan dokumen perizinan. Selain itu akan dinilai lokasi yang kamu pilih. Lalu, akan pihak Indomaret akan menjelaskan sistem waralaba, jumlah investasi yang harus disiapkan. Ada pula penjelasan mengenai keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

Presentasi Kedua

Setelah melalui tahapan pertama, maka kamu akan lanjut ke presentasi kedua. Pada tahapan ini, pihak Indomaret akan memaparkan survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Nantinya kedua hal ini akan mengarahkan pada nilai investasi yang perlu digelontorkan oleh kamu sebagai calon pemilik usaha franchise Indomaret.

Pembukaan Toko Usaha Franchise Indomaret

Kalau kedua tahap di awal sudah terpenuhi dan semua kamu dinyatakan lulus, maka selanjutnya adalah realisasi. Toko siap buka dengan program promise yang ditetapkan sesuai dengan prosedur Indomaret. Beberapa saat pasca toko buku, kamu akan diminta menandatangani perjanjian franchise untuk jangka waktu 5 tahun.


Tips Untuk Menjalankan Usaha Franchise Indomaret

Untuk kamu yang akan dan sudah menjalankan bisnis ini ada beberapa tips yang berguna. Cobalah untuk memakainya.

1. Menjalankan SOP dengan Benar

Jika kita bisa mengikuti  SOP yang disesuaikan dengan standar Indomaret, maka risiko kesalahan bisa diminimalisir.

Bisa diketahui bahwa sebagai sebuah perusahaan waralaba raksasa Indomaret telah menjalin kualitas serta standar pelayanan yang teruji. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkannya secara disiplin. Kalau bisa tingkatkan kinerja operasional.

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala. Jika ditemukan kekurangan, maka tugasmu sebagai pengelola adalah menutupinya dengan pencapaian.

2. Memilih Lokasi yang Strategis

Pilihan tempat yang strategis menjadi hal yang sangat penting. Upayakan toko yang kamu buka bisa terjangkau dengan mudah dari pandangan calon pelanggan. Kamu bisa mempertimbangkan membangun usaha franchise Indomaret di lokasi seperti lingkungan perkampusan atau wilayah padat industri.

3. Meningkatkan Pemasaran Toko

Setelah membangunnya, maka kamu harus melakukan pemasaran yang masif. Meskipun label Indomaret sudah dikenal, kamu tetap harus berusaha meningkatkan minat pelanggan terhadap toko yang kamu dirikan. Gunakan promosi-promosi yang bisa menarik pelanggan.

Gunakan juga pemasaran secara digital. Misalnya, kamu bisa menggunakan media sosial. Hal ini karena mengingat kini zaman telah menuntut segala aktivitas telah berbasis online.

4. Meningkatkan Pelayanan Bagi Konsumen

Suatu hal yang utama dalam bisnis ini adalah soal pelayanan. Tersenyum, menyapa, dan memberikan kemudahan kepada pelanggan menjadi hal mutlak yang harus kamu dan karyawan lakukan. Artinya, meningkatkan pelayanan tokomu adalah hal yang perlu dilakukan dengan serius.

Pelayanan yang maksimal tentu akan memberikan kesan baik kepada pelanggan. Tanggaplah terhadap komplain ataupun masukan yang diberikan oleh pelanggan.


Mudahnya Usaha Franchise Indomaret

Peluang untuk kamu membuka usaha franchise Indomaret sangat luas. Kamu juga sudah tahu seperti apa seluk beluk bisnis ini lewat artikel yang ada di atas. Jadi, siapkan modalmu dan mulailah untuk membangun sebuah toko Indomaret-mu sendiri. Selamat mencoba!


Temukan berbagai inspirasi ide bisnis dan tips bisnis lainnya dalam mengembangkan bisnis kamu hanya di LokalSupportLokal.id.

Baca juga: 

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait