Cara Mudah Memulai Usaha Digital Printing, Pemula Juga Bisa Lho!

Kamu mau memulai usaha, tapi bingung usaha apa yang cocok buat pemula? Usaha digital printing bisa jadi salah satu alternatif pilihan.

Usaha semacam ini sangat dibutuhkan di era teknologi ini, mengingat banyak konsumen dari berbagai segmen yang memerlukan produk digital printing – mulai dari pelaku UMKM, dunia perkantoran, pelajar dan akademisi, hingga perorangan.

Selain itu, peluang usaha ini pun masih terbuka lebar karena terbatasnya kompetitor.

Memulai usaha digital printing tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Bermodalkan mesin digital printing dan tips yang tepat, kamu sudah bisa memulai usaha digital printingmu sesegera mungkin.

Beberapa produk yang bisa kamu pasarkan melalui usaha digital printing ini juga banyak banget, seperti perlengkapan merchandise, kartu nama, undangan pernikahan, brosur, spanduk, banner, kaos, cetak buku, dan masih banyak lagi.

Nah, apa saja sih yang kamu butuhkan untuk memulai usaha digital printing?

Berikut tipsnya:


1. Persiapkan Peralatan yang Kamu Butuhkan

Ketika memulai usaha digital printing, tentu saja kamu akan memerlukan persiapan berupa peralatan yang dibutuhkan.

Peralatan serta kelengkapan yang kamu perlukan antara lain:

  • Mesin Printing

Pilihlah mesin yang sesuai budget kamu, perhatikan fitur-fitur apa saja yang tersedia sebelum membeli mesin yang tepat.

Kamu bisa memulai riset kecil-kecilan tentang review mesin printing yang ada di website, maupun Youtube yang biasanya mencakup kelebihan serta kekurangan mesin printing.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli mesin printing yang sesuai dengan modal awal yang kamu miliki, serta kemampuan mencetak cepat, resolusi cetak, dan sebagainya.

  • Media

Setiap produk digital printing akan bergantung pada medianya. Kalau kamu mau membuat spanduk, kamu harus mempertimbangkan tipe-tipenya, seperti model doff & glossy.

Media yang kamu pilih akan menentukan daya tahan bahan dan kualitas hasil cetaknya.

Beberapa media yang digunakan dalam usaha digital printing biasanya antara lain wallpaper, sticker, cloth, one way vision, cutting sticker vinyl PU, X-Banner, roll banner, dan media lainnya.

  • Ruangan dengan Pendingin

Memiliki ruangan dengan AC penting untuk usaha digital printing, sebab mesin printing yang kamu gunakan bisa mengalami gangguan kerusakan kalau sampai kepanasan.

Terlebih, cuaca di negara tropis yang cenderung panas dan gerah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyiapkan ruangan khusus dengan pendingin untuk melakukan proses cetak.

  • Stabilizer dan UPS

Alat ini diperlukan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik, supaya mesin tidak cepat rusak.

Kalau daerah kamu sering mati listrik mendadak, atau tegangan yang cenderung naik turun, investasikan modal awal kamu untuk membeli alat ini supaya mesin digital printing pun lebih awet.

  • Komputer Khusus Untuk Mesin Digital Printing dan Desain (Terpisah)

Kamu perlu persiapkan juga setidaknya dua unit komputer dengan spesifikasi minimal prosesor Core-i3 dan RAM 2 GB.

Spesifikasi ini akan mendukung kecepatan dan performa komputer kamu untuk membuat desain serta melakukan proses cetak digital printing.

  • Software Design

Pastinya kamu akan memerlukan software design yang biasa digunakan untuk mendesain produk, contohnya seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Photoshop, GIMP, Inkscape, Autodesk SketchBook, dan lainnya.

  • Karyawan

Kalau kamu mau memulai usaha ini dari 0, kamu bisa memberdayakan anggota keluarga atau teman yang kamu percaya untuk bekerja bersama.

Selain menghemat pengeluaran, kamu pun bisa menjalankan usaha sampai stabil sebelum merekrut karyawan secara formal.

2. Tentukan Target Pasar

Selanjutnya, kalau kamu sudah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mulai usaha digital printing, kamu bisa menentukan target pasar.

Langkah ini sangat penting untuk mengawali usaha kamu supaya lebih spesifik.

Kamu bisa menentukan harga, kualitas, dan juga branding usaha digital printing sesuai dengan target pasar yang kamu sasar.

Beberapa target pasar yang bisa kamu bidik di antaranya perusahaan, retail, atau custom.

Baca Juga: 11 Peluang Usaha Yang Ramah Lingkungan

3. Persiapkan Modal

Saat kamu memutuskan terjun ke dunia usaha digital printing ini, modal awal yang harus kamu persiapkan berkisar antara puluhan juta rupiah, tergantung target pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

Kisaran harga komputer dengan spesifikasi yang mendukung desain grafis setidaknya sekitar Rp 5 jutaan, sedangkan mesin digital printing dibanrol dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah sesuai dengan spesifikasinya.

Kamu juga harus menghitung biaya-biaya lainnya, seperti biaya operasional untuk listrik, membeli media bahan cetak digital printing, dan sebagainya.

3. Buat Strategi Promosi yang Unik

Langkah selanjutnya, kamu bisa membuat strategi promosi yang unik untuk memasarkan usaha digital printing.

Beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan usaha digital printingmu: bisa dengan potongan harga saat momen tertentu, bonus, voucher diskon dengan jumlah minimal cetak tertentu, dan sebagainya.

Jangan lupa sediakan budget khusus untuk promosi.

4. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Usaha digital printing termasuk jasa pelayanan yang harus tetap mengutamakan kepuasan pelanggan.

Kamu bisa meminta kritik dan saran dari pelanggan untuk meningkatkan kualitas digital printing yang kamu jalankan.

Lakukan juga evaluasi berkala, supaya kamu bisa memperbaiki kelemahan yang ada dan terus upgrade usaha digital printing kamu.

Gimana, sudah siap memulai usaha digital printingmu sendiri?

Dengan memperhatikan tips-tips mudah di atas, kamu bisa menjalankan usaha dengan optimal dan meraup keuntungan maksimal.

Itu dia tips memulai bisnis printing yang cocok untuk pemula.

Belum punya cukup dana? Ajukan saja pinjaman modal usaha, salah satunya melalui KoinWorks yang saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang telah terdaftar di OJK.

KoinWorks dapat memberikan kamu pinjaman modal usaha hingga Rp 2 Miliar dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan dan tenor fleksibel hingga 24 bulan.

Proses pengajuannya pun sangat mudah, cukup unduh aplikasi KoinWorks, selesaikan proses registrasi, dan selesaikan pengajuan tanpa perlu tatap muka!

Nggak ada alasan lagi deh untuk menunda realisasi ide bisnismu di tahun 2021!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait