Usaha Cuci Sepatu: Tips dan Kunci Sukses Menjalankannya

Beberapa tahun belakang ini banyak orang yang mencoba peruntungan dengan menjadi pengusaha dalam banyak bidang. Salah satunya adalah dengan membangun bisnis laundry. Untuk kamu yang tertarik juga terjun berbisnis di bidang laundry, maka cobalah untuk usaha cuci sepatu.

Patut kamu pahami, bahwa sepatu menjadi salah satu benda yang intensitas pemakaiannya cukup tinggi. Seperti halnya sandal, orang-orang pasti memakainya hampir setiap hari ketika pergi ke berbagai tempat untuk keperluan bekerja hingga bersekolah.

Dengan demikian sepatu menjadi salah satu barang yang sangat mudah kotor. Di samping itu, banyak orang yang malas melakukan pembersihan karena sepatu lebih susah untuk dibersihkan dan juga lama keringnya. 

Untuk itulah menawarkan jasa laundry sepatu ke orang-orang bisa menjadi peluang bisnis yang kamu bisa jalankan. Namun, bagaimana cara agar usaha laundry sepatu sukses kamu jalankan? Yuk cari tahu penjelasannya pada pembahasan di bawah ini.

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Cuci Sepatu

Ada sesuatu yang harus kamu lakukan dalam membangun bisnis yang sukses di bidang laundry. Yakni dengan mempersiapkan hal-hal berikut ini agar risiko gagalnya bisnis bisa mengecil.

1. Melakukan Analisa Prospek Usaha

Langkah awal yang bisa lakukan adalah melakukan analisa terhadap prospek usaha yang hendak kamu geluti tersebut. 

Hal ini penting untuk kamu lakukan terlebih dahulu agar bisa memastikan apakah usaha cuci sepatu ini bisa diterima atau tidak di masyarakat. Kamu bisa memastikan hal ini dengan cara melakukan survei kecil-kecilan.

Dari survei tersebut, nanti akan kamu dapatkan data apakah konsumen dari bisnis laundry sepatu ini. Meskipun begitu, pastinya kamu juga sudah harus mengira siapa sebenarnya sasaran konsumen yang akan kamu tuju.

Biasanya adalah anak sekolahan, anak kuliahan, dan para pekerja pabrik atau kantoran. Kalau nantinya di tempat usaha ini tidak ada kelompok masyarakat di atas, maka alangkah lebih baiknya memindahkan lokasi usaha ke tempat yang lebih strategis dan prospektif.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan Usaha

Setelah mengerti prospek bisnis yang ingin kamu bangun, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan bahan dan alat yang akan kamu gunakan. Alat dan bahan untuk usaha cuci sepatu antara lain adalah lokasi usahanya, tempat luas untuk menjemur, rak sepatu dan peralatan, dan kelengkapan pendukung lainnya.

Jangan sampai meninggalkan satu hal apapun dari daftar tersebut. Hal ini akan mempengaruhi jalannya bisnis yang akan kamu kerjakan nantinya.

3. Menyiapkan Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Di luar bahan serta alat yang sudah ada pada penjelasan di atas, ada juga satu sarana yang sangat penting yaitu mesin cuci. Kamu perlu membeli mesin cuci untuk bisa digunakan nantinya. Salah satu pertimbangan utamanya adalah sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

Selain harga mesin cucinya, kamu juga perlu tahu bahwa mesin untuk mencuci sepatu itu berbeda dengan mesin yang biasa orang gunakan untuk mencuci pakaian. Kamu tidak bisa menggunakan mesin pakaian untuk cuci sepatu karena akan membuat barang milik konsumen jadi rusak.

Rata-rata, mesin cuci khusus sepatu itu bisa kamu beli dengan harga yang murah yaitu Rp2 jutaan. Kalau ingin lebih enak dan praktis, kamu bisa membeli yang sudah ada fasilitas pengeringnya untuk mempercepat proses pencucian.

Untuk awalan, apalagi jika modal usahamu masih kecil, kamu jangan langsung mencoba membeli mesin dalam jumlah banyak. Cobalah beli satu mesin untuk tahap usaha yang pertama. 

Nah untuk kedepannya, jika usaha cuci sepatu milikmu berjalan dengan lancar, kamu bisa menambah jumlah mesinnya agar bisa menerima banyak orderan. Kalau bisa belilah mesin dengan kualitas terbaik.

4. Mengetahui Teknik Cuci yang Beragam

Apakah mencuci sepatu mudah? Jawabannya adalah gampang-gampang susah karena ada beberapa teknik yang perlu kamu ketahui. Paling tidak ada 3 jenis teknik mencuci sepatu yang perlu kamu pelajari yakni wet clean, dry clean, dan combination. Masing-masingnya ternyata memiliki kebutuhan bahan yang berbeda. 

Pertama, pada teknik pencucian wet clean, kamu membutuhkan air, parfum, neutralizer, surfaktan, hingga antibacterial serta cleaner

Kedua, dry clean, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti neutralizer, parfum dan antibacterial serta shoes screamer

Ketiga, teknik combination. Kamu membutuhkan semprotan, spon suede, karet penghapus, kaos halus, hingga sikat halus.

Tips untuk Memulai Sebuah Usaha Cuci Sepatu

Setelah melakukan persiapan awal seperti yang ada di atas, kamu perlu juga mengikuti tips-tips berikut ini agar sukses bisa kamu raih dalam menjalankan usaha cuci sepatu.

1. Memiliki Pengetahuan dan Keterampilan Merawat Sepatu

Sudah disinggung sedikit di atas kalau kamu tidak bisa asal-asalan ketika melakukan treatment pada sepatu. Oleh karena itu, mempelajari banyak hal seputar perawatan sepatu menjadi hal yang penting agar nantinya tidak ada kesalahan saat menangani sepatu milik konsumen.

Kalau belum tahu berbagai teknik dan perlakuan khusus terhadap sepatu, maka kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu dari banyak tempat. Bisa dari ahlinya atau dari menonton tutorial. 

Jangan sampai asal-asalan karena nanti bisa berimbas pada usaha yang tengah kamu jalankan. Pelanggan bisa pergi ke tempat lain atau parahnya meminta ganti rugi apabila sepatu kesayangannya rusak karena kurang kompetennya kamu saat menanganinya.

Itu kalau kamu mengerjakannya sendiri. Kalau karyawan yang mengerjakannya, maka carilah yang sudah memiliki pengalaman mengerjakan cuci sepatu sebelumnya. Atau kamu bisa berinvestasi lebih dalam usaha cuci sepatu ini dengan memberikan program pelatihan kepada setiap karyawan.

2. Menyediakan Bahan dan Alat yang Berkualitas

Salah satu bentuk servis yang baik terhadap barang konsumen adalah dengan memberikan pelayanan terbaik menggunakan bahan serta alat-alat berkualitas. Dengan bahan yang bagus dan alat yang sesuai standar, kamu bisa memaksimalkan hasil pembersihannya.

Sabun untuk membersihkan sepatunya juga perlu menggunakan jenis produk yang berkualitas baik. Selain itu, mesin cucinya juga harus memadai dan berfungsi dengan baik. 

Untuk mengurangi risiko rusak, maka kamu hanya perlu menyediakan bahan dan alat sesuai standar pada umumnya saja. Penyediaan alat dan bahan yang memadai sudah menjadi tanggung jawab mutlak bagi setiap pemilik bisnis, tak terkecuali bagi pengusaha laundry sepatu.

3. Menjalankan Strategi Pemasaran Jitu dalam Usaha Cuci Sepatu

Dalam menjalankan bisnis cuci sepatu ini, kamu memerlukan strategi pemasaran yang jitu agar konsumen bisa setia memakai jasa kamu dan pelanggan baru cepat banyak yang berdatangan. 

Kalau memang targetnya adalah anak sekolah, anak kuliahan, serta pekerja, maka kamu perlu menerapkan berbagai promo yang membuat mereka mudah menjangkau tempat laundry sepatu kamu.

Salah satu contoh metode promosi yang patut kamu coba adalah dengan memberikan kupon setiap mencuci di tempat kamu. Nantinya kupon yang mereka kumpulkan bisa ditukar dengan sekali layanan gratis di tempat kamu.

Selain metode itu, kamu juga bisa menawarkan layanan antar jemput gratis untuk pelanggan yang lokasinya cukup dekat tetapi tidak punya waktu untuk pergi ke tempat laundry sepatu. Antar jemput sepatu ini bisa membuat mereka merasa nyaman karena tidak perlu lagi pergi keluar rumah. 

4. Konsisten dan Menjaga Standar Pelayanan yang Terbaik

Salah satu tips utama yang bisa kamu jalankan dalam menjalankan usaha cuci sepatu adalah mempertahankan pelayanan prima untuk para pelanggan secara konsisten. 

Arti dari pelayanan prima adalah selalu mengerjakan dan menyelesaikan pencucian sepatu sesuai dengan tenggat waktunya. Hal ini penting karena pelanggan pasti akan pergi ke tempat lain kalau kamu tidak disiplin dengan jam yang sudah kamu sepakati bersama mereka.

Lalu, untuk arti konsisten itu sendiri yaitu jangan sebentar-sebentar libur atau menutup tempat usaha. Ketika nanti pelanggan datang lagi, tetapi malah kamu enggan membuka usahanya, otomatis mereka akan mencari tempat lain yang lebih siap sedia untuk melayani pencucian sepatunya

Sadarlah bahwa yang butuh dalam usaha cuci sepatu ini bukan hanya konsumen saja, tetapi juga kamu. Ketika bisnis ini sukses, pastinya income yang kamu hasilkan akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Semangat menjalani bisnis sangatlah penting untuk menyambut kesuksesan itu sendiri

Tertarik Membuka Usaha Cuci Sepatu Sendiri?

Memang penting membaca penjelasan mengenai tips usaha cuci sepatu seperti yang ada di atas. Akan tetapi, ingat kalau kamu harus memulainya sesegera mungkin dan bukan nanti-nanti. Karena kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus kamu jemput.  


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait