Usaha Cuci mobil: Peluang, Tips dan Estimasi Modal

Mobil merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi cukup penting terutama di berapa kota besar. Bagi para pemilik mobil, tentunya penampilan mobil menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian mereka. Berbekal dari fakta tersebut, kini usaha cuci mobil merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan.


Peluang Usaha Cuci Mobil

Usaha cuci mobil membuka peluang yang cukup menjanjikan, karena ternyata bisnis tersebut tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. 

Bisnis cuci mobil adalah salah satu jenis bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Bertujuan untuk mendapatkan penghasilan melalui jasa mencuci mobil yang mereka tawarkan kepada orang-orang yang membutuhkan jasa mereka.

Umumnya, para pelaku usaha ini telah menyediakan berbagai macam alat yang dapat memberikan hasil yang lebih pada mobil kamu. Jenis-jenis cuci mobil saat ini juga bervariatif, mulai dari manual yang hanya menggunakan tenaga manusia sampai dengan menggunakan mesin otomatis.

Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan untuk kamu, karena tentunya setiap hari akan selalu ada orang-orang yang membeli mobil untuk kebutuhan mereka. Semakin bertambahnya mobil, kebutuhan akan jasa dari bisnis ini juga akan semakin meningkat. 

Bisnis yang satu ini ternyata juga cukup mudah untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Jika usaha cuci mobil kamu memberikan hasil yang memuaskan kepada para pelanggan, maka dengan sendirinya mereka akan terbiasa untuk menggunakan jasa dari bisnis yang kamu miliki.

Bisnis yang satu ini tidak akan pernah sepi dari orang-orang yang membutuhkan jasanya. Terutama ketika memasuki musim hujan, tentunya permintaan akan kebutuhan membersihkan mobil yang kotor akan semakin meningkat dan akan semakin meningkatkan keuntungannya.


Jenis-jenis Usaha Cuci Mobil

Pada pembahasan sebelumnya telah disebutkan bahwa saat ini terdapat beberapa jenis-jenis usaha cuci mobil yang cukup variatif. Masing-masing dari jenis bisnis cuci mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Cuci Mobil Manual

Jenis usaha cuci mobil yang pertama adalah cuci mobil manual. Jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling sedikit membutuhkan modal. Ketika menjalankan jenis yang satu ini, kamu hanya perlu mempersiapkan alat pompa bertegangan tinggi dan karyawan atau orang yang mencuci mobil tersebut.

Namun, jenis yang satu ini saat ini kurang diminati terutama bagi para pengendara roda empat. Jenis yang satu ini memang bisa memberikan harga yang murah kepada para pelanggan, namun untuk hasil dari jenis yang pertama ini dinilai kurang baik. Karena bagian kolong atau bawah mobil tidak dapat dibersihkan dengan baik.

2. Cuci Mobil Hidrolik

Jenis usaha cuci mobil yang kedua adalah cuci mobil hidrolik. Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini menggunakan alat hidrolik yang dapat mengangkat mobil sampai ketinggian tertentu. 

Naiknya mobil pada mesin hidrolik, bagian kolong atau bawah mobil dapat dibersihkan dengan lebih maksimal. Jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling sering kamu temukan. 

Jika kamu tertarik untuk menggunakan jenis bisnis cuci mobil yang satu ini, maka kamu harus mempersiapkan alat hidrolik dengan kisaran harga Rp 20 juta sampai Rp 25 jutaan.

3. Cuci Mobil Manual dengan Tanjakan

Jika kamu kurang tertarik untuk menggunakan mesin hidrolik yang mungkin terlalu mahal, maka kamu dapat menggunakan jenis bisnis cuci mobil yang satu ini. Cuci mobil manual dengan menggunakan tanjakan merupakan salah satu solusi untuk membersihkan kolong mobil tanpa menggunakan mesin hidrolik.

Fungsi tanjakan pada jenis usaha cuci mobil ini bertujuan sama seperti hidrolik, yaitu membuat kolong mobil bisa dibersihkan dengan maksimal. Umumnya jenis yang satu ini juga menyediakan rongga ke bawah pada bagian tengah tanjakan mobil. Rongga tersebut bertujuan agar orang yang membersihkan kolong mobil menjadi lebih mudah.

4. Cuci Mobil Otomatis

Jenis usaha cuci mobil yang terakhir adalah cuci mobil otomatis. Jenis ini mulai populer sejak tahun 2000-an. Sesuai dengan namanya, jenis bisnis yang satu ini menggunakan mesin otomatis. Meskipun sudah menggunakan mesin otomatis, namun kamu tetap memerlukan orang untuk mengoperasikan mesin tersebut.

Cuci mobil otomatis juga merupakan jenis bisnis cuci mobil yang memerlukan modal yang paling besar. Namun, mampu menawarkan beberapa kelebihan bagi para pelanggan bisnis kamu.

Beberapa kelebihannya adalah seperti waktu cuci mobil yang lebih singkat sehingga menguntungkan orang-orang yang cukup sibuk dan pelanggan juga tidak perlu keluar mobil. Sementara kekurangannya adalah bisa saja hasil cucian mesin tersebut kurang detail kebersihannya karena menggunakan mesin.


Estimasi Modal yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui beberapa hal penting tentang usaha cuci mobil, hal berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah estimasi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. 

Khusus untuk bisnis cuci mobil sederhana tanpa mesin hidrolik, tentunya sangat terjangkau untuk kamu. Estimasi modal untuk jenis bisnis cuci mobil tersebut cukup beragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. 

Pada saat ini juga terdapat beberapa penyedia jasa paket bisnis cuci mobil yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet.

Sementara untuk menjalankan bisnis cuci mobil dengan mesin hidrolik tentunya akan lebih mahal. Setidaknya kamu mungkin akan memerlukan modal sebesar Rp 50.000.000 untuk menjalankan bisnis cuci mobil hidrolik.

Jika kamu belum mampu menyiapkan modal sebanyak itu, kamu dapat mensiasatinya dengan memulai menjalankan bisnis cuci mobil tanpa mesin hidrolik terlebih dahulu. Lalu, seiring berkembangnya bisnis kamu, kamu dapat memulai untuk memikirkan menggunakan mesin hidrolik.


Tips Sukses Usaha Cuci Mobil

Informasi penting berikutnya tentang bisnis cuci mobil adalah beberapa tips sukses dalam menjalankannya. Beberapa cara mengembangkan usaha cuci mobil berikut ini dapat membantu kamu menentukan langkah awal dan pengembangan bisnis yang lebih tepat. Silahkan simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips yang pertama adalah memilih lokasi yang tepat dan menguntungkan. Lokasi yang tepat dan menguntungkan merupakan salah satu cara usaha cuci mobil agar dapat berkembang dengan lebih baik dan cepat.

Kamu dapat memanfaatkan jalan raya besar yang cukup ramai dan pasti dilalui oleh banyak orang. Selain jalan raya besar, kamu juga dapat memanfaatkan beberapa tempat yang cukup ramai dikunjungi oleh banyak orang, seperti pusat perbenlanjaan.

Sementara untuk tempat yang kurang menguntungkan adalah seperti dekat perumahan elit. Karena kemungkinan besar pemilik mobil sudah memiliki supir pribadi yang bisa mereka minta untuk membersihkan mobil mereka. Selain itu, juga bisa seperti di daerah pedesaan yang mayoritas pemilik mobil masih sedikit.

2. Kelola Karyawan dengan Baik

Tips yang kedua adalah mengelola karyawan dengan baik. Bagi semua bisnis, termasuk usaha cuci mobil, karyawan merupakan aset penting yang menjalankan roda sebuah bisnis.

Karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk mengelola dan bekerja sama dengan baik bersama para karyawan. Kamu dapat mendiskusikan atau menentukan jenis upah seperti apa yang akan mereka terima.

Apakah mereka akan mendapatkan upah tetap setiap bulannya atau mereka akan mendapatkan upah sesuai dengan banyaknya kendaraan yang mereka bersihkan. Kamu juga dapat mengkombinasikan kedua pilihan tersebut sesuai dengan hasil diskusi bersama dengan para karyawan kamu.

3. Melakukan Promosi

Promosi merupakan salah satu cara yang paling ampuh dalam mengembangkan bisnis dan mencari pelanggan tetap. Apabila kamu memiliki pelanggan tetap yang semakin bertambah seiring berjalannya waktu, maka bisnis cuci mobil kamu tentunya akan semakin berkembang.

Salah satu bentuk promosi bisnis yang cukup sering dilakukan oleh kompetitor adalah cuci mobil gratis setelah beberapa kali cuci di tempat kamu. Selain itu juga, kamu dapat menggunakan promosi potongan harga pada hari-hari tertentu.

4. Memberikan Pelayanan Terbaik

Tips yang terakhir dan tentunya sangat penting adalah memberikan pelayanan terbaik. Jika kamu memberikan pelayanan yang terbaik, tentunya jumlah pelanggan tetap kamu akan bisa terus bertambah.

Selain itu, memberikan harga yang kompetitif dan sesuai dengan pasar juga merupakan salah satu bentuk pelayanan yang bisa kamu maksimalkan. Kamu juga bisa meminta pelanggan untuk melakukan review atau meminta pendapat mereka guna memajukan bisnis kamu.


Tertarik Menjalankan Usaha Cuci Mobil?

Itulah beberapa informasi lengkap tentang usaha cuci mobil yang perlu kamu ketahui. Bisnis yang satu ini merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak akan pernah hilang dalam pasar serta kebutuhan orang banyak. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu.


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait