Inspirasi Bisnis Toko Retail dengan Peluang Profit Menjanjikan

Kamu yang sudah lama bekerja menjadi karyawan perusahaan dan memiliki cukup modal untuk membuka bisnis, bisa mempertimbangkan toko retail. Retail merupakan toko yang menjual barang secara ecer atau satuan pada konsumen akhir. Bisnis ini memiliki banyak jenis dan bisa kamu mulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

Tips sukses bisnis retail yaitu harus memiliki sistem manajemen yang baik agar bisa mencatat semua data barang, penjualan, dan lain-lain. Nah, jika tokomu sudah memiliki sistem yang bagus, bisa mempekerjakan orang lain untuk menjalankannya. Jadi, kamu pun tetap bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Deretan Ide Bisnis Ritel Menguntungkan

Mengingat konsumen memiliki kebutuhan yang beragam, banyak toko-toko yang menjual berbagai jenis barang.

Berikut merupakan ide toko ritel yang bisa kamu pilih untuk usaha menjanjikan.

1. Kelontong

Kamu yang tinggal di kawasan padat penduduk bisa mengambil peluang ini untuk membuka warung kelontong. Warung ini umumnya menjual berbagai macam kebutuhan sembako. Meskipun sudah banyak minimarket bermunculan, namun masih banyak masyarakat yang tetap membeli kebutuhan harian mereka di warung kelontong.

Toko retail kelontong ini cocok bagi kamu yang memiliki modal tidak terlalu besar. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat karena bisa menggunakan teras rumah sebagai warung. Jika usaha ini semakin berkembang, maka akan banyak supplier yang menitipkan dagangannya di warung kelontongmu.

2. Alat Tulis Sekolah dan Kantor

Rekomendasi ide usaha menjanjikan berikutnya yaitu membuka toko alat tulis sekolah dan kantor. Meskipun sudah memasuki era digital, namun siswa sekolah tetap memerlukan buku tulis, pensil, bolpen, penggaris, penghapus, dll. Peralatan tersebut akan terus dibutuhkan sehingga bisa menjadi bisnis jangka panjang.

Toko alat tulis biasanya juga menyediakan berbagai macam keperluan kantor seperti map, amplop, kwitansi, nota, dll. Dengan demikian, ide usaha ini memiliki jangkauan konsumen yang luas yaitu siswa sekolah, mahasiswa, dan karyawan kantor.

3. Kosmetik

Inspirasi toko retail yang juga tidak akan sepi pembeli yaitu menjual kosmetik atau make up. Bagi para wanita dewasa, kosmetik merupakan kebutuhan untuk menunjang penampilan mereka. Selain menggunakannya untuk riasan harian, make up juga menjadi keharusan bagi mereka yang bekerja agar terlihat menarik dan profesional.

Agar bisa menjangkau banyak lapisan konsumen, kamu bisa menyediakan make up untuk semua kategori yaitu untuk remaja dan wanita dewasa. Pastikan pula semua produk kosmetik yang kamu jual sudah lolos BPOM agar tidak membahayakan konsumen.

Biasanya, produk kosmetik yang memiliki peminat sangat tinggi sering membuat oknum nakal memproduksi kosmetik abal-abal yang mengandung zat kimia berbahaya. Produk-produk kosmetik tersebut umumnya dibandrol dengan harga lebih murah. 

Agar tidak tertipu dengan kosmetik abal-abal, pastikan kosmetik yang kamu jual memiliki informasi pabrik yang jelas.

4. Toko Smartphone

Jika kamu memiliki ketertarikan yang tinggi dengan dunia gadget, bisa membuka toko retail smartphone. Kamu perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk memulai usaha ini. Saat ini banyak merek smartphone di pasaran yang menawarkan keunggulan masing-masing dengan harga variatif.

Semakin banyak pilihan brand dan series dari masing-masing produsen, maka konsumen pun akan lebih tertarik karena memiliki banyak pilihan. Hal ini memungkinakan konsumen untuk mendapatkan smartphone sesuai budget yang mereka miliki. Selain itu, kamu juga perlu up-to-date dengan smartphone terbaru.

5. Mainan Anak-Anak

Ide usaha dengan profit yang cukup tinggi yaitu menjual mainan anak-anak. Kamu yang tinggal di dekat sekolah atau perkampungan bisa memilih usaha ini dan pasti ramai diserbu anak-anak. 

Sebelum itu, sebaiknya kamu mengenali konsumen terlebih dahulu agar bisa menyediakan mainan yang tepat dan sesuai dengan daya beli mereka.

Jika kamu tinggal dekat dengan klinik bersalin atau rumah sakit anak-anak, bisa membuka toko retail mainan edukasi. Orang tua pasti tertarik untuk membelinya karena edutoys bisa membantu mengembangkan kognitif anak usia 5 tahun ke bawah.

6. Perlengkapan Bayi

Bayi memiliki perlengkapan dan kebutuhan yang sangat banyak sehingga kamu bisa memanfaatkanya untuk meraup cuan. Dengan membuka toko yang khusus menyediakan semua kebutuhan bayi, maka orang tua pun bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mudah.

Kamu bisa menyediakan susu formula dari berbagai brand dan rentang usia tertentu. Kebutuhan bayi lainnya yang bisa kamu jual yaitu selimut, popok, baju, minyak telon, aksesoris, dan lain-lain.

7. Souvenir

Toko retail yang juga layak kamu pertimbangkan yaitu menyediakan souvenir. Ide usaha ini cocok untuk kamu yang tinggal di kawasan wisata, sehingga wisatawan bisa memiliki kenangan setelah mengunjungi tempat tersebut. 

Selain menjual souvenir khas untuk oleh-oleh, kamu juga bisa menjual souvenir untuk acara pesta dan acara formal lainnya.

Jualan souvenir ini juga bisa menjadi usaha jangka panjang karena hampir sepanjang tahun banyak orang menggelar acara. Jenis acara yang menggunakan souvenir antara lain pernikahan, ulang tahun, seminar, dan berbagai macam event lainnya. Kamu bisa menyediakan souvenir seperti mug, kipas, tumbler, goodie bag, note, dll.

8. Perlengkapan Olahraga

Pandemi covid-19 membuat masyarakat lebih sadar untuk menjaga kesehatan dengan rajin olahraga. Agar mereka dapat olahraga dengan nyaman dan stylish, maka kamu bisa menyediakan perlengkapan olahraga tersebut. 

Baju dan sepatu olahraga merupakan atribut penting untuk mendukung kenyamanan dan penampilan saat olahraga. Jadi kamu bisa menjual produk tersebut di bisnis retailmu. 

Selain itu, beberapa jenis olahraga memerlukan perlengkapan pendukung, sehingga toko retailmu juga bisa menyediakan perlengkapan tersebut. Contoh perlengkapan tersebut misalnya karpet yoga, raket badminton, shuttlecock, bola sepak, bola basket dll.

9. Pakaian

Kamu yang ingin memiliki usaha jangka panjang, bisa memilih jualan pakaian. Gempuran dunia fashion yang kencang membuat bisnis ini ramai digeruduk pecinta fashion. Pada bulan-bulan tertentu seperti ramadan dan natal, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Kebutuhan pakaian pada momen tersebut melonjak sangat tajam karena semua orang menggunakan pakaian baru untuk silaturahmi dan jalan-jalan. Untuk mendongkrak penjualan di bulan-bulan lainnya, kamu juga harus menyediakan pakaian sesuai dengan fashion yang sedang berkembang.

Jika ingin toko retail menjangkau konsumen lebih luas, maka kamu bisa menyediakan banyak kategori pengguna pakaian tersebut. Kamu bisa membuat kategori anak-anak, kategori remaja, dan dewasa. Dengan demikian, konsumen tidak perlu pergi ke toko lain untuk membeli baju untuk seluruh anggota keluarganya.

10. Perlengkapan IT dan Aksesoris

Masyarakat modern sangat dekat dengan teknologi, sehingga kamu bisa memanfaatkan peluang ini. Selain menjual perangkat keras seperti komputer atau laptop, kamu juga bisa menjual perangkat keras lainnya dan aksesoris pendukung.

Contoh perlengkapan IT yang banyak dicari yaitu headphone, speaker komputer, keyboard eksternal, mouse, webcam, modem, dll. Kamu bisa mendirikan usaha ini di lingkungan kampus karena banyak mahasiswa yang memerlukan perlengkapan tersebut.

Berapa Modal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Toko Retail?

Setiap jenis usaha retail tentu memerlukan anggaran dana yang tidak sama. Untuk usaha retail yang tidak memerlukan sewa tempat, tentu akan jauh lebih murah karena kamu hanya fokus pada modal pengadaan barang. 

Kamu yang memiliki modal Rp10 sampai Rp20 jutaan bisa membuka toko retail sembako, alat tulis, dan mainan anak-anak. Namun, jika kamu harus menyewa toko, tentu memerlukan modal yang jauh lebih besar. 

Jenis dan kuantitas barang yang kamu jual bisa memengaruhi besar modal yang harus kamu sediakan. Misal kamu ingin membuka toko laptop atau smartphone, maka kisaran modal yang kamu siapkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Hal ini karena satu perangkat elektronik tersebut memiliki harga jutaan rupiah. Nah, supaya bisa menyediakan banyak pilihan laptop atau smartphone, perlu modal yang lumayan besar pula. 

Besar modal pada masing-masing usaha toko retail ini juga akan memengaruhi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Semakin besar modal yang kamu keluarkan, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang akan kamu terima.

Sudah Menemukan Jenis Toko Retail yang Tepat?

Setelah mengetahui jenis retail yang sudah dijelaskan di atas, kamu tentu bisa memilih bisnis mana yang sesuai dengan kemampuanmu.

Kamu bisa mengetahui kesesuaian tersebut dari modal yang kamu miliki serta kondisi lingkungan tempat tinggal.

Bagi kamu yang memiliki modal kecil dan tinggal di lingkungan perkampungan atau padat penduduk, membuka warung kelontong akan lebih menguntungkan.

Sebaliknya, kamu yang tidak memiliki kendala modal bisa bebas memilih jenis jualan dan lokasi toko yang strategis.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait