Tips Sukses Memulai Bisnis Toko Aksesoris Pakaian

Ditengah gaya hidup wanita yang semakin tinggi, peluang bisnis toko aksesoris pakaian menjadi sangat menjanjikan.

Namun, tentunya setiap bisnis memiliki resikonya masing-masing.

Untuk itu, berikut ini kami rangkum tips jitu sukses memulai bisnis toko aksesoris pakaian yang bisa kamu terapkan.

Tips Memulai Bisnis Aksesoris Pakaian

Adapun tips yang bisa kamu coba untuk sukses berbisnis toko aksesoris pakaian.

Simak ulasannya di bawah ini.

1. Analisis Pasar

Tips utama dalam memulai setiap bisnis, yaitu analisis pasar. Mengapa ini penting? Dengan analisis pasar, bisa memudahkan kamu untuk mengetahui produk seperti apa yang masyarakat sukai. Dengan begitu, kamu bisa menentukan lebih jauh untuk membangun bisnis aksesoris seperti apa.

Tidak hanya itu, dengan melakukan analisis pasar, kamu juga bisa mengetahui siapa target pasar dan seperti apa kompetitor. Mengetahui kompetitor akan sangat membantu dalam memodifikasi produk atau layanan kamu, sehingga bisa unik atau lebih baik dari kompetitor.

Selain itu, dengan menganalisis pasar, kamu pun akan mendapatkan data berapa harga tertinggi dan terendah produk serupa. Dengan hal ini, kamu pun bisa menentukan harga produk dengan tepat, supaya tidak rugi atau melampaui harga standar. 

Hal terakhir dan terpenting, melalui analisis ini, kamu juga bisa tahu bagaimana kamu akan memasarkan produk. Karena kamu tahu apa yang masyarakat suka dan metode apa yang paling efektif untuk memasarkan produk serupa.

2. Modal Usaha

Tips kedua dalam memulai bisnis toko aksesoris pakaian, yaitu modal. Ini mungkin adalah hal umum yang harus semua jenis bisnis siapkan.

Bisnis tanpa modal tidak akan pernah bisa berjalan, bahkan untuk bisnis kecil ataupun online sekalipun. Demikian pula saat kamu berbisnis aksesoris wanita, modal adalah kunci penting yang harus kamu perhatikan.

Kamu perlu menentukan berapa modal yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis tersebut. Modal bisnis dengan produk buatan sendiri tentunya akan berbeda dengan produk dibeli. Untuk itulah, kamu perlu menentukannya sebaik mungkin, ya!

Untuk memulai, kamu bisa membuat list bahan yang kamu butuhkan untuk membuat produk aksesoris beserta harganya, jika membuat sendiri. Atau berapa harga beli setiap aksesoris yang akan kamu jual, jika langsung membeli dari supplier

Tambahkan juga biaya lainnya yang akan kamu butuhkan, seperti jasa packing dan pengiriman, jika mendapati pembeli dari luar. Lalu, kalkulasikan semuanya sehingga kamu mendapatkan total modal yang harus kamu punya untuk memulai bisnis tersebut.

3. Menentukan Aksesoris yang Akan Dijual

Menentukan aksesoris apa yang akan dijual juga perlu kamu perhatikan. Sebelumnya, kamu sudah melakukan analisis pasar bukan? Nah, dari proses itulah, aksesoris seperti apa yang akan kamu jual bisa kamu tentukan.

Adapun beberapa aksesoris yang bisa menjadi rekomendasi untuk bisnis kamu, yaitu ikat pinggang, dasi, topi, bros, kaos kaki, suspender, jilbab, stocking, sarung tangan, dan banyak lagi. Nah, kamu tentukan dulu, ya, untuk menjual yang mana!

4. Tentukan Supplier 

Tips memulai bisnis toko aksesoris pakaian selanjutnya, yaitu dengan menentukan supplier atau pemasok barang. Ada banyak sekali supplier saat ini, tentunya dengan produk dan penawaran yang berbeda. 

Untuk itulah, pastikan kamu memilih supplier yang tepat dengan cara memperhatikan identitas supplier aksesoris dan pastinya sudah terpercaya serta memiliki catatan penilaian yang baik dari pelanggannya. 

Hal ini sangat membantu, agar terhindar dari hal yang tidak kamu inginkan, seperti penipuan atau kualitas produk yang buruk.

Pertimbangan memilih supplier ini juga penting, karena berkaitan dengan target pasar. Apakah target pasar akan cocok dengan produk tersebut atau tidak? Karena akan sangat percuma jika kamu memiliki stok produk banyak, tapi tidak sesuai dengan keinginan pembeli.

5. Berikan Promo Menarik

Memberikan promo menjadi salah satu tips penting dalam memulai bisnis aksesoris. Ini penting, mengingat bahwa banyak sekali orang yang menyukai promo dan diskon menarik. 

Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai strategi untuk menarik perhatian para calon pembeli. Apalagi jika kamu baru membuka toko, maka dengan promo, bisa menarik pelanggan pertama, bahkan banyak pembeli.

Kamu bisa memulai dengan memberikan diskon beberapa persen terhadap pelanggan yang pertama membeli produk. Misalnya, diskon 20% untuk 5 pelanggan pertama. Hal ini biasanya akan cukup ampuh untuk menarik pelanggan datang ke toko kamu.

6. Atur Keuangan 

Manajemen keuangan dalam bisnis sangat penting, terutama untuk bisnis yang baru dirintis. Bahkan, keuangan bisa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bisnis kamu kedepannya.

Salah satu cara mengatur keuangan yang baik, yaitu dengan membuat pembukuan atau laporan keuangan secara berkala. Ini penting, karena bisa berpotensi untuk mengembangkan bisnis atau usaha kamu.

Sebaiknya, kamu memisahkan uang pribadi dan uang bisnis untuk mengetahui seberapa besar tingkat keuntungan yang kamu dapat. Ini juga akan sangat membantu untuk tahu apakah bisnis kamu mengalami kerugian atau tidak.

Jika bisnis mengalami kerugian, kamu pun bisa melakukan evaluasi apa yang salah dengan bisnis tersebut. Untuk kemudian bisa kamu perbaiki, agar terhindar dari kerugian selanjutnya.

7. Atur Strategi Promosi yang Tepat

Tips memulai bisnis toko aksesoris pakaian yang perlu kamu perhatikan berikutnya, yaitu strategi promosi. Mengapa demikian?

Karena strategi promosi erat kaitannya dengan kegiatan pemasaran dan tingkat penjualan produk kamu. Ada dua jenis strategi bisnis yang bisa kamu coba, yaitu promosi online dan offline. 

Untuk kegiatan promosi online, kamu bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau bahkan Youtube. Kamu bisa membuat akun khusus bisnis sebagai tempat memajang produk kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasang ikan digital untuk memasarkan produk. Cara ini sudah cukup ampuh untuk digunakan dalam memasarkan produk secara online. Jadi, sebaiknya kamu coba, ya.

Untuk promosi offline, kamu bisa memanfaatkan strategi word of mouth. Ini merupakan bentuk promosi yang bisa kamu lakukan dengan memasarkan produk mulut ke mulut.

Maksudnya, jika ada pelanggan yang menyukai produk kamu, mereka akan membicarakan produk kamu pada orang lain, sehingga orang lain juga akan tertarik. Dalam hal ini, proses pelayanan dan produk yang kamu miliki harus berkualitas, agar mereka mau merekomendasikan produk kamu tanpa pikir panjang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminta tolong tetangga atau teman dekat untuk membantu kamu mempromosikan produk yang kamu punya. Namun, alangkah lebih baik jika kamu memanfaatkan promosi online dan offline untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tertarik mencoba? 

8. Membuka Jaringan Baru 

Jaringan dalam bisnis sangatlah penting, karena bisa menentukan tingkat pemasaran produk kamu. Apa hubungannya?

Jika kamu memiliki banyak jaringan atau relasi bisnis. Kamu bisa memanfaatkan mereka untuk membantu mempromosikan produk. 

Tidak hanya itu, jaringan ini juga bisa berbentuk supplier. Dengan memiliki banyak pemasok, produk kamu tentunya bisa sangat beragam.

Produk yang beragam biasanya lebih banyak disukai daripada produk yang hanya satu jenis saja. Jadi, pelanggan kamu pun tidak akan pernah bosan datang atau berbelanja di toko mu. 

9. Tetap Komitmen dan Konsisten

Tips terakhir dalam memulai bisnis toko aksesoris pakaian, yaitu dengan menjaga komitmen dan konsisten. Sebenarnya, semua kegiatan membutuhkan ini, karena ini menentukan kesuksesan. Mengapa bisa?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya banyak tantangan yang akan kamu lalui ke depannya. Tidak ada bisnis yang berjalan mulus terus, pasti akan selalu ada halangan yang menanti di depan. 

Nah, jika kamu tidak konsisten dan berkomitmen untuk terus menjalankan bisnis tersebut. Mungkin pada tengah jalan, kamu akan langsung mundur dan menyerah begitu saja. 

Padahal, jika kamu terus mencoba dan konsisten, kemungkinan keberhasilan itu datang akan ada. Untuk itulah, dalam hal ini, komitmen dan konsisten itu sangat penting dalam merintis sebuah bisnis aksesoris. 

Satu hal penting untuk kamu ingat, tidak ada bisnis yang bisa menguntungkan dengan cara yang instan. Setiap hal butuh proses, dari proses itulah kamu bisa belajar untuk mencapai sebuah keberhasilan.

Kapan Mau Memulai Bisnis Aksesoris Pakaian?

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa tips memulai bisnis toko aksesoris pakaian tersebut.

Kamu tinggal menerapkannya sendiri pada bisnis milikmu, ya.

Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis dan sebagainya hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait