Tips Mengadakan Giveaway untuk Perkembangan Bisnis

Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah gratis?

Bagi konsumen, acara bagi-bagi hadiah alias giveaway merupakan peluang untuk memperoleh suatu produk atau servis secara cuma-cuma.

Untuk perusahaan, acara giveaway memberikan beberapa keuntungan.

Pertama, meningkatkan brand awareness terhadap produk atau jasa mereka di antara masyarakat.

Kedua, meningkatkan engagement dan interaksi antara brand dengan follower maupun calon konsumen.

Ketiga, giveway online merupakan salah satu ajang promosi yang lebih murah dibandingkan memasang iklan di media elektronik, media cetak, ataupun baliho.

Bahkan, meski kamu membutuhkan dana untuk menyediakan hadiah, biaya ini biasanya lebih murah dibandingkan iklan secara langsung.

Jadi, bisa dibilang kalau giveaway adalah salah satu bagian dari strategi marketing untuk memberi efek positif kepada perusahaan.

Jika kamu belum menerapkan acara bagi-bagi hadiah kepada konsumenmu, maka kamu pun bisa mulai mencobanya.

Berikut beberapa langkah untuk mengadakan giveaway agar perusahaan makin berkembang dan dikenal luas.

1. Tentukan tujuan giveaway

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah tujuan dari giveaway.

Apakah untuk menambah follower, meningkatkan brand awareness, atau menghabiskan bujet di akhir tahun?

Hal ini penting untuk menentukan tipe giveaway yang akan diadakan.

Misalnya, jika tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness, kamu bisa meminta follower kamu untuk mengadakan testimonial tentang produk kamu melalui IG post atau story mereka.

Kalau ingin menambah follower, kamu dapat meminta peserta untuk follow akun media sosial brandmu dan tag teman-teman mereka.

2. Pilih hadiah tepat

Salah satu hal yang menjadi daya tarik suatu kuis bagi konsumen adalah hadiahnya.

Pilihlah hadiah sesuai tujuan promosi dan konsumenmu.

Jadi sebisa mungkin hadiah berupa produk atau jasa dari brand kamu.

Jika kamu buka usaha berupa spa, misalnya, maka kamu dapat memberikan voucher untuk body scrub atau body massage.

Bila kamu punya usaha di bidang fashion, kamu pun dapat memberikan tas, sepatu, atau pakaian dari brand kamu sebagai hadiah.

Hadiah selain brand kamu juga bisa diberikan selama itu masih terkait dengan bisnismu.

Misalnya, kamu membuka usaha peralatan traveling.

Selain produk dari brand kamu, bisa juga kamu membagikan paket liburan ke kota lain yang mencakup tiket pesawat dan penginapan.

Tentunya, ini tergantung bujet untuk giveaway yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Strategi Bisnis untuk Menarik Minat Generasi Z

3. Buat syarat dan ketentuan yang jelas

Kamu tentu tidak mau ada kontroversi saat menjalankan giveaway.

Oleh karena itu, buatlah syarat dan ketentuan untuk mengikuti kuis secara jelas.

Misalnya, akun pengikut kuis tidak boleh diprivat semasa periode kuis untuk memudahkan kamu melihat postingan atau jawaban mereka.

Begitu juga langkah-langkah untuk mengikuti kuis—harus jelas dideskripsikan.

Mulai dari testimoni yang harus mereka share, akun brand yang harus difollow, jumlah akun lain yang harus di-tag, hingga periode kuis.

Untuk menghindari spam, kamu juga bisa menentukan kalau peserta hanya bisa mengikuti kuis satu kali.

4. Gunakan hashtag

Hahstag penting untuk menganalisis suatu kampanye giveway.

Mulai dari mencari tahu siapa saja pesertanya, berapa peserta yang mengikutinya, hingga untuk menentukan pemenang giveaway.

Tentunya hashtag ini harus berkaitan dengan bisnis, produk, hingga brand kamu.

Dengan begitu, usaha kamu akan menjadi viral dan kamu pun berpotensi mendapat calon konsumen baru.

Baca juga: 6 Langkah Mengurangi Biaya Produksi Dalam Bisnis

5. Pilih momen spesial

Namanya juga bagi-bagi hadiah untuk konsumen dan calon konsumen, tentunya hal ini harus dilakukan di momen spesial.

Misalnya, kamu merayakan 10.000 atau 50.000 follower di akun media sosial.

Atau, brand kamu akan berusia satu tahun sehingga perlu dirayakan.

Bisa juga, tuh, kamu mengadakan giveaway ini di momen tahun baru atau perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

Pastikan kamu memiliki hadiah berbeda di tiap giveaway agar follower maupun calon konsumen terpacu untuk selalu berpartisipasi.

6. Bekerja sama dengan pihak lain

Hal ini dapat dilakukan untuk menambah jenis hadiah menarik yang bisa dibagikan.

Misalnya, kamu dapat bekerja sama dengan perusahaan airline atau hotel jika kamu punya usaha peralatan traveling.

Dengan bekerja sama dengan perusahaan lain, maka kampanye giveaway kamu akan menjadi lebih viral karena perusahaan tersebut akan turut mempromosikannya.

Kamu dapat menggaet konsumen dari perusahaan lain, begitu juga sebaliknya.

Intinya, sih, sama-sama menguntungkan.

7. Promosikan

Begitu rencana kampanye ini sudah matang, maka kamu pun dapat mempromosikannya di berbagai akun media sosial milik brandmu.

Dengan begitu, follower-mu akan tahu mengenai kuis tersebut dan bisa berbagi kepada teman-temannya.

Jangan ragu juga untuk mempromosikannya kepada orang-orang terdekat.

Semakin banyak orang yang tahu, peserta yang akan mengikuti giveaway pun akan terus bertambah.

Ini berarti peluang untuk menjadi viral pun semakin besar.

Terkendala dana untuk mengadakan giveaway?

Kamu dapat mengajukan pinjaman melalui KoinBisnis dari Koinworks.

Dengan bunga mulai dari 0,75% per bulan, kamu pun dapat memperoleh pinjaman modal usaha hingga Rp2 Miliar.

Kamu dapat mengajukan pinjaman melalui smartphone di sini—mudah, kan!

Selain mengadakan giveaway, kamu juga dapat mempromosikan usaha kamu di https://lokalsupportlokal.id/ dari Koinworks.

Melalui microsite ini dan seluruh akun media sosial resmi Koinworks, usaha kamu akan dipromosikan secara gratis!

Yuk, segera bergabung.

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait