Tips Mencari Mitra Bisnis yang Pas dan Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu!

Membangun sebuah usaha adalah suatu pekerjaan yang tidak mudah. Kamu perlu sekali berusaha membuat komitmen, selalu berkreativitas hingga fokus serta konsisten sampai usaha tersebut benar-benar berjalan. Salah satu syarat sukses dalam berbisnis adalah kamu bisa membangun sebuah koneksi dengan teman bisnis yang tepat. Tips mencari mitra bisnis sangatlah kamu perlukan untuk kedepannya.

Dengan adanya partner bisnis yang pas atau sesuai, maka kamu bisa memiliki modal, tanggung jawab, serta melewati hambatan-hambatan yang akan ada saat menjalankan usahamu tersebut. Karena itulah artikel ini hadir hendak membahas tips cara mencari partner usaha yang tepat dan sesuai dengan kamu agar nantinya usaha berkembang menjadi lebih baik.


Tips Mencari Mitra Bisnis untuk Usaha Anda

Apa saja yang perlu kamu penuhi ketika mencari seorang untuk menjadi mitra bisnis? Beginilah beberapa tips yang patut kamu ikuti.

Memiliki Potensi yang Besar

Saat kamu hendak memilih mitra usaha atau patner bisnis, memasang mata dan feeling perlu kamu lakukan. Coba lihat dengan jeli, apakah sosok tersebut memang cocok dengan karakteristik yang kamu miliki. Hal ini perlu kamu perhatikan karena mengingat lama waktu yang akan kalian habiskan bersama bisa sangat lama.

Lebih jauh lagi, coba nilailah seberapa bisa orang tersebut bisa menutupi kekurangan yang ada dalam dirimu. Contohnya, ketika kamu memiliki karakter yang suka akan tantangan baru, maka kalau bisa mitra harus memiliki karakter yang lebih tenang, berpikir lebih luas serta mampu teliti akan hal-hal kecil. Hal-hal semacam ini akan membuat pengaruh terhadap bisnis yang tengah kalian kembangkan bersama-sama saat itu.

Selain hal-hal di atas, kamu perlu mempertimbangkan modal dari mitra bisnis yang kamu cari itu cukup untuk menyokong usaha kalian. Reputasi juga penting karena saat finansial memang tidak dalam keadaan aman, maka kalian masih bisa mencari sokongan dari pihak lain dengan mengandalkan hal tersebut. kamu bisa meminta saran akan sosok mitra tersebut pada semua orang termasuk keluarga yang terdekat.

Wajib Membuat Komitmen Hitam Di Atas Putih

Saat kamu menemukan mitra bisnis yang memenuhi kriteria yang ada di atas, maka bangun sebuah kerjasama yang tidak hanya berlandaskan kekeluargaan. Kamu sangat perlu membuat sebuah perjanjian tertulis dengan dia. Ini agar kalian merasa saling bergantung dan bekerjasama secara seimbang.

Kalian perlu menuliskan sedetail mungkin hal-hal yang mungkin perlu direncanakan. Paling utama adalah konteks kerjasama dan juga arah bisnis yang hendak kalian capai kedepannya. Semua ini adalah demi saling menjaga rasa kepercayaan.

Rasa kepercayaan sangatlah penting. Namun, tetaplah penting untuk menuliskannya hitam di atas putih karena sifatnya yang subyektif. Peran perjanjian tertulis ini adalah untuk memperjelas batasan-batasan, peran, strategi usaha, serta kompensasi-kompensasi antara kalian berdua. Kalau bisa saat kamu membuat perjanjian bersama itu, pemahaman kalian atas bisnis itu adalah setara agar tidak akan ada salah satu pihak merasa dirinya dirugikan oleh pihak lainnya.

Menyusun Pembagian Modal dan Kerja yang Pas dan Jelas

Dalam sebuah bisnis, kamu dan mitra bisnis yang tengah bekerjasama itu layaknya organisme dalam kumpulan semut. Artinya setiap individu memiliki peran yang jelas. Kamu dan mitra bisnis perlu memperhitungkan mengenai tugas, kewajiban, hak dan alokasi modal yang kalian miliki dengan jelas. Selain hal-hal itu, pembagian keuntungan yang jelas juga perlu kamu dan partner usahakan bersama.

Hal di atas tidak hanya harus tertera pada lembar perjanjian bersama, tetapi masing-masing perlu memiliki catatan akan hak, kewajiban, dan tugas-tugas yang kalian miliki masing-masing. Kamu bersama dia juga perlu memikirkan adanya konsekuensi dan sanksi ketika salah satu dari kalian tidak menjalankan hak, kewajiban, serta tugasnya dengan tuntas atau malah lalai dari apa yang sudah tergariskan di dalam surat perjanjian. Tips ya, kamu bisa mencari mitra bisnis yang mampu berkomitmen dengan disiplin terhadap perjanjian bersama tersebut.

Mendahulukan Berpikir Ketimbang Rasa Emosional

Membangun sebuah kerjasama dalam sebuah usaha atau bisnis menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan atau indah, tetapi juga bisa berujung pada ketidakenakan ketika kamu mencari mitra bisnis yang tidak tepat. Kadangkala bisnis bisa hancur gara-gara antara kamu dengan dia punya perasaan yang saling mendominasi tapi tidak mau saling mendengar.

Kalau bisa carilah partner yang seimbang dan tidak hanya memikirkan dominasinya terhadap usaha ini, tetapi cara-cara dia untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Bangun komunikasi yang baik sejak awal dan dahulukan berbicara atau berdiskusi ketika di awal berunding terdapat hal-hal yang mungkin tidak sejalan.

Tips Mencari Mitra Bisnis: Sesuaikan Kebutuhan Kamu Sendiri Terlebih Dahulu

Tips selanjutnya dalam mencari mitra bisnis adalah coba kamu pikirkan pertanyaan ini, “apakah sudah tepat untuk memilih mencari rekan bisnis atau justru lebih baik sendiri saja?”. Membuat keputusan untuk bermitra adalah hal yang besar. Coba pikirkan benarkah kamu membutuhkannya?

Kadangkala ada seseorang yang hanya ingin membagi resiko bisnisnya, maka dari itu mereka mencari mitra bisnis. Hindari alasan klise seperti ini. Bayangkan saja ketika mitra kamu mengetahui bahwa alasan sebenarnya kamu mengajak dia untuk bersama hanya karena hal tersebut. Maka hubungan bisa saja menjadi kurang baik.

Berbisnis tanpa adanya mitra juga bukan hal yang buruk. Malahan kamu bisa menjadi dirimu dengan berinovasi tanpa adanya halaman dan tanpa perlunya kompromi dengan orang lain ketika membuat sebuah keputusan. Jika ada sebuah masalah, kamu bisa mengatasinya tanpa perlu menahan perasaan enak atau tidak enak terhadap orang lain. Untuk itulah kamu perlu menimbang dan menilai dari dua sisi tersebut, yaitu saat bekerja sendiri dengan bekerja bersama orang lain sebagai mitra bisnis.

Memposisikan Mitra Sebagai Kawan dan Keluarga?

Sekembalinya kamu memutuskan untuk berpartner dengan orang lain maka kamu perlu memikirkan posisi sosok tersebut nantinya akan kamu anggap sebagai apa? Apakah teman atau kawan? Atau justru sosok keluarga bagi kamu?

Ada plus minusnya memposisikan mitra bisnis sebagai teman dan keluarga. Banyak orang yang memilih memposisikan mitranya sebagai teman karena menurut mereka akan terbangun dengan jelas batasannya ketika berbisnis, ketimbang saat memposisikannya sebagai keluarga. Namun, bisa jadi pilihan ini membuat suasana kerja kurang cair.

Di antara yang lain juga ada yang lebih memilih menganggapnya sebagai keluarga. Alasanya adalah adanya rasa kepercayaan yang lebih kuat dan besar ketika memilih memposisikan partner. Minusnya, biasanya rasa emosionalnya lebih tinggi dan tensinya cukup tinggi ketika terjadi permasalahan.

Ada plus dan minus yang bisa kamu dapatkan ketika memilih salah satunya. Maka dari itulah pikirkanlah dengan masak-masak dan lihat mitramu lebih cocok sebagai teman atau keluarga baru yang kamu miliki.

Cara Untuk Memutuskan Hubungan Kerjasama

Saat membangun sebuah kemitraan, kamu serta partner perlu sekali memikirkan dan menetapkan saat-saat seperti apa bisnis harus kalian hentikan sebelum menuju kerugian karena kegagalan membangunnya. Kamu perlu mencari partner yang dapat mengerti dan memberikan timeline serta rencana-rencana seandainya hal tersebut muncul. 

Dalam sebuah resiko kegagalan harus jelas juga tanggung jawab masing-masingnya seperti apa. Kamu perlu menyusun sebuah skema mengenai bagaimana caranya nanti jika bisnis gagal, kamu harus menjual bisnis kah atau seperti apa. Aset berdua yang selama kalian miliki juga dipertimbangkan bagaimana pembagiannya kelak. Keputusan untuk menutupnya jika berada dalam kondisi yang sulit juga perlu tegas dalam hal batasannya sampai sejauh mana.

Hal ini biasa orang bisnis sebut sebagai exit strategy. Sangatlah penting untuk kalian mengantisipasinya untuk berjaga-jaga bila mana nanti kemungkinan ini benar-benar terwujud.


Sudah Siap Menerapkan Tips Mencari Mitra Bisnis Di Atas?

Tips mencari mitra bisnis yang sesuai di atas pastinya nanti akan kamu gunakan saat menjalankannya. Masih banyak hal-hal yang perlu kamu pikirkan dan pertimbangkan ketika memilah dan memilih seseorang untuk bermitra dengan kamu. Jangan sampai salah pilih karena akan sayang sekali usaha yang kamu sedang bangun bisa gagal dan membuat kamu rugi besar. Ingat untuk selalu jeli dan mempertimbangkan dari segala sisi keputusan kamu dalam berbisnis!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait