4 Tips Membuat Label Makanan yang Menggugah Selera

Menjalankan bisnis kuliner memang punya peluang keuntungan yang tinggi. Namun, agar maksimal, kamu perlu memberikan sentuhan unik pada brand kamu. Salah satu caranya adalah dengan memahami tips membuat label makanan yang tepat. Stiker label makanan jadi aspek pengenalan utama agar mudah dikenali oleh pelanggan. 

Memahami tips membuat label makanan yang tepat dan sesuai merupakan hal yang penting bagi kamu ketika hendak memulai menjalankan bisnis kuliner sendiri. Pasalnya, kehadiran label ini bisa membuat para pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu. Banyak cara untuk memaksimalkan tips membuat label makanan yang bisa kamu ikuti. 

Apa itu Label Makanan?

Sebelum mulai membahas tentang tips membuat label makanan yang tepat, penting bagi kamu untuk mempelajari pengertian dari stiker label makanan terlebih dahulu. 

Secara umum, label merupakan sebuah aspek visual yang berperan sebagai keterangan produk. Aspek visual yang hadir bisa berupa grafis atau sekadar kata-kata. 

Keterangan produk yang tersemat tidak sekadar untuk memperkenalkan jenis makanan apa yang kamu jual. Label juga bisa jadi bentuk informasi terkait brand yang kamu miliki. Oleh karena itu, identitas brand ini cukup penting untuk kamu hadirkan dalam packaging produk yang kamu jual. 

Dalam merancang desain sebuah label, kamu juga tidak bisa sembarangan. Layaknya sebuah logo perusahaan, keterangan produk yang kamu jual penting untuk menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan berbagai macam aspek desain untuk bisa menghadirkan label yang representatif. 

Dalam merancang desain logo yang tepat, kamu perlu memikirkan beberapa elemen, seperti psikologi warna dan filosofi desain. Kedua elemen tersebut penting untuk kamu perhatikan karena perpaduannya bisa menggambarkan sebuah citra yang kuat. 

Citra pemasaran yang kuat akan lebih mengundang minat para calon pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual. Terlebih, jika produk makananmu merupakan makanan yang unik. Kombinasi antara logo atau label yang kuat dengan produk yang beda dari yang lain akan membantu meningkatkan potensi keuntungan bagi bisnis. 

Jenis-jenis Label Makanan 

Meskipun memiliki tujuan untuk promosi, ternyata jenis label ada banyak. Label tidak sekadar jadi identitas utama yang terpampang besar pada produk saja. Dalam sebuah kemasan makanan, biasanya ada elemen pelengkap lainnya yang membutuhkan label. Berikut adalah jenis-jenisnya yang perlu untuk kamu ketahui. 

1. Label Produk

Sesuai dengan namanya, jenis stiker identitas ini bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Namun, dalam sebuah produk, elemen utama tersebut tidak sekedar jadi satu-satunya label yang harus terpasang. Dalam produk makanan, kamu perlu menambahkan informasi lainnya dalam format label. 

Umumnya informasi tambahan tersebut menjelaskan terkait bahan yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Selain itu ada juga penjelasan tentang angka kecukupan gizi (AKG). Kedua elemen tersebut perlu tercantum sebagai bagian dari legalitas. 

Di luar itu, dalam sebuah produk makanan, kamu juga perlu menambahkan label BPOM dan juga MUI. Kedua label itu diperlukan agar para pelanggan merasa lebih aman untuk mengonsumsi makanan yang kamu jual. 

2. Label Merek 

Di luar label produk, kamu juga perlu menambahkan merek dari produk yang kamu jual. Sifat dari label merek ini secara legalitas memang bukan jadi hal yang utama. Namun, secara bisnis dan pemasaran, kehadiran stiker informasi ini penting untuk hadir dalam kemasan produk yang kamu jual. 

Salah satu aspek yang membuat jenis label ini jadi penting adalah sebagai bentuk pengenalan kepada konsumen. Sebagai pengusaha, tentu kamu ingin mengembangkan bisnis di masa depan dengan menambah variasi produk. 

Label merek akan memudahkan proses menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan kepada produk yang kamu buat. Dengan mengetahui merek perusahaan, produk baru yang kamu pasarkan nantinya akan mudah untuk menarik minat konsumen karena adanya rasa percaya yang sudah hadir melalui produk sebelumnya. 

3. Label Tingkat 

Label tingkat ini umumnya memang cukup tidak terlalu diperhatikan pada pelabelan produk makanan. Namun, kehadiran jenis stiker label makanan ataupun minuman ini penting untuk hadir dalam sebuah produk yang menawarkan variasi ukuran atau tingkat.

Secara sederhana, label tingkat ini berguna untuk menginformasikan mutu atau tingkatan yang kamu tawarkan dalam sebuah produk. Contoh yang bisa kamu temukan adalah informasi seperti 300ml, 500ml, dan seterusnya yang kamu temukan dalam sebuah produk minuman kemasan. 

Selain itu, jenis label ini juga hadir dalam produk pakaian. Kamu tentu mengetahui saat membeli pakaian, ada label terkait ukuran S, M, L, XL, dan seterusnya. Ukuran pakaian tersebut juga masuk ke dalam kategori label tingkat. 

Tips Membuat Label Makanan yang Menarik

Agar kamu lebih mudah mendapatkan peluang bisnis yang menjanjikan, berikut adalah beberapa tips membuat label makanan yang bisa kamu coba. 

1. Perhatikan Pemilihan Warna 

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, warna memiliki peran penting dalam tips membuat label makanan. Warna memiliki elemen psikologi yang berguna untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk yang kamu jual. Dalam produk makanan, pemilihan warna yang mencolok jadi elemen desain yang cukup sering terlihat. 

Warna mencolok seperti merah dan kuning bisa kamu temukan di berbagai macam kemasan produk makanan yang populer. McDonald’s adalah salah satunya. 

Selain itu, Indomie juga menyematkan elemen merah dalam label produknya. Warna yang mencolok dinilai punya makna unik, berani, dan menyenangkan. 

Psikologi warna yang hadir dari warna merah, kuning, dan pilihan mencolok lainnya berperan sebagai medium komunikasi. Warna yang ada pada label produk yang kamu jual diharapkan bisa menyampaikan pesan tersirat yang kamu siapkan untuk pelanggan terkait produk yang kamu jual. 

2. Lengkapi dengan Font yang Tepat 

Tips membuat label makanan selanjutnya yang kamu perlu pahami di tahap desain adalah memilih font atau huruf yang tepat. Pemilihan elemen desain satu ini tidak boleh sembarangan. Pasalnya, sebuah font atau huruf juga jadi cerminan sebuah brand atau produk yang kamu jual saat ini. 

Melalui font yang tepat pada stiker label makanan, pelanggan bisa menerka-nerka apakah produk yang kamu jual sesuai dengan aspek psikologis yang dibangun oleh pemilihan warna. Pastikan kamu menemukan keseimbangan di dalam kedua aspek tersebut. 

Selain jenis font atau bentuk huruf yang hadir, kamu juga perlu memerhatikan ukurannya. Jika kamu ingin memperkenalkan nama produk, tentu ukuran font tersebut perlu dibuat lebih besar atau setara dengan grafis produk yang ada. Hal ini perlu dilakukan agar konsumen bisa mengingat produk kamu lebih mudah. 

3. Persiapkan Materi Sesuai Kebutuhan 

Selain warna dan font, ada materi desain lainnya yang perlu kamu persiapkan. Dalam pembuatan label produk, tidak jarang kamu membutuhkan gambar atau foto makanan yang ada dalam kemasan. Untuk itu, pastikan kamu telah melengkapi foto produk sebagai bagian dari kelengkapan materi desain. 

Selain itu, materi lainnya yang perlu kamu persiapkan adalah informasi tertulis yang terpampang pada label. Siapkan dokumen khusus terkait informasi tulisan, mulai dari nama produk, nama brand, AKG, bahan-bahan yang digunakan, serta informasi perusahaan. Dokumen ini akan mempermudah proses desain jadi lebih cepat. 

4. Pastikan Ukuran dan Kualitas Stiker Baik

Stiker merupakan material umum yang digunakan untuk membuat label makanan. Oleh karena itu, memilih kualitas stiker yang baik jadi bagian tips membuat label makanan yang tidak bisa kamu lewatkan. 

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini banyak sekali jenis stiker yang ada di pasaran. Alangkah baiknya jika kamu melakukan riset terlebih dahulu terkait kualitas stiker label makanan yang ingin digunakan. Memiliki kualitas yang baik dan juga tahan akan segala kondisi harus jadi prioritas agar tidak mudah mengelupas. 

Selain itu, ukuran pun perlu kamu perhatikan dengan matang. Jika kamu memilih kemasan transparan, pastikan label makanan tidak menutupi seluruh packaging. Pemilihan jenis kemasan tersebut adalah agar pelanggan bisa langsung melihat produk apa yang kamu jual dengan lebih mudah. 

Pentingnya Prsentasi Label Makanan yang Baik

Keempat tips membuat label makanan di atas merupakan langkah esensial yang perlu kamu jalani. Di luar itu, mungkin masih banyak variasi tahapan yang bisa kamu coba. Dengan melengkapi keempat tahapan di atas, semoga mempermudah proses pembuatan label yang membuat produk kamu jadi lebih laku di pasaran. 


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait