8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan

8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan – Dengan semakin banyak kebutuhan dan pengeluaran setiap bulannya, membuat banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Salah satu cara yang cukup banyak menjadi pilihan masyarakat adalah dengan memulai bisnis sampingan selain bekerja secara full time di kantor.

Apakah kamu juga berpikir demikian? Jika saat ini kamu sedang berpikir untuk mendapatkan pendapatan sampingan, ini dia 8 langkah terbaik yang bisa dilakukan sebelum memulainya.


8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan

1
Miliki Komitmen

komitmen bisnis usaha

Jika kamu berpikir untuk menjalankan bisnis sampingan dan mendapat penghasilan tambahan, maka kamu harus memahami akan ada tambahan waktu kerja yang harus dilakukan setiap harinya.

Miliki komitmen untuk menjalani tambahan waktu kerja tersebut dengan membuat sebuah daftar kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.

Baca Juga: Strategi Penjualan Efektif di Fase New Normal

Tuliskan pada agenda harian tentang berapa jam setiap harinya yang perlu kamu sisihkan untuk melakukan pekerjaan sampingan.


2
Lakukan Bisnis yang Sesuai Minat

bisnis sesuai hobi minat

Bisnis yang kamu jalankan tidak akan mampu berjalan dengan optimal, jika kamu sendiri tidak terlalu suka untuk menjalaninya.

Oleh sebab itu, pilihlah sebuah bisnis yang benar-benar kamu suka dan berminat untuk menjalankannya.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi

Jika kamu suka masak, jalankan bisnis warung makan di rumah kamu atau kamu suka mengajar anak-anak, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus privat.

Bisnis yang dijalankan dengan sepenuh hati mampu memberikan hasil yang optimal.


3
Miliki Keunggulan Kompetitif

keunggulan likes top

Jika ingin menjalankan bisnis sampingan dan mendapat penghasilan tambahan, kamu perlu memiliki poin penting ini.

Keunggulan kompetitif yang dimiliki dalam bisnis memungkinkan kamu untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan juga memperoleh lebih banyak pelanggan dibandingkan para pesaing.

Baca Juga: 3 Ide Pemasaran Murah yang Cocok untuk Usaha Kecil

Jangan menjadi bisnis yang biasa saja, miliki sebuah keunggulan unik yang berbeda dari para pesaing kamu. Hal inilah yang menjadi nilai tambah bisnis di mata para pelanggan yang menggunakan produk atau jasa.


4
Bisnis Sampingan Harus Memiliki Tujuan yang Terukur dan Bisa Dicapai

tujuan bisnis usaha

Bisnis sampingan yang dimiliki tidak akan bisa berkembang dan tumbuh, jika kamu selaku pemilik bisnis tidak memiliki tujuan yang terukur.

Tetapkan beberapa tujuan di masa depan berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mencari Ide Bisnis Bagi Para Pengusaha Muda

Misalnya saja kamu memiliki tujuan untuk mendapatkan omzet Rp5 Juta dalam sebulan atau kamu ingin menambah varian produk yang ditawarkan kepada pelanggan.


5
Jangan Ragu Bekerja Sama dengan Orang Lain

bisnis saat new normal

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu tidak memaksakan seseorang menjadi pribadi yang berbeda dalam menjalankan bisnis.

Jika kamu termasuk orang yang ahli di bidang penjualan, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka kamu bisa bekerja sama dengan para pemilik modal untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki.

Baca Juga: 6 Tips untuk Merekrut Karyawan dan Membuat Tim yang Tepat 

Intinya adalah lakukan yang terbaik apa yang bisa kamu lakukan!

Pahami setiap kelebihan yang dimiliki dan jangan lupa juga untuk menuliskan beberapa kelemahan yang kamu miliki.

Fokuslah pada kekuatan dan ajak orang lain bekerja sama di bidang yang menjadi kelemahan kamu.


6
Minta Umpan Balik Kepada Konsumen kamu

customer service layanan pelanggan

Bisnis sampingan yang kamu jalankan pasti membutuhkan konsumen agar bisa survive dan terus bertumbuh di masa depan.

Mintalah umpan balik tentang produk atau layanan yang kamu berikan sebab hal ini bisa sangat bermanfaat untuk memperbaiki layanan di masa depan.

Baca Juga: 4 Fakta Menjadi Seorang Pebisnis yang Perlu Diketahui

Selain itu, umpan balik yang diberikan para konsumen sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa kamu sudah memberikan sesuatu yang benar-benar diinginkan para pelanggan.


7
Jangan Lupakan Pekerjaan Utama kamu di Kantor

bekerja kantor pekerjaan

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bisnis sampingan yang dijalankan mengharuskan kamu menyisihkan lebih banyak waktu untuk bekerja mengurusi pekerjaan utama dan juga bisnis yang ada.

Meskipun kamu sudah memiliki bisnis sampingan, jangan lupa dengan pekerjaan utama yang dimiliki saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengelola Keuangan untuk Bisnis Usaha Kecil

Jangan sampai kamu melalaikan tugas sebagai staff di sebuah perusahaan, karena terlalu fokus berbisnis sampingan.

Selain itu, jangan pernah menggunakan sumber daya perusahaan untuk menjalankan bisnis sampingan yang dimiliki seperti komputer, software, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.


8
Promosikan Usaha Secara Maksimal

promosi media sosial medsos

Terakhir, kamu juga perlu mempromosikan usahamu supaya lebih banyak orang yang berminat untuk membeli dan menggunakan produk-produkmu. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, word of mouth, dan situs eCommerce.

KoinWorks pun bisa membantumu untuk menjangkau lebih banyak konsumen apabila kamu mendaftarkan bisnismu di #LokalSupportLokal, sebuah inisatif dari KoinWorks untuk merangkul UMKM di seluruh Indonesia untuk sama-sama bangkit dan mendorong laju pergerakan perekonomian negara di tengah pandemi.

Cara bergabungnya pun mudah, cukup dengan melakukan registrasi di lokalsupportlokal.id, dan produkmu akan bisa dipromosikan beberapa jam setelah registrasimu diverifikasi.

Mudah, kan? Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnismu dan dukung pergerakan roda perekonomian Tanah Air bersama di #LokalSupportLokal.