5 Strategi Promosi di Twitter untuk Bisnis Online

5 Strategi Promosi di Twitter untuk Bisnis Online – Setelah munculnya Instagram, Twitter memang sempat meredup tapi di awal tahun 2017, media sosial ini mulai ramai kembali hingga saat ini.

Jadi, jika sekarang kamu memanfaatkan Twitter bukan hal yang salah, karena memang Twitter kembali berjaya.

Berbeda dengan Instagram, dan Facebook, di Twitter kamu melakukan promosi dengan kekuatan tweet atau tulisan.

Memang, kamu bisa menaruh foto pada konten, tetapi terbatas. Apalagi, Twitter juga memberlakukan sistem pembatasan karakter hanya 280 karakter.

Jadi, bagaimana strategi promosi di Twitter? Yuk, terapkan cara berikut!

5 Strategi Promosi di Twitter untuk Bisnis Online

1
Interaktif dengan Followers

strategi-promosi-di-twitter-1

Sama seperti media sosial lainnya, Twitter adalah media interaktif. Jadi, strategi promosi di Twitter yang pertama kamu harus dengan mudah membalas tweet orang lain.

Semakin banyak atau panjang, maka akan lebih banyak menarik perhatian dan memancing orang lain untuk terlihat.

Baca Juga: Digitalisasi dalam Mempertahankan Bisnis di Era New Normal

Tak hanya itu engagement akun kamu juga semakin tinggi.

Kalau kamu tidak sempat membalas tweet, cukup dengan retweet atau memberikan like.

2
Bergabung Dengan Obrolan Netizen

strategi-promosi-di-twitter-2

Di Twitter, percakapan yang ada begitu ramai, apalagi jika ada sesuatu yang sedang viral. Nah, kamu bisa memancing perhatian para netizen, dengan bergabung dalam obrolan yang sedang hangat tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Supaya Bisa Promosi Tanpa Keluar Biaya

Cobalah sesekali merespon tweet-tweet yang sedang viral. Namun, perlu diperhatikan untuk menghindari topik-topik sensitif seperti SARA dan politik.

3
Membuat Thread

strategi-promosi-di-twitter-4

Thread atau tweet bersambung saat ini juga tak kalah populer di Twitter. Banyak orang membuat thread dan mendapatkan exposure dari kontennya tersebut. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai salah satu strategi promosi di Twitter.

Buatlah thread dengan isi konten yang berhubungan dengan produk jualan kamu. Misalnya, produk kamu adalah makanan, coba buatlah thread yang membahas tentang cara memasak mudah, atau bahan-bahan makanan.

Baca Juga: Ide Bisnis Selain Kuliner di Era New Normal

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat thread untuk menginformasikan tentang produk secara lengkap.

Nantinya, thread tersebut bisa kamu “pinned” di profil supaya orang-orang bisa mengaksesnya dengan mudah ketika ingin mengetahui lebih lengkap tentang info produkmu.

4
Gunakan Hashtag Populer

strategi-promosi-di-twitter-3

Sesekali cobalah untuk melihat trending topic yang sesang berlangsung. Kamu bisa menyelipkan hashtag atau tagar yang sedang viral dan digunakan oleh netizen sebagai salah satu strategi promosi di Twitter.

Adanya hashtag populer, pasti banyak dilirik oleh orang dan membuat tweet kamu menjadi ikut terbaca oleh netizen, bahkan sebelum mereka follow akun bisnis kamu.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Kelola Bisnis dari Rumah di Tengah Pandemi

Tapi perlu diperhatikan, jika berniat menggunakan hashtag populer, gunakan yang memang tidak berbau SARA, politik dan hal sensitif lainnya.

Namun, bila hashtag yang sedang viral memuat konten santai kamu bisa memanfaatkannya dan menunjukan sisi “seru” untuk produk bisnis kamu.

5
Adakan Giveaway

strategi promosi di twitter - pelanggan baru online

Strategi promosi di Twitter yang terakhir ini, memang memerlukan kamu untuk merogoh kocek lebih karena kamu akan mendadakan kontes berhadiah seperti kuis untuk followers kamu.

Hal ini tidak hanya bisa mempererat ikatan kamu dengan para konsumen, tetapi juga berpotensi menambah jumlah followers baru, lho.

Baca Juga: Strategi Penjualan Efektif di Fase New Normal

Cobalah membuat suatu kuis, yang membuat khalayak menjawab pertanyaan tentang produk kamu melalui tweet disertai hashtag nama brand kamu.

Hashtag ini bisa digunakan orang lain, untuk mencari tahu tentang produkmu. Kalau sudah begini, brand kamu tentu memiliki distribusi exposure yang tinggi dan bisa menjadi trending.

Semakin dilihat banyak orang, semakin bisnis kamu akan dikenal.

Selain 5 cara di atas, apa lagi yang bisa kamu lakukan?

Kamu bisa mengikuti program #LokalSupportLokal dari KoinWorks!

Dengan program #LokalSupportLokal ini, kamu sebagai pelaku UKM akan dibantu dalam mempromosikan bisnis kamu dengan cara:

  • Menginformasikan secara lengkap tentang produk/jasa dari bisnis UKM yang terdaftar dalam microsite ini.
  • Mempromosikan bisnis UKM ke lebih dari 36k followeres melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks gratis.

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu!