Strategi Pemasaran Somethinc Yang Sukses Hingga Go Internasional

Strategi pemasaran Somethinc adalah kunci utama yang menjadikan mereka sebagai salah satu brand lokal yang mendulang kesuksesan hingga tingkat internasional. Lantas, apa saja strategi marketing yang dilakukan oleh brand kosmetik favorit para beauty enthusiast ini? Yuk, scroll down artikel ini!

Memaksimalkan Digital Marketing

Digital marketing sudah menjadi salah satu strategi pemasaran di era perkembangan teknologi dan internet saat ini. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Somethinc untuk mempromosikan produk-produk terbaiknya.

Perlu kamu ketahui, bahwa pemasaran lewat digital membutuhkan strategi dan tools yang menarik agar performa penyebaran produk ke audiens bertambah. Ada beberapa jenis digital marketing yang dimaksimalkan oleh Somethinc untuk mempromosikan produk-produknya, antara lain:

1. Media Sosial Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia. Hal ini menjadi peluang yang dimanfaatkan oleh Somethinc untuk mempromosikan produknya.

Jumlah pengikut yang mencapai 1,3 juta, strategi pemasaran Somethinc di Instagram terbilang cukup berhasil. Somethinc membuat beragam konten di Instagram seperti feeds foto yang memberikan informasi tentang produknya, testimoni dari pengguna produknya, dan konten menarik lainnya.

Salah satu konten marketing Somethinc yang menarik perhatian adalah menantang para skincare enthusiast untuk menggunakan produk Somethinc selama 4 minggu untuk melihat hasilnya. Hal ini menunjukkan bahwa Somethinc sangat serius membuat produk mereka dengan kualitas terbaik.

2. Strategi Pemasaran Somethinc Lewat Website

Somethinc juga melakukan pemasaran melalui website resmi. Ada berbagai opsi yang disajikan, seperti produk baru (new arrivals), skincare, makeup, dan alat makeup atau tools.

Selain menghadirkan berbagai macam opsi pilihan, website resmi milik Somethinc juga mempermudah para konsumen untuk melihat dan membeli  produk-produk mereka.

Keberadaan fitur Live Chat dengan bot atau admin semakin membuat website Somethinc menarik dan memanjakan para konsumennya. Fitur Live Chat ini berguna untuk konsultasi produk yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit, urutan penggunaan produk yang tepat, dan informasi seputar reseller bahkan complain.

3. Email Marketing

Strategi pemasaran Somethinc juga dilakukan melalui email marketing. Pihak Somethinc akan mengirimkan informasi seputar produk apa saja yang sedang diskon kepada para konsumennya yang sudah berlangganan menggunakan email.

Tidak hanya seputar potongan harga, Somethinc juga akan mengirimkan email marketing jika ada produk terbaru yang akan launching, event, atau informasi menarik lainnya.

Strategi Pemasaran Somethinc Lewat E-Commerce

Keberadaan e-commerce di Indonesia memberikan dampak positif bagi brand lokal, salah satunya adalah Somethinc. Melalui e-commerce, Somethinc bisa memasarkan produk tanpa kendala waktu maupun jarak.

Berdasarkan akun resmi Somethinc di salah satu e-commerce, brand lokal ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 1,8 juta. Rating 4.9 dan performa chat sebesar 99 persen.

Di sini sudah cukup jelas bahwa kualitas dari produk-produk Somethinc memang sangat baik dan bisa bersaing dengan brand lokal lainnya atau bahkan brand luar. Selain kualitas produk, Somethinc juga memaksimalkan tanya-jawab dengan konsumen melalui fitur chat

Kecepatan respon yang diberikan oleh pihak Somethinc ini ditunjukkan oleh penilaian performa chat yang menyentuh angka 99 persen.

Somethinc juga mengadakan event khusus di e-commerce, yaitu Membership Brand. Konsumen yang sudah bergabung menjadi member Somethinc akan mendapatkan berbagai keuntungan eksklusif. 

Mulai dari mendapatkan 1 poin untuk setiap belanja sebesar Rp 500 ribu, bisa menikmati 100 poin bonus pendaftaran, dan bisa menikmati 50 persen voucher untuk member baru.

Mengadakan Somethinc Class

Somethinc merupakan salah satu brand lokal yang cukup terbuka dengan reseller. Yup, salah satu kesuksesan Somethinc di tengah ketatnya persaingan bisnis kosmetik ini adalah keberadaan reseller yang cukup loyal.

Sebagai tambahan informasi, reseller merupakan salah satu istilah dalam bisnis yang beberapa tahun ini cukup populer. Mengutip dari buku Step By Step Bisnis Dropshipping dan Reseller karya Ahmad Syafii, pengertian reseller adalah menjual kembali barang atau produk dari supplier.

Namun, tanpa adanya stok barang dengan komisi yang telah ditentukan sendiri atau ditetapkan oleh supplier.

Demi menjaga hubungan baik sekaligus menarik reseller baru, Somethinc akhirnya membuat event yang bertajuk “Somethinc Class”. Di event ini Somethinc menghadirkan beragam topik menarik.

Mulai dari edukasi tentang produk Somethinc yang lebih mendalam, memperkenalkan produk makeup atau skincare terbaru, serta tips bersama MUA agar reseller bisa menerapkannya langsung kepada konsumen.

Event ini melanjutkan program Upskilling yang diselenggarakan oleh Somethinc secara berkala. Reseller akan memperoleh pelatihan seputar marketing dan digital skill, hingga penentuan pricing yang seimbang untuk memastikan para reseller mendapatkan harga terbaik.

Hubungan yang baik antara Somethinc dengan para reseller merupakan salah satu strategi pemasaran Somethinc yang cukup efektif. Demi menjaga keloyalitasan para reseller, Somethinc terus memberikan perhatian penuh dan bersedia membantu para reseller untuk meningkatkan skill seputar bisnis.

Menjadikan Artis Korea Sebagai Brand Ambassador

Belakangan ini Korea menjadi kiblatnya industri kecantikan di Tanah Air. Hal ini ditandai dengan banyaknya produk-produk kosmetik asal Korea di Indonesia. Selain itu, beberapa brand lokal pun akhirnya menjadikan artis Korea sebagai brand ambassador mereka agar semakin laris di pasaran, termasuk Somethinc.

Tidak hanya menggaet satu artis, Somethinc memilih dua selebriti Korea yang memiliki reputasi baik dan penggemar yang banyak di Indonesia. Selain itu, ada alasan lain mengapa Somethinc menjadikan selebriti Korea tersebut sebagai brand ambassador mereka. Simak rangkumannya di bawah ini:

1. Han So Hee

Somethinc menunjuk Han So Hee bukan tanpa alasan, lho. Somethinc menilai adanya kesamaan value berupa keberanian yang dimiliki oleh pemeran “Nevertheless” ini dalam berkarya dan meraih prestasi.

Selain kesamaan value, pihak Somethinc juga mengungkapkan alasan utama terbentuknya kolaborasi antara Somethinc dengan Han So Hee, yaitu berawal dari consumer insight.

Yup, Somethinc menyadari setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, brand lokal satu ini terus berusaha menghadirkan personalized skincare bagi para konsumen.

Demi menjaga dan meningkatkan prestasi tersebut, Somethinc tidak ragu untuk menetapkan Han So Hee sebagai brand ambassador. Kemudian, memberikan beberapa rekomendasi produk kecantikan bernama Han So Hee’s Picks.

Produk rekomendasi ini terdiri dari sembilan produk skincare essentials dengan active ingredients terbaik untuk memperbaiki berbagai macam permasalahan kulit. Produk tersebut antara lain, cleanser low pH, brightening serum, hingga moisturizer.

Sedangkan untuk produk makeup, Han So Hee merekomendasikan sembilan makeup unggulan milik Somethinc mulai dari setting powder, liptint, hingga eyeshadow. Seluruh produk kolaborasi ini hadir dalam konsep single products dan bundling dengan penampilan yang menunjukkan ciri khas dari Han So Hee.

Strategi pemasaran Somethinc bersama Han So Hee lainnya, yaitu membangun pendekatan secara lokal. Contohnya, mengajak artis cantik Korea tersebut berbicara menggunakan bahasa Indonesia melalui tagline “Pakai Somethinc Sekarang” dan “Aku Bucin Somethinc, Kamu?”. 

Adanya kolaborasi ini, Somethinc berharap agar Han So Hee bisa menginspirasi konsumen untuk mewujudkan kulit impian.

Hal menarik lainnya dari kolaborasi ini adalah adanya kejutan kepada penggemar Han So Hee yang membeli produk Somethinc x Han So Hee. Kejutan tersebut adalah menikmati momen bersama Han So Hee dalam fan meet.

2. NCT Dream

Menjadikan NCT Dream sebagai brand ambassador menunjukkan bahwa lelaki juga perlu menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah. Pada kolaborasi ini, Somethinc menghadirkan serangkaian kegiatan dan paket istimewa untuk penggemar boygroup asal Korea Selatan tersebut.

Pemilihan NCT Dream sebagai brand ambassador ini mendapat sambutan baik dari penggemar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan penjualan bundle Somethinc X NCT Dream terjual habis dalam waktu cepat.

Nah, kolaborasi Somethinc x NCT Dream ini terdiri dari beberapa skincare kit yang sesuai dengan kondisi masalah kulit. Mulai dari NCT Dream’s Pic Sensitive Skin Kit, Acne & Pore Combat Kit, Brightening Kit, hingga Anti Aging Kit. 

Menariknya, di dalam skincare kit tersebut terdapat official photo card masing-masing anggota NCT Dream, lho.

Strategi Marketing Somethinc Sangat Menarik, Bukan?

Itulah deretan strategi marketing Somethinc yang menjadi kunci kesuksesan mereka sebagai brand lokal yang go internasional. Nah, buat kamu yang tertarik ingin memulai bisnis, jangan ragu untuk mencoba satu per satu strategi di atas, ya.


Temukan berbagai infomasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait