Ini Strategi Pemasaran Scarlett Whitening Hingga Viral

Siapa yang tidak kenal dengan produk viral Scarlett Whitening? Jadi jangan heran jika produk-produknya bisa kamu jumpai di supermarket terdekat. Kira-kira bagaimana sih strategi pemasaran Scarlett Whitening hingga bisa viral dan jadi top produk? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Awal Mula Kemunculan Scarlett Whitening

Scarlett Whitening adalah produk perawatan kecantikan yang didirikan oleh Felicya Angelista pada tahun 2017. Produk-produknya pun terbilang lengkap, antara lain rangkaian skincare wajah, sabun mandi, shampo, dan lotion.

Produk tersebut mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat saat launching. Hingga kini, banyak orang yang menjadikan Scarlett Whitening sebagai produk holy grail mereka.

Strategi Pemasaran Scarlett Whitening

Bagaimana produk ini bisa viral? Berikut ini strategi pemasaran Scarlett Whitening yang bikin viral hingga berhasil memenangkan penghargaan Shopee Awards 2020 & 2021:

1. Reseller

Scarlett Whitening menggunakan sistem reseller untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Bukan tanpa alasan, minat konsumen yang tinggi dari berbagai wilayah dengan ongkir yang mahal jadi alasannya.

Sistem pemasaran seperti ini rupanya menjadi angin segar bagi para konsumen karena mereka bisa membeli produk di reseller terdekat dengan ongkir rendah bahkan COD sekalipun.

Jika ingin menjadi reseller Scarlett Whitening, kamu cukup membeli 1 dus berisi 48 produk senilai Rp 2.400.000. Pihaknya menegaskan bahwa harga reseller ini berbeda dengan harga retail yaitu Rp 3.600.000.

Jika menilik lebih dalam lagi, sistem reseller ini sebenarnya jadi win-win solution untuk produsen, reseller, dan konsumen. Biasanya reseller akan melakukan promosi kepada orang-orang di sekitarnya agar produk tersebut laku. 

Otomatis, ini juga menguntungkan produsen, karena produknya jadi lebih dikenal masyarakat luas yang mungkin sebelumnya bukan target market-nya.

2. Brand Ambassador  

Sudah jadi rahasia umum jika Brand Ambassador (BA) berperan besar dalam meningkatkan penjualan produk. Kali ini Scarlett Whitening menggandeng artis Korea Selatan, yaitu girl group Twice dan aktor Song Joong Ki sebagai BA.

Memilih kedua bintang ternama Korea Selatan tersebut, nyatanya menjadi strategi pemasaran Scarlett Whitening yang cerdas. Pasalnya, jumlah Kpopers di Indonesia sangat tinggi, mulai dari anak SD hingga pekerja, baik perempuan maupun laki-laki.

Apalagi banyak perempuan Indonesia yang mendambakan kulit cerah, glowing, dan sehat seperti artis-artis Korea Selatan. Tak terkecuali anggota girl group Twice yang terdiri dari Sana, Momo, Mina, Jeongyeon, Chaeyoung, Jihyo, Nayeon, Dahyun, dan Tzuyu.

Selain itu, Scarlett Whitening juga menggandeng Rossa sebagai Star Ambassador. Ada juga sederet artis Indonesia lainnya, yaitu Sarwendah, Cassandra, Patricia Stephanie, Zaskia Adya Mecca, Zaskia Sungkar, Ria Ricis, Oki Setiana Dewi, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, Scarlett Whitening juga menunjukkan citra yang baik dengan menggandeng penyandang down syndrome berprestasi, yaitu Tiffany, Afra, dan Jessryan. Sehingga, masyarakat jadi sadar bahwa kecantikan tidak terbatas pada fisik saja, tetapi juga dari hati dan prestasi.

3. Challenge

Challenge menjadi salah satu cara Scarlett Whitening meningkatkan engagement dengan followers-nya di sosial media.

Pada bulan Ramadhan 2022, pihaknya mengajak followers Instagram untuk ikut #30HariGlowingLahirBatin dengan 30 challenge yang harus dilalui. Misalnya, menyiapkan makanan buka puasa untuk diri sendiri dan orang lain, posting makanan buka atau sahur kamu, tontonan favorit selama bulan Ramadhan, dan seterusnya.

Followers yang mengikuti challenge ini biasanya akan mengunggah postingan di instastory maupun feed, kemudian tag Instagram Scarlett Whitening. Sehingga, orang-orang otomatis jadi tahu brand Scarlett Whitening dan berpotensi mengecek akun Instagramnya.

4. Campaign

Strategi pemasaran Scarlett Whitening juga merangkul bidang olahraga, yaitu bulu tangkis. Kali ini Scarlett Whitening membawa campaign “Reveal Your Beauty with Achievement”.

Selain membekali para atlet bulu tangkis dengan produk-produk Scarlett Whitening saat berangkat menuju perhelatan piala Thomas Cup. Felicya Angelista dan suaminya, Caesar Hito, juga bermain bulu tangkis dengan para atlet yang disiarkan live di Pelatnas PBSI Cipayung.

Hal ini tentunya membuka pangsa pasar baru, yaitu para atlet Indonesia dan orang-orang yang suka bulu tangkis. 

5. Scarlett Whitening di Paris Fashion Show 2022

Acara Paris Fashion Show 2022 sempat menghebohkan publik pada awal tahun 2022 hingga menimbulkan berbagai macam spekulasi dari warganet. Pasalnya, banyak artis, selebgram, dan pengusaha ternama yang turut andil dalam acara tersebut, tak terkecuali brand Scarlett Whitening.

Selain menggandeng para selebgram dan pengusaha ternama, Scarlett Whitening juga mengajak satu follower Instagram yang beruntung, yaitu Dheviana Bena.

Acara Paris Fashion Show tersebut merupakan acara yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAF). Bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia di kancah dunia.

Sayangnya, banyak netizen yang salah persepsi terhadap acara ini. Mereka mengira bahwa pihak yang ikut dalam acara tersebut menghadiri perhelatan busana Paris Fashion Week sehingga menimbulkan banyak spekulasi.

Lantaran hal ini mencuat menjadi topik pemberitaan yang hangat saat itu, nama-nama orang yang ikut acara tersebut jadi dikenal masyarakat Indonesia lebih luas. Sehingga, otomatis brand awareness bisnis mereka juga meningkat.

6. Giveaway

Siapa sih yang tidak suka giveaway? Selain jadi strategi pemasaran Scarlett Whitening, memberikan hadiah kepada followers setia juga jadi bentuk berbagi juga, lho

Pada kegiatan giveaway, para peserta biasanya akan tag beberapa temannya di kolom komentar sembari menulis sebuah kalimat agar menang. Nah, tag inilah yang memberikan exposure ke orang lain yang mungkin belum follow akun Instagram Scarlett Whitening atau bahkan belum tahu brand tersebut.

Seperti pada bulan Februari 2022 lalu, Scarlett Whitening mengadakan giveaway dengan total hadiah Rp 110.000.000. Terdiri dari uang tunai, smartphone Android, paket Scarlett Whitening, dan voucher belanja untuk reseller dan konsumen.

Sebelumnya, Scarlett Whitening juga mengadakan giveaway dengan total hadiah serupa pada 26 Maret–2 April 2021. Bahkan di bulan yang sama, tepatnya 8-15 Maret 2021, juga baru saja diadakan giveaway dengan total hadiah Rp 70.000.000.

Selain itu, ada pula kegiatan kuis berhadiah produk Scarlett Whitening yang sekaligus bisa meningkatkan engagement dan bersifat informative atau entertaining.

7. Program Umroh Bareng Scarlett

Kamu tentu kerap mendengar program umroh gratis di iklan TV, kan? Nampaknya ini menjadi strategi marketing yang bisa menjangkau calon konsumen lebih luas, seperti kalangan orang tua. Apalagi masyarakat Indonesia juga mayoritas beragama Islam.

Banyak orang yang tentunya tertarik mengikuti program umroh gratis ini mengingat biayanya yang tinggi. Jadi tidak heran jika orang berbondong-bondong ingin mencoba kesempatan ini.

Program serupa juga masuk dalam strategi pemasaran Scarlett Whitening, lho. Kira-kira seperti apa ya programnya?

Jadi, Scarlett Whitening mengadakan program umroh gratis untuk 1 pemenang beruntung. Peserta bisa menceritakan orang yang ingin diberangkatkan umroh, kemudian gunakan hashtag #ScarlettGlowingLahirBatin.

Orang tersebut bisa diri kamu sendiri, orang tua, sepupu, keluarga, tetangga, atau siapapun. Kesempatan ini berlangsung sampai 31 Mei 2022.

8. Kolaborasi dengan Marketplace

Penjualan produk Scarlett Whitening tidak hanya melalui reseller dan offline store saja. Ia juga membuka toko online di marketplace terbesar se-Asia Tenggara, Shopee, dengan nama akun Scarlett Whitening Official Shop.

Sejumlah penawaran menarik bisa kamu temui, seperti flash sale, potongan harga, voucher belanja, hingga gratis ongkir dengan minimal pembelian tertentu.

Bahkan, baru-baru ini Scarlett Whitening melalui video reel di Instagram membagikan penawaran menarik. Penawaran tersebut adalah tebus murah pembelian 5 produk dapat gratis 3 mini sabun atau lotion di Mantul Sale Shopee.

Penawaran-penawaran menarik inilah yang membuat banyak konsumen tertarik berlangganan belanja produk perawatan kecantikan di akun Shopee Scarlett Whitening.

Lantaran pertumbuhan brand yang sangat pesat, juga antusiasme masyarakat yang tinggi, tidak heran jika Scarlett Whitening berhasil menyabet beberapa penghargaan di Shopee Super Awards. 

Mulai dari Shopee Super Awards 2020, Top Growth Brand 2020, Top Favorite Seleb-preneur 2021, Top FMCG Brand 2021, dan Top Favorite Lokal Brand 2021.

Tertarik untuk Menerapkan Strategi Pemasaran Scarlett Whitening?

Itu dia beberapa strategi pemasaran Scarlett Whitening yang bikin viral dan bisa mempertahankan eksistensinya. Meskipun strategi pemasarannya ciamik, namun hal utama yang harus kamu perhatikan dalam bisnis tetaplah produk yang dijual.

Jika produk berkualitas tinggi, demand masyarakat terhadap produk tersebut tentu akan naik dan bisa menjadi pelanggan tetap. Jika kamu membuka usaha, kira-kira strategi pemasaran mana yang akan kamu tiru dari Scarlett Whitening?


Temukan inspirasi tentang tips bisnis lainnya hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait