Strategi Pemasaran Produk Erigo Hingga Goes to Amerika

“Berdagang itu seperti lari marathon, its a long long game. Enggak ada yang tiba-tiba semua bisa baik dalam waktu singkat”

Muhammad Sadad

Kutipan dari pendiri Erigo di atas cocok banget untuk menambah motivasi para pebisnis pemula agar tidak pantang menyerah dalam menjalankan usahanya.

Erigo adalah satu kisah sukses brand lokal yang berhasil meraup omset puluhan miliar. Produk-produk Erigo Store mencakup kemeja, celana jeans, jaket, topi, dan tas dengan desain modern dan menargetkan pasar anak muda.

Bisnis fashion brand lokal yang didirikan Sadad pada 2011 ini mengalami berbagai tantangan hingga akhirnya bisa memajang iklan produknya di Times Square New York, Amerika Serikat.

Sungguh kebanggaan tersendiri melihat produk lokal Indonesia bisa bertengger di billboard kota padat yang kerap menjadi tolak ukur kepopuleran suatu brand.

Warganet pun ramai-ramai mengucapkan selamat dan suka cita untuk Sadad. Tapi tentunya buah manis perjuangan Sadad merintis Erigo sudah diawali sejak 10 tahun silam.

Di tahun-tahun awal merintis Erigo, Sadad menjadikan studio kamar di apartemen Margonda Residence, Depok sebagai gudang bajunya.

Ia berjuang sendiri selama 9 bulan awal tanpa team atau karyawan. Bahkan, demi memangkas biaya saat mengikuti pameran, Sadad rela tidur di musholla dan mandi di pom bensin.

Berkat kerja kerasnya mengikuti berbagai pameran, membangun website, serta meluncurkan aplikasi, maka di 2015 Erigo mampu mencapai omzet hingga Rp 22 miliar.


Bertahan Saat Pandemi, Simak Review Strategi Pemasaran Brand Erigo yang Goes to Amerika

Saat krisis pandemi Covid-19 menghantam Indoensia di tahun 2020, Erigo tak lepas dari isu kebangkrutan.

Terlebih saat itu Erigo tengah melakukan tour 40 pameran. Namun karena pengunjung booth-nya amat sepi karena adanya pembatasan sosial, maka ada beberapa hambatan saat itu.

Mulai dari event yang cancel di menit-menit terakhir hingga pembatalan pameran Ramadhan di puluhan titik lokasi.

Berat? Tentu. Tapi tak seperti brand lain yang langsung mengambil langkah tegas mengurangi karyawan dan beban operasional, Erigo justru berusaha tidak merumahkan satu pun karyawannya.

Sadad pun berfokus untuk melakukan strategi pemasaran produk Erigo agar tetap laris meski terdampak pandemi.

Jika kamu mengikuti kisah perjuangan Sadad dalam wawancara berikut, ia adalah sosok yang berani mengambil resiko, fokus menyelesaikan tanggung jawab, serta punya keinginan kuat untuk maju.

Terbukti saat ia memanfaatkan momen lebaran di tahun 2020 kemarin dengan melakukan ekspansi bisnis.

Demi bisa menerapkan strategi pemasaran produk Erigo, ia mengajukan pinjaman modal usaha terpercaya dengan bunga rendah.

Sadad pun memilih peer-to-peer lending KoinWorks karena kemudahan proses pengajuan yang tak memerlukan tatap muka.

Demi mewujudkan strategi pemasaran produk yang efektif sekaligus memanfaatkan momen lebaran di mana permintaan pasar meningkat drastis, Sadad pun harus memperbanyak stok produknya.

“Otomatis pas mau menyiapkan produk yang cukup banyak buat Lebaran, kami harus punya dana tambahan. Sementara dana tambahan itu sudah terpakai buat yang lain-lain juga. Nah, kebetulan ada KoinWorks yang alhamdulillah dana bisa cair dan bisa dipakai untuk produksi dan marketing,” ujar Sadad dalam interview berikut.


Review Strategi Pemasaran Brand Erigo Manfaatkan E-Commerce untuk Menjaring Konsumen

Erigo menjual produknya melalui platform online dan offline. Untuk online, ia menggunakan media sosial seperti Instagram dan Official Website sejak tahun 2015.

Bahkan, Erigo Store sudah memiliki aplikasi sendiri yang bisa diunduh melalui playstore.

Namun melihat potensi e-commerce dalam memudahkan masyarakat mengakses produk Erigo, maka Sadad pun tak mau ketinggalan membuka official store di situs e-commerce sejak 2017.

Review strategi pemasaran Erigo yang goes to Amerika tak lepas dari kerja sama Sadad dengan platform online seperti Shopee untuk meningkatkan penjualan.

Bahkan, sepanjang 2020, brand Erigo ini berhasil mencatat peningkatan penjualan hingga lebih dari 10 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pasalnya, Sadad begitu lihai melakukan strategi pemasaran produk di tahun 2020 dengan memperluas jangkauan pasar yang ada di luar Indonesia melalui program ekspor Shopee.

Berkat keberanian Sadad mengambil pinjaman modal usaha lalu menggunakannya dengan strategi pemasaran produk yang efektif, maka brand Erigo sukses goes to Amerika di tahun 2020.

Pencapaian ini tentu patut menjadi inspirasi bagi pengusaha lokal dan UMKM yang kini sedang bangkit melalui krisis pandemi.

Semoga review strategi pemasaran Erigo yang goes to Amerika di atas bisa memotivasi kamu untuk berani mengambil langkah dalam mengembangkan bisnis.


Sama seperti langkah yang diambil Sadad, kamu pun bisa mengajukan pinjaman modal usaha produk KoinBisnis dari KoinWorks.

Di KoinBisnis, kamu bisa mendapatkan modal tambahan hingga Rp 2 Miliar dengan bunga bulanan mulai dari 0,75% per bulan.

Namun dengan perhitungan yang matang dan strategi pemasaran produk yang tepat, maka bisnismu bisa kuat bertahan dan makin hebat seperti Erigo.

Ayo wujudkan ide bisnis kreatif milikmu segera bersama KoinWorks!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...
bisnis singkong keju - cemilan singkong keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju

3 Cara Memulai Bisnis Cemilan Singkong Keju - Olahan singkong memang selalu menarik perhatian para pengusaha pemula. Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak, rendah kolesterol...
bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...

Artikel Terkait