Strategi Marketing Kopi Kenangan yang Sukses di Indonesia

Strategi Marketing Kopi Kenangan – Saat ini ada banyak sekali kedai kopi yang menjadi tempat tongkrongan masyarakat Indonesia. Bicara soal kedai kopi pasti tidak terlepas dari kedai Kopi Kenangan yang sudah ada sejak tahun 2017. Kesuksesan kedai kopi ini berhasil membuat banyak orang bertanya-tanya apa strategi marketing Kopi Kenangan.

Sebagai perusahaan yang fokus pada bidang minuman kopi kekinian, Kopi Kenangan dianggap sukses menutup kesenjangan harga kopi bertaraf internasional yang mahal dengan kopi kemasan yang biasa ada di warung-warung kopi. Bahkan pamornya semakin naik seiring dengan adanya suntikan dana dari modal ventura.


Mengenal Kopi Kenangan

Tidak dapat dipungkiri jika Kopi Kenangan menjadi kedai kopi kekinian yang menjual menu kopi dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Hal inilah yang membuat Kopi Kenangan menjadi sangat hits di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk kamu yang pernah mencoba, pasti melihat ada banyak menu minuman kopi yang mereka tawarkan.

Namun tidak hanya itu saja, Kopi Kenangan juga menyediakan minuman non-kopi bagi masyarakat yang tidak bisa atau tidak suka minum kopi dengan harga yang juga bersahabat. Kemasannya yang sederhana dan sangat milenial membuat masyarakat semakin tertarik mencoba menu Kopi Kekinian.

Menariknya, kedai kopi ini tidak hanya terkenal di kalangan generasi muda saja, tetapi juga orang-orang dewasa yang senang minum kopi. Kebanyakan dari mereka yang menjadi pelanggan setia Kopi Kenangan menyukai cita rasa kopi yang unik dan khas daripada kedai-kedai lainnya.


Fakta Unik tentang Kopi Kenangan

Ternyata, dibalik ratusan outlet yang sudah tersebar ke hampir seluruh wilayah Indonesia, ada beberapa fakta unik yang jarang orang ketahui tentang kedai ini. Penasaran apa saja fakta unik tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Baru Mendapat Resep Satu Malam Sebelum Outlet Pertama Buka

Berdasarkan hasil wawancara Edward dengan media berita, ia mengatakan bahwa resep kopi yang kini menjadi andalan mereka baru ditemukan sehari sebelum outlet pertama buka. Wah, fakta yang mengejutkan, ya.

2. Mengelola Seluruh Outlet Sendiri

Walaupun sudah mempunyai ratusan outlet, namun Kopi Kenangan tidak memiliki outlet franchise karena semuanya mereka kelola sendiri. James Prananto selaku COO Kopi Kenangan ingin memastikan bahwa seluruh outlet menjadi milik owner demi menjaga kualitas produk dan agar kualitas rasanya tetap konsisten.

3. Berhasil Balik Modal Hanya dalam Tiga Bulan

Fakta menarik lainnya yang wajib kamu tahu adalah Kopi Kenangan berhasil balik modal hanya dalam waktu tiga bulan saja. Pada hari pertama outlet buka, mereka sudah berhasil menjual 700 cangkir. Padahal awalnya Edward hanya berharap bisa menjual sekitar 50 cangkir per harinya.

4. Mendapat Suntikan Dana dari Artis Hollywood dan Pendiri Facebook

Sudah menjadi rahasia umum jika Kopi Kenangan mendapatkan suntikan dana dari artis Hollywood dan pendiri Facebook tidak lama setelah kedai ini beroperasi. Hal inilah yang membuat prospek bisnis minuman di Indonesia menjadi lebih positif di mata dunia meskipun saat ini sedang terjadi pandemi.

Baca juga: Mengulik Potensi Keuntungan Franchise Kopi Janji Jiwa


Strategi Marketing Kopi Kenangan yang Sukses

Setelah mengenal seperti apa profil Kopi Kenangan, kamu pasti ingin tahu bagaimana strategi marketing Kopi Kenangan yang dilakukan oleh para ownernya. Nah, berikut ini adalah bocoran strategi marketing Kopi Kenangan yang dapat kamu ketahui.

1. Memilih Nama untuk Brand yang Sederhana, Penuh Makna, dan Mudah Diingat

Dari pengalamannya sebagai pebisnis selama bertahun-tahun, Edward memberi pesan kepada pebisnis lainya untuk memperhitungkan penggunaan nama brand yang akan mereka gunakan.

Nama “Kopi Kenangan” sendiri akhirnya menjadi pilihan mereka akrena mengandung muatan lokal dan sekaligus membangkitkan ingatan seseorang. Meski bagi sebagian orang nama tersebut terkesan receh, namun nyatanya cara ini terbukti mampu meningkatkan rasa penasaran orang untuk mencoba kopi tersebut.

Edward juga mengatakan bahwa pada awal pembukaan, mereka tidak mengeluarkan biaya marketing sepeserpun untuk memperkenalkan brand dan hanya mengandalkan nama yang unik ini.

2. Penamaan Menu yang Tidak Biasa

Selain pemilihan nama brand, penamaan menu pada Kopi Kenangan juga cenderung tidak biasa. Hal inilah yang membuatnya dapat melejit dalam waktu singkat. Contohnya menu Kenangan Mantan berawal dari ide candaan mengenai kenangan manis yang tidak ada namun selalu muncul di dalam pikiran.

Dari candaan itulah, kemudian nama-nama menu yang terdapat pada menu Kopi Kenangan berhasil menarik antusiasme masyarakat luas. Jadi, kini kamu bisa coba melakukan eksplorasi dari hal-hal sederhana di sekitarmu karena siapa tahu ide-ide unik bisa kamu dapatkan.

3. Menghadirkan Kualitas Kopi Terbaik dengan Harga yang Terjangkau

Kedai Kopi Kenangan tidak hanya terkenal karena namanya yang unik saja, tetapi juga karena cita rasa kopi susunya yang sangat cocok di lidah orang Indonesia sehingga membuat siapa saja yang meminumnya jadi susah move on.

Kopi Kenangan juga mencoba untuk melakukan diferensiasi produk dengan menghadirkan kopi berkualitas, tetapi memiliki harga terjangkau yang ramah bagi masyarakat.

Edward menjelaskan bahwa Kopi Kenangan menggunakan mesin kopi espresso dari Italia, yaitu Victoria Arduino dan La Marzocco. Jadi, tidak heran jika kedai ini menjadi satu-satunya kedai kopi di Indonesia yang menggunakan mesin tersebut.

4. Memanfaatkan Sosial Media untuk Mendapatkan Zero Marketing Budget

Ternyata Kopi Kenangan hampir spend zero on marketing budget karena mereka memanfaatkan platform sosial media secara maksimal. Edward dan tim mencoba mengenalkan dan memviralkan Kopi Kenangan dengan cara mengunggah konten-konten melalui sosial media.

Cara ini terbukti ampuh dan bisa menjadi contoh dalam strategi marketing untuk bisnis serupa. Selain itu, sosial media juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan citra dan membangun brand awareness pada bisnis yang kamu jalani.

5. Mengatur Sumber Daya Manusia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kopi Kenangan tidak melakukan bisnis franchise sehingga seluruh outlet merupakan milik owner. Jadi, tidak heran jika setiap outlet mempunyai standar dan kualitas yang sama. Dari strategi marketing Kopi Kenangan ini, kita bisa melihat bagaimana cara mereka mengatur sumber daya manusia.

Apalagi perusahaan Edward juga menerapkan adanya sistem jenjang karir sehingga seluruh karyawan dapat termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya. Bahkan seseorang yang bekerja sebagai barista bisa saja naik jabatan menjadi operational general manager apabila mempunyai kualifikasi dan kemampuan yang mumpuni.

6. Selalu Melakukan Inovasi

Meskipun sudah terkenal di berbagai daerah dan memiliki menu unggulan yang menjadi favorit banyak orang, namun hal tersebut tidak membuat Edward dan tim berhenti melakukan inovasi. Hal inilah yang bisa kamu contoh sebagai seorang pebisnis.

Strategi marketing Kopi Kenangan yang satu ini membuat kedai kopi milik Edward tetap bisa bersaing di antara banyaknya kedai kopi yang ada saat ini. Inovasi tidak hanya bisa kamu lakukan dari segi menu atau varian saja, tetapi juga inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan penggunaan teknologi.

Baca juga: Peluang Bisnis Subway, Restoran Sandwich yang Sering Muncul di Drama Korea


Kesimpulan

Itulah 6 strategi marketing Kopi Kenangan yang dapat kamu ketahui. Edward dan tim selalu pemilik kedai kopi kekinian telah membagikan resep kesuksesan bisnis mereka. Jadi, sekarang giliran kamu untuk mencoba cara yang sama dan melakukan inovasi untuk bisa mendapatkan kesuksesan yang sama atau bahkan lebih daripada itu.


Temukan berbagai inspirasi ide bisnis dan strategi marketing brand lainnya yang bisa kamu contoh untuk kembangkan bisnismu hanya di LokalSupportLokal.id.

Baca juga:

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait