3 Strategi Content Marketing di TikTok untuk Berbisnis

3 Strategi Content Marketing di TikTok untuk Berbisnis – Sekarang ini, hampir semua orang sudah kenal apa itu TikTok. Bahkan, aplikasi ini menjadi perbincangan dan banyak juga orang yang sudah menggunakan dengan aktif.

Walaupun, terbilang media sosial baru tapi TikTok sukses menarik perhatikan khususnya mereka yang masuk generasi Z.

Melihat semakin banyaknya pengguna TikTok, sebagai seorang pebisnis tentu akan memanfaatkan potensi ini untuk mencuri audiens.

Namun perlu diperhatikan, bahwa pengguna TikTok secara usia adalah antara 16 sampai dengan 24 tahun, jadi pastikan bisnis kamu memang memiliki target yang pas.

Nah, jika kamu ingin mulai menggunakan TikTok sebagai ajang promosi, berikut strategi content marketing yang tepat!

3 Strategi Content Marketing di TikTok untuk Berbisnis

Berikut adalah 3 tipe konten yang bisa kamu gunakan sebagai strategi content marketing di TikTok, apa saja?

1. User-Generated Content (UGC)

strategi content marketing-3

Perlu kamu tahu bahwa pengguna TikTok memiliki rentan usia antara 16 sampai dengan 24 tahun atau termasuk generasi Z.

Nah, mereka dengan target audiens ini sangat senang melakukan sesuatu yang membuat mereka terjun langsung.

Maka dari itu, jika kamu sebagai pemilik bisnis dari sebuah brand membuat user-generated content, akan dapat menarik mereka.

Baca Juga: Menggunakan TikTok untuk Promosi Bisnis, Bagaimana Caranya?

Bagi yang belum paham, strategi content marketing User-Generated Content (UGC) adalah konten-konten yang dibuat oleh user atau audiens secara sukarela.

Nah, jika sebuah bisnis bisa mendorong audiens untuk ikut share, membuat, video di akun pribadi mereka yang berkaitan dengan bisnis kamu, maka potensi mereka untuk memberi atau menggunakan produk kamu pun semakin tinggi.

Tak hanya itu, mereka juga secara tidak langsung membantu kamu mempromosikan produkmu dengan melakukan hal tersebut.

Baca juga: Mengenal Social Entrepreneurship Dan 5 Cara Sukses Untuk Menjalankannya

2. Influencer Marketing

strategi content marketing-2

Platform media sosial yang berbasis video seringkali ampuh untuk mencapai tujuan dari suatu brand ketika bekerja sama dengan seorang influencer.

Nah strategi content marketing ini juga berlaku di media sosial TikTok.

Nantinya, jika produk yang dipromosikan oleh para influencer ini cocok dengan audens, maka potensi sebuah produk/brand mencapai kesuksesan besar adanya.

Baca Juga: 5 Cara Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Online

Tapi perlu diingat, selain kamu harus mencari influencer yang memang sesuai dengan image dan target audiens kamu, pastikan influencer tersebut membuat kontennya sendiri.

Alasannya? supaya konten yang disajikan sifatnya autentik dan dipercaya oleh audiens.

Baca Juga: 6 Strategi Bisnis Untuk Menarik Minat Generasi Z

3. Hashtag Challenge

promosi bisnis di tiktok-2

Challenge adalah topik yang banyak diikuti oleh para pengguna TikTok. Mereka dengan senang hati membuat sebuah konten sesuai dengan hashtag yang sedang viral atau banyak digunakan orang.

Maka dari itu, untuk mencuri perhatian audiens membuat sebuah hashtag challenge yang mudah dicari dan diingat audiens bisa menjadi strategi content marketing ampuh.

Contoh dari hashtag yang berhasil adalah #pepsicanbalance, di mana orang-orang membuat video untuk menyeimbangkan pepsi yang dimiringkan.

Baca juga: Cara Daftar GoFood Dan GrabFood Untuk Usaha Rumahan

Banyak orang yang mengikuti challenge ini, dan total view dari semua postingan ini adalah lebih dari 6,2 juta.

Nah, ketika sebuah brand membuat challenge yang terdapat hashtag di dalamnya, brand bisa berkolaborasi dengan para influencer supaya hashtag tersebut bisa viral dan dilihat banyak user.

Kalau sudah begitu, besar kemungkinan untuk banyak orang mengikuti challenge tersebut dan brand dari bisnis kamu pun dikenal masyarakat luas.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan jasa TikTok Ads yaitu Hashtag Challenge.

Alternatif Promosi di Media Sosial Tanpa Biaya

Kalau kamu ingin bisa promosi di media sosial tanpa biaya, ada alternatif yang bisa dilakukan yaitu mengikuti program #LokalSupportLokal dari KoinWorks.

Dengan program #LokalSupportLokal, para pelaku UKM akan dibantu dalam mempromosikan usahanya khalayak banyak dengan cara:

  • Menginformasikan secara lengkap tentang produk/jasa dari bisnis UKM yang terdaftar dalam microsite ini.
  • Mempromosikan bisnis UKM ke lebih dari 36k followeres melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks.

Butuh Tambahan Modal untuk Bisnis?

Ada kalanya dalam berbisnis kamu membutuhkan modal tambahan untuk biaya operasional atau lainnya. KoinWorks melalui KoinBisnis menawarkan solusi pendanaan non-bank yang memungkinkan para pelaku bisnis mendapatkan modal tambahan hingga Rp2 Miliar.

Selain itu, bunga yang ditawarkan per bulannya juga rendah, lho. Hanya mulai dari 0,75% per bulan. Kamu tertarik? Yuk ajukan sekarang di sini!

 

 

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait