6 Strategi Bisnis untuk Menarik Minat Generasi Z

Strategi Bisnis untuk Menarik Minat Generasi Z – Lahir di antara tahun 1995-2010, generasi Z merupakan konsumen potensial untuk bisnis kamu di masa depan.

Jika ingin bisnis kamu tetap eksis hingga beberapa tahun mendatang, kamu pun perlu mempersiapkan strategi untuk menggaet minat generasi ini. Apalagi, tiap generasi memiliki karakteristik sendiri.

Kebiasaan berbelanja generasi Z tentulah berbeda dengan generasi milenial yang lahir di antara tahun 1980-1994.

Jangan ragu lakukan sejumlah riset untuk menemukan formula  tepatnya atau terapkan lima tips berikut demi kelangsungan bisnis kamu.

Baca juga: 7 Strategi Negosiasi Dalam Bisnis yang Wajib Dilakukan

Strategi Bisnis untuk Menarik Minat Generasi Z yang Wajib Dicoba!

1. Produk Tidak Pasaran

Berdasarkan survei yang dilakukan Institut IBM untuk Nilai Bisnis terhadap 15.600 generasi Z di 16 negara, lebih dari separuh generasi Z mengharapkan suatu produk yang desainnya tidak dimiliki oleh orang lain.

Artinya, keunikan produk memegang peranan penting untuk menggaet hati kaum generasi Z.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menciptakan beberapa produk dalam jumlah terbatas alias limited edition.

Untuk produk edisi terbatas ini kamu bisa menerapkan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk pasaran—selama kualitas terjaga dan desainnya unik.

Generasi Z masih akan membelinya selama produk ini menarik bagi mereka.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Untuk Disabilitas


2. Pentingnya Informasi Produk

Perusahaan manajemen konsultan McKinsey & Company mengungkapkan kalau 65% dari generasi Z yang berpartisipasi di survei mereka cenderung mencari informasi tentang produk yang akan dibeli—mulai dari kota atau negara asal produk, materi pembuatan suatu produk, hingga bagaimana produk tersebut dibuat.

Ketika memasarkan produk kamu, pastikan kamu memberikan informasi lengkap serupa—ini akan menjadi nilai plus di mata generasi Z.

Nantinya, berdasarkan informasi tersebut mereka akan melakukan riset lebih lanjut tentang produk kamu—untuk membuktikan validitasnya.

Jadi, berilah informasi yang tepat alias tidak mengada-ngada karena kredibilitas bisnis kamu adalah taruhannya.

Baca juga: 6 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Minuman Kekinian


3. Teknologi untuk Pengalaman Berbelanja

Masih dari survei yang dilakukan Institut IBM untuk Nilai Bisnis, 54% dari generasi Z mengharapkan adanya inovasi teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja secara online.

Misalnya, adanya ‘cermin ajaib’ sehingga konsumen bisa melihat penampilan mereka ‘memakai’ perhiasan atau baju yang dipasarkan di situs.

Mereka juga berharap adanya teknologi yang memungkinkan suatu brand mengenali kebutuhan masing-masing konsumennya.

Dengan begitu, brand hanya mengirimkan materi promosi sesuai produk yang diminati tiap konsumen.

Jika memiliki bujet, tidak ada salahnya menciptakan teknologi ini untuk menambah pengalaman berbelanja yang positif bagi konsumen generasi Z.


4. Kemudahan Akses Online

Sebagai digital savvy, generasi Z sulit menoleransi teknologi yang tidak responsif atau eror.

Seperti yang diungkapkan Institute IBM untuk Nilai Bisnis, 62% dari generasi Z tidak akan menggunakan aplikasi yang terlalu lambat dan sulit digunakan.

Jadi buatlah website atau aplikasi yang mudah diakses, ringan, dan tidak gampang hang agar konsumen tidak kapok menggunakannya.

Pastikan juga website atau aplikasi tersebut memiliki navigasi yang jelas sehingga konsumen tahu bagian apa yang harus diklik ketika mencari produk tertentu.

Baca juga: Perbedaan Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis


5. Hindari Kerumitan Proses Pembayaran

Tidak mau ribet, generasi Z cenderung lebih suka melakukan pembayaran nontunai.

Jika memiliki toko fisik, maka ada baiknya kamu memberikan pilihan pembayaran kartu kredit, debit, atau aplikasi pembayaran tertentu.

Bisa juga kamu menciptakan mesin pemesanan sekaligus pembayaran sehingga konsumen bisa memesan dan membayar sendiri tanpa perlu berinteraksi dengan kasir.

Untuk belanja online, pastikan kamu menyediakan metode pembayaran yang beragam.

Yang tidak kalah pentingnya adalah adanya proses pengiriman barang yang cepat dan aman, disertai kemudahan dalam proses penukaran barang, pengembalian, atau pengembalian dana.

Dengan adanya fleksibelitas dan kemudahan berbelanja, generasi Z pun tak segan untuk selalu kembali berbelanja di toko kamu.

Baca juga: Bikin Semangat! Ini 5 Rekomendasi Akun Youtube Untuk Inspirasi Bisnis


6. Review Berbicara

Ketika hendak membeli suatu barang, generasi Z memperhatikan ulasan terhadap produk tersebut.

Jika ulasannya positif, mereka jadi lebih semangat untuk membeli.

Yakinkan konsumen untuk menulis ulasan setelah membeli atau mencoba produk kamu.

Ulasan ini tidak hanya membuktikan kalau produk kamu dibeli oleh banyak orang, tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk nantinya.

Agar konsumen tergerak untuk menulis ulasan (tidak hanya sekadar memberi rating tapi juga berupa deskripsi detail), berikan rewards menarik.

Misalnya, bebas ongkir untuk pemesanan selanjutnya atau bonus produk tertentu ketika mereka berbelanja kembali.

Selain ulasan dari konsumen, kamu juga bisa menggaet influencer untuk memasarkan produk kamu.

Generasi Z sangat menyukai Instagram dan YouTube sehingga tak jarang mereka mencari suatu produk berdasarkan ulasan di kedua platform tersebut.

Jika selebram atau YouTuber terkenal mengulas produk brand kamu, peluang generasi Z untuk menggunakan produk kamu pun lebih terbuka lebar.


Dana kamu terbatas untuk promosi atau menggaet influencer?

Tenang, kamu dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks hingga Rp2 miliar, lho!

Cicilan bunganya pun rendah, yaitu mulai dari 0,75% per bulan.

Kamu tidak perlu mengirimkan berkas secara manual—cukup ajukan pinjaman melalui smartphone.

Segera ajukan pinjaman di sini.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Ajukan Modal Usaha UMKM

Artikel Terpopuler

Contoh Buku Kas

3 Contoh Buku Kas Harian yang Sederhana dan Mudah Dimengerti

0
Contoh buku kas harian apa yang mudah untuk dicoba? Mengelola keuangan harus dilakukan dengan baik. Selain bisa bantu mengontrol pengeluaran, mengelola keuangan juga bisa mempermudah...
13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

13 Rekomendasi Sepatu Running Lokal Terbaik dan Tahan Lama

0
Running atau jogging merupakan olahraga yang paling murah dan gampang. Sebab, kamu hanya butuh sepatu untuk melakukannya. Saat ini, banyak sekali sepatu running lokal...
Contoh Kata Pengantar untuk Proposal yang Menarik

6 Contoh Kata Pengantar untuk Proposal Usaha yang Menarik

0
Menulis merupakan aktivitas penting yang tidak sulit dan sebenarnya bisa dilakukan semua orang jika mau menekuni aturan-aturan dalam kepenulisan. Contohnya menulis kata pengantar pada...
11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

11 Rekomendasi Merek Sepatu Kulit Lokal Terbaik dan Awet

0
Mencari sepatu kulit lokal berkualitas? Pada dasarnya, sepatu memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Mengenakan sepatu berkualitas memberikan rasa percaya diri, terutama...

8 Merek Teh Terbaik di Indonesia dan Cara Pemasarannya

0
Apa saja merek teh terbaik yang tersedia di Indonesia? Siapa yang tidak kenal minuman teh? Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang digemari oleh semua...

Artikel Terkait