4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik – Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi fashion statement yang akrab dengan generasi muda.

Pamor sneakers terus menanjak dengan banyaknya brand baru, baik lokal maupun luar, yang mencoba peruntungan dengan menawarkan ragam desain dan harga menarik.

Di Indonesia, sneakers tak melulu didominasi oleh brand luar populer seperti Nike, Adidas, atau Puma.

Sejak Presiden Jokowi terlihat membeli sneakers lokal asal Bandung Saint Barkley di gelaran Jakarta Sneakers Day di tahun 2018, tren sneakers menunjukkan kenaikan berarti.

Dalam interviewnya dengan Detik Finance, Muhammad Helmi Imaduddin selaku CEO Saint Barkley menambahkan bahwa sejak dibeli Jokowi, sneakersnya ramai diburu oleh ibu-ibu hingga para pegawai negeri sipil (PNS).

Tren ini disambut dengan ramainya orang mengantri hingga bermalam di venue untuk produk-produk sneakers lokal seperti Compass, Ventela, NAH Project, dan Poison Street.

Perpaduan antara desain sneakers yang semakin fashionable dan kebanggaan akan produksi lokal, menjadikan sneakers amat menjanjikan dari segi bisnis.

Terlebih dengan semakin besarnya potensi konsumen wanita yang menginginkan alas kaki praktis.

Bahkan tren menggunakan sneakers dengan gaun pengantin menjadi sesuatu yang lumrah di kalangan millenial.

Sneakers menawarkan kesan santai, muda, dan kekinian baik bagi laki-laki maupun wanita.

Yup, kamu pun bisa terlihat feminin dengan sneakers lho.

Berikut rekomendasi sepatu sneakers wanita lokal paling digemari yang bisa kamu coba!


1. Adorable Projects

Sesuai namanya, sepatu keluaran Adorable Projects memiliki desain yang menggemaskan di kisaran harga IDR 200-300ribuan. Salah satu item yang paling ditunggu adalah seri Linea Sneakers dengan warna-warna netral yang cocok dipadukan dengan berbagai motif busana.

2. Mycca Shoes

Mencari alas kaki dengan desain unik dan feminin?

Produk-produk Mycca terasa eksklusif di rentang harga IDR 400ribuan.

Salah satu item sepatu Mycca menawarkan tali ikatan di bagian depan dengan motif kotak-kotak.

Sangat cocok sebagai fashion statement karena desainnya cukup mencolok namun tetap terkesan elegan.

3. Chiel Shoes

Menawarkan desain bermotif bunga dan warna-warna pop, Chiel Shoes laris diburu konsumen wanita.

Hadir dengan dominasi warna putih, Chiel Shoes dibandrol di kisaran harga IDR 300-500 ribuan.

4. Pijak Bumi

Sesuai namanya, Pijak Bumi menawarkan gagasan merawat bumi dengan menyediakan produk daur ulang ban bekas dan katun organik.

Kamu bisa berpartisipsi mendukung keberlangsungan alam sambil tetap tampil trendi dengan desain sepatu yang manis dari Pijak Bumi.

Harga yang ditawarkan pun cukup murah jika dibandingkan dengan kualitasnya, yakni berkisar antara IDR 300 ribuan hingga satu jutaan.

Tips Memulai Bisnis Sneakers

Ternyata tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis sneakers.

Muhammad Helmi atau Ami, CEO Saint Barkley, mengungkapkan modal awal untuk terjun di bisnis ini sekitar IDR 5 juta.

Tentu ia tak bergerak sendiri melainkan menggandeng mitra di daerah Cibaduyut dengan produksi terbatas sekitar 60 sekali rilis.

Ami menekankan pentingnya optimalisasi kualitas barang yang ia jual.

Untuk menghindari barang reject, kamu yang ingin berbisnis sneakers harus melakukan riset matang sebelum memilih mitra usaha yang tepat.

Dalam dialog Investime , CNBC Indonesia (Senin, 02/03/2020), Ifa Hanifah selaku Managing Director NAH Project turut membagi tips agar usaha sneakernya bisa bersaing.

Ia menekankan pentingnya transparansi harga sebagai salah satu strategi pemasaran.

Ifa berharap produknya bisa memberikan edukasi kepada para pecinta sneakers lokal mulai dari informasi cost produksi hingga penerapan harga jual.

Dengan cara ini, NAH Project berhasil meraih omset 400 juta setiap bulannya di tahun 2018 dan naik hingga miliaran rupiah.

Hal ini membuktikan bahwa tak hanya modal berupa uang, strategi pemasaran yang unik dan menarik juga amat penting untuk menjangkau pecinta sneakers lokal.

Terlebih di era sosial media yang mengedepankan narasi untuk mendongkrak penjualan.

Jika pintar mencari celah dan menangkap peluang, bisnis sneakers sesungguhnya amat menggiurkan untuk dikulik.

Terlebih, masyarakat Indonesia kini mulai mendukung produk-produk lokal dengan kualitas oke dan harga terjangkau.

Kaum wanita pun mulai melirik sneakers sebagai pengganti high heels atau flat shoes.

Tunggu apalagi?

Ayo mulai bisnis sneakersmu segera dan lakukan pemasaran yang tepat!

Untuk menjangkau konsumen luas, kamu bisa mendaftarkan bisnismu secara gratis di #LokalSupportLokal, sebuah inisatif dari KoinWorks untuk merangkul UMKM dan ikut serta mendorong perekonomian negara di tengah pandemi.

Kamu hanya perlu mendaftar dan mengisi form singkat tentang usaha dan produk yang mau kamu promosikan, setelah itu KoinWorks akan mempromosikannya melalui situs #LokalSupportLokal dan sosial media KoinWorks lainnya.

Mudah, kan? Yuk daftarkan bisnismu dan mari bangkit bersama menguatkan perekonomian di tanah air melalui #LokalSupportLokal.