Tentang Sistem Paid Promote, Cara Kerja, dan Tips Suksesnya

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, salah satunya adalah sistem paid promote. Kamu yang memiliki media sosial, khususnya Instagram, pasti sering mendengar istilah ini. Lalu apa definisi dan tips sukses untuk menjalankannya?

Definisi Paid Promote

Paid promote atau iklan berbayar adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak dipakai. Biasanya, sistem ini tersedia dalam berbagai halaman media sosial populer, seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook, dan Twitter.

Perbedaan Paid Promote dan Endorsement

Secara definisi, sistem paid promote ini hampir tidak ada bedanya dengan sistem endorsement. Namun, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari segi konten dan pembayaran. Perbedaan antara paid promote dan endorsement dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Sistem Konten

Walaupun sama-sama menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengiklankan produk bisnis milik orang lain, namun ada perbedaan yang cukup jelas dari keduanya.

Konten paid promote biasanya akan dibuat dan berasal dari bisnis itu sendiri. Jadi, jika kamu pelaku bisnis yang ingin melakukan sistem paid promote ini, maka kamu harus menyediakan konten iklan dari produk milikmu sendiri.

Sedangkan konten endorsement biasanya akan dibuat langsung melalui kreativitas influencer yang sudah kamu sewa.

Kedua hal ini memiliki plus minus tersendiri. Untuk konten paid promote, artinya kamu memerlukan tenaga ekstra untuk membuat konten. Namun, konten tersebut akan sesuai dengan apa yang kamu mau.

Sedangkan untuk konten endorsement, kamu tidak akan kesulitan memikirkan konsep konten. Namun, hasil akhirnya belum tentu sesuai dengan yang kamu mau.   

2. Sistem Pembayaran

Nah, ada yang berbeda dengan sistem pembayaran dari endorsement dan paid promote. Jika paid promote, sesuai namanya hanya akan menerima sistem pembayaran melalui uang. Namun, endorsement dapat menerima sistem pembayaran hanya melalui barter barang.

Namun, walaupun memiliki perbedaan, namun paid promote dan endorsement juga memiliki beberapa kesamaan, antara lain konten iklannya akan berupa beberapa jenis, yaitu:

  • Foto dan Video, yang akan di upload pada feeds Instagram.
  • Reels, kumpulan video yang berdurasi lebih panjang, pada Instagram sendiri, durasi reels bisa mencapai 90 detik.
  • Story, foto atau video maksimal 1 menit yang akan terhapus otomatis dalam waktu 24 jam.

Manfaat Sistem Paid Promote

Setelah mengenal definisi dari paid promote ini, kamu juga perlu tahu apa manfaatnya untuk bisnis milikmu, yaitu:

1. Peningkatan Brand Awareness

Setiap bisnis pasti mendapat keuntungan dari setiap pembelian. Tentunya, untuk meningkatkan jumlah pembelian, kamu memerlukan peningkatan brand awareness. Brand awareness adalah istilah yang menganalisis seberapa besar sebuah brand dapat diterima oleh masyarakat dan seberapa populer brand tersebut.

2. Bisnis Menjangkau Lebih Banyak Pengguna

Kamu dapat mengoptimalkan iklan pada sosial media dengan satu cara, yaitu jangkauan pengguna yang luas dalam melihat iklan yang kamu tampilkan. Tentunya, jika kamu memiliki akun bisnis dengan sedikit followers, maka iklan yang akan kamu tampilkan tidak akan optimal.

Caranya adalah melakukan sistem paid promote kepada para influencer atau akun bisnis lain yang sudah memiliki followers yang cukup banyak.

3. Promosi yang Efektif

Ada milyaran orang yang online setiap harinya, Instagram sendiri memiliki sekitar 99,9 juta pengguna aktif, sedangkan Tiktok sebesar 1,39 juta pengguna aktif. Tentu kamu dapat membayangkan, jika kamu melakukan promosi paid promote yang tepat, maka brand milikmu akan berkembang dengan pesat.

4. Penonton Iklan yang Lebih Bertarget

Ada beberapa cara beriklan pada media sosial, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur iklan yang sudah tersedia pada media sosial tersebut. Contohnya Instagram Ads ataupun Tiktok Berbayar.

Namun, fitur iklan tersebut memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat menentukan target yang pas untuk melihat iklan milikmu. Setiap iklan akan optimal jika dilihat oleh pengguna media sosial yang tepat dan memiliki kesamaan minat dengan barang atau jasa yang kamu jual.

Untuk itu, kamu memerlukan paid promote ini. Dengan paid promote, kamu dapat memilih akun mana yang akan mengiklankan produk bisnismu, sehingga penonton iklan pun akan lebih spesifik.

5. Menghemat Pengeluaran untuk Iklan

Walaupun paid promote mengharuskanmu untuk membayar akun yang mempromosikan akun bisnis milikmu, namun harga paid promote jauh lebih murah jika dibandingkan dengan endorsement. Tentunya, hal ini tergantung dari influencer yang ingin kamu pilih.

Cara Kerja Paid Promote

Untuk kamu yang ingin melakukan bisnis paid promote atau ingin tahu bagaimana cara kerja sistem paid promote, berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Cari influencer atau akun media sosial lain (bisa akun bisnis lain maupun akun organisasi) yang sesuai dengan keinginanmu dan yang cocok untuk mempromosikan bisnis milikmu.
  • Tanya rate card, ketentuan, peraturan, dan sistem kerja sama yang mereka berikan.
  • Jika sesuai, kamu dapat membayar terlebih dahulu sesuai dengan yang disepakati. Jika kamu belum pernah bekerja sama dengan akun tersebut sebelumnya, kamu dapat meminta izin untuk membayar setengah harga atau uang muka terlebih dahulu.
  • Kirim konten yang ingin di upload oleh pihak ketiga.
  • Pantau dan analisis konten tersebut, apakah cukup berpengaruh atau tidak? Analisis ini dapat kamu lakukan dengan menghitung trafik engagement, seperti jumlah followers baru pada akun bisnis milikmu.

Harga yang berlaku dalam sistem paid promote ini pastinya sangat beragam dan sangat bergantung pada kesepakatan antara kamu dan pihak ketiga yang akan mengiklankan produkmu. Namun, biasanya harga paid promote berkisar antara Rp10.000,00 sampai Rp1.000.000,00.

Tips Sukses Melakukan Paid Promote

Selanjutnya, kamu dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana tips sukses dalam melakukan sistem paid promote. Berikut penjelasannya:

1. Siapkan Akun Media Sosialmu

Sebelum melakukan paid promote, alangkah baiknya kamu sudah menyiapkan akun milikmu semenarik mungkin. Hal ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk menarik perhatian para calon followers baru. Kamu dapat melakukanya dengan cara berikut ini:

  • Merapikan feeds Instagram dengan cara menyusun konten yang bermanfaat dan mengedit konten, agar lebih berwarna dan rapi.
  • Jangan private akunmu.
  • Pastikan kamu menyertakan link untuk pembelian produk atau contact person yang jelas di bio.

2. Pilih Pengiklan yang Baik

Untuk menentukan akun influencer yang sesuai, kamu dapat mencocokkan hal berikut ini:

  • Cocokkan target pasar dengan followers sang influencer.
  • Cari tahu apa ada skandal yang tidak baik tentang influencer.
  • Perhatikan engagement rate nya.
  • Cek harga yang ditawarkan.

3. Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik akan membuat banyak penonton penasaran, jadi pastikan untuk membuat konten terbaik dengan cara menyusun kata-kata, menawarkan produk populer dari tokomu, dan lain-lain.

Ingin Segeram Coba Sistem Paid Promote Pada Bisnismu?

Jadi, sistem paid promote adalah strategi promosi dengan menggunakan jasa dari akun media sosial lain, dimana konten iklannya kamu yang membuatnya sendiri.

Strategi ini bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness hingga menghemat biaya promosi.

Untuk memulainya, kamu perlu menemukan akun jasa yang terpercaya dan potensial.


Temukan inspirasi tentang bisnis online dan tips bisnis lainnya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait