Kembangkan Peluang Bisnis Sablon Baju dengan Langkah Jitu Ini

Membangun bisnis memang untuk mencari keuntungan. Apalagi mempunyai bisnis sablon baju yang sering dipandang sebelah mata oleh orang-orang padahal mempunyai risiko yang kecil karena tidak dipengaruhi oleh musim. Bisnis sablon tidak memerlukan modal yang besar, dan pastinya selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Mengenai Bisnis Baju Sablon

Mempunyai bisnis sablon baju plus clothing line sangatlah menjanjikan di saat ini. Mengapa demikian? Karena bisnis fashion selalu dibutuhkan oleh kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan keren melalui desain pada baju mereka. 

Bisnis ini mempunyai potensi keuntungan yang cukup tinggi dan akan terus berkembang seiring waktu berjalan. 

Nah, jika kamu merupakan pebisnis usaha sablon baju yang baru saja menggeluti dunia bisnis ini, tentu saja kamu ingin mengembangkan bisnis ini dengan cepat agar meraup keuntungan yang banyak. 

Apabila kamu masih ragu untuk memulai dari mana untuk mengembangkan bisnis kamu, tidak perlu pusing karena artikel ini sangat cocok untuk kamu pahami.

Melansir dari Kompas, bahwa bisnis sablon terus dibutuhkan dan mampu bertahan hingga saat ini. Bahkan ketika pandemi Covid-19 melanda berbagai penjuru dunia. Harus kamu ingat kembali bahwa pesaing bisnis akan terus bermunculan dan pasar akan menjadi lebih kompetitif daripada sebelumnya.

Terdapat beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengembangakan bisnis sablon kamu. Untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Perlu konsisten dan kerja keras agar dapat mewujudkan. 

Namun tenang, penjelasan di artikel ini akan memberikan beberapa langkah jitu yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengembangkan bisnis baju kamu.

Langkah Jitu untuk Mengembangkan Bisnis Sablon Baju

Untuk mengembangkan bisnis baju sablon kamu agar mendapatkan cuan yang lebih besar, maka memerlukan beberapa langkah strategi untuk mengembangkannya. Berikut beberapa langkah jitu yang bisa kamu coba, antara lain:

1. Melakukan Riset Pasar dan Pemasaran Produk

Langkah awal yang perlu kamu lakukan dalam mengembangkan bisnis yaitu kamu harus mengetahui target pasar yang sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh bisnis kamu. Untuk itu, tentukan produk yang ingin kamu tawarkan ke target pasar. Pastikan produk yang ditawarkan memiliki kualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dalam bisnis sablon baju, tentu saja menggunakan bahan baju yang adem sangat penting agar memberikan produk yang nyaman untuk konsumen. Sablon yang tidak mudah pudar atau luntur dan memiliki variasi macam warna baju tentu akan menjadi faktor penentu agar konsumen untuk membeli produk kamu.

Untuk melakukan promosi yang tepat sasaran terhadap produk kamu, kamu bisa menargetkan para komunitas traveler, pesepeda, pelajar/mahasiswa, dan pekerja kantoran untuk promosi offline produk kamu. Mereka pasti membutuhkan desain baju yang seragam untuk digunakan di berbagai acara tertentu.

Dengan melakukan riset, kamu bisa bisa menggali informasi untuk mencari tahu lebih dalam kelebihan dan kelemahan pesaing bisnis kamu. Selain itu juga untuk memanfaatkan berbagai peluang kesempatan dalam mengembangkan bisnis. 

2. Membuat Promosi Menarik di Media Sosial

Media sosial dapat dijadikan sebagai langkah jitu yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Dengan menggunakan sosial media yang tepat untuk promosi, dapat mempermudah bisnis sablon kamu untuk berkembang.

Kamu dapat membuat akun media sosial untuk bisnis sablon baju kamu seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan lainnya untuk melakukan promosi. 

Ketika menggunakan sosial media misalnya Instagram, kamu harus dapat membuat feed Instagram dengan lebih menarik dan berbeda dari pesaing agar bisa dilirik konsumen. Mengingat pengguna di media sosial mayoritas adalah anak muda.

Dalam menggunakan sosial media, kamu juga harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah ketika menanggapi orang memberikan komentar maupun kritikan. Selalu rajin untuk upload agar selalu terlihat update di media sosial dan agar konsumen yakin untuk membeli produk di toko kamu.

3. Memakai Jasa Endorse

Selain promosi di media sosial untuk promosi, menggunakan jasa endorsement kepada selebgram yang tepat dapat membuat promosi toko kamu lebih dikenal di kalangan para konsumen.

Kamu bisa menggunakan jasa endorse dari berbagai artis seleb yang populer dan mempunyai banyak followers di berbagai platform sosial media jika mempunyai modal yang lebih. Langkah ini menjadikan produk dari bisnis kamu terkenal serta menjadi cara mudah untuk memasarkannya.

Kamu harus memperhatikan jasa endorse yang tepat untuk mempromosikan produk kamu. Menggunakan jasa endorse seperti pisau bermata dua. Apabila kamu menggunakan jasa endorse yang tidak sesuai dengan target pasar kamu, maka kerugianlah yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan jasa endorse tersebut.

4. Bekerjasama dengan Toko atau Butik Tertentu

Melakukan distribusi produk ke pasar dengan cara kerja sama dengan toko atau butik yang berdiri sendiri dapat membantu perkembangan bisnis sablon baju kamu. Langkah strategis ini dapat kamu lakukan dengan upaya untuk menjual produk yang memiliki nilai keuntungan lebih tinggi, daripada harus menjualnya ke distributor.

Kamu bisa menjadi supplier di toko atau butik tertentu apabila menjalin kerja sama dan sesuai dengan tujuannya dalam berbisnis di bidang fashion.

5. Menggunakan Sistem Pre-Order

Strategi bisnis sablon baju pada umumnya menggunakan sistem pre-order, karena sistem ini berguna untuk mempermudah produksi kamu. Strategi ini juga berguna untuk menghemat waktu dan biaya bisnis kamu.

Sistem pre-order akan memudahkan kamu karena penjual tidak harus memiliki produk yang selalu ready stock. Dengan sistem ini juga, kamu dapat memproduksi baju sablon ketika ada konsumen yang memesan saja.

Kamu harus pandai membuat desain yang menarik untuk menarik minat pembeli agar kamu menerima bisa menerima pesanan dan membuka pre-order untuk memproduksi baju.

6. Terus Melakukan Update Desain

Memiliki berbagai desain belum tentu menjadi kepastian untuk dilirik oleh konsumen. Mengapa begitu? Karena suatu desain yang viral dapat menarik minat pembeli. 

Tentu saja di kalangan anak muda, sesuatu yang trend merupakan sebuah keharusan untuk diikuti. Maka kamu harus sering-sering melakukan pembaruan desain dan terus mencari referensi baru

Misalkan ada trend yang sedang membawa tema desain minimalis, retro, bahkan event tertentu yang sedang berjalan di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Kamu bisa memanfaatkan trend ini sebagai referensi untuk membuat desain sablon yang unik, menarik, dan trendy.

Ini merupakan langkah jitu yang harus kamu laksanakan. Memperhatikan trend baru dan terus mencari referensi baru untuk diaplikasikan ke desain kamu, dan sesuai keinginan target pasar kamu menjadi tuntutan di langkah ini. 

Dengan memodifikasi desain yang sedang trend maka kamu bisa menjual desain yang memiliki khas dari bisnis kamu.

Teruslah untuk mencari referensi desain sebanyaknya agar bisnis kamu tidak tertinggal. Serta kamu bisa memberikan layanan desain sablon baju custom sesuai permintaan dari pembeli.

7. Mengadakan Penawaran yang Menarik

Langkah yang terakhir yaitu dengan memberikan penawaran yang menarik pembeli. Ada banyak macamnya seperti promo atau diskon di suatu acara tertentu yang bisa menarik perhatian pembeli.

Promo yang bisa kamu berikan misalnya pelayanan gratis ongkir untuk pembeli di daerah sekitar. Memberikan giveaway baju dengan desain yang sedang trend juga bisa menjadi penawaran menarik bagi pembeli-pembeli baru agar tertarik melihat penawaran dan produk kamu yang lainnya.

Untuk penawaran diskon, kamu bisa memberikan dengan sistem orderan tertentu. Misalnya, pembeli melakukan jasa custom dengan orderan 15 pcs atau lebih mendapat potongan harga 5% sesuai ketentuan yang kamu tetapkan. Kamu juga bisa memberikan bonus seperti mug atau jam dinding lucu.

Kamu bisa membuat brosur-brosur kecil yang terdapat potongan kecil seperti voucher di brosurnya. Hal ini dapat menarik pembeli untuk datang ke toko kamu secara langsung untuk melihat-lihat produk dan membelinya.

Tunggu Apalagi, Yuk Kembangkan Bisnis Sablon Baju Kamu!

Dari berbagai langkah mengembangkan bisnis sablon baju yang sudah ada di atas, kamu bisa menerapkan langkah-langkah jitu ini untuk mengembangkan bisnis untuk meraup keuntungan yang lebih. Namun langkah-langkah ini harus dijalani dengan teliti, tekun, dan konsisten.

Pada akhirnya, mempertahankan dan mengembangkan bisnis menjadi tantangan tersendiri. Permintaan suatu desain akan terus berubah serta mengalami pembaruan seiring waktu berjalan. Semoga langkah-langkah yang sudah kamu baca tadi bisa mempermudah kelancaran bisnis baju kamu ke depannya.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait