Proposal Kewirausahaan: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Membuka usaha akan memerlukan modal yang cukup banyak. Beberapa pengusaha bahkan membutuhkan investor yang dapat menanamkan modal untuk memperlancar usaha. Apabila kamu salah satunya, maka kamu harus menyiapkan dokumen yang berbentuk proposal kewirausahaan.

Namun sebelum membuatnya, tahukah kamu pengertian proposal tersebut? Apakah fungsi dan manfaatnya? Apakah memiliki dokumen ini akan menguntungkanmu sebagai pengusaha atau justru sebaliknya? Untuk memahaminya, berikut adalah rangkuman yang berisi pengertian, fungsi, dan manfaat yang diberikan.


Pengertian Proposal Kewirausahaan

Proposal kewirausahaan merupakan dokumen yang berisi data tertulis tentang suatu usaha yang sedang dijalankan oleh seorang pebisnis. Umumnya proposal ini berisi gambaran nyata usaha, nama usaha, analisis faktor internal dan eksternal melalui analisis SWOT, prospek di masa depan, serta pendanaan.

Para pengusaha wajib memasukkan analisis yang berisi strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman). Analisis tersebut berguna untuk menjelaskan bagaimana bisnis dapat berjalan, mulai dari menjelaskan kekuatan dan kelemahan hingga bagaimana bisnis dapat bertahan.

Namun, di dalam analisis akan ada ancaman atau hal yang harus pengusaha hindari agar usaha dapat berjalan dengan baik. Sebagai tambahan, proposal ini berguna sebagai pedoman yang menjelaskan tujuan usaha sekaligus evaluasi apakah ada yang perlu diperbaiki. 

Kamu bahkan bisa menggunakan proposal kewirausahaan untuk menarik minat para investor sehingga dapat menanamkan modal dan membantu keberlangsungan usahamu. Oleh karena itu, pastikan kamu telah menguraikan informasi tentang usaha yang kamu miliki dengan lengkap dan jelas tanpa ada kesalahan.


Fungsi Proposal Kewirausahaan

Adapun fungsi yang diberikan oleh proposal ini ada lima, berikut penjelasannya:

1. Mengetahui Kelayakan Ide Usaha

Fungsi pertama yang diberikan oleh proposal kewirausahaan adalah kamu bisa tahu kelayakan ide yang sedang kamu usahakan. Setiap proposal akan berisi nama bisnis dan bagaimana bisnis tersebut berjalan. Dengan informasi yang lengkap, kamu tahu apakah ide tersebut layak atau tidak.

Apabila ide usaha sudah layak, kamu bisa dengan tenang mengetahui analisis SWOT yang berlaku. Kalaupun ada masalah, kamu sudah tahu apa solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Namun sebaliknya, apabila kamu tidak tahu kelayakan ide usaha maka hal itu bisa jadi bumerang nantinya. Padahal modal yang kamu keluarkan tidak sedikit, sedangkan apabila ide usaha tidak layak maka kamu akan rugi. 

2. Merencanakan Usaha yang Efektif

Menjalankan usaha membutuhkan strategi yang tepat. Kamu harus tahu jeda atau batas kosong yang memungkinkan kamu untuk membuka usaha baru yang efektif dan menguntungkan. Dengan membuat proposal kewirausahaan, kamu bisa merencanakan usaha yang efektif baik bagi perusahaan maupun konsumen.

Sebab, ada banyak kompetitor yang menjual produk sama. Apabila kamu tidak tahu apa perbedaan yang kamu unggulkan maka usahamu bisa bangkrut. Sedangkan kamu harus mendapatkan keuntungan dari usaha yang sedang kamu jalankan.

Oleh sebab itu, pastikan setiap detail informasi yang kamu tulis di dalam proposal telah mencakup semua rencana usaha. Pastikan rencana tersebut pantas untuk kamu jalankan dan bisa memberi keuntungan. 

3. Menarik Atensi Donatur atau Investor

Fungsi ketiga yang diberikan oleh proposal ini adalah kamu bisa menggunakannya untuk menarik atensi donatur maupun investor. Semua usaha yang kamu jalankan pasti membutuhkan modal, dan tidak mungkin jumlah modalnya sedikit. Sedangkan modal yang kamu punya masih kurang.

Disinilah peran dari proposal kewirausahaan yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan tambahan modal dari orang yang tepat. Pastikan kamu telah mengisi proposal dengan kebutuhan yang dapat membuat orang sadar bahwa usaha milikmu menguntungkan.

Proposal harus berisi setiap detail informasi pendanaan serta analisis yang menjamin bahwa usaha tidak akan merugi. Dengan informasi tersebut, maka donatur atau investor bisa tertarik untuk menanamkan modal. 

4. Mengamankan Dana Usaha

Fungsi selanjutnya yang bisa proposal ini berikan padamu adalah mengamankan dana usaha. Yang dimaksud dengan amannya dana usaha adalah proposal akan berisi setiap informasi mendetail tentang dana masuk dan dana keluar. Setiap informasi pendanaan tersebut bisa menjadi pusat informasi untuk perusahaan.

Sehingga, kamu bisa memeriksa apakah usaha telah memberikan keuntungan balik modal atau justru usaha perlu bekerja sedikit lebih keras untuk mencapai target tertentu. Dengan memiliki data tersebut, kamu tahu pendanaan dalam batas aman atau tidak.

Apabila dana sudah mulai mendekati angka minus, kamu juga harus siap dengan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Perhatikan setiap pergerakan dana di dalam perusahaan, sehingga kamu tidak akan mengalami masalah yang dapat membuat perusahaan menjadi beku bahkan bangkrut. 

5. Mengungguli Kompetitor Usaha

Setiap usaha yang ada di sebuah negara pasti memiliki kompetitor. Biasanya kompetitor akan memiliki beberapa kesamaan dengan usaha yang kamu jalankan. Mulai dari produk yang dijual, cara pemasaran, hingga target audiens yang mereka rencanakan.

Proposal kewirausahaan akan membantumu melihat celah mana yang dapat kamu kembangkan untuk dapat mengungguli kompetitor. Kamu bisa melakukan analisis dari berbagai faktor. 

Sebagai contoh, kamu bisa membandingkan produk yang kamu punya dengan produk perusahaan tersebut. Carilah kelemahan produk milik kompetitor dan gunakan kelemahan tersebut untuk mengembangkan produk. Sehingga, produk milik perusahaanmu bisa jadi lebih baik daripada kompetitor. 


Manfaat Proposal Kewirausahaan

Proposal kewirausahaan memiliki berbagai fungsi yang dapat membantu pengusaha untuk mendapatkan keuntungan sekaligus memudahkan berjalannya usaha. Bahkan proposal ini berfungsi sebagai pusat informasi sekaligus evaluasi yang dapat diperbarui sewaktu-waktu.

Manfaat dari dokumen satu ini adalah sebagai dokumen pedoman usaha yang sedang kamu kembangkan. Mulai dari nama, ide, dan perkembangan setiap produk yang kamu jual per tahunnya. Kamu bisa tahu di bagian mana harus ada perubahan dan bagian mana yang harus tetap kamu jadikan pegangan.

Selain itu, proposal kewirausahaan akan jadi evaluator terbaik dalam mengembangkan bisnis. Setiap aksi yang kamu lakukan bisa kamu evaluasi dalam beberapa periode. Ketika ada perubahan yang membutuhkan modal, dokumen ini akan jadi bukti bahwa perusahaanmu layak untuk mendapatkan investasi. 

Kamu bisa membawanya kepada calon donatur atau investor yang ingin menanamkan modal. Cukup berikan dokumen asli tanpa penipuan dan tunjukkanlah bahwa perusahaanmu pantas mendapatkan investasi secara layak.


Yuk, Buat Proposal Kewirausahaan Untuk Keberlangsungan Usahamu!

Memiliki panduan yang bisa menjadi pedoman sekaligus bukti bahwa usaha yang kamu jalankan lancar dan efektif adalah hal yang utama. Kamu bisa menggunakan panduan tersebut sebagai dokumen terpercaya yang memberitahu keuntungan dan perkembangan perusahaan yang kamu jalankan.

Proposal kewirausahaan akan menjadi pedoman dan evaluator akan usaha setiap periode. Kamu bisa memeriksa apakah ada hal yang baik dan perlu kamu pertahankan atau justru ada hal buruk yang dapat membuat perusahaan menjadi rugi. 

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk memperbarui setiap informasi yang ada setiap beberapa periode yang sudah ditentukan. Proposal ini akan jadi bukti yang dapat membuatmu mendapat tambahan modal hingga mendapat kesempatan untuk mengembangkan usaha yang kamu miliki. Jadi, siapkah kamu membuatnya?


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait