Menggunakan TikTok untuk Promosi Bisnis, Bagaimana Caranya?

Promosi Bisnis di TikTok, Bagaimana Caranya? – Sebelumnya mungkin TikTok dipandang sebelah mata karena dikenal sebagai aplikasi dengan banyak orang “alay” di dalamnya, yang hanya joget-joget.

Tapi, siapa sangka sekarang media sosial ini begitu populer, dan banyak menggiring banyak masa, khususnya para anak muda.

Sampai saat ini, TikTok sendiri sudah memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Tak hanya itu, bahkan sekarang pun sudah banyak brand-brand yang melakukan promosi bisnis di TikTok. Apalagi dengan dimunculkannya TikTok Ads.

Nah, sebagai pemilik bisnis mungkin sempat terlintas dipikiran kamu, apakah harus saya promosi bisnis di TikTok?

Sebenarnya ini tergantung dengan jenis bisnis kamu, jika memang bisnis kamu memiliki pasar generasi Z yang banyak. Tak ada salahnya untuk menggunakan TikTok sebagai media berpromosi.

Lalu, bagaimana caranya promosi bisnis di TikTok?

4 Cara Memulai Promosi Bisnis di TikTok

1
Jangan Terlalu Serius, Buatlah Konten yang Menarik

promosi bisnis di tiktok

Perlu diingat bahwa konten-konten di TikTok isinya adalah tentang seru-seruan dan penuh kreativitas. Jadi, hindari konten yang “terlalu serius”, karena pasti tidak akan menarik.

Walaupun mungkin pembahasan yang dibawakan pada konten serius, tapi pastikan untuk mengemasnya dengan lebih seru dan kreatif.

Serunya di promosi bisnis di TikTok, kamu tidak perlu membuat konten dengan kamera profesional, cukup menggunakan smartphone selayaknya membuat story pada Instagram.

Baca Juga: Mau Bisnis Online-Mu Awet? Simak Tips-Tips Berikut Ini!

Tapi walaupun TikTok dikenal sebagai platfrom “seru”, bukan berarti kamu harus mengikuti setiap hal yang sedang viral, ya.

Jika membuat konten meme di TikTok tidak sesuai dengan image bisnis kamu, jangan dilakukan. Jika ingin adaptasi konten yang sedang viral, pastikan tetap inline dengan bisnismu. Ingin contoh? Kamu bisa melihat akun official dari LUSH ini.

2
Menciptakan Sebuah Hashtag Challenge

promosi bisnis di tiktok-1

Kamu bisa membuat kampanye seru di TikTok dengan menciptakan sebuah Hashtag Challenge.

Ingat #PassTheBrush challenge? Saat konten jenis ini sedang viral, Indomie membuat konten sejenis yaitu #PassTheIndomie challenge.

Tentu saja, hashtag challenge baru yang mereka ciptakan akan membangun viral tersendiri.

Baca Juga: Strategi Bisnis Offline Agar Tetap Eksis di Zaman E-commerce

Studi kasus yang lainnya, adalah ketika produk brand Guess membuat hashtag challenge #InMyDenim yang meminta audiens untuk menggunakan produk Guess.

Selama hashtag challenge yang kamu buat seru dan menarik, kamu tidak hanya promosi bisnis di TikTok tetapi juga menggerakan audiens untuk berinteraksi dan engage dengan produk bisnismu.

3
Menggunakan TikTok Influencer

promosi bisnis di tiktok-2

Walaupun belum sebesar Instagram atau media sosial lainnya. Tetapi, TikTok influencer bisa sangat potensial, lho.

Sejatinya, audiens yang ada di TikTok yaitu generasi Z, sudah pintar dan menghindari iklan-iklan tradisonal, jadi bekerja sama dengan influencer bisa menjadi jalan yang tepat.

Namun sebelumnya, pastikan influencer yang kamu pilih sesuai dengan target audiens, ya.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online

Bagaiman caranya? Kamu bisa menggunakan cara online seperti analisa.io. Di mana, kamu bisa melihat metrik dari sebuah akun TikTok seperti engagement rate, demografis follower, dan lainnya.

Selanjutnya kamu bisa pilih yang memang sesuai dengan bisnis kamu.

Membutuhkan modal dana untuk operasional bisnis, seperti biaya promosi? Kamu bisa lho mengajukan tambahan modal bisnis hingga Rp2 Miliyar di KoinBisnis dari KoinWorks dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Selengkapnya di sini.

4
Pertimbangkan untuk Menggunakan TikTok Ads

promosi bisnis di tiktok-3

Terakhir, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanan Ads. Ya, mengikuti jejak media sosial lainnya, TikTok memperluas cangkupannya dan menawarkan jasa advertising untuk bisnis yang ingin beriklan di platform ini.

Infeed Native Content: Iklan yang sejenis dengan Snapchat atau Instagram Story dan mendukung beberapa fiutr seperti website click atau download app.

Brand Takeover: Jenis iklan ini memungkinkan sebuah brand untuk mengambil alih TikTok seharian. Di sini, kamu bisa membuat image, GIF atau video dengan embedded link ke landing page milikmu atau hashtag challenge. Biasanya mulai muncul setelah user membuka aplikasi.

Hashtag Challenges: Kalau kesulitan membuat hashtag milikmu viral secara organik atau manual, kamu bisa menggunakan jenis iklan ini untuk mendapatkan banyak engagement.

Branded Lenses: Jenis iklan ini seperti selayaknya filter pada Snapchat dan Instagram Story.

Seperti halnya media sosial lain, kamu bisa menjangkau lebih banyak pengguna TikTok dengan layanan ini.

Selain itu, TikTok juga menawarkan penargetan yang tepat, sehingga iklan kamu dipastikan akan menjangkau pengguna yang tepat dan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

Jadi, bagaimana sudah menentukan apakah akan memulai promisi di TikTok atau tidak?

Ada cara lain lho jika kamu ingin mempromosikan bisnis, kamu bisa mengikuti program #LokalSupportLokal yang diinisiasi oleh KoinWorks.

Dengan program #LokalSupportLokal ini, kamu sebagai pelaku UKM akan dibantu dalam mempromosikan bisnis kamu dengan cara:

  • Menginformasikan secara lengkap tentang produk/jasa dari bisnis UKM yang terdaftar dalam microsite ini.
  • Mempromosikan bisnis UKM ke lebih dari 36k followeres melalui Instagram dan Twitter resmi KoinWorks gratis.

Yuk, segera daftarkan bisnis kamu