Inspirasi Produk Gluten Free di Indonesia, Berpeluang untuk Usaha!

Produk gluten free di Indonesia sudah menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari.

Gluten merupakan kelompok protein yang kamu temukan di biji-bijian tertentu. Misalnya gandum hitam, gandum, dan jelai. Manfaat gluten yaitu membantu makanan agar bisa mempertahankan bentuknya sehingga mampu memberikan kelembaban dan elastisitas.

Gluten memang aman untuk kebanyakan orang. Akan tetapi, terkadang juga berpotensi menyebabkan seseorang mengalami beberapa penyakit seperti sensitivitas gluten atau penyakit celiac. 

Untuk menghindari hal tersebut, produk gluten free mampu mencegah efek yang menyebabkan masalah kesehatan.

Apa Itu Produk Gluten Free?

Seperti penjelasan di atas, gluten merupakan jenis protein yang bisa kamu temukan pada gandum yang merupakan hasil persilangan. Sementara itu, gluten free menandakan bahwa makanan tersebut di dalamnya tidak memiliki kandungan protein gluten.

Produk ini sebenarnya hanya berlaku untuk kamu yang memiliki intoleransi gluten maupun penyakit celiac. Maka dari itu, jika seseorang masalah dengan penyakit tersebut dan masih ingin mengonsumsinya, maka produk makanan gluten free bisa menjadi pilihan.

Mengonsumsi produk tersebut tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun ingat, konsumsi produk gluten free tetap perlu takaran yang sewajarnya.

Melihat kesadaran masyarakat akan hal ini, produk gluten free merupakan hal yang kini mulai dicari dan ada peluang usahanya.

Inspirasi Produk Gluten Free yang Digemari di Indonesia

Berikut ini beberapa contoh produk gluten free di Indonesia yang cukup diminati.

Informasi ini sangat bermanfaat untuk memberikan referensi kira-kira produk mana yang akan kamu jual.

1. Mi Instan

Siapa yang belum pernah menikmati mi instan? Sepertinya lebih dari 95% orang yang membaca artikel ini pernah mencicipi atau setidaknya menyukai nikmatnya mi instan. Kehadiran mi intan dalam kehidupan masyarakat cukup penting, terutama ketika memasuki bulan puasa.

Tidak sedikit masyarakat yang membeli mi instan satu kardus sebagai menu sahur. Ini tidak lepas dari kemudahan makanan tersebut serta harganya yang terjangkau. Akan tetapi, tidak sembarang mi instan bisa kamu konsumsi jika benar-benar mencari mi yang bebas gluten.

Jangan khawatir, sekarang sudah banyak pebisnis yang memperkenalkan mi  instan gluten free alias bebas gluten. Tidak sama dengan mi instan pada umumnya, spirulina dan sagu merupakan produk alternatif pengganti tepung terigu. 

Mulai banyak pelaku usaha yang memperkenalkan mi bebas gluten. Sebuah inovasi yang sangat berguna untuk kamu yang suka mengonsumsi mi instan dengan tetap menghindari gluten. Memang untuk harganya pun lebih tinggi dari mi instan pada umumnya.

Contoh produk mi instan terkenal karena bebas gluten adalah Lemonilo dan Mie Lokality. Selain itu ada juga SagoMee, Shagotaki, Ladang Lima Mie, dan lain-lain. 

2. Rice & Corn Macaroni

Produk gluten free di Indonesia yang kedua yaitu Rice & Corn Macaroni. Ini merupakan pasta dengan kelezatan yang tidak kalah dari pasta gandum pada umumnya. Sesuai namanya, pasta tersebut terbuat dari jagung serta beras berkualitas serta tanpa GMO.

Rice & Corn Macaroni bukan hanya makanan yang bebas gluten melainkan memiliki tekstur yang mantap. Produk ini juga mudah kamu olah sehingga cocok untuk kamu yang tetap ingin menikmati kelezatan pasta tanpa khawatir gluten.

Selain itu, kandungan nutrisinya pun juga cukup banyak. Apalagi tanpa MSG sehingga produk tersebut memang cocok untuk kamu yang ingin menerapkan gaya hidup sehat.

3. Egg Roll Singkong

Berikutnya ada cemilan buatan Pawon Narasa yang bahan utamanya adalah tepung singkong. Tepung tersebut sudah pasti bebas dari kandungan gluten sehingga aman sebagai makanan bagi penderita gluten intolerant maupun diabetes. Manfaat berikutnya yaitu singkong juga mampu menurunkan kolesterol LDL.

Bahan alami ini juga efektif untuk menurunkan kadar trigliserida karena mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Kemasan camilan sehat tersebut juga baik sehingga kamu juga bisa memberikannya sebagai oleh-oleh.

4. Crispy Deluxe Roasted Nut

Sebuah produk dari Carman’s ini bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan yang sehat dan lezat. Sereal bebas gluten ini terbuat dari biji-bijian, kacang, buah-buahan kering, serta madu yang merupakan pemanis alaminya. Jadi, kandungan nutrisinya pun tidak perlu kamu ragukan.

Selain itu, indeks glikemiknya juga rendah sehingga menjadi produk yang efektif mengurangi seseorang terkena penyakit diabetes melitus tipe 2. Crispy Deluxe Roasted Nut juga merupakan makanan pilihan bagi kamu yang sekarang tengah diet.

Alasannya karena kandungan kalorinya bahkan tidak melebihi 200 kkal pada setiap sajiannya. Belum lagi dengan serat pangannya yang banyak sehingga membuatmu bisa kenyang lebih lama. Slot Gacor

5. Multi Purpose Flour Gluten Free

Apakah kamu termasuk orang yang suka berkreasi dengan menghadirkan berbagai menu makanan dari tepung? Maka, multi purpose flour ini menjadi bahan utama yang bisa kamu pilih. Produk ini merupakan sebuah tepung yang pastinya bebas kandungan gluten.

Produk andalan Javara ini terbuat dari gabungan berbagai tepung yang gluten free. Kamu bisa berkreasi dengan menghadirkan aneka ragam makanan yang lezat sesuai keinginan. 

Visi Javara memang berusaha mempertahankan keragaman hayati serta keberadaan kuliner khas Indonesia. Jadi, bahan dasar Multi Purpose langsung didapatkan dari petani Indonesia. 

Produknya pun juga tanpa GMO dan tidak mengandung bahan pengawet. Inilah yang membuat multi purpose flour Javara jadi salah satu produk gluten free di Indonesia terbaik saat ini.

6. Rolled Oats Whole Grain

Sekarang, rekomendasi produk selanjutnya adalah oatmeal yang bebas kandungan gluten. Setiap orang memerlukan asupan energi yang cukup sehingga mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan. Untuk itu, Rolled Oats adalah produk yang cocok karena mampu membuatmu tetap semangat di tengah jadwal yang padat.

Makanan dari Bob’s Red Mill ini kerap menjadi solusi bagi yang masih lemas padahal sudah sarapan. Kamu juga bisa menambahkan topping untuk semakin meningkatkan kelezatan rasa.

Rolled Oats Whole Grain adalah produk yang prosesnya menggunakan teknologi modern. Sereal yang satu ini sudah terjamin bebas gluten. Para penderita celiac bisa mengonsumsinya secara aman. Produk yang juga berasal dari whole grain ini mempunyai berbagai kebaikan nutrisi serta serat pangan oat.

Rolled Oats Whole Grain juga tanpa GMO. Kemasannya yang menarik memberikan kesan berkualitas dari makanan tersebut.

7. Tepung Bumbu Gluten Free

Tepung ini yang kaya akan rempah dan cocok untuk berbagai gorengan. Sebuah produk pilihan untuk kamu yang ingin hidup sehat tanpa ada gluten dan tetap ingin menikmati gurihnya gorengan. Maka dari itu, tepung dari Rizqiyya ini merupakan tepung yang perlu kamu gunakan untuk membuat gorengan nikmat sekaligus sehat.

Proses pembuatannya tanpa menggunakan MSG sehingga aman untuk kamu konsumsi. Perpaduan berbagai bahannya menjadikan tepung tersebut juga tak kalah gurih dari tepung bumbu pada umumnya.

Racikan bumbunya juga pas untuk menghasilkan makanan gorengan seperti ayam goreng yang crispy dan lezat. Jika kamu seorang vegan, kamu juga bisa menjadikan tepung bumbu ini sebagai pelapis berbagai sayuran goreng.

8. Pancake & Waffle Mix

Masih ada produk yang bebas gluten yaitu pancake & waffle mix untuk sarapan terbuat dari perpaduan tepung organik arrowroot, mocaf, tepung sorgum, dan tepung beras. Dalam proses pembuatannya juga menggunakan gula kelapa organik untuk bahan pemanis alami.

Selain itu, untuk membuatnya juga cukup mudah. Kamu tinggal mencampurkan bahan-bahan seperti susu, telur, dan coconut oil atau butter. Menu makanan yang praktis untuk kamu sajikan di hari minggu. Kamu juga dapat memilih apakah produk tersebut bisa kamu jadikan sebagai waffle atau pancake.

9. Dry Shirataki

Dry Shirataki merupakan produk pengganti mi instan. Uniknya, produk asal Jepang ini menggunakan umbi iles-iles sebagai bahan utamanya. Banyak yang memanfaatkannya sebagai topping untuk produk makanan berkuah.

Dry Shirataki mempunyai tekstur yang transparan serta tanpa rasa. Makanan ini kerap dijadikan sebagai perpaduan dengan makanan yang mempunyai cita rasa kuat. Ini karena Shirataki mampu menyerap rasa dari makanan utama.

Baru-baru ini produk tersebut juga populer di Indonesia. Banyak masyarakat yang penasaran sehingga menjadikannya sebagai pilihan super food. Apalagi kandungan kalorinya mencapai 0 serta kaya akan serat. 

Bukan itu saja, Shirataki juga termasuk aman untuk para penderita intoleran gluten. Jadi, mi instan ini cocok sebagai menu makanan harian.

Sudah Tahu Macam-Macam Produk Gluten Free di Indonesia?

Itulah beberapa inspirasi produk gluten free di Indonesia. Berbagai produk tersebut tersedia dengan harga yang beragam.

Kamu bisa menjadikannya inspirasi sebagai produk berjualan untuk menu makanan sehat, baik belajar memproduksinya sendiri maupun menjadi reseller.

Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait