Produk Frozen Food Paling Laris dan Tips Sukses untuk Memulainya

Produk frozen food akhir-akhir ini semakin populer karena dinilai ekonomis dan praktis. Sederhananya, frozen food adalah makanan beku yang cara menyajikannya cukup dimasak sebentar lalu dihidangkan.

Kamu bisa membuka usaha frozen food dengan harga yang terjangkau tapi tetap mendapat keuntungan yang banyak. Inilah ide produk frozen food yang bisa kamu jual serta beberapa tips usahanya!

Produk Frozen Food Paling Laris, Berpeluang untuk Bisnis!

Banyak makanan beku yang laris di pasaran dan menjadi peluang untuk kamu jadikan usaha. Sebelum mengetahui tipsnya, kamu perlu tahu makanan frozen food apa saja yang bisa kamu jual. Simak rekomendasinya berikut ini!

1. Sosis 

Sosis adalah makanan frozen food yang sangat populer. Banyak orang yang berjualan sosis dan mendapat keuntungan berlimpah.

Makanan satu ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang sudah dihaluskan dan bentuknya bulat memanjang.  

Cara penyajiannya pun beragam, ada sosis goreng, sosis bakar, sosis panggang, atau dicampur dengan bahan lainnya.

Kamu bisa menjual sosis yang tanpa kulit atau sosis berkulit namun kulitnya bisa dimakan. Sosis ini juga bisa kamu jual per pack dengan harga yang tetap ekonomis tapi menguntungkan, atau kamu jual per bijinya.

2. Nugget Ayam

Produk frozen food yang populer lainnya adalah nugget. Makanan yang berasal dari daging ayam atau sapi ini sangat praktis apalagi untuk bekal sekolah anak-anak atau untuk sarapan pagi.

Saat ini, produk nugget semakin banyak variannya, ada nugget ayam, ikan, tahu, tempe, udang, sayur, kentang dan masih banyak lagi.

Bahannya mudah, siapkan daging giling lalu campur dengan berbagai bumbu lainnya seperti lada, bawang putih, garam, dan sebagainya. 

Setelah itu, adonan daging tersebut kamu kukus dan cetak sampai matang lalu balurkan ke tepung panir. Nugget siap digoreng dan dibekukan agar lebih awet sehingga bisa kamu jual.

3. Bakso

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini? Bakso adalah suatu makanan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha produk frozen food bakso karena terbukti praktis dan banyak penggemarnya.

Penyajian bakso kini sudah bermacam-macam, ada bakso kuah, bakso goreng, bakso bakar, atau untuk bahan campuran tumisan. Kamu akan mendapat keuntungan besar jika menjual makanan satu ini. 

4. Tempura

Apakah kamu tahu produk frozen food yang satu ini? Makanan ini laris manis di pasaran dan banyak disukai oleh anak-anak sekolah.

Tempura adalah makanan asal Jepang yang berbahan dasar fillet udang, daging ikan, atau sayuran. Cara membuat tempura tidak melalui proses kukus layaknya produk nugget. Melainkan, daging, ikan, atau udang tersebut dibalur ke dalam tepung kering, setelah itu celupkan ke tepung basah, lalu goreng dan dibekukan.

Tempura sangat cocok untuk makanan anak-anak sebagai lauk makan nasi praktis atau hanya sekedar untuk camilan dengan cocolan sambal saos yang nikmat.

5. Fish Stick

Fish stick adalah salah satu produk frozen food yang populer dan kekinian. Makanan ini terbuat dari potongan daging ikan tenggiri dan ikan kakap lalu dibalurkan pada bahan pelapis dan akhirnya bisa kamu goreng. 

Selanjutnya, kamu bisa membekukan fish stick agar bisa kamu jual dengan harga terjangkau.

6. Pempek

Pecinta pempek kini tidak perlu lagi susah-susah mencari penjual pempek saat sedang mengidam, karena sekarang pempek sudah ada dalam bentuk frozen food.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan pempek beku karena penggemar pempek sangatlah banyak.

Makanan khas Palembang ini terbuat dari campuran daging ikan tenggiri dengan tepung kanji lalu pada bagian tengahnya ada telurnya. Rasanya sangat nikmat apalagi disajikan dengan siraman saus cuko yang khas. 

Pempek beku terlihat lebih praktis dan harganya pun lebih ekonomis. Untuk cita rasa pempek beku, tentu tidak kalah dengan pempek lain pada umumnya.

7. Risol

Menjual produk frozen food tidak hanya yang berbahan dasar daging-dagingan saja. Kini, makanan risol sudah tersedia versi beku yang praktis dan ekonomis. 

Risol adalah salah satu makanan beku yang terbuat dari tepung terigu yang isian dalamnya ada sayuran, sosis, keju, daging asap, dan sebagainya. Risol biasanya juga menggunakan mayonaise pada bagian dalamnya agar lebih gurih dan nikmat.

Kamu bisa menjual risol dengan berbagai macam varian rasa dan menyajikannya dengan cocolan sambal saos supaya lebih nikmat.

8. Siomay

Bagi kamu pecinta siomay, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jawa Barat untuk menikmati seporsi hidangan siomay. Karena saat ini, siomay sudah ada versi bekunya.

Siomay frozen sangat praktis untuk berbagai kalangan karena penyajiannya tidak perlu repot dan tidak perlu keluar rumah untuk menikmatinya.

Kamu bisa memanfaatkan ini dengan menjual siomay lengkap dengan kentang, kubis, pare, serta sambal kacangnya yang menggugah selera.

Berbeda dengan makanan beku lainnya, penyajian saat ingin makan siomay beku ini tidak perlu kamu goreng, tapi cukup kamu kukus dalam waktu beberapa menit lalu siomay siap kamu nikmati.

9. Chicken Katsu

Produk frozen food yang cocok untuk lauk makan bersama sepiring nasi hangat adalah chicken katsu atau ayam fillet.

Chicken katsu berbahan dasar daging ayam yang diberi berbagai bumbu seperti garam, lada, dan lain-lain, lalu bagian luarnya menggunakan tepung panir dan telur.

Banyak orang yang menjadikan makanan ini sebagai lauk karena praktis dan cepat menyajikannya. Hanya perlu goreng sebentar hingga matang lalu hidangkan.

Tips Sukses Menjual Produk Frozen Food agar Untung 

Setelah tahu jenis frozen food apa saja yang bisa kamu jual, kini saatnya kamu harus tahu bagaimana cara menjual makanan beku ini agar laku dan kamu mendapat untung melimpah.

1. Berkomitmen Kuat untuk Menjual Produk Frozen Food

Membangun bisnis apapun tidak hanya bisnis makanan sangat membutuhkan tekad dan komitmen yang kuat. Komitmen yang kuat akan membuatmu lebih siap menghadapi rintangan apapun yang akan terjadi pada bisnismu. 

Kuatnya komitmen juga bisa memotivasi kamu untuk terus memajukan usaha bisnis makananmu. Ini sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya bisnismu.

2. Lakukan Riset Secara Mendalam

Riset yang mendalam adalah bagian tak kalah penting dalam memulai bisnis agar bisnismu bisa bertahan, berkualitas, dan dipercaya oleh masyarakat.

Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang bahan baku, modal, cara pengolahan, cara mendistribusikannya, cara penyimpanan produk, sampai dengan pasarnya. 

Jika kamu ingin langsung membeli barang jualan dari produsen, kamu perlu memilih produsen mana yang terpercaya dan produknya berkualitas baik.

3. Pilihlah Produk Frozen Food yang Unik

Memilih makanan beku yang unik bisa membuat bisnismu berbeda dengan yang lain. Kamu perlu tahu tentang branding, differentiating, dan positioning untuk produk yang kamu jual agar bisa bersaing dengan bisnis lain.

Selain itu, kamu bisa mengkreasikan sendiri makanan yang kamu jual agar bisa menarik banyak pembeli dan menambah nilai jual. 

4. Pilihlah Target Pasar yang Sesuai

Luasnya pasar membuat kamu perlu sekali untuk memilih target pasar agar produk frozen food milikmu bisa cepat laku. 

Target yang sesuai akan membuat banyak konsumen yang datang membeli daganganmu karena sesuai dengan kebutuhan para konsumen tersebut.

Kamu juga perlu merencanakan strategi marketing yang tepat dan menentukan harga jual yang sesuai dengan target pasarmu agar bisnismu tetap mendapat keuntungan.

5. Pikirkan Secara Matang tentang Modalnya

Modal adalah fokus utama untuk para pebisnis sebelum memulai membuka usaha. Modal adalah anggaran awal yang harus kamu siapkan untuk memulai bisnis. 

Pikirkan apa saja bahan yang kamu butuhkan untuk bisnismu lalu perhitungkanlah secara matang. Jangan sampai modal yang kamu keluarkan sangat besar namun keuntungan yang kamu dapatkan sedikit.

6. Kenali Produk Frozen Food dengan Baik

Mengenali produk dengan baik sangat berpengaruh terhadap kualitas makanan yang kamu jual tersebut. Jadi, kenali mana makanan yang siap masak, makanan siap santap, atau siap olah.

7. Pilihlah Tempat Penyimpanan yang Sesuai

Berhubung ini adalah jenis makanan frozen food, maka kamu harus jeli memilih tempat penyimpanan yang sesuai agar kualitasnya bisa terjaga dan tetap fresh. Umumnya, makanan beku harus kamu simpan dalam lemari pendingin khusus. Pastikan kamu memiliki sarana tersebut sebelum memulai usaha frozen food.

Berminat Membuka Usaha Produk Frozen Food?

Itu dia beberpa rekomendasi produk frozen food yang bisa menjadi inspirasi bisnismu.

Dari banyaknya pilihan makanan beku, kamu lebih tertarik dengan produk yang mana?

Tentukan jenis makanan beku mana yang akan kamu jual dan sesuaikan dengan target pasar serta modalmu!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis dan sebagainya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait