Pinjaman Modal Usaha Pemerintah Gratis, Berikut Cara daftarnya!

Memiliki pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan memang menjadi sebuah keharusan. Beberapa orang memilih untuk bekerja pada orang lain, beberapa lagi memilih untuk membuka usahanya sendiri. Nah, untuk membuka usaha sendiri, kamu pastinya membutuhkan modal. Simak bagaimana cara mendapat pinjaman modal usaha pemerintah berikut ini.

Pengertian Pinjaman Modal

Meminjam uang untuk menjadi modal usaha adalah sebuah solusi yang kerap kali diambil oleh banyak orang yang masih ingin merintis dan awam dalam dunia bisnis. Tentunya, modal menjadi salah satu keharusan yang pengusaha miliki untuk mengembangkan bisnisnya.

Dengan memiliki modal, seorang pengusaha dapat memutar uang pinjaman yang nantinya akan mendapatkan untung untuk ia pakai dalam kebutuhannya ataupun akan ia kembalikan pada pemodal.

Nah, ada banyak lembaga yang menyediakan modal usaha untuk dapat kamu pinjamkan sebagai batu loncatan bisnis kamu. Diantaranya adalah modal pinjaman dari Bank, paylater, perusahaan online ataupun market online, maupun melalui pinjaman modal usaha pemerintah.

Hal ini dilakukan pemerintah tentunya untuk menambah para wirausaha yang ada di Indonesia sehingga Indonesia dapat mengembangkan ekonominya lebih tinggi lagi. Peningkatan ekonomi yang ada pada warga suatu Negara tentunya akan berdampak baik bagi Negara itu sendiri.

Itulah mengapa pemerintah membuka program modal usaha ini untuk mendorong pebisnis Indonesia, baik itu pebisnis professional maupun pebisnis yang masih awam atau masih pemula.

Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia juga menawarkan dua pilihan bantuan modal, yaitu usaha kredit dan Non-kredit.

Pinjaman Modal Usaha Pemerintah Kredit

Seperti yang telah terbilang sebelumnya, ada dua pilihan bantuan modal yang dapat kamu pilih, yaitu bantuan modal pemerintah jenis kredit dan non-kredit. Sebelum memasuki penjelasan modal usaha non-kredit, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu contoh dari pinjaman modal usaha kredit dari pemerintah.

1. KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Contoh dari pinjaman kredit pertama adalah Kredit Usaha Rakyat atau disingkat sebagai KUR. Program dari pemerintah Indonesia ini ditujukan untuk memajukan perekonomian rakyat yang memiliki usaha kecil dan menengah (UMKM).

Biasanya modal yang pemerintah berikan untuk para pengusaha ini adalah modal kredit atau berbentuk pinjaman yang nantinya akan pemerintah salurkan melalui lembaga perbankan yang telah dipilih dan bekerja sama dengan pemerintah.

Pemerintah Indonesia memang sering memfokuskan pemberian modal kepada para pebisnis UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) karena pemerintah menganggap UMKM ini sangat berperan dalam membuka lowongan pekerjaan pada mereka yang kurang beruntung dalam status sosial.

A. Bunga KUR

Karena pada dasarnya jenis layanan pinjaman modal usaha pemerintah yang satu ini berasal dari bank penyalur, maka kamu wajib membalikkan modal yang telah kamu terima pada jangka waktu tertentu kepada bank.

Selain membalikkan modal, kamu juga harus membayar bunga. Namun tenang saja, karena bunga KUR yang telah pemerintah tetapkan adalah sebesar 6% dengan plafon maksimal Rp 100.000.000 dengan bunga KUR sebesar 3% yang akan diperpanjang hingga Desember 2021 lalu.

B. Jenis KUR

Kredit Usaha Rakyat ini memiliki beberapa jenis yang dapat kamu sesuaikan dengan kriteria dan kebutuhan kamu sendiri. Jenis-jenis KUR tersebut adalah sebagai berikut :

  • KUR Mikro, pinjaman modal yang dapat kamu ambil hanyalah sebesar Rp. 25.000.000.
  • KUR Retail, Pinjaman modal yang dapat kamu ambil lumayan besar jika kamu bandingkan dengan yang mikro karena ini berfokus pada usaha menengah. Modal yang dapat kamu terima paling maksimal sebesar Rp. 500.000.000.
  • KUR Tenaga Kerja Indonesia

Sesuai namanya pinjaman modal usaha pemerintah yang satu ini berfokus pada pemberian modal untuk para tenaga kerja yang bekerja di luar negri. Tujuan pinjaman ini adalah membantu para TKI untuk melakukan perjalanan antar Negara. Nominal pinjaman yang pemerintah berikan adalah sebesar Rp.25.000.000.

C. Kriteria Pendaftar

Untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk ikut serta pinjaman modal usaha pemerintah yang satu ini, kamu harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Tidak sedang menerima kredit atau pinjaman dari perbankan atau program-program lainnya.
  • Menyerahkan Surat Keterangan Lunas jika pernah meminjam uang pada badan usaha ataupun perbankan.
  • Tidak ada pengecekan Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia untuk kamu yang ingin meminjam untuk usaha mikro.
  • Putusan pemberian KUR ini sepenuhnya adalah hak dari bank penyedia modal.

D. Cara Mendaftar Menjadi Penerima KUR

Untuk mendapatkan modal pinjaman dari pemerintah ini, kamu harus melakukan langkah-langkah berikut :

  • Ajukan surat permohonan kepada Bank yang telah disediakan oleh pemerintah dengan membawa dokumen seperti legalitas usaha, dokumen perizinan usaha, catatan keuangan, dsbnya.
  • Bank akan mengevaluasi apakah kamu layak untuk mendapat pinjaman modal usaha pemerintah sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
  • Jika kamu disetujui, maka kamu akan menandatangani sebuah perjanjian kredit yang menjadi perjanjian antara kamu dan bank penyalur.
  • Pinjaman dapat kamu ambil

2. PKBL

Selain pinjaman KUR, pemerintah juga menyediakan layanan peminjaman modal untuk para pelaku bisnis dengan sistem kredit yang bernama PKBL. PKBL ini adalah sebuah singkatan dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang memiliki limit lumayan besar yaitu sekitar Rp. 500.000.000.

Namun layanan PKBL ini hanya ada pada BUMN saja. Dengan dua jenis program yaitu program kebinaan dan program Bina lingkungan.

A.  Program Kemitraan (PK)

PK ini adalah program yang dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran para UMKM untuk dapat memperluas pasarnya. Tentunya, cara untuk dapat masuk dan bergabung ke program kemitraan ini, kamu tidak boleh dalam posisi sedang mendapat bantuan kredit dari pihak manapun.

Selain itu pinjaman yang kamu ambil dari program kemitraan ini juga memiliki bunga yang relatif kompetitif. Dengan bunga yang harus kamu bayar sebesar 6% pertahun, kamu sudah mendapat binaan gratis dari pemerintah.

B.   Bina Lingkungan

Untuk program modal yang satu ini sering ditujukan untuk para pemberdayaan sosial terlebih untuk korban-korban bencana alam. Bantuan yang pemerintah berikan lewat Bina Lingkungan antara lain bantuan kesehatan, pangan, pendidikan dan uang ganti rugi atas kerusakan.

Pinjaman Modal Usaha Pemerintah Non-Kredit

Setelah mengetahui penjelasan tentang pinjaman modal usaha yang kredit, pemerintah juga memberikan pinjaman non-kredit untuk kamu. Contoh dari pinjaman non-kredit yang biasanya dipakai oleh banyak orang adalah UMi. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Pengertian UMi

UMi atau singkatan dari pembayaran Utra Mikro adalah sebuah pinjaman modal yang pemerintah berikan untuk para masyarakat. Nominal pinjaman UMi ini adalah sebesar Rp.10.000.000.

Perbedaan UMi dengan pinjaman KUR adalah pinjaman UMi lebih berfokus untuk memodali bisnis mikro ataupun usaha bisnis kecil. Hal ini karena masyarakat Indonesia masih banyak yang kesulitan untuk mengakses KUR karena usaha bisnis mereka yang tidak lolos seleksi bank.

Berjalan sejak 2017, UMi sudah dapat kamu akses dan diakses oleh siapa saja yang membutuhkan modal usaha. Dengan adanya program ini, kamu yang tidak lolos seleksi bank saat penerimaan KUR dapat mendaftar dan memperoleh pinjaman.

Tentunya, karena pinjaman modal usaha pemerintah yang satu ini khusus untuk para pebisnis yang memiliki usaha mikro, maka pinjaman yang pemerintah berikan mempunyai limit maksimal yaitu hanya 10 Juta Rupiah saja. Tenor atau jatuh tempo pinjaman ini juga sedikit lebih lama yaitu 48 bulan atau 2 tahun lamanya.

Untungnya lagi, untuk kamu yang menyelesaikan atau membayar lunas pinjaman UMi sebelum tanggal jatuh tempo yang pemerintah berikan, kamu bisa mendapat kesempatan untuk upgrade pinjaman ke pinjaman KUR yang memiliki limit nominal maksimal sebesar Rp.25.000.000 dan KUR ritel sebesar Rp.500.000.000.

2. Perbedaan UMi dan KUR

Untuk kamu yang masih bingung dengan perbedaan kedua pinjaman modal usaha pemerintah ini, berikut ini adalah penjabarannya.

  • Lembaga Penyalur

Jika modal KUR disalurkan melalui bank, maka UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

  • Besaran Pinjaman

Pinjaman UMi hanya sekitar 10 juta rupiah sedangkan KUR sekitar 25 Juta sampai 500 juta rupiah.

  • Penerima Pinjaman

Pinjaman UMi memberikan modal kepada usaha mikro dengan keuntungan kecil, sedangkan KUR memberikan modal kepada usaha kecil dan menengah.

  • Jaminan

UMi tidak memiliki beberapa syarat jaminan, sedangkan KUR, kamu harus melengkapi dokumen penjamin yang akan disita jika kamu tidak membayar cicilan.

  • Pendampingan atau Pelatihan

UMi melakukan beberapa pelatihan dan pendampingan untuk membuka usaha, sedangkan KUR seringkali tidak memiliki pelatihan khusus.

  • Prosedur

UMi mengikuti prosedur LKBB, sedangkan KUR mengikuti prosedur bank yang kamu pilih untuk memberikan pinjaman. Setiap bank memiliki prosedur KUR yang berbeda-beda.

3. Syarat Mendaftar UMi

Sama halnya dengan pinjaman-pinjaman lain, pinjaman modal usaha pemerintah ini juga memiliki syarat khusus agar kamu dapat diterima menjadi salah satu orang yang mendapatkan suntikan modal dari pemerintah. Syarat yang harus kamu penuhi, yaitu :

  • Tidak sedang mendapat suntikan modal dari lembaga-lembaga lain.
  • Warga Negara Indonesia yang akan kamu buktikan dengan membawa KTP.
  • Memiliki Surat Keterangan Usaha atau Izin Usaha resmi yang pemerintah keluarkan.

4. Lembaga Penyalur UMi

Pemerintah menunjuk berbagai lembaga bukan bank (LKBB) yang dapat kamu temui untuk mendaftarkan layanan UMi ini. Beberapa lembaga tersebut diantaranya adalah :

A.   PT Pegadaian

Keuntungan yang kamu dapat jika memilih lembaga ini adalah pengajuan yang mudah dan cepat dengan jangka waktu pinjaman yang tergolong fleksibel.

B. PT Permodalan Nasional Madani

Jika kamu memilih lembaga yang satu ini, bukan hanya permodalan, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam pembinaan untuk dapat mensukseskan sebuah usaha.

C.   PT Bahana Artha Ventura

Lembaga ini bekerja sama dengan berbagai mitra keuangan, koperasi dan lembaga penyalur lainnya.

5. Cara Daftar UMi

Setelah mengetahui apa itu UMi dan memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima pinjaman modal usaha pemerintah jenis yang satu ini, yang perlu kamu lakukan adalah

  • Memenuhi persyaratan yang ada dan penuhi juga berbagai dokumen yang kamu perlukan seperti KTP ataupun surat bukti legalitas usaha, dll.
  • Ajukan proposal kamu ke lembaga penyalur.
  • Pahami ketentuan yang lembaga penyalur berikan untuk kamu.

Siap Meminjam Untuk Modal Usahamu?

Itulah penjelasan tentang pinjaman modal usaha pemerintah dan bagaimana cara kerjanya. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah dapat menentukan jenis pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhanmu?


Temukan inpsirasi mengenai tips bisnis dan lain-lain hanya di lokalsupportlokal.id

Baca juga:

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait