Pinjaman Modal Usaha BCA: Syarat dan Cara Pengajuan

Dunia ekonomi Indonesia memang mempunyai banyak sekali jenis, termasuk bekerja para perusahaan korporat, ataupun membuka bisnis sendiri. Nah, setiap bisnis ini tentunya memerlukan modal. Maka dari itu, setiap bank memberikan solusi peminjaman, termasuk bank BCA. Yuk simak syarat dan cara pinjaman modal usaha BCA berikut.


Pinjaman Modal Usaha BCA

Dengan adanya bantuan dari para perbankan Indonesia untuk meminjamkan uang sebagai modal usaha, kamu tentunya tidak punya alasan lagi untuk mencoba menghasilkan uang dari cara dan idemu sendiri. Selain menjadi modal untuk membuka usaha, kamu juga dapat menggunakan bantuan dana dari para perbankan ini untuk melebarkan sayap bisnismu lebih besar lagi.

Tentunya, bank BCA tidak bisa menyamaratakan pinjaman yang mereka berikan terhadap semua nasabah yang mereka punya. Maka dari itu, ada beberapa jenis produk pinjaman modal usaha BCA yang bisa kamu ketahui.

Berikut ini adalah beberapa produknya :

1. Pinjaman BCA Kredit Local

Jenis pinjaman pertama yang BCA beri untuk para nasabah bank mereka adalah pinjaman berjenis kredit local. Tentunya, pembiayaan modal usaha pada jenis bersifat likuid. Sifat Likuid disini berarti penarikan pada pinjaman modal dan pelunasan modalnya sudah teratur dalam jangka waktu tertentu.

Dengan begini, kamu dapat membayar dan meminjam dalam waktu fasilitas kredit yang sudah BCA sediakan melalui rekening giro yang kamu punyai.

Besaran pinjaman yang dapat BCA berikan kepadamu juga berbeda-beda tergantung kebutuhan kamu. Pihak BCA berhak melakukan analisa terlebih dahulu untuk dapat mengetahui apakah kamu adalah seorang nasabah yang berhak mereka berikan pinjaman.

Pihak BCA akan menganalisa berdasarkan profil finansial yang kamu miliki setiap bulannya. Profil kamu tersebut akan berisi aset yang kamu miliki, pencapaian usaha dan jenis serta pemasukan usaha.

Pada biasanya, BCA akan memberikan tenor selama 1 tahun dalam peminjaman dana yang kamu lakukan, namun kamu dapat mengajukan perpanjangan kepada BCA sesuai dengan persetujuan dari pihak bank.

2. Pinjaman BCA Installment Loan

Jenis pinjaman modal usaha BCA kedua adalah pinjaman installment loan. Berbeda dengan kredit local, Installment Loan akan memberikan jangka waktu tenor selama 5 tahun sejak awal masa peminjaman padamu. Tentunya, dalam masa waktu 5 tahun tersebut, kamu dapat melakukan penarikan secara bertahap ataupun sekaligus.

Untuk bisa menjadi penerima pinjaman BCA Installment Loan ini, kamu harus lolos seleksi dari analisis account officer BCA terlebih dahulu. Selanjutnya, setelah pinjaman telah kamu terima, seperti jenis pinjaman pertama, kamu dapat mencicil pembayaran kepada rekening dana debitur yang telah BCA beri.

3. Time Loan

Pinjaman modal usaha BCA yang satu ini bernama pinjaman time loan. Jenis pinjaman satu ini dapat kamu ambil dan kamu kembalikan sesukamu dalam batas waktu yang ditentukan. Tentunya, jangka waktu peminjaman ini lebih bervariasi. Ada masa waktu 1 bulan, 3 bulan, sampai 6 bulan sejak peminjaman pertama.

Namun, ada 2 jenis Time Loan yang BCA sediakan, yaitu :

  1. Time Loan Revolving = Berlaku satu tahun dan bisa menarik berkali-kali lalu masa waktu yang dapat kamu perpanjang.
  2. Time Loan Insidentil = Masa waktu ditentukan oleh hasil analisa dari Account Officer dan harus menggunakan surat SPPFK yaitu surat penarikan fasilitas kredit.

4. Pinjaman BCA Kredit Ekspor

Bank BCA juga menawarkan pinjaman modal usaha kepada para eksportir dengan masa tenor 1 tahun dan bisa kamu perpanjang. Tentunya seperti yang kamu ketahui, eksportir membutuhkan dana modal berupa biaya produksi,penyiapan, pengumpulan dan pengiriman barang ke luar negri.

Maka dari itu, BCA membuat jenis pinjaman terbaru ini. Tentunya besaran dana yang akan kamu dapat ini dapat tercairkan sesuai dengan kebutuhan pembiayaan satu turnover usaha.

Cara melunasinya juga sama seperti jenis penarikan modal usaha BCA lain yaitu dari sistem pendebetan ke rekening dana debitur.


Jenis Pinjaman Modal Usaha BCA tanpa Agunan

Selain yang telah tersebut sebelumnya, ada juga 2 jenis pinjaman modal usaha yang dapat kamu ambil dari Bank BCA yang tidak memiliki agunan. Tentunya, ini akan sangat membantumu dalam mengembangkan usaha milikmu kedepannya.

1. BCA Business Personal Loan

Sesuai namanya,BCA Business Personal Loan (BPL) sering dipakai oleh para pengusaha, pebisnis dan pedagang. Jenis ini adalah jenis pinjaman produktif yang BCA berikan. Syarat yang harus kamu penuhi, yaitu :

  • Tempat tinggal kamu sekarang berada pada wilayah Jabodetabek.
  • Warga Negara Indonesia dengan rentang umur 21 sampai 57 tahun saat masa pengajuan pinjaman modal usaha BCA ini.
  • Telah menjadi seorang pengusaha minimal selama 2 tahun.
  • Telah aktif bertransaksi yang berhubungan dengan usaha bisnis bersangkutan dengan Bank BCA setidaknya minimal 2 tahun.
  • Telah menjadi nasabah BCA baik secara personal atau individu atau secara perorangan.
  • Tidak dalam kondisi sedang melakukan pinjaman lain yang sedang aktif pada Bank BCA.

2. BCA Kredit Tanpa Agunan

Jenis kedua adalah pinjaman tanpa agunan yang dapat kamu terima walaupun kamu belum menjadi pengusaha atau singkatnya, dapat digunakan untuk segala jenis kebutuhan nasabah. Syarat yang kamu perlu penuhi, yaitu :

  • WNI Jabodetabek, Medan, Jogja, Solo, Bandung, Semarang, Batam, Bali, Palembang dan Makassar.
  • Pemegang Kartu BCA aktif.
  • Mempunyai pekerjaan tetap minimum 2 tahun.
  • Minimal penghasilan Rp. 2.500.000 per bulan.
  • Rentang usia 21-55 tahun.

Syarat yang Harus Disiapkan

Tentunya ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan ketika ingin mendaftar menjadi penerima dana modal usaha dari BCA. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

1. Syarat Umum

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, Bank BCA menawarkan beberapa jenis pinjaman yang tentunya dapat kamu pakai. Beberapa pinjaman itu pastinya mempunyai syarat-syarat khusus ataupun syarat tambahan yang perlu kamu siapkan. Namun, syarat umum yang wajib ada, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia

Kamu harus membuktikan bahwa kamu asli dan terdaftar sebagai bagian dari warga Negara Indonesia dengan menunjukkan KTP untuk nantinya para account officer akan melihat apakah kamu mempunyai tunggakan apa tidak.

  • 17 Tahun

Sebagai penerima pinjaman modal usaha BCA, kamu haruslah berusia 17 Tahun saat mendaftar pertama kali. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sudah dewasa dan siap menerima tanggung jawab.

  • Memiliki Usaha Resmi

Badan usaha resmi yang kamu miliki haruslah tercatat sebagai badan usaha resmi pada catatan Indonesia dan tidak boleh bertentangan dengan kesusilaan dan hukum yang berlaku. Badan usaha tersebut juga tidak boleh memiliki catatan kriminal.

  •  Badan Usaha Aktif

Syarat umum terakhir yang harus kamu siapkan adalah bukti bahwa badan usaha yang sedang kamu jalankan dan ingin melakukan pinjaman tersebut harus aktif dan masih berjalan dengan semestinya.

Selain itu, badan usaha tersebut juga haruslah masih layak. Cara mengetahui kelayakan usaha kamu untuk melakukan pinjaman adalah usaha tersebut harus tidak dalam kondisi pailit atau sengketa.

2. Syarat Dokumen

Dokumen-dokumen berikut ini harus tetap kamu bawa saat ingin mengajukan pinjaman modal usaha BCA. Tidak perlu membawa dokumen asli, yang perlu kamu bawa hanyalah fotokopi dokumen. Berikut ini adalah daftar fotokopi dokumen yang perlu kamu bawa:

  • KTP
  • NPWP
  • KTP Pasangan (Jika Kamu telah resmi menikah)
  • Kartu Susunan Keluarga
  • Akta Cerai atau Mati (Jika pasangan kamu telah meninggal dunia atau kamu telah bercerai dengan pasangan sebelumnya).
  • Akta Nikah (Jika kamu telah resmi menikah)
  • KTP Dewan Direksi dan Komisaris (Dokumen ini khusus untuk kamu yang ingin mengambil pinjaman atas nama badan usaha dan bukanlah perseorangan).
  • KTP Para Pemegang Saham (Dokumen yang satu ini diperlukan sebagai bukti bahwa penanggung jawab badan usaha tersebut telah menyetujui pengambilan dana pinjaman dari bank untuk keberlangsungan modal usaha).

3. Dokumen Penjamin

Tentunya, selain dokumen dan bukti atas diri sendiri dan badan usaha, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen penjamin. Dokumen penjamin ini selain berfungsi untuk menentukan kelayakan kamu, namun juga akan berfungsi untuk menentukan besaran dana tenor dan waktu yang bisa bank berikan.

Berikut ini adalah bagian dari dokumen penjamin yang harus kamu penuhi untuk bisa meminjamkan modal usaha dari bank BCA.

  • Sertifikat
  • NPWP dan KTP Pemilik Agunan (Berlaku jika dokumen agunan yang kamu pakai bukan milikmu sendiri).
  • Tagihan PBB Terakhir kali.
  • Bukti Pembayaran PBB Terakhir kali.
  • IMB
  • Bilyet Deposito
  • Laporan Keuangan Internal
  • Laporan Keuangan Audited
  • Rekening Bank yang kamu punya selain Bank BCA minimal 4 bulan terakhir dari masa ingin meminjam.

Cara Pengajuan Pinjaman Modal Usaha BCA

Setelah kamu mengetahui syarat dan dokumen terlampir seperti yang telah tersebutkan sebelumnya, kamu sudah dapat mendaftar sebagai salah satu orang penerima pinjaman modal. Berikut ini adalah cara-caranya, yaitu :

1. Melalui Kantor Cabang BCA Terdekat

Kamu dapat membawa fotokopi dokumen yang telah tersebut diatas kepada kantor cabang BCA yang terdekat pada daerahmu. Tenang saja, kantor Bank BCA ini pastinya selalu ada pada tempat-tempat strategis kota kediamanmu.

Selanjutnya, kamu hanya perlu mengajukan permintaan pengurusan kepada petugas Bank sesuai dengan kebutuhan modal yang kamu inginkan. Kamu tinggal menunggu konfirmasi apakah kamu dapat menjadi salah satu penerima pengajuan modal tersebut atau tidak.

2. Melalui Kontak BCA

Jika daerah tempat tinggalmu jauh dengan kantor cabang BCA, kamu juga dapat mengajukan pinjaman modal usaha BCA melalui kontak BCA. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi situs BCA resmi pada link berikut.
  • Isi formulir pinjaman secara online.
  • Penuhi syarat tambahan yang telah tersedia. (Syarat tambahannya adalah dengan mengajukan nominal pinjaman dengan minimal Rp. 500.000.000 dan maksimal Rp. 15.000.000.000.
  • Selain pada situs BCA resmi, kamu juga dapat menghubungi kontak BCA yaitu Halo BCA pada nomor 1500888.
  • Atau bisa juga dengan menghubungi email resmi BCA yaitu pada [email protected]

Kesimpulan

Seperti itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman modal usaha BCA yang dapat kamu lakukan. Semoga artikel ini dapat membantumu!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait