Pinjaman KUR Mandiri: Syarat Pengajuan dan Tabel Angsuran

Bagi para pemilik usaha, bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga ringan tentu bisa banyak membantu karena akan sangat bermanfaat. Selain bisa memperlebar usaha, pinjaman ini juga akan mampu membantu banyak operasional. Oleh karena itu, salah satu program yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pinjaman ini adalah pinjaman KUR Mandiri. Lalu seperti apa itu program KUR Mandiri, kemudian bagaimana cara pengajuan KUR Mandiri ini?


Pinjaman KUR Mandiri

Untuk kamu yang saat ini memiliki UMKM, dan mungkin sedang kekurangan modal maka kredit usaha rakyat atau KUR merupakan salah satu solusinya. Saat ini ada banyak program yang bisa kamu coba untuk melakukan pinjaman. Salah satu yang paling terpercaya adalah program pinjaman KUR Mandiri. Faktanya, sudah sejak lama program ini memberikan solusi bagi banyak pengusaha untuk bisa mendapatkan modal dana yang mereka butuhkan.

Pinjaman KUR Mandiri merupakan pinjaman untuk pengusaha berskala kecil dan menengah dalam berbagai sektor, termasuk sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, jasa produksi, pariwisata, dan lainnya.

Pinjaman KUR Mandiri ini juga sudah sangat terpercaya, sudah lebih dari 80 ribu nasabah yang merasakan manfaat dari program ini. Pengajuan program ini juga saat ini sangatlah mudah, apalagi saat ini Bank Mandiri sudah berkolaborasi dengan berbagai platform digital untuk kemudahan penyaluran bantuan ini.


Keuntungan Pinjaman KUR Mandiri dan Bagaimana Bunganya?

Jika berbicara masalah pinjaman KUR, maka mungkin kamu akan mencari mana yang paling menguntungkan. Oleh karena itu, kamu tidak salah jika memilih pinjaman dari KUR Mandiri. Hal tersebut karena program ini memiliki banyak manfaat, dari mulai bunga yang rendah sampai proses pengajuan yang mudah. selain itu, beberapa keuntungan pinjaman KUR Mandiri yang akan kamu dapatkan antara lain:

  • Persyaratan kredit yang ringan
  • Suku bunga efektif per tahun sebesar 6 persen
  • Proses pengajuan KUR yang mudah dan cepat
  • Proses pencairan dana pinjaman yang cepat, bahkan bisa hanya satu hari cair.
  • Tidak membutuhkan agunan atau jaminan namun keuntungan ini khusus untuk program KUR Mikro dan KUR TKI

Jenis KUR Mandiri

Selain memiliki banyak keuntungan dan menawarkan banyak kemudahan, pinjaman KUR Mandiri ini juga memiliki banyak jenis. Tentunya setiap jenis ini bisa kamu sesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan. Beberapa jenis pinjaman KUR Mandiri yang bisa kamu pilih antara lain:

1. KUR Mikro dan Kecil

Jenis pinjaman KUR Mandiri yang pertama adalah KUR mikro dan kecil. Ini merupakan pinjaman yang sangat cocok untuk kamu pengusaha dengan skala kecil. Pinjaman ini merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin memperluas usaha yang kamu punya. Syarat utama dari pinjaman ini adalah memiliki usaha yang minimal sudah berumur 6 bulan.

Limit kredit minimal yang bisa kamu ajukan adalah 2 Juta Rupiah dengan maksimal 50 Juta Rupiah per debitur. Sementara itu, jangka waktu pinjaman maksimalnya adalah 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

2. KUR Ritel Mandiri

Jenis pinjaman KUR Mandiri yang lainnya adalah KUR ritel Mandiri. Ini merupakan pinjaman yang cocok untuk kamu yang memiliki usaha dengan skala menengah. Salah satu syarat utama untuk mendapatkan pinjaman ini adalah jika usaha kamu dinilai mampu untuk membayar cicilan dengan bunga flat atau anuitas yang setara.

Limit kredit minimal yang bisa kamu dapatkan adalah 25 Juta Rupiah. Sementara dana maksimal yang bisa kamu dapatkan adalah 200 Juta Rupiah per debitur. Sementara itu, jangka waktu pinjaman maksimal yang akan kamu dapatkan adalah 3 tahun untuk kredit modal kerja dan juga 5 tahun untuk kredit investasi.

3. KUR TKI Mandiri

Selain untuk para pengusaha UMKM, pinjaman KUR Mandiri ini juga tersedia untuk para TKI atau tenaga kerja Indonesia. Tujuan awal dari pinjaman ini adalah untuk membantu mereka yang akan berangkat ke negara asing untuk bekerja namun memiliki dana terbatas. Nantinya, dana ini bisa mereka gunakan untuk mencukupi kebutuhan awal saat mereka baru datang ke negara tersebut..

Untuk pinjaman ini, maka dana maksimal yang bisa kamu dapatkan adalah 25 Juta per debitur. Sementara tenor yang bisa kamu dapatkan adalah sesuai dengan kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

4. KUR Khusus Mandiri

Jenis pinjaman lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah KUR khusus Mandiri. Ini merupakan dana pinjaman yang cocok untuk kelompok usaha dalam bentuk kluster dan bekerja sama dengan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan, dan juga perikanan. Ini juga merupakan pinjaman yang cocok untuk industri UMKM atau komoditas sektor produktif.lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR khusus.

Untuk jenis pinjaman ini maka kamu akan bisa mengajukan pinjaman mulai dari 25 Juta sampai dengan 500 Juta Rupiah per debitur. Sementara untuk jangka waktu,maka kamu akan mendapatkan tenor sampai 4 tahun untuk kredit modal kerja atau 5 tahun untuk kredit investasi.


Syarat dan Kriteria Pengajuan KUR Mandiri

Hal lain yang juga perlu kamu ketahui sebagai cara pengajuan KUR Mandiri adalah masalah syarat apa saja yang kamu perlukan. Sebelum mengetahui syarat apa saja yang kamu perlukan, kamu juga perlu memahami kriteria seperti apa yang bisa mendapatkan pinjaman ini.

1. Kriteria Penerima Pinjaman KUR Mandiri

Pinjaman KUR Mandiri ini bisa didapatkan untuk semua orang selama memenuhi kriteria yang ada. Adapun kriteria yang ada adalah:

  • Pemilik usaha mikro, kecil, atau menengah
  • Calon tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri
  • Calon pekerja magang di luar negeri
  • Anggota keluarga dari karyawan yang memiliki penghasilan tetap atau bekerja sebagai TKI
  • TKI yang pernah bekerja di luar negeri
  • Pekerja yang terkena PHK
  • UMKM di wilayah perbatasan
  • Kelompok usaha khusus, seperti Kelompok usaha bersama, Gabungan kelompok tani, atau kelompok usaha lainnya.

Selain kriteria, hal lainnya yang perlu kamu pahami juga adalah sektor apa saja yang menjadi fokus dari KUR ini. Adapun sektor tersebut antara lain:

  • Sektor pertanian, termasuk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan
  • Sektor Perikanan,termasuk penangkapan dan pembudidayaan ikan
  • Industri pengolahan, termasuk industri kreatif
  • Perdagangan
  • Sektor jasa
  • Pembiayaan calon TKI di luar negeri atau calon pekerja magang d luar negeri

2. Syarat Umum Pinjaman KUR Mandiri

Setelah memenuhi semua kriteria yang diperlukan, maka hal lain yang juga perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah masalah syarat dan kelengkapan apa saja yang akan kamu perlukan untuk mendapatkan pinjaman KUR Mandiri ini. Secara umum, berikut adalah syarat umum yang akan kamu butuhkan:

  • Usia minimal calon debitur adalah 21 tahun atau sudah menikah
  • Calon debitur bisa menerima pinjaman KUR Mandiri meskipun sedang menerima kredit atau pembiayaan lain dari penyalur yang sama, selama kolektibilitas lancar
  • Jika calon penerima memiliki  kredit di luar program ini, maka kredit tersebut harus sudah lunas dan perlu dibuktikan dengan menunjukan surat keterangan lunas dengan lampiran cetakan rekening koran dari bank sebelumnya.
  • Tidak masuk daftar hitam nasional penarik cek dan/atau bilyet giro kosong
  • Mempunyai usaha produktif dan layak yang telah berjalan enam bulan
  • Untuk KUR ritel, maka harus menyerahkan agunan berupa tanah dan/atau bangunan atau kendaraan bermotor, dengan bukti kepemilikan.

Khusus untuk KUR khusus TKI, maka ada beberapa persyaratan tambahan, seperti:

  • Untuk calon TKI, maka usia minimal adalah 18 tahun. Dengan menyerahkan surat izin dari wali untuk bekerja di luar negeri
  • Memiliki perjanjian kerja atau kontrak kerja minimal 2 tahun dengan pengguna bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS, pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perseorangan.

3. Syarat Administrasi

Selain masalah syarat umum yang harus dipenuhi, ada syarat administrasi juga yang perlu kamu lengkapi. Adapun syarat administrasi tersebut adalah:

  • Salinan KTP, kartu keluarga, surat nikah atau cerai (bagi yang sudah menikah atau cerai)
  • Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6, untuk calon debitur yang sudah memiliki pasangan maka perlu foto calon debitur dan pasangan
  • Surat izin usaha mikro dan kecil atau surat keterangan domisili usaha atau surat keterangan usaha lainnya
  • NPWP untuk limit kredit di atas 50 Juta

Cara Pengajuan KUR Mandiri

Setelah semua kriteria dan syarat sudah kamu penuhi, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara pengajuan KUR Mandiri. Adapun cara yang kamu perlukan adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu kamu siapkan semua dokumen, termasuk surat keterangan usaha.
  • Selanjutnya siapkan jaminan yang akan kamu gunakan untuk pengajuan KUR Mandiri.
  • Kemudian setelah semua dokumen persyaratan siap, datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Atau kamu juga bisa pergi ke Mandiri Mitra Usaha
  • Setelah semua dokumen yang syarat lainnya kamu lengkapi dan serahkan, maka nantinya pihak Bank Mandiri akan melakukan pengecekan kelengkapan terhadap semua dokumen tersebut.
  • Setelah pengecekan dokumen, maka Bank Mandiri akan melakukan survey kelayakan mendapatkan pinjaman atau tidak. Jika berdasarkan survei tersebut kamu layak maka dana akan cair. Jika tidak, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan tentang hal tersebut.

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2022

Untuk keterangan lebih lanjut, berikut adalah rincian tabel angsuran KUR Mandiri 2002

Plafon Angsuran
12 Bulan 24 Bulan 36 Bulan 48 Bulan 60 Bulan
10.000.000 860.664 443.206 304.219
20.000.000 1.721.329 886.412 608.439
30.000.000 2.581.993 1.329.618 912.658
40.000.000 3.442.657 1.772.824 1.216.877
50.000.000 4.303.321 2.216.031 1.521.097 1.174.251 966.640
60.000.000 5.163.986 2.659.237 1.825.316 1.409.102 1.159.968
70.000.000 6.024.650 3.102.443 2.129.536 1.643.952 1.353.296
80.000.000 6.885314 3.545.649 2.443.755 1.878.802 1.546.624
90.000.000 7.745.979 3.988.855 2.737.974 2.113.653 1.739.952
100.000.00 8.606.643 4.432.061 3.042.194 2.348.503 1.933.280
120.000.000 10.327.972. 5.318.473 3.650.632 2.818.203 2.319.936
140.000.000 12.049.300 6.204.885 4.259.071 3.287.904 2.706.592
150.000.000 12.909.964 6.648.092 4.563.291 3.522.754 2.899.920
200.000.000 17.213.286 8.864.122 6.084.387 4.697.006 3.866.560
250.000.000 21.516.607 11.080.153 7.605.484 5.871.257 4.833.200
300.000.000 25.819.929 13.296.183 9.126.581 7.045.509 5.799.840
350.000.000 30.123.250 15.512.214 10.647.678 8.219.760 6.766.481
400.000.000 34.426.572 17.728.244 12.168.775 9.394.012 7.733.121
450.000.000 38.729.893 19.944.275 13.689.872 10.568.263 8.699.761
500.000.000 43.033.215 22.160.305 15.210.969 11.742.515 9.666.401

Tertarik dengan Pinjaman KUR Mandiri?

Itulah hal yang perlu kamu ketahui tentang pinjaman KUR Mandiri. Untuk kamu yang membutuhkan tambahan modal, atau ingin membesarkan usaha yang kamu miliki, maka pinjaman ini merupakan pilihan yang cocok untuk kamu. Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, maka kamu bisa langsung menghubungi atau datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...

Artikel Terkait