5 Cara Persiapkan Diri Hadapi New Normal

5 Cara Persiapkan Diri Hadapi New Normal – Memasuki minggu kedua pelonggaran PSBB di Jakarta tentunya menimbulkan berbagai perdebatan. Ada yang merasa lega karena bisa berkegiatan lagi di luar rumah, tapi ada juga yang makin cemas melihat banyaknya orang yang berkerumun seakan-akan lupa bahwa kita rentan terjangkit virus COVID-19.

Pada dasarnya, apa pun tanggapan kita terhadap pelonggaran PSBB yang menandai dimulainya era new normal, pasti kita memiliki kekhawatiran karena banyaknya ketidakpastian yang ada. Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan diri supaya kita benar-benar siap secara mental supaya kita mampu beradaptasi dengan hal-hal baru yang akan muncul di sekitar kita.

Selain siap melindungi fisik dari paparan virus, keadaan mental kita pun harus selalu diperhatikan. Berikut ini 5 cara yang bisa diterapkan untuk meminimalisir risiko stress dalam menjalani new normal:


5 Cara Persiapkan Diri Hadapi New Normal

1
Perkuat Support System

support system family

Sejak awal pandemi COVID-19, banyak yang mengalami imbasnya. Mulai dari potongan gaji, pemutusan hubungan kerja, atau bahkan usaha yang harus tutup. Belum lagi kita terpaksa harus tinggal di rumah dan sulit untuk bertemu dengan orang-orang terdekat. Oleh karena itu, kita perlu membangun support system yang kuat supaya kita bisa saling memberi dukungan moral dan material.


2
Konsumsi Berita Secukupnya

berita menonton masker

Kehadiran portal-portal berita di media sosial memang memberi kita akses leluasa terhadap berita-berita terbaru. Namun, dengan keadaan seperti sekarang membatasi diri untuk mengkonsumsi berita adalah tindakan bijak, karena cukup banyak berita yang malah memicu sikap pesimis dan apatis terhadap kondisi yang sedang berlangsung. Alihkan perhatian pada hal-hal yang memberi efek relaksasi, seperti membaca buku atau berolahraga.


 

3
Bersikap Optimis tapi Realistis

optimis senyum siap

Konsep ini mungkin terdengar seperti paradoks. Bagaimana caranya bisa optimis tapi realistis? Untuk menerapkan poin ini, yang terpenting adalah untuk tidak bersikap pesimis dan menularkan aura negatif ke orang-orang di sekitar kita. Sebaliknya, kita membutuhkan semangat dan motivasi yang tidak muluk-muluk untuk dapat menjalani fase new normal.


 

 

4
Atur Keuangan dengan Bijak

bijak atur keuangan

 

Bagi yang masih bekerja dan mendapatkan penghasilan, tahan hasrat untuk berbelanja hal-hal yang tidak terlalu diperlukan, meski banyak godaan. Manfaatkan penghasilan untuk ditabung supaya bisa digunakan di saat-saat darurat. Ingat, masa ini penuh ketidakpastian. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk berhemat dan menyisihkan sisanya untuk ditabung.


 

5
Manfaatkan Hobi untuk Dapatkan Pemasukan Tambahan

bisnis sesuai hobi minat

Karena banyak menghabiskan waktu di rumah, tentunya banyak hobi baru yang kita temukan untuk mengusir kebosanan selama tiga bulan yang lalu. Ada yang jadi suka memasak, berkebun, berkreasi dengan kerajinan tangan, dan masih banyak lagi. Hobi-hobi tersebut bisa jadi sesuatu yang menghasilkan apabila ditekuni.

Tak ada salahnya mencoba, siapa tahu produkmu mendapatkan banyak peminat sehingga kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan di tengah masa yang penuh ketidakpastian ini.


 

Nah, itu tadi lima cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi new normal.

Bagi kamu yang memiliki usaha atau sedang sangat mempertimbangkan untuk membuka bisnis, kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan masih banyak lagi untuk mempromosikan usahamu. Kamu juga bisa membuat akun di situs-situs e-commerce untuk membantumu mengatur pesanan yang kamu terima.

Selain platform-platform yang disebutkan di atas, kamu juga bisa mempromosikan produk atau jasamu lewat #LokalSupportLokal, sebuah inisiatif dari KoinWorks untuk memberdayakan UMKM Indonesia agar bisa terus maju dan mendapatkan perhatian lebih dari market yang lebih luas dengan memaksimalkan aset berupa microsite dan akun Instagram sebagai wadah promosi.

Semuanya dijamin bebas biaya dan caranya mudah. Cukup dengan registrasi bisnismu, dan produkmu bisa mulai dipromosikan dalam waktu beberapa jam setelah registrasi.

Menarik, kan? Ayo mulai promosikan produkmu dengan #LokalSupportLokal untuk meraih lebih banyak keuntungan!