Perbedaan Visi dan Misi yang Jarang Orang tahu, Serupa Tapi Tak Sama!

Dalam sebuah organisasi, perkumpulan, serikat, perusahaan, atau instansi sangat penting adanya tujuan bersama. Dengan adanya tujuan bersama itulah, orang-orang yang ada di dalamnya bisa berjalan ke tempat yang arahnya sama. Kamu sebagai salah satu anggota dari kelompok tersebut biasanya harus patuh dan mengikuti arah tujuan utama yang orang sering sebut dengan visi dan misi. Meskipun familiar, banyak orang yang menganggap visi dan misi itu sama atau tidak ada perbedaan.

Apa benar keduanya itu sama? Ternyata, keduanya itu berbeda, lho. Kamu harus paham akan hal ini. Mari bahas bersama kedua istilah ini agar kamu lebih paham dan tidak keliru akan pengertian keduanya.


Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Apa pendapat para ahli mengenai visi dan misi tersebut? Yuk simak sejelasnya di bawah ini.

Visi

Menurut ahli lokal, Wibisono, yang orang sebut dengan visi merupakan cita-cita atau impian dari sebuah instansi yang hendak mereka capai di masa depan. Selain Wibisono, ahli lain yaitu Burt Nanus mengatakan bahwa visi adalah pandangan realistis  masa depan dari sebuah organisasi.

Kalau merunut pada Dictionary of Language and Culture, Longman, sebuah visi adalah kemampuan dalam memandang serta memahami sesuatu yang ada di masa depan untuk diwujudkan atau sebuah angan-angan tentang sesuatu yang lebih baik di masa depan. 

Dengan begitu, visi merupakan sebuah pandangan kedepan untuk orang tuju demi mendapatkan hasil masa depan yang lebih baik.

Dititik inilah kamu harus lebih paham perbedaan pengertian visi dan misi. Visi bagi sebuah organisasi adalah panutan yang sengaja orang-orang di dalamnya bentuk demi sebuah tujuan tertentu. 

Adanya hal ini bisa jadi acuan untuk tetap eksis bertahan, inovatif, dan antisipatif terhadap masalah-masalah yang akan datang di kemudian hari yang menyerang organisasi tersebut.

Visi bisa saja adaptif dengan adanya perkembangan situasi. Namun, yang pasti adalah visi sering kali tidak orang tulis secara detail namun bisa melingkupi segala sistem yang hendak orang-orang di dalam organisasi buat.

Misi

Apa sebenarnya misi tersebut? berbeda dengan visi, misi menurut Edwin A. Locke merupakan tindakan-tindakan yang strategis untuk mewujudkan visi dari sebuah organisasi. 

Wibisono juga menjelaskan misi sebagai rangkaian kalimat yang menjelaskan mengenai tujuan atau juga alasan-alasan dari eksistensi sebuah organisasi. Biasanya berisi sesuatu yang perusahaan miliki untuk masyarakat. DR. Sapta Nirwandar memberikan pendapat selanjutnya mengenai misi yang merupakan sebuah kegiatan atau langkah yang mesti sebuah kelompok realisasikan hingga nantinya tercapai sesuai tujuan kelompok tersebut.

Dengan begitu, sebuah misi perbedaannya dengan visi ada pada garis besarnya yaitu sebuah langkah-langkah untuk mewujudkan tujuan.

Sebenarnya, sebuah misi itu artinya metode, sebuah prioritas melangkah, dan atau nilai-nilai dalam kerja yang membuat setiap orang memiliki pijakan bertindak.  

Ibarat kata, visi adalah cita-cita, maka misi adalah tindakan-tindakan untuk mencapai cita-cita tersebut. Dengan kata lain, sebuah misi bisa berjalan jika ada visi yang jelas, sedangkan visi bisa terwujud dengan misi yang terukur dan dijalankan.


Manfaat Adanya Visi dan Misi Dalam Sebuah Organisasi

Sebelum menginjak pada pembahasan mengenai perbedaan visi dan misi, apa sebenarnya manfaat dari keduanya di dalam sebuah organisasi atau kelompok? Kamu penasaran mengenai pembahasan hal ini juga. Maka dari itu, siapkan alat tulis dan mulailah memperhatikan dengan seksama.

1. Menggiring Pikiran serta Tindakan Dari Anggota Kelompok

Perbedaan pikiran dan tindakan dalam sebuah kelompok memang nampak seru karena ada dinamikanya. Tetapi jika hal di dalam kelompok selalu berseteru secara ide dan tindakan  maka sebuah kelompok akan susah berkembang secara lebih baik atau malah mengalami kemunduran.

Perbedaan antara golongan di dalamnya bisa teratasi dengan adanya kedua hal ini. Ini karena keduanya bermanfaat sebagai pemandu untuk mengintegrasikan langkah kerja dan tujuan besar bersama. Dengan integrasi yang berpadu oleh karena visi misi, membuat setiap anggota lebih fokus dalam pengembangan internal dan akhirnya berdampak pada urusan-urusan bersama yang sifatnya eksternal, misalnya target pencapaian kerja.

2. Media untuk Menentukan Standar Dalam Bekerja

Sebelum adanya SOP atau Standar Operasional Pekerjaan, terlebih dahulu sebuah kelompok perlu memiliki visi dan misi. Ini karena keduanya yang menjadi roh paling utama dari sebuah Standar Operasional Pekerjaan.  Mengapa demikian?

Adanya kedua hal ini yang kuat akan mendorong adanya pembuatan serta pengukuran kinerja yang lebih terbuka dan juga konsisten. Dengan ada keduanya yang saling bersinergi maka alat kerja yang ada bisa diselaraskan. Bukan hanya untuk tujuan mewujudkan keduanya itu sendiri, tetapi untuk kepentingan organisasi.

3. Media Seleksi Kandidat Terbaik

Rekrutmen atau pengkaderan adalah sesuatu yang menjadi pangkal utama organisasi. Tanpa anggota kelompok yang baik dan tepat dalam bekerja, maka setiap pekerjaan tidak akan terselesaikan dengan baik. Standar untuk memilih anggota ini bisa kamu dapatkan dari pegangan visi dan misi.

Saat proses perekrutan pun kedua hal inilah yang akan kamu kenalkan kepada calon anggota agar mereka mengenal budaya kerja yang ada di dalam kelompok tersebut. Hal ini memudahkan mereka, karena dengan adanya informasi tersebut adaptasi bisa mereka lakukan dengan segera mungkin.

4. Memberikan Kerangka Stabil bagi Kelompok

Dalam sebuah kelompok akan ada saatnya para pendirinya pergi, entah itu pindah haluan atau memang tidak lagi bisa bertahan. Sebuah kelompok dengan visi dan misi yang kuat akan tetap bertahan meskipun orang yang ada di dalamnya telah berubah posisi atau berbeda komposisinya. 

Ini berarti keduanya bisa membuat posisi stabil bagi eksistensi kelompok meskipun harus berganti kepengurusan atau anggota, dan bertambah member baru.

5. Motivasi Untuk Menjaga Konsistensi dan Produktivitas

Daya dorong dari kedua hal ini adalah nyata. Modal melimpah dan juga sumber daya manusia yang mumpuni memang penting, tapi keduanya tidaklah cukup. Sebuah kelompok butuh sebuah inspirasi untuk tetap bisa bertahan. Inspirasi ini datangnya dari visi dan juga misi.


Apa Perbedaan Visi dan Misi?

Sudahkah kamu lebih paham mengenai pengertian antara keduanya? Sekarang dari pengertian-pengertian dari para ahli tersebut, kamu bisa memiliki pandangan mengenai perbedaan visi dan misi seperti berikut ini:

1. Pengertian

Sudah dibahas sebelumnya di atas jika visi adalah sebuah tujuan atau cita-cita masa depan yang hendak orang atau kelompok capai. 

Sementara itu, misi merupakan langkah-langkah, strategi, metode mengenai bagaimana mencapai sebuah visi yang hendak orang capai. Seperti itulah sesuai pengertiannya sudah berbeda keduanya.

2. Isi

Yang orang katakan sebagai visi, memiliki sebuah gambaran yang besar atau berbentuk gambaran yang menyeluruh tentang apa yang hendak orang ingin capai di masa depan. Sedangkan itu, sebuah misi itu sendiri adalah penjabaran atas tindakan-tindakan yang perlu orang lakukan demi visi yang ingin tercapai.

3. Susunan

Sebagai kedua hal yang berbeda, susunan dari kalimat antara keduanya pun berbeda. Visi sendiri biasanya hanya berisi beberapa kalimat atau sederet kalimat yang memiliki to the pont, padat dan sangat mewakili banyak hal. Lebih dari itu, misi tersusun dari beberapa poin-poin yang biasanya lebih dari satu. Karena itu, misi mempunyai sejumlah kalimat yang menjelaskan mengenai tujuan. Poin-poin dari misi itulah yang menjadi langkah strategis untuk setiap orang atau organisasi ikuti.

4. Jangka Waktu

Sebuah visi yang individu dan kelompok terapkan adalah poin yang memiliki sifat jangka panjang. Berbanding terbalik dengan visi, misi orang buat untuk segera terlaksana dalam jangka waktu yang secepatnya atau sesegera mungkin.

5. Sifat

Di dalam dunia ini selalu ada yang merupakan bagian idealis dan realistis. Dalam hal ini, visi mengambil peran yang idealis. Sebuah hal yang ideal ingin orang capai. Sedangkan misi adalah bagian realistis yang mana terwujud dalam strategi serta tindakan yang orang atau kelompok laksanakan.

6. Peruntukannya dalam Sebuah Kelompok

Tujuan dari adanya visi dan misi juga berbeda. Keduanya memiliki peruntukannya masing-masing. Visi dalam sebuah kelompok adalah sebagai pembentuk budaya kelompok (corporate culture)

Di samping itu, misi tercipta untuk membangun iklim atau kondisi yang ada di dalam sebuah kelompok. Jadi perbedaan visi dan misi di sini jelas.

7. Penjembatan dari Sebuah Masa

Adanya kedua hal tersebut dalam sebuah kelompok tidak lain adalah sebagai jembatan antara masa depan dan masa kini. 

Visi adalah cerminan dari masa depan, sedangkan misi adalah bagian dari hal-hal di masa kini yang harus kamu kerjakan untuk bisa meraih tujuan yang ada di masa depan. 

Selain itu, misi yang sesungguhnya dalam dunia bisnis bisa berupa perencanaan yang tengah kamu kembangkan demi kemajuan perusahaan.

8. Orientasi dalam Bekerja

Dalam bekerja setiap orang harus memiliki orientasi. Visi membuat seseorang atau kelompok memiliki standar terbaik dalam bekerja. Untuk misi itu sendiri dalam sebuah kelompok jika kamu menggunakannya bisa menjadi bantuan untuk pengambilan keputusan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

9. Motivasi

Dalam dunia pekerjaan, visi sama halnya titik untuk membuat atau menumbuhkan komitmen serta semangat dalam bekerja. Lain halnya dengan misi yang merupakan alat untuk identifikasi sebuah arah serta tujuan.


Contoh Visi dan Misi Dalam Sebuah Organisasi

Untuk memperjelas uraian perbedaan di atas, maka kamu bisa melihat contoh dari kedua hal tersebut dari salah satu organisasi Karang Taruna Gotong-Royong (organisasi fiktif) berikut ini.

Visi

“Terwujudnya masyarakat dan pemuda desa yang memiliki budi pekerti, tangguh, dan berjiwa kemandirian”

Misi

  • Mengadakan banyak kegiatan kemasyarakatan dan kepemudaan yang bermanfaat.
  • Melakukan edukasi dan pelatihan mengenai bisnis kreatif dan soft skill.
  • Membantu dan bekerjasama dengan masyarakat dalam pengabdian dan menjaga lingkungan.
  • Memperkuat adanya tali persaudaraan antara anggota karang taruna  dengan mengadakan pertemuan rutin.

Sudah Tahu Perbedaan Visi dan Misi?

Sudah menjadi hal yang lumrah saat membuat sesuatu kamu harus tahu sesuatu itu seperti apa. Begitu juga mengenal perbedaan antara visi dan misi adalah sesuatu yang penting kiranya. 

hal tersebut agar nantinya kamu ingin membuat sebuah kelompok, akan tetap eksis dan berkembang kearah yang baik dengan tujuan dan langkah yang terukur serta tersusun secara ideal. Semoga bermanfaat!


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait