Perbedaan Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis

Perbedaan Kreatif dan Inovatif dalam Bisnis – Apakah kamu familiar dengan kalimat berikut?

Untuk menjadi pengusaha sukses, seseorang dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif”

Istilah kreatif dan inovatif kerap digunakaan bersamaan dalam suatu kalimat. Seakan padanan kata tersebut memiliki arti yang sama.

Padahal perbedaan kreatif dan inovatif cukup mendasar lho.


Makna Kata Kreatif

Menurut KBBI, kreatif berarti; 1) memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2) bersifat (mengandung) daya cipta.

Sehingga, definisi kreatif adalah proses penciptaan dengan memanfaatkan kekuatan pikiran untuk menghasilkan hal baru seperti ide, gagasan, pemikiran, karya seni, dll.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Surat Izin Usaha Mikro Kecil

Kreatif dapat pula dilihat sebagai kemampuan menemukan hubungan satu hal dengan hal lain. Lalu, menggunakan pendekatan berbeda untuk menemukan sudut pandang yang tidak mainstream.

Ciri orang kreatif diantaranya;

1. Suka berimajinasi
2. Kerap bertanya
3. Tidak puas dengan satu jawaban, terus eksplor
4. Mudah bosan, selalu ingin bergerak mencoba hal-hal baru
5. Berpikir logis dan melihat jauh ke depan
6. Menyukai tantangan
7. Mudah beradaptasi dalam lingkungan baru

Bagaimana, apakah kamu merasa memiliki potensi kreatif?

Selamat! Kini banyak perusahaan yang menjaring karyawan kreatif dalam proses seleksinya.

Umumnya karir orang kreatif mencakup desainer, arsitek, bioengineer, dan seniman.


Definisi Inovatif

Kunci dari inovasi adalah penerapan gagasan. Inovasi mengambil ide-ide yang sudah ada secara umum lalu dikembangkan menjadi sesuatu yang berguna.

Secara singkat, inovasi adalah proses mengubah sebuah ide-ide menjadi sebuah kenyataan atau tindakan.

Inovasi amat terkait dengan kreatif sebab itu berarti seseorang mampu mengaplikasikan ide kreatif ke dalam sebuah tindakan.

Baca Juga: 4 Tips Memulai Usaha Bubur Ayam

Jika kamu berbisnis, inovasi adalah hal mutlak yang harus kamu kejar. Melalui inovasi, produk usaha kamu akan susah ditiru dan diungguli oleh kompetitor.

Tindakan inovatif kerap dinilai sebagai hal yang revolusioner.

Syarat-syarat berpikir inovatif diantaranya memiliki kelebihan dalam hal berikut;

1. Elastisitas
2. Produktivitas
3. Orisinalitas
4. Sensitivitas

Inovasi mampu menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Misalnya aplikasi revolusioner Gojek yang mengubah gaya hidup masyarakat.


Perbedaan Kreatif dan Inovatif

Jika ditilik secara etimologis, perbedaan kreatif dan inovatif terbilang cukup jauh.

Kreatif berasal dari bahasa latin “Creo” yang memiliki arti menciptakan.

Sedangan kata inovasi bermakna “Innovationem” yang merupakan kata benda dari Innovare, yakni perubahan atau pembaharuan.

Berikut adalah poin penting perbedaan kreatif dan inovatif;

1. Kreatif adalah kemampuan untuk memikirkan gagasan baru. Inovatif adalah tindakan mengeksekusi ide-ide baru tersebut menjadi kenyataan.

2. Berpikir kreatif membutuhkan proses merenung dan berimajinasi. Berinovasi membutuhkan hal-hal yang sifatnya praktikal dan produktif.

3. Berpikir kreatif berfokus pada orisinalitas ide. Inovatif berusaha mengenalkan suatu kebaruan (breakthrough) yang dirasa lebih baik dan mampu menggantikan sesuatu yang mainstream dan usang.

4. Tidak ada faktor risiko yang melekat pada proses berpikir kreatif. Inovasi harus mempertanggungjawabkan implikasi dan risiko dari kebaruan yang ia usung.


Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis

Sebagai pengusaha pemula, amat perlu memiliki kemampuan menuangkan ide dan gagasan melalui proses berfikir kreatif yang menguntungkan.

Untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif dalam berbisnis, biasakan diri berpikir positif dan jeli dalam melihat celah.

Kreativitas layaknya otot yang bisa dilatih, semakin sering latihan berpikir out of the box, maka kamu pun bisa menghasilkan ide yang lebih kreatif sering waktu.

Rajin membaca, mencoba hal-hal baru tanpa takut gagal, melatih ketajaman observasi, serta mencari mentor yang tepat adalah cara-cara menumbuhkan jiwa kreatif.

Jika kamu memiliki usaha kreatif yang ingin dikembangkan, ada beberapa program seperti The Big Start Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk mendapat bantuan mentoring dan promosi.

Salah satu persembahan karya kreatif karya anak bangsa adalah KoinWorks yang memberi apresiasi terhadap para peminjam modal.

KoinWorks sebagai super financial app memberikan akses terhadap layanan finansial yang terjangkau bagi setiap lapisan masyarakat lewat sistem teknologi informasi.

Kamu bisa mengajukan pinjaman di KoinBisnis dari KoinWorks mulai dari Rp5juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat terjangkau sebesar 0.75% – 1.67% setiap bulannya.

Tunggu apalagi, ayo segera wujudkan ide bisnis kreatifmu!

Artikel Terpopuler

alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait