Perbedaan Efektif dan Efisien Serta Bagaimana Contohnya

Mungkin kamu sering mendengar tentang kata efektif dan efisien. Dua kata yang mungkin sering kamu dengan secara bersamaan. Namun, tahukah kamu jika ada perbedaan efektif dan efisien? Baik dari segi pengertian maupun cara kerja, kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok.


Pengertian Efektif

Untuk melihat perbedaan efektif dan efisien, maka kamu perlu mengetahui apa itu efektif. Efektif sendiri merupakan sebuah tindakan dengan orientasi hasil. Artinya, suatu tindakan akan dinilai efektif ketika ada hasil, ataupun perubahan, dalam hal ini hasil atau perubahan tersebut menuju suatu yang positif tau lebih baik. Selain itu, efektif juga akan berkaitan dengan waktu.

Secara mudah, efektif merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan ataupun target dengan tepat waktu. Ketika kamu bisa memenuhi target yang ada dengan batas waktu yang sudah ada, maka apa yang kamu lakukan tersebut merupakan tindakan efektif.

Arti Kata Efektif Menurut para Ahli 

Pengertian efektif ini juga bisa kamu lihat dari pendapat beberapa ahli, seperti

1. Hidayat

Menurut Hidayat (1986), efektif adalah suatu ukuran yang digunakan untuk menyatakan target. Melihat dan menyatakan seberapa besar sebuah target telah dicapai. Target disini menjelaskan mengenai kuantitas, kualitas dan waktu. Jika target yang dicapai memiliki persentase yang besar, maka efektifitasnya juga akan besar dan sebaliknya.

2. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian (2001:24), efekti adalah suatu pemanfaatan. Pemanfaatan sebuah sumber daya, sarana dan prasarana yang dilakukan dalam jumlah tertentu. Jumlah tersebut ditetapkan dengan keadaan sadar sebelumnya. Jumlah tersebut juga digunakan untuk menghasilkan beberapa jumlah barang atau jaga kegiatan yang sedang dijalankan.

3. Schermerhorn John R. Jr.

Efektif adalah sebuah pencapaian target. Target yang dimaksud adalah sebuat output, diukur melalui cara membandingkan. Output anggaran (OA) dibandingkan dengan output realisasi (OS). Ketika hasilnya OA > OS maka disebut efektif. hal tersebut diutarakan oleh Schemerhon John R. Jr. (1986:35)

Arti Kata Efektif Menurut KBBI 

Jika menurut KBBI maka efektif ini memiliki empat arti, yaitu

  • Ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya)
  • Manjur atau mujarab (tentang obat)
  • Dapat membawa hasil, berhasil guna (tentang usaha, tindakan)
  • Mulai berlaku (tentang undang-undang, peraturan)

Jika melihat pengertian di atas, terutama yang berkaitan dengan tindakan maka memang efektif ini akan menekankan pada hasil. Atau juga sesuatu yang bisa mendapatkan hasil


Pengertian Efisien

Selain, memahami apa itu efektif, untuk paham perbedaan efisien dan efektif ini juga kamu perlu mengetahui apa itu efisien. Efisien sendiri lebih menekankan kepada cara dari sebuah proses. Secara mudah, efisien adalah ketika kamu bisa melakukan sebuah pekerjaan dengan cermat dan tepat. 

Efisien juga akan berkaitan dengan waktu. Sehingga, pengertian efisien secara umum adalah langkah yang cermat dan tepat yang kamu perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Arti Kata Efisien Menurut Para Ahli 

Sementara itu, ada beberapa ahli juga yang menyatakan pendapatnya tentang efisien ini, seperti misalnya

1. S.P. Hasibuan

S.P. Hasibuan menjelaskan, efisien adalah sebuah perbandingan terbaik. Perbandingan yang dimaksud adalah antara output (hasil laba dengan sumber yang digunakan) dan input (masukan) dan juga hasil optimal yang dicapai melalui penggunaan sumber daya yang terbatas.

2. Miranda

Efisien menurut miranda adalah suatu prediksi. Prediksi yang dimaksud yaitu pengeluaran atau rasio antara kuantitas sumber yang digunakan melalui keluaran yang telah dikirim.

3. Mulyadi

Mulyadi mengatakan, bahwa efisien adalah suatu ketepatan cara. Cara yang dimaksud adalah sebuah usaha atau kerja untuk menjalankan sesuatu. Akan tetapi, tanpa harus membuang tenaga, waktu dan biaya.

Arti Kata Efisien Menurut KBBI 

Jika merujuk pada KBBi maka setidaknya, pengertian efisien ini ada 2, yaitu

  • Tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan) sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)
  • Mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat, berdaya guna, bertepat waktu.

Perbedaan Efektif dan Efisien 

Selain secara pengertian, perbedaan efektif dan efisien juga bisa kamu lihat dari beberapa aspek, seperti:

1. Sumber Daya dan Biaya

Jika kamu menggunakan sumber daya dan biaya sebagai patokan, maka perbedaan efektif dan efisien bisa kamu lihat seperti ini, efektif merupakan langkah yang kamu ambil untuk memenuhi target yang kamu miliki. Dalam hal ini maka kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan masalah sumber daya dan juga biaya.

Sementara efisien, adalah ketika kamu bisa memanfaatkan semua sumber daya yang ada dan kamu bisa menyelesaikan semuanya untuk memenuhi target kamu, Selain itu, kamu juga tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan, selain biaya yang memang sudah masuk anggaran.

2. Proses

Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun pada prosesnya antara efektif dan efisien ini berbeda. Hal ini karena pendekatan antara keduanya memang berbeda. Jika efektif menekankan pada pengambilan langkah yang tepat. Maka efisien menekankan pada pemanfaatan yang cermat dan terukur.

3. Tujuan

Hal lain yang juga menunjukan perbedaan efektif dan efisien adalah masalah tujuan. Pada efektif maka orientasinya adalah hasil. Pendekatannya adalah ketika langkah yang kamu ambil membuahkan hasil maka pekerjaan tersebut efektif. 

Sementara efisien, tujuannya adalah proses. Pendekatannya adalah ketika langkah yang kamu ambil bisa hemat, baik tenaga, biaya maupun waktu maka pekerjaan tersebut efisien.

4. Pertimbangan

Ketika kamu berbicara masalah efektif atau efektivitas, maka pertimbangan masalah besaran biaya, waktu, dan tenaga tidak akan masuk pertimbangan kamu. Selama langkah kamu bisa mencapai target, maka hal tersebut merupakan tindakan efektif. Namun ketika kamu bicara efisiensi, maka kamu akan mempertimbangkan semua hal seperti waktu, biaya, dan tenaga.


Cara Bekerja Secara Efektif dan Efisien 

Meski ada perbedaan efektif dan efisien, namun dalam banyak pekerjaan kedua hal ini perlu kamu lakukan bersama untuk hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa cara agar pekerjaan kamu bisa efektif dan efisien:

1. Pembagian Waktu dengan Baik

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien adalah masalah pembagian waktu. Pada perbedaan efektif dan efisien masalah waktu ini cukup penting. Dan ketika kamu bisa mengerjakan sebuah pekerjaan dengan waktu yang cepat, maka tidak hanya efektif namun kamu juga bekerja secara efisien.

2. Menentukan Skala Prioritas

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien adalah menentukan skala prioritas. Setidaknya kamu perlu tahu mana pekerjaan yang perlu kamu lakukan sekarang, dan mana yang bisa kamu tunda. 

Untuk mendapatkan skala prioritas ini maka kamu juga perlu membuat list tentang semua pekerjaan kamu.

Nantinya dari list inilah kamu bisa menentukan skala prioritas tentang pekerjaan kamu tersebut. Menentukan mana yang lebih penting juga akan membantu kamu untuk fokus dan bisa menemukan berbagai langkah yang tepat sehingga nantinya kamu bisa melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

3. Buatlah Pencadangan untuk Beberapa File Penting

Tujuan utama dari melakukan pencadangan adalah memastikan kamu memiliki beberapa file yang sama, sehingga jika ada yang hilang maka kamu masih punya cadangannya. 

Dalam hal lain, pencadangan atau back up ini juga berfungsi untuk memudahkan akses kamu. Artinya, kamu bisa mengakses file tersebut dengan mudah, kapanpun dan dari manapun.

Proses back up ini akan berlaku sebagai salah satu cara kerja yang efektif dan efisien. Seperti saat ini, kamu bisa melakukan back up files di cloud. Yang mana, hal ini bisa membuat kamu mengakses file tersebut dari manapun dan kapanpun. Cara ini akan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih cepat.

4. Menghindari Gangguan

Salah satu upaya yang kamu perlu lakukan untuk melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien ini adalah dengan cara menghindari gangguan. Cara ini cukup penting kamu lakukan karena bisa menjadi cara untuk memastikan proses kerja kamu menjadi lebih cepat. 

Dalam hal lain, menghindari gangguan juga bisa berarti kamu fokus untuk melakukan pekerjaan tersebut.

5. Tidak Melakukan Banyak Pekerjaan Bersamaan

Hal ini akan berkaitan dengan skala prioritas yang kamu buat. Dalam hal ini, maka sebaiknya kamu tidak melakukan pekerjaan bersamaan dalam satu waktu. Selain bisa membagi fokus, hal ini juga berpotensi untuk membuat pekerjaan tersebut menjadi tidak efektif dan tidak efisien.

Meskipun ada beberapa orang yang memiliki kemampuan multitasking, namun ketika melakukan pekerjaan dengan beban berat bersamaan, maka bisa saja kehilangan fokus datang secara tiba-tiba, hal ini lah yang biasanya akan menimbulkan masalah. Untuk itu, ketika kamu memiliki banyak pekerjaan maka langkah paling tepat adalah membuat daftar pekerjaan tersebut dan tentukan skala prioritasnya.

6. Buatlah Target Pribadi

Kamu perlu memiliki target pribadi kapan pekerjaan tersebut bisa selesai. Perbedaan efektif dan efisien ini akan bersifat relatif bag setiap orang. Sehingga biasanya orang juga akan menilai berbeda tentang mana yang efektif dan efisien dan mana yang tidak. 

Jika kamu berpatokan dengan apa kata orang, maka bisa saja kamu menjadi pusing sendiri dan bisa jadi hal tersebut menghilangkan fokus kamu.

Untuk itu, langkah terbaik adalah kamu menentukan target kamu sendiri. misalkan, kamu memiliki pekerjaan yang harus selesai dalam 3 hari, maka buatlah target 2 hari pekerjaan tersebut selesai. 

Setelah itu tentukan bagaimana langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat pekerjaan kamu menjadi efektif dan efisien.

7. Teliti

Hal lain yang juga bisa membantu kamu melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien adalah melakukan pekerjaan dengan teliti. Hal ini juga akan berkaitan dengan fokus. Ketika kamu tidak teliti, bisa saja kamu melakukan langkah yang sama berulang kali atau bahkan kamu lupa melakukan sesuatu. 

Ketelitian ini juga menjadi penting untuk menunjang kerja kamu. Dalam hal lain ketelitian ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersingkat proses kerja yang kamu lakukan.

8. Memperbanyak Referensi

Biasanya, semakin sering kamu melakukan hal tersebut maka akan semakin paham kamu akan langkah yang perlu kamu lakukan. Proses ini akan menjadi semacam kebiasaan yang kamu lakukan. Nantinya juga kamu akan memiliki patokan bagaimana cara melakukan pekerjaan tersebut.

Proses ini juga bisa kamu lakukan dengan memperbanyak referensi. Saat ini banyak orang yang membagikan cara melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Kamu bisa mempelajari cara-cara tersebut dan mencobanya.

9. Membentuk Pola Komunikasi yang Baik

Hal ini akan berlaku ketika kamu bekerja dalam sebuah tim. Maka salah satu cara agar kerja tim tersebut bisa efektif dan efisien adalah dengan membentuk pola komunikasi yang baik antar anggota tim. 

Komunikasi yang baik juga akan menciptakan kerja sama yang baik. Dan kerjasama yang baik bisa menjadi awal untuk mendapatkan kerja yang efektif dan efisien.


Contoh Efektif dan Efisien 

Sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun ada perbedaan efektif dan efisien namun biasanya kedua hal ini akan selalu berdampingan pada penggunaanya. Hal ini akan menjadi tolak ukur sebuah langkah yang benar dan juga cermat. Berikut adalah contoh dari pekerjaan efektif dan efisien.

Ketika kamu ingin pergi dari Jakarta ke Surabaya untuk berlibur. Maka kamu akan memiliki beberapa opsi mengenai moda transportasi yang kamu pilih, seperti

  • Menggunakan pesawat dengan tiket 1 Juta namun durasi perjalanan hanya 1,5 jam. Dalam hal ini maka kamu melakukan tindakan efektif namun tidak efisien. Hal ini karena waktu tempuhnya sebentar namun biayanya mahal.
  • Menggunakan bus dengan ongkos 200 ribu namun membutuhkan waktu sampai 18 jam untuk tiba di Surabaya. Dalam hal ini maka kamu melakukan tindakan efisien namun tidak efektif. Hal ini karena waktu tempuh yang sangat lama namun biaya yang kamu butuhkan lebih murah.
  • Menggunakan kereta eksekutif dengan tiket 400 ribu dan waktu tempuh 10 jam. Dalam hal ini maka kamu bisa bilang melakukan tindakan efektif dan efisien, hal ini karena secara biaya tidak terlalu mahal dan secara waktu pekerjaan tidak terlalu lama.

Dari contoh di atas, bisa terlihat jika pekerjaan efektif dan efisien akan menjadi relatif. Maka untuk melihat apakah sebuah pekerjaan tersebut efektif dan efisien atau tidak, kamu perlu melihat kembali bagaimana rencana awal. 

Ketika semua sudah sesuai dengan rencana dan anggaran yang sudah tersusun maka pekerjaan tersebut bisa dikatakan sebagai pekerjaan efektif dan efisien.


Pentingnya Melakukan Pekerjaan dengan Efektif dan Efisien

Pada akhirnya, meskipun ada perbedaan efektif dan efisien namun nyatanya kedua hal ini merupakan hal yang kamu perlukan untuk mencapai target dengan tepat waktu dan maksimal. Berikut adalah perbandingan antara pekerjaan efektif dan efisien dengan yang tidak:

  • Pekerjaan efektif dan efisien berarti tujuan bisa tercapai dengan cepat dengan biaya yang hemat.
  • Efektif tapi tidak efisien berarti tujuan bisa tercapai dengan cepat namun membutuhkan biaya yang sangat tinggi
  • Tidak efektif tapi efisien berarti tujuan tercapai dalam waktu yang lama atau bahkan tidak tercapai karena langkah yang tidak jelas namun biaya yang dikeluarkan sedikit
  • Tidak efektif dan tidak efisien berarti target tercapai dalam waktu yang sangat lama, atau bahkan tidak tercapai karena langkah yang salah. Dan juga mengeluarkan banyak biaya karena perhitungan yang salah.

Itulah beberapa perbandingan antara efektif dan efisien. Yang menunjukan meskipun ada perbedaan efektif dan efisien, namun kedua hal ini tetap kamu perlukan untuk mencapai sebuah target.


Temukan informasi tips bisnis dan inspirasi ide bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga: 

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait