Peralatan Barbershop Wajib Punya, Semakin Profesional!

Sebagai pemula, pastinya kamu masih bingung apa saja peralatan barbershop yang perlu dipersiapkan.

Padahal ketersediaan alat-alat tersebut dapat mendukung usahamu agar menjadi semakin profesional.

Tanpa perlu panjang lebar, ini dia penjelasannya!

Peralatan Barbershop Wajib Ada

Ada beberapa alat-alat barbershop yang perlu kamu persiapkan sebagai modal menjalankan bisnis tersebut.

Tentunya peralatan ini tidak perlu mahal asalkan mencukupi kebutuhan bisnis tersebut dan kualitasnya terjamin.

Adapun alat-alat barbershop yang harus kamu miliki jika berbisnis di ranah ini.

Berikut daftarnya.

1. Gunting Rambut

Alat yang pertama yaitu gunting rambut. Untuk alat satu ini pastinya tidak asing bagi kamu karena umumnya setiap barbershop atau tempat cukur rambut pasti memilikinya.

Ada beberapa jenis gunting rambut yang bisa kamu pilih mulai dari gunting standar dan gunting penipis. Setiap jenisnya punya fungsi yang berbeda.

Jenis gunting rambut standar didesain seperti gunting potong pada umumnya dan sangat tajam pada mata gunting. Dengan begitu, saat memotong rambut akan lebih mudah dan tidak tergelincir. 

Sedangkan gunting penipis desainnya seperti sisir pada satu bagian mata gunting. Gunting ini berfungsi untuk mengurangi ketebalan rambut. 

Maka dari itu, kamu memerlukan kedua jenis gunting ini. Kamu bisa membelinya satuan atau satu set sesuai kebutuhan kamu nantinya. Serta pilih yang terbuat dari stainless steel agar tidak berkarat dan kuat. 

2. Clipper

Peralatan barbershop selanjutnya yaitu clipper. Clipper atau mesin cukur ini berbeda dengan alat gunting dari segi bentuk dan penerapannya. Meskipun sama-sama berfungsi untuk memotong rambut, tapi clipper lebih berguna untuk menipiskan dan membuat pola pada rambut. 

Clipper sendiri membutuhkan daya listrik untuk menggunakannya sehingga lebih mudah dan menghemat tenaga. Dari jenis ini, terdapat clipper yang menggunakan kabel dan ada pula yang portable atau memakai baterai. Kamu bisa memilih yang jenis portable jika tidak ingin repot memakainya. 

Namun jenis clipper kabel sekarang ini masih banyak orang memakainya karena harganya juga lumayan murah. Jadi, jika kamu ingin membelinya sebaiknya yang satu set dan perhatikan kualitasnya agar awet. Lalu sebisa mungkin pilih clipper dengan output suara kecil agar tidak mengganggu pelanggan yang lain. 

3. Apron

Untuk peralatan barbershop satu ini jangan kamu lupakan, yaitu apron. Meskipun bukan peralatan paling pokok untuk menjalankan bisnis ini, tapi tetap saja akan sangat kamu butuhkan. 

Apron atau pelindung badan ini tidak hanya untuk pelanggan tetapi juga orang yang mencukur. Sehingga ketika mencukur tidak terkena sisa-sisa rambut yang jatuh.

Pilihlah ukuran yang menutupi bagian tubuh depan mulai dari dada hingga lutut supaya mencangkup sebagian besar badan kamu.

Tidak harus yang mahal, cukup apron dengan harga murah tetapi tebal dan ringan. Kemudian bisa membeli lebih dari satu sebagai ganti atau menyesuaikan jumlah karyawan nantinya. 

4. Razor

Razor atau biasa menyebutnya pisau cukur ini menjadi peralatan yang penting di dalam barbershop. Pisau cukur tersebut konsep penerapannya berbeda dengan gunting rambut atau clipper.

Lebih tepatnya, razor digunakan untuk membersihkan rambut yang sangat pendek atau anak rambut supaya terlihat halus.

Setiap ukuran razor berbeda-beda, tetapi kamu bisa memilih ukuran sedang yang banyak dijual di pasaran. Harganya sendiri relatif murah, berkisar antara belasan hingga puluhan ribu saja dan tentunya menyesuaikan kualitasnya.

Bentuk razor ini bisa kamu lipat sehingga tidak memakan banyak tempat dan aman. 

5. Sisir

Sisir menjadi peralatan barbershop yang sering orang-orang jumpai dan keberadaannya di bisnis barber memang sangat penting. 

Sisir ini nantinya berguna untuk merapikan rambut pelanggan ketika sebelum dan sesudah proses potong. Kemudian rambut rapi akan mempermudah proses pemotongan dan hasil potongnya jadi lebih maksimal.

Jika kamu memang sebagai pemula dalam bisnis barbershop, ketika memilih sisir, pilihlah yang standar saja asal kuat dan berkualitas. Cukup menyesuaikan kebutuhan kamu dan bisa mencangkup keperluan berbagai proses potong rambut.

6. Cleaning Brush 

Salah satu peralatan barbershop yaitu cleaning brush atau sikat bulu juga sangat penting kamu miliki. 

Setelah melakukan pemotongan rambut, sisa-sisa rambut yang menempel perlu kamu bersihkan menggunakan cleaning brush. Akan sulit nantinya ketika ingin membersihkannya tanpa alat tersebut karena sisa rambut ini ukurannya kecil. 

Nah, dalam memilih cleaning brush usahakan yang memiliki tekstur halus pada sikatnya. Hal tersebut bertujuan agar saat mengenai kulit pelanggan tidak kasar dan melukainya secara tidak sengaja.

Cleaning brush juga mempunyai variasi bentuk seperti memanjang atau lingkaran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

7. Botol Semprotan

Botol semprotan menjadi salah satu keperluan wajib di barbershop manapun. Ketika proses mencukur, nantinya akan lebih mudah jika rambut pelanggan dalam kondisi sedikit basah, sehingga saat memotongnya dan merapikannya jadi lebih mudah. Membasahinya pun jangan terlalu banyak, sedikit saja tapi rata ke bagian rambut.

Maka dari itu, kamu memerlukan botol semprotan sebagai wadah menyimpan air. Sebenarnya ukuran atau bentuk botol semprotan tidak ada kriteria khusus asalkan cukup dengan keinginanmu.

Namun sebaiknya, pilihlah yang ukuran sedang atau kecil agar tidak terlalu repot saat memegangnya dengan satu tangan. 

8. Kursi Barber

Menjalankan bisnis barbershop pastinya memerlukan adanya kursi sebagai sarana potong rambut. Banyak sekali ukuran dan bentuk kursi barber di pasaran yang bisa kamu pilih. Nah untuk ukurannya jangan terlalu besar dan sandaran jangan terlalu tinggi agar tidak menghambat kamu bergerak ketika melayani pelanggan. 

Selain ukuran kursi, kamu juga harus memikirkan kenyamanan pelanggan ketika menggunakannya. Lihat apakah bantalan di bawahnya terlalu keras atau tidak. Pertimbangkan juga keberadaan busa kursi serta sistem hidroliknya. 

Saat membeli perlengkapan barbershop ini, kamu harus melihat dekorasi ruangan supaya serasi dan enak melihatnya. Hal terpenting dari kursi tersebut adalah mudah untuk membersihkannya secara cepat. 

9. Kursi Keramas

Selain kursi barber, ada juga kursi keramas yang perlu kamu persiapkan dalam memulai bisnis ini. Setelah proses potong rambut, pada umumnya terdapat pelayanan keramas. 

Pelayanan seperti ini memang khusus ada di barbershop yang menengah ke atas karena ingin memberikan hasil maksimal dalam melayani pelanggan. 

Namun kursi keramas tidak harus ada dan hanya menjadi opsi dalam pelayanan yang akan kamu sediakan. 

Jika ingin membelinya untuk bisnis pertama, maka pilihlah kursi yang standar. Ketika sudah banyak pelanggan yang menggunakannya, maka belilah yang sedikit mewah. Kemudian jangan lupa menyediakan saluran air dan pembuangannya. 

10. Hairdryer

Peralatan barbershop yang harus ada yaitu hairdryer. Kamu akan membutuhkan alat ini jika menerapkan pelayanan keramas.

Sehingga, setelah proses keramas bisa langsung mengeringkannya menggunakan hairdryer. Bentuk dari hairdryer di pasaran cukup bervariasi, ada yang tabung panjang atau pendek. 

Setiap hairdryer di pasaran juga memiliki kualitas yang berbeda, seperti bahan pembuatannya dari plastik atau stainless.

Agar pemakaiannya dapat bertahan lama, maka sebaiknya pilih yang stainless. Kemudian cari hairdryer yang keluaran suaranya tidak terlalu keras supaya tidak mengganggu kenyamanan pelanggan. 

11. Handuk

Handuk menjadi peralatan yang harus ada jika kamu menggunakan kursi keramas. Setelah keramas, perlu mengeringkan rambut pelanggan menggunakan handuk terlebih dahulu sebelum meng-hairdryer-nya.

Untuk ukuran handuknya sendiri, pilih yang sedang saja dan berjumlah lebih dari satu sebagai pengganti nantinya. 

12. Meja dan Cermin

Meja dengan cermin jangan sampai kamu lupakan di dalam list peralatan barbershop. Meja ini nantinya sebagai tempat meletakkan berbagai perlengkapan seperti clipper, gunting, sisir, dan lainnya. Selain itu, terdapat cermin dengan ukuran cukup besar agar pantulan ke pelanggan lebih luas. 

Kamu bisa membelinya di toko-toko properti atau memesan dengan rancangan sendiri. Kemudian, sediakan meja cermin tersebut dengan jumlah yang pas (sesuai jumlah tenaga operasional) serta bisa menyesuaikan dengan konsep ruangan.

13. Alat Kebersihan

Alat kebersihan juga harus ada di dalam barbershop kamu. Peralatan satu berguna membersihkan sampah-sampah potongan rambut dan kotoran lainnya. Jadi, ruang kerja kamu bisa selalu bersih dan nyaman serta membuat betah pelanggan ketika di dalam ruangan.

Untuk alat kebersihan yang tersedia pastinya sapu dan serokan masing-masing berjumlah satu saja. Kemudian, kamu bisa juga menyediakan alat mengepel atau bahkan alat penyedot debu agar lebih cepat membersihkan kotoran berukuran kecil. 

Sudahkah Mempersiapkan Semua Peralatan Barbershop?

Itu dia beberapa peralatan barbershop yang perlu kamu perhatikan sebagai salah satu modal membuka bisnis tersebut.

Jadi, tidak hanya kesiapan fisik dan mental saja, tapi ada juga alat-alat pendukung seperti di atas.

Jangan sampai melewatkan salah satunya, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar tips bisnis hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait