Strategi Menjadi Pengusaha Ikan Sukses, Cocok untuk Pemula!

Menjadi seorang pengusaha ikan harus mempersiapkan banyak hal.

Apalagi jika ini merupakan pertama kalinya kamu mencoba memulai bisnis tersebut.

Jangan khawatir, di sini kami akan membahas tips untuk yang berminat menjadi seorang pebisnis ikan.

Cara Menjadi Pengusaha Ikan Sukses

Sebagai pemula, kamu perlu ilmu agar sukses menjalankan bisnisnya.

Dalam hal ini, tips di bawah dapat kamu aplikasikan untuk berbagai macam ikan, mulai dari hias hingga ternak.

Tunggu apalagi? Yuk, simak ulasannya!

1. Mengamati Selera Pasar

Sebelum menjalankan bisnis tersebut, sebaiknya kau melakukan observasi terlebih dahulu. Pahami kira-kira apa yang menjadi selera pasar. Tidak sedikit pengusaha ikan mengalami kerugian pada aspek penentuan jenis ikan yang akan dijual belikan.

Ternyata ikan yang dijual memiliki peminat yang minim. Tentu saja kamu tidak ingin hal ini terjadi pada bisnismu. Apalagi bagi kamu yang masih baru pertama kali menjalankannya. Maka dari itu, mengetahui selera pasar menjadi hal yang sangat krusial.

Kamu juga perlu memahami seperti apa perkembangan tentang ikan, jenis ikan apa saja yang populer, dan lain-lain.

Salah satu caranya dengan bergabung ke komunitas yang menaungi pengusaha ikan lainnya.

Ketika kamu join ke komunitas tersebut, kamu akan memiliki gambaran seperti apa selera pasar. Kamu juga akan bertemu orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis tersebut.

Di sini kamu juga bisa bertanya seputar kiat-kiat dalam menjalankan bisnis bagi pemula.

Biasanya mereka akan dengan senang hati membagikan ilmu dan pengalamannya. Dengan bergabung ke komunitas, kamu juga akan memiliki banyak relasi dan perlahan-lahan berkembang.

2. Fokus pada Satu Jenis Ikan Dulu

Setelah mendapatkan informasi tentang apa saja ikan yang tengah populer, tips menjadi pengusaha ikan berikutnya yaitu kamu harus fokus pada satu jenis ikan terlebih dahulu. 

Ini penting agar kamu benar-benar memahami ikan yang akan kamu jadikan bisnis. Pahami dulu karakteristik dan perawarannya dengan baik sampai menghasilkan keuntungan. 

Lalu bagaimana jika langsung membeli banyak jenis ikan dan mempelajarinya dalam waktu bersamaan? Untuk seorang pemula, mungkin kamu akan kesulitan. 

Waktumu juga akan tersita banyak karena setiap jenis ikan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk perawatannya pun juga cenderung tidak sama. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu fokus untuk mempelajari satu jenis saja.

Pelajari dengan teliti bagaimana karakteristik serta perawatannya. Dengan begitu, harga jual ikanmu pun bisa lebih maksimal. Bahkan nilai jualnya bisa jadi lebih tinggi karena pembeli merasa ikan yang kamu jual lebih berkualitas dari yang dijual orang lain.

Ini bisa menjadi nilai plus untuk membuat bisnismu semakin terkenal!

3. Tentukan Lokasi Berjualan

Saat ini zaman sudah semakin praktis. Berjualan tidak harus selalu berada di toko fisik. Banyak alternatif yang bisa kamu pilih sebagai lokasi untuk berjualan, termasuk ketika menjalankan usaha ikanmu.

Kamu tidak perlu menyewa toko karena ini akan memakan biaya yang mahal. Kamu cukup memanfaatkan rumahmu sebagai lokasi berjualan. Apalagi jika rumahmu memiliki akses yang bagus. Jadi, calon pembeli tidak kesulitan menemukan lokasi rumahmu. 

Lalu bagaimana jika akses rumahmu malah cenderung menyulitkan? Tidak ada salahnya mencari toko yang memiliki lokasi strategis. Namun kamu juga harus menyiapkan budget tambahan sebagai biaya sewa.

Solusi lainnya adalah berjualan lewat social media atau marketplace. Ini berlaku bagi yang kesulitan untuk menyewa tempat berjualan karena biayanya terlalu mahal.

Dengan strategi yang tepat kamu dapat memasarkan ikanmu secara online dengan baik.

4. Mencari Tempat Pemasok Berkualitas

Tips berikutnya adalah kamu harus mampu mencari supplier atau pemasok ikan yang berkualitas. Mengapa? Ini akan berpengaruh terhadap seberapa berkualitas ikan yang kamu miliki. Pastikan pemasok tersebut memiliki reputasi yang bagus.

Terkait upaya pencarian supplier, kamu bisa bertanya ke komunitas pengusaha ikan untuk menemukan pemasok yang terkenal menyediakan bibit-bibit berkualitas. Namun pertimbangkan juga masalah harga.

Pastikan harga yang kamu peroleh nanti masih tergolong murah. Jadi, ketika menjualnya lagi kamu akan memperoleh keuntungan yang cukup memuaskan. 

Sebagai tambahan, tidak ada salahnya mencari lebih dari satu pemasok. Apalagi jika ikan yang kamu jual memiliki jenis yang cukup beragam. Jadi, ketika salah satu pemasok belum menyediakan ikan yang kamu butuhkan, kamu bisa mencari di pemasok yang lain. 

5. Tentukan Harga Jual

Dalam menjadi pengusaha ikan atau bisnis-bisnis lainnya, harga jual menentukan seberapa tertarik minat konsumen terhadap barang yang kamu tawarkan. Pasti kamu akan menentukan harga jual yang dapat memberikan keuntungan.

Namun sebelum itu, kamu harus memperhatikan harga jualnya di pasaran. Kamu tidak dapat menentukan harga jual secara sembarangan. Pastikan harga jual ikanmu tidak terlampau tinggi. Apalagi di sini kamu masih baru dalam memulai bisnis ini.

Ketika usahamu sudah semakin maju, tidak ada salahnya menaikkan sedikit harga jualnya. Dengan catatan kamu memang memiliki ikan yang berkualitas dan banyak yang mengakuinya. Baru kamu bisa menjual ikan tersebut dengan harga yang sedikit mahal.

6. Promosikan Secara Cermat

Ketika kamu sudah ready masuk ke bisnis ini, maka mulailah promosi. Kamu bisa mempromosikan bisnismu secara online. Ini merupakan sebuah cara yang paling mudah serta tidak membutuhkan biaya alias gratis.

Kamu bisa mulai dengan mempromosikannya melalui grup atau komunitas ikan. Kemudian buatlah akun media sosial khusus yang akan menjadi katalog bisnis hiasmu. Pastikan kamu mampu mempromosikan bisnismu tersebut secara menarik.

Promosi melalui media sosial akan menjadi salah satu cara yang efektif. Kamu bahkan mampu menjangkau pasar secara lebih luas. Selain itu, manfaatkan fitur periklanan yang biasanya tersedia di beragam media sosial. Jadi, bisnismu pun akan semakin terkenal serta mampu menjangkau semua lapisan masyarakat.

7. Dengarkan Testimoni Pelanggan

Ketika kamu sudah berhasil menarik banyak pelanggan, jangan lupa mendengarkan tanggapan atau testimoninya terkait produk yang mereka beli. 

Sebagai pebisnis, sudah menjadi sebuah keharusan untuk mendengarkan testimoni para pelanggan. Tujuannya untuk memperoleh informasi secara valid dari pihak ketiga tentang kualitas produk yang konsumen beli. 

Selain itu, testimoni tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan terhadap produk ikan hias milikmu.

Lalu bagaimana jika ada pelanggan yang memberikan testimoni negatif?

Jangan khawatir. Cobalah untuk menanggapi dan memperbaiki apa yang menjadi keluhannya. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi agar kedepannya apa yang menjadi keluhan pelanggan tersebut tidak sampai terulang.

Cara ini juga efektif untuk membuat pelanggan yang memberikan testimoni negatif tersebut merasa senang dan tetap membeli di tempatmu. Bisa jadi melalui tanggapan yang kamu berikan, pelanggan tersebut akan berganti memberikan testimoni positif dan menjadi pelanggan tetap.

Ingat, setiap testimoni para pelanggan dapat berpengaruh terhadap perkembangan dan kelanjutan usahamu. Maka dari itu, menjadi seorang pebisnis ikan hias yang terbaik adalah mendengarkan testimoni pelanggan dan menjadikannya sebagai bahan evaluasi dan keperluan inovasi.

8. Kembangkan Bisnis

Selanjutnya kamu perlu membuat bisnismu semakin berkembang. Salah satu kesalahan seorang pengusaha pemula yaitu menjalankan bisnisnya langsung dalam skala besar. Padahal risikonya pun juga sama besarnya.

Untuk itu, mulailah bisnis ikan lalu kembangkan secara perlahan.

Cara yang efektif untuk membuat bisnismu bisa bertahan dan berkembang adalah dengan memperoleh konsumen utama alias base customer. Konsumen inilah yang menjadi penentu atas perkembangan bisnismu tersebut.

Sudah Paham Tips Menjadi Pengusaha Ikan untuk Pemula?

Itulah beberapa tips menarik bagi yang memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha ikan.

Melalui tips ini, bisnismu akan memiliki peluang untuk perlahan berkembang.

Bahkan, akan dikenal dan dipercaya untuk menerima banyak order.

Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya tentang tips bisnis, bisnis ternak dan sebagainya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait