6 Langkah Maksimalkan Peluang Usaha Peralatan Dapur Kayu

Bagi kamu yang suka mengoleksi perlengkapan dapur, ada baiknya mulai melirik peralatan yang terbuat dari kayu.

Daripada hobi hanya membuang uang, lebih baik mulai memikirkan ide bisnis unik yang bisa direalisasikan segera.

Salah satunya, peluang usaha peralatan dapur kayu yang punya pangsa pasar luas dan menjanjikan keuntungan menarik.

Siapa tahu kan dari hobi sederhana bisa menghasilkan cuan?

Pasalnya, segmen pasar yang menggunakan dapur untuk keperluan rumah tangga, hingga bisnis kuliner dan industri makanan pun memerlukan peralatan dapur kece yang instagrammable untuk menarik perhatian pembeli.

Saat ini peluang usaha peralatan dapur kekinian memiliki segmen pasar yang cukup potensial, lho.

Kamu bisa mencontek inspirasi usaha peralatan rumah tangga dengan peralatan dapur kayu berikut ini;

  • Sendok dan garpu kayu
  • Rolling pin kayu
  • Talenan kayu
  • Mortar & pestle kayu
  • Sodet kayu ukiran
  • Tempat bumbu dari kayu
  • Alat pemotong dari kayu
  • Palu daging dari kayu
  • Piring, mangkuk, dan alas kayu
  • Tudung saji kayu

Peralatan dapur kayu tersebut cukup banyak dicari dan diincar oleh konsumen, khususnya bagi para pelaku usaha yang ingin menjual peralatan dapur unik yang berbeda dari biasanya.

Selain ramah lingkungan dan aman digunakan untuk mengolah makanan, peluang usaha peralatan dapur kayu juga diprediksi akan bertahan lama dan sustainable untuk jangka panjang.

Salah satu pelaku peluang usaha peralatan dapur kayu yang sukses hingga memperoleh hasil penjualan Rp 25 juta adalah Adi Sutaryo.

Dilansir dari Inacraft , pelaku usaha peralatan rumah tangga asal Karanganyar, Jawa Tengah, ini berkreasi memanfaatkan kayu jati, mahoni, kamper dan jenis kayu lainnya untuk membuat perabotan dapur.

Beberapa produk peluang usaha peralatan dapur yang Ia hasilkan di antaranya seperti mangkuk, piring, gelas, sendok, garpu, centong, sumpit, spatula, parutan, alat tumbuk dan masih banyak lagi.

Kisah sukses peluang usaha peralatan dapur kayu berikutnya datang dari Supomo.

Dikutip dari LIPI, pelaku peluang usaha peralatan dapur kayuasal Jember, Jawa Timur tersebut memanfaatkan limbah kayu aren untuk membuat peralatan dapur seperti cobek, sendok, mangkok, nampan gelas, sendok nasi, dan tempat bumbu dengan omzet hingga mencapai Rp 70 juta.

Ia mengekspor produk buatannya hingga ke Malaysia, Hawaii, dan Korea.

Tertarik memulai peluang usaha peralatan dapur kayu? Berikut 7 langkah untuk memaksimalkan peluang usaha peralatan dapur kayu yang harus kamu simak:

1. Memilih Bahan Baku Kayu yang Sesuai

Untuk menjalankan peluang usaha peralatan dapur kayu, terlebih dahulu kamu harus memilih bahan baku kayu yang sesuai.

Beberapa jenis kayu yang biasanya digunakan dalam peluang usaha peralatan dapur di antaranya seperti kayu mahoni, kayu jati, kayu kamper, dan sisa olahan kayu yang didaur ulang.

Pilihlah sesuai dengan modal dan jenis produk yang akan kamu buat.

2. Tentukan Desain Produk

Supaya usaha peralatan rumah tangga berbahan kayu semakin laris, buatlah desain yang menarik dan ergonomis sehingga nyaman untuk digunakan oleh konsumen.

Apalagi, dalam peluang usaha peralatan dapur kayu butuh produk yang mudah dipakai untuk memasak dan tidak cepat rusak.

Kamu bisa bekerja sama dengan desainer atau melihat referensi alat dapur kayu yang menarik dan mudah digunakan sehari-hari.

3. Tentukan Metode Pengolahan Kayu

Saat mengolah kayu jadi peluang usaha peralatan dapur kayu, kamu perlu mempertimbangkan metode yang tepat.

Kamu bisa menggunakan metode pemahatan jika menggunakan bahan dasar kayu utuh, atau pencetakan jika menggunakan sisa olahan produksi kayu.

Biasanya, dalam proses membuat alat dapur berbahan kayu melewati beberapa tahap, seperti membuat desain, membuat pola, proses produksi, proses finishing, dan quality control.

4. Tentukan Harga yang Sesuai

Peluang usaha peralatan dapur kayu perlu dilakukan dengan menentukan harga yang sesuai.

Untuk tiap alat dapur yang dihasilkan, kamu bisa membanderol dengan harga Rp 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis kayu, tingkat kesulitan pembuatan dan proses produksinya.

Tentukan harga yang sesuai dengan perhitungan modal dan ongkos produksi agar kamu bisa meraih keuntungan.

5. Lakukan Strategi Pemasaran

Setelah semua langkah di atas sudah kamu lakukan, berikutnya dalam menjalankan peluang usaha peralatan dapur kayu butuh strategi pemasaran yang tepat.

Lakukan pemasaran secara online maupun offline. Jangan lupa mintalah testimoni produk dari konsumen untuk mendongkrak strategi pemasaran yang kamu lakukan.

6. Lakukan Evaluasi

Secara berkala, lakukan evaluasi terhadap peluang usaha peralatan dapur kayu yang kamu jalankan.

Pelajari apakah strategi yang kamu lakukan sudah tepat dan bisa menyasar margin profit yang kamu inginkan, atau perlu dibenahi untuk memperbaiki hasilnya.

Peralatan dapur kayu yang unik tidak saja kekinian dan menarik untuk dijual, tetapi juga ramah lingkungan dan aman digunakan dalam proses pengolahan makanan.

Selain tahan temperatur panas dan dingin, peralatan dapur berbahan dasar kayu pun tidak akan mengubah cita rasa makanan dan cukup mudah perawatannya. Yuk tunggu apalagi, segera mulai peluang usaha peralatan dapur kayu sekarang!

Ingin memulai usaha perlengkapan dapur namun terhalang dana? Ajukan saja pinjaman modal usaha melalui Super Financial App KoinWorks.

Melalui produk KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mendapatkan modal tambahan hingga Rp 2 Miliar dengan bunga bulanan mulai dari 0,75% per bulan.

Tak hanya memberi pinjaman, KoinWorks juga memberi kesempatan berpromosi di aset sosial media resmi KoinWorks secara gratis dengan mengikuti program #LokalSupportLokal.

Artikel Terpopuler

bunga pinjaman bank mandiri

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021!

Cari Modal Usaha? Yuk Cermati Bunga Pinjaman Bank Mandiri tahun 2021! - Bingung mencari pinjaman modal usaha terbaik? Bagi kamu yang berniat merintis bisnis,...
alasan bisnis gagal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal

5 Ide Bisnis yang Bisa Berkembang di Era New Normal - Saat ini, pasti kita sering mendengar sebuah istilah yang bernama ‘New Normal’. Baik...
bisnis saat new normal

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan

Bisnis Saat New Normal, Ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan - Selamat datang di era new normal. Setelah pandemi berlangsung berbulan-bulan di Indonesia, inilah saat...
cara membuat buku kas harian

Bye Pembukuan Manual! Ini Cara Mencatat Buku Kas Harian Paling Praktis

Jika jeli mencari peluang bisnis, ada berbagai kesempatan dan potensi usaha yang menguntungkan bertebaran di sekitar kita.Apalagi kemajuan teknologi melalui aplikasi memudahkan para pelaku usaha untuk...
rekomendasi sneakers lokal wanita

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik

4 Rekomendasi Sneakers Wanita Lokal dengan Desain Unik - Sepatu alas karet, atau sneakers, awalnya difungsikan sebagai sepatu olahraga sebelum beralih menjadi...

Artikel Menarik Lainnya

Artikel Terkait