Peluang Usaha Makanan Internasional yang Bisa Kamu Coba

Makanan internasional cukup populer, karena rasanya yang tidak biasa. Selain itu, makanan ini tentu tidak setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Oleh karena itu, peluang usaha makanan internasional cukup menjanjikan dan bisa menjadi ladang penghasilan bagi kamu yang ingin memulai bisnis di dunia kuliner.

9 Peluang Usaha Makanan Internasional yang Menjanjikan

Di bawah ini merupakan 9 ide dan peluang usaha makanan internasional yang bisa menjadi inspirasi untuk bisnis kamu, yaitu:

1. Tteokbokki

topokki

Ayoyogya

Peluang usaha makanan internasional yang pertama, yaitu jajanan dari Korea Selatan. Saat ini, Tteokbokki menjadi makanan yang populer di Indonesia, bersamaan dengan budaya K-pop dan dramanya.

Cara pembuatan makanan ini cukup mudah dan modal yang kamu butuhkan relatif kecil. Sehingga, makanan ini cocok untuk kamu jadikan peluang usaha. Selain itu, Tteokbokki bisa kamu temui di café, restoran, bahkan di pinggir jalan.

Makanan ini tersaji dengan kuah kental dan memiliki cita rasa yang tidak terlalu pedas. Meski mudah, ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu untuk memulai usaha makanan internasional ini.

Cobalah untuk mencocokan rasa tteokbokki yang sedap dan pas di lidah orang Indonesia! Kemudian, lihat perkembangan pasar dan konsumennya. Sentuhan terakhir adalah berikan keunikan pada Tteokbokki kamu.

2. Samosa

samosa

SehatQ

Samosa bisa jadi ide dan peluang usaha makanan internasional yang bisa kamu coba. Makanan ini berasal dari Pakistan dan India. Jika kamu perhatikan, Samosa mirip seperti kue pastel dan memiliki tekstur padat seperti gorengan biasa dengan isian kentang rebus dan bumbu-bumbuan.

Karena rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia, Samosa menjadi makanan yang cukup populer belakangan ini. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan kepopuleran makanan asal Pakistan ini untuk usaha makanan internasional.

3. Bakpao

bakpao

Kompas

Bakpao merupakan makanan tradisional yang berasal dari China dan sudah ada sejak lama di Indonesia. Hal ini karena adanya akulturasi budaya di Indonesia yang sangat kuat pada zaman dahulu.

Itulah sebabnya, banyak sekali orang yang menyukai makanan yang satu ini. Biasanya, Bakpao terbuat dari daging yang terbungkus adonan tepung, kemudian melewati proses pengukusan sebelum bisa kamu santap.

Bakpao bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha makanan internasional. Sebab, Bakpao sendiri sudah semakin berkembang hingga saat ini dan peminatnya tidak berkurang. Kamu bisa memvariasikan isian dari Bakpao, agar usaha makanan kamu ini semakin menarik.

Selain itu, kamu bisa berkreasi dengan membuat Bakpao yang tidak berwarna putih polos saja, melainkan dengan beragam warna atau bentuk yang lucu dan unik.

4. Kebab

kebab

Dapur Kobe

Kebab adalah makanan khas Turki yang popularitasnya tidak usah kamu ragukan lagi. Makanan ini terbuat dari tortilla dengan isian irisan daging sapi asap, sayur-sayuran, dan berbagai saus. Dalam penyajiannya, semua isian digabungkan dan dibungkus oleh tortilla.

Saat ini, banyak orang yang memulai peluang usaha makanan internasional ini. Mulai dari frozen Kebab, perusahaan Kebab rumahan, hingga membuka bisnis franchise Kebab. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kamu tidak usah repot-repot membuat kulit tortilla. Sebab, kamu dapat membelinya di pasaran dengan harga yang murah.

Kemudian, sediakan berbagai isian dan saus. Langkah selanjutnya adalah Kebab tersebut kamu goreng dengan sedikit minyak sampai kulit tortilla berubah menjadi kecoklatan.

5. Sushi

sushi

Live Japan

Makanan ini tentu tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Bahkan, Sushi terdaftar sebagai 50 makanan terbaik di dunia versi CNN edisi April 2021. Makanan ini berasal dari negara Jepang dan terbuat dari nasi, daging, dan sayuran.

Isian sushi sendiri sangat beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan selera konsumen. Beragam isian itulah yang bisa kamu modifikasi dan menjadi nilai pada produk kamu. Hal ini juga menjadi kekuatan pada usaha makanan internasional kamu.

6. Singkong Thailand

singkong thailand

Akurat

Hampir semua orang di Indonesia sudah mengenal singkong yang biasa digunakan untuk membuat keripik dan singkong rebus. Namun, ternyata Thailand juga menawarkan hidangan berbahan dasar singkong. Peluang usaha makanan internasional ini tidak butuh modal besar dan pembuatannya cukup mudah.

Singkong Thailand dibuat dengan cara merebusnya bersama dengan garam dan daun pandan. Setelah selesai dimasak, taburi gula di atasnya dan aduk lagi di atas api sedang sampai mengental. Singkong Thailand pun siap kamu sajikan. Jangan lupa untuk menyiapkan saus santan kental untuk melengkapi makanan ini!

7. Ramen

ramen

CNN Indonesia

Di Indonesia sendiri, Ramen adalah makanan yang paling populer. Tidak heran kalau Ramen menjadi peluang usaha makanan internasional paling menjanjikan. Ramen merupakan makanan yang berasal dari negara Jepang.

Ramen menjadi makanan populer karena keunikan rasanya yang muncul dari kombinasi rempah yang memanjakan lidah. Oleh sebab itu, rasanya cukup berbeda dengan jenis mi lainnya yang ada di Indonesia.

Biasanya penyajian mi ramen bersama beberapa bahan lain sebagai toppingnya, seperti rumput laut, daging, dan sayur. Semua topping tertata dengan cantik di atas mi dan membuat makanan ini semakin menarik perhatian.

Tidak banyak yang bisa menandingi rasa dan tampilan unik Ramen khas Jepang. Jika kamu tertarik membuka usaha Ramen, tentu hal ini akan menjadi tantangan terbesar, apalagi penjual Ramen berada di segala tempat di Indonesia. Namun, usaha ini akan berhasil, ketika kamu menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda pada Ramen kamu.

8. Dimsum

dimsum

Kompas

Peluang usaha makanan internasional selanjutnya adalah Dimsum. Dimsum adalah olahan daging yang terbungkus kulit pangsit. Cara memasaknya adalah dengan dikukus. Tempat menjual Dimsum di Indonesia cukup banyak dan memiliki pasar yang menjanjikan.

Dimsum merupakan hidangan internasional yang cukup populer, karena rasa seafoodnya khas dan harganya yang terjangkau. Umumnya, Dimsum dapat kamu makan dengan saus Bangkok bercita rasa asam manis atau dengan saus cabai dan mayones.

Jika kamu ingin memulai usaha makanan Dimsum, kamu bisa membeli aneka olahan Dimsum beku buatan pabrik dengan harga terjangkau atau bisa juga membuatnya sendiri. Selain itu, kamu tidak perlu memasaknya, kamu hanya perlu menyediakan steamer atau pengukus dan aneka saus celup untuk memulai bisnis ini.

9. Takoyaki

takoyaki

Youtube Ika Mardatillah

Takoyaki adalah cemilan asal Jepang yang berbentuk bola tepung berisi gurita yang cukup populer. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan jajanan Jepang ini, karena banyak sekali penjualnya. Makanan ini menjadi salah satu jenis jajanan yang sangat orang Indonesia gemari.

Takoyaki sangat enak dan memiliki cita rasa yang khas di lidah orang Indonesia. Kamu bisa menambahkan berbagai isian, seperti ayam, keju, bakso, telur, dan lain-lain pada bola-bola tepung yang awalnya berisi potongan daging gurita untuk meningkatkan nilai jual.

Usaha Makanan Internasional Mana yang Akan Kamu Pilih?

Itu dia beberapa rekomendasi peluang usaha makanan internasional yang bisa kamu pilih untuk memulai bisnis di industri kuliner.

Mulai dari Tteokbokki, Samosa, Bakpao, Kebab, Sushi, Singkong Thailand, Ramen, Dimsum, atau Takoyaki.

Sebelum memulai bisnis ini, jangan lupa mengkombinasikannya dengan selera masyarakat Indonesia.

Tujuannya agar daganganmu lebih laris manis dan berpeluang.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis kuliner dan tips bisnis lainnya hanya di lokalsupportlokal.id

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

0
Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

0
Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

0
Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

0
Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

Tips Sukses Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji

0
Peluang Usaha Franchise Teh Tong Tji - Gerai aneka minuman manis yang disajikan dingin selalu menarik minat masyarakat terutama di hari yang terik. Mulai dari bisnis...

Artikel Terkait