Kiat Sukses Manfaatkan Peluang Usaha Konveksi

Peluang usaha konveksi di masa pandemi sekarang ini masih menjadi bisnis yang menjanjikan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sandang yang termasuk kebutuhan primer, peluang usaha konveksi juga beralih memanfaatkan pangsa pasar alat kesehatan dan medis yang sangat dibutuhkan di berbagai rumah sakit maupun puskesmas.

Berbagai produk yang biasanya dihasilkan lewat peluang usaha konveksi ini di antaranya seperti seragam sekolah, seragam kantor, keperluan kampanye, hingga pesanan dari brand-brand fashion yang memerlukan konveksi berkualitas yang diproduksi secara massal.

Saat ini, peluang usaha konveksi tidak hanya sebatas kategori konvensional, tetapi juga merambah ke pembuatan APD (Alat Pelindung Diri) atau hazmat yang menjadi lahan basah bisnis selama pandemi.

Agar bisa menjalankan peluang usaha konveksi yang baik dan menguntungkan, diperlukan beberapa tahapan persiapan dan langkah-langkah strategis agar bisnismu semakin laris.

Setidaknya ada 7 langkah-langkah persiapan untuk menjalankan peluang usaha konveksi yang bisa kamu terapkan:

1. Tentukan Jenis Konveksi yang Akan Kamu Produksi

Langkah awal ini sangat penting bagi kamu yang akan memulai memanfaatkan peluang usaha konveksi.

Tentukan target pasarmu, siapa yang akan kamu sasar? Apakah perusahaan atau perkantoran yang membutuhkan seragam, atau jasa hospitality seperti perhotelan dan cleaning service, atau seragam sekolah? Khusus dewasa, atau anak-anak?

Kamu bisa menentukan secara spesifik berdasarkan target pasar yang akan kamu sasar maupun potensi permintaan tertinggi ada di kelompok mana.

Kamu bisa mempelajari kompetitor dalam persaingan bisnis konveksi dan mulai menentukan strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk digunakan.

Baca juga: 6 Tips Memulai Usaha Fashion Dan Aksesoris Anak Di Masa Pandemi

2. Persiapkan Modal

Modal yang kamu persiapkan harus disesuaikan dengan strategi bisnis usaha konveksi yang mencakup biaya produksi serta promosi.

Jika kamu ingin menjual produk yang ready stock, maka kamu harus menyiapkan modal dalam jumlah besar.

Sedangkan jika kamu memutuskan untuk menjual produk pre-order, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Kamu dapat menggunakan modal sendiri atau dengan cara lain, seperti mengajukan modal untuk pinjaman usaha maupun mencari investor.

Baca Juga: 11 Peluang Usaha Yang Ramah Lingkungan

3. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Tips peluang usaha konveksi selanjutnya yaitu menentukan lokasi usaha yang strategis.

Jika kamu pemula, ada baiknya memanfaatkan ruangan kosong atau garasi di rumah sendiri.

Kamu juga bisa menyewa tempat di lokasi yang strategis, seperti di pinggir jalan raya atau dekat dengan pusat perkantoran dan perbelanjaan agar semakin mudah diakses oleh pembeli.

Baca Juga: Menjanjikan! Peluang Usaha Sewa Perlengkapan Bayi

4. Pilih Supplier Terpercaya

Selanjutnya, peluang usaha konveksi kamu akan semakin sukses ditentukan oleh supplier yang kamu pilih.

Karenanya, pilihlah supplier terpercaya yang sudah berpengalaman dengan jam terbang tinggi di dunia konveksi. Sesuaikan dengan anggaran dan juga strategi pemasaran yang akan kamu lakukan.

Supplier di sini akan membantu kamu memasok bahan-bahan untuk keperluan peluang usaha konveksi, seperti bahan baku, penjahit, mencetak label pakaian, pengemasan, dan sebagainya.

Pertama-tama, pilihlah supplier yang terpercaya dan dekat dengan lokasi usahamu untuk mengurangi biaya distribusi.

Pilih supplier yang juga menyediakan alat dan kebutuhan sablon yang pastinya sangat diperlukan, dan pastikan supplier tersebut memiliki produk yang berkualitas.

Baca Juga: Menjanjikan! Peluang Usaha Sewa Perlengkapan Bayi

5. Pertimbangkan Opsi Business to Business (B2B)

Peluang usaha konveksi kamu akan semakin berkembang pesat jika bekerja sama dengan pelaku usaha lainnya, seperti organisasi, instansi perusahaan maupun pemerintahan yang membutuhkan pasokan konveksi sehari-hari.

Karena orderan biasanya dalam jumlah besar, maka keuntungan yang kamu dapat pun akan semakin meningkat. Bahkan, kamu bisa bekerja sama dengan pelaku usaha konveksi lainnya.

Baca Juga: Pembatasan Mulai Dilonggarkan, Bisnis Uber Berlangsung Pulih

6. Opsi Grosiran Kaos Polos

Ide ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjalankan peluang usaha konveksi tapi terkendala oleh modal yang tipis.

Menjalankan usaha konveksi grosiran kaos polos tanpa sablon ini selain menghemat biaya, juga cukup tinggi peminatnya.

Kamu juga bisa menjual kaos polos dengan brand kamu secara online.

Baca juga: Intip Peluang Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki Dan Tips Suksesnya

7. Gencar Lakukan Promosi

Kalau kamu sudah mantap akan memanfaatkan peluang usaha konveksi ini, langkah selanjutnya adalah promosi.

Lakukan promosi secara gencar, baik secara offline maupun online. Kamu bisa meminta bantuan teman ataupun sanak saudara untuk mempromosikan produkmu di media sosial.

Semakin banyak kamu melakukan strategi marketing dan promosi, peluang usaha konveksimu akan semakin luas dan terbuka lebar.

Memperkuat branding bisnis adalah hal wajib jika kamu ingin memiliki konsumen yang loyal.

Untuk perhitungan modal peluang usaha konveksi, kamu memerlukan biaya sekitar Rp 30 hingga 40 juta.

Biaya ini mencakup membeli peralatan konveksi seperti mesin jahit, mesin obras, mesin dan meja potong, alat jahit, hingga setrika uap.

Sedangkan untuk biaya operasional, kamu akan memerlukan biaya kira-kira Rp 7 hingga 9 juta. Mencakup biaya listrik, bahan baku, gaji karyawan, dan biaya-biaya lainnya.

Keuntungan yang akan kamu peroleh tergantung omzetnya. Misalnya, dalam sehari omzet kamu Rp 1 juta, maka keuntungan per bulan yang akan diperoleh bisa Rp 20 jutaan.

Di masa pandemi ini, yang menjadi tren peluang usaha konveksi adalah pembuatan APD untuk keperluan medis. Dikutip dari Ayo Bandung, salah satu pelaku usaha konveksi di Antapani Bandung, Aziz Abdillah, berhasil menjual hingga ratusan APD sesuai dengan permintaan instansi kesehatan.

Selain APD, dilansir dari Kontan, peluang usaha konveksi lainnya yang tak kalah menjanjikan yaitu bisnis masker kain yang permintaannya semakin meningkat dari hari ke hari.

Dengan membaca kebutuhan pasar serta tren yang sedang berkembang, kamu bisa tetap mendulang keuntungan melalui peluang usaha konveksi di masa pandemi.

Apabila kamu butuh modal usaha tambahan, jangan ragu untuk mengajukan ke KoinWorks, ya!

Dapatkan modal usaha tambahan tanpa syarat rumit mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunganya pun cukup terjangkau, yakni 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Untuk inspirasi bisnis lainnya, temukan di situs #LokalSupportLokalwadah berbagi dukungan untuk para pengusaha UMKM. Selamat mencoba!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait