Peluang Usaha Import Barang dengan Modal Kecil

Semenjak memasuki era globalisasi, peluang usaha import barang menjadi sangat terbuka lebar. Hal inilah yang mendorong para pengusaha di seluruh dunia tertarik untuk melakukan usaha import. Apalagi kini usaha import bisa dilakukan dengan modal awal yang relatif tidak terlalu besar.

Sudah banyak testimoni dari para pengusaha yang berhasil menguasai pasar usaha import. Jadi, tidak heran jika peluang usahanya terus meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, peluang usaha import banyak dilakukan oleh pengusaha dengan mengambil produk-produk buatan China.

Tentu saja ada alasan khusus mengapa produk import China banyak dilirik oleh para pengusaha. Selain peluang pasarnya yang sangat menjanjikan, produk import China juga memiliki kualitas yang tinggi dengan harga yang relatif murah. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa kamu pilih untuk usaha import barang.


Apa itu Import?

Istilah import memang sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha di seluruh dunia, khususnya bagi usaha mereka yang berkaitan dengan perdagangan internasional. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021, import merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean.

Jadi, segala proses pemasukan, baik barang maupun jasa dari luar negeri untuk kemudian diedarkan ke dalam negeri bisa disebut sebagai kegiatan importir. Umumnya negara atau pengusaha yang melakukan pembelian impor dikarenakan barang tersebut tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

Hal inilah yang menjadikan peluang usaha import barang akan terus ada. Adapun jenis barang dari import antara lain adalah barang konsumsi, bahan baku, barang modal, dan juga bahan penolong.


Alasan Negara atau Pengusaha Melakukan Import

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memang terdapat beberapa alasan yang menjadikan sebuah negara atau pengusaha melakukan import. Berikut adalah beberapa alasannya.

  • Negara tidak bisa memproduksi barang tersebut karena tidak adanya ketersediaan bahan baku, keterampilan, dan kondisi lainnya.
  • Meski sebenarnya negara bisa memproduksi barang tersebut sendiri, tetapi biaya yang produksinya akan jauh lebih mahal sehingga akan berpengaruh terhadap harga barang yang juga akan lebih mahal.
  • Negara pengimport bisa menghasilkan barang tersebut secara mandiri, tetapi masih belum cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam negeri.

Baca juga: Intip Peluang Usaha Piyama Kekinian yang Menjanjikan


Manfaat Melakukan Kegiatan Import

Kegiatan import tidak akan terjadi jika tidak mendatangkan manfaat. Dibawah ini adalah beberapa manfaat import yang bisa dirasakan oleh para importir.

  • Masyarakat akan mendapat barang dan/atau jasa yang tidak bisa dihasilkan di dalam negeri;
  • Mendapat pasokan bahan baku yang lebih murah untuk industri dalam negeri;
  • Mendapat teknologi yang lebih modern daripada barang yang diimport;
  • Dapat mengendalikan laju inflasi sebab barang import memiliki harga yang lebih murah;
  • Negara menjadi lebih fokus dalam memproduksi barang dan/atau jasa tertentu.

Peluang Usaha Import Barang

Berkat adanya peluang usaha import barang sejak era globalisasi, banyak pengusaha yang berhasil menuai kesuksesan. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Apalagi kita tidak bisa menampik bahwa usaha import menjadi salah satu sektor bisnis yang menjanjikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari adanya peluang usaha import barang yang perlu kamu ketahui.

1. Mempunyai Kualitas yang Tinggi

Biasanya produk import akan memiliki kualitas yang tinggi. Meski begitu, kamu sebagai pengusaha tentunya tidak boleh sembarangan dalam memilih supplier agar tidak tertipu dengan produk yang tidak berkualitas. Kualitas produk yang tinggi bertujuan agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

2. Mampu Memproduksi Barang dalam Jumlah Banyak

Permintaan pasar yang tinggi membuat banyak negara-negara yang menjadi tujuan importir terbiasa untuk memproduksi barang dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu saja merupakan keuntungan bagi pengusaha import yang ingin memesan barang dengan kuantitas besar.

Kamu juga tidak perlu merasa takut kehabisan stok gudang karena bisanya pabrik manufaktur mempunyai stok produk yang banyak. Dengan memesan dalam jumlah besar, maka harga yang diberikan biasanya akan semakin murah.

3. Mempunyai Banyak Varian Produk

Keuntungan dari adanya peluang usaha import selanjutnya adalah mempunyai banyak varian produk yang bisa kamu pilih untuk kemudian dijual kembali di dalam negeri. Berbagai jenis produk mulai dari pakaian, elektronik, hingga furnitur rumah bisa kamu beli dari supplier.

4. Bisa Menduplikasi Suatu Produk

Apabila kamu merasa kesulitan menemukan produk yang sama di dalam negeri, maka import barang menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena supplier bisa menduplikasi suatu produk berdasarkan permintaan pasar. Kamu cukup mengirimkan contoh produk dan mereka akan segera memproduksinya.


Modal Kecil Bisa Import Barang

Sering kali banyak muncul anggapan bahwa meski peluang usaha import barang sangat besar, namun modal yang dibutuhkan juga besar. Padahal sebenarnya usaha import bisa kamu mulai dengan modal kecil. Hal ini kerap dilakukan oleh para importir pemula yang sedang merintis usaha import barang.

Jika kamu masih bingung bagaimana mengawali usaha importir pemula, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan sebagai seorang importir.

1. Mulai Bisnismu Sendiri

Peluang usaha import barang menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis sendiri. Dengan mengimport suatu barang, maka secara tidak langsung kamu sedang membangun brand bisnis melalui toko online milikmu.

2. Investasi dengan Modal kecil

Usaha import bisa kamu mulai dengan modal kecil. Cukup investasikan sebagian uang kamu miliki sebagai modal awal merintis usaha import barang. Jangan ragu untuk melakukan riset tentang cara mengimport barang tanpa melalui birokrasi yang panjang untuk menekan biaya modal.

3. Jangan Pedulikan tentang Pengalaman

Tidak masalah jika kamu belum memiliki pengalaman bisnis di bidang import. Hal ini karena sejatinya tidak ada panduan khusus untuk memulai usaha ini. Jadi, meski hanya seorang pemula, namun kamu tetap bisa membangun usaha import dengan memanfaatkan berbagai situs website yang tersedia.

4. Mulai Buat Toko Online

Biasanya importir pemula yang sedang merintis usahanya secara tidak langsung akan mulai membuka toko online dengan brandnya sendiri. Kini sudah banyak platform yang bisa kamu manfaatkan sebagai toko online dan melakukan pemasaran secara digital ke berbagai sosial media.

5. Jangan Takut untuk Ambil Resiko

Sering kali para importir pemula merasa takut dengan kemungkinan resiko yang besar. Padahal sebenarnya kamu tidak boleh takut. Modal kecil yang kamu investasikan pada awal merintis bisa jadi mendatangkan keuntungan yang besar jika kamu berani untuk mengambil resiko.

Baca juga: Kiat Sukses Manfaatkan Peluang Usaha Konveksi


Tips Sukses Import Barang

Setelah menyimak penjelasan tentang peluang usaha import barang di atas, tentu mungkin kamu merasa semakin tertarik untuk menjadi seorang importir. Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk bisa sukses dalam memanfaatkan peluang usaha import sekarang ini?

Untuk kamu yang tertarik dan penasaran, berikut ini adalah beberapa tips sukses import barang yang wajib kamu ketahui.

1. Lakukan Riset Produk dan Pasar

Sebelum melakukan usaha import barang, terlebih dahulu kamu harus melakukan riset terkait produk yang akan dijual dan juga target pasar yang diinginkan. Dengan melakukan riset, maka kamu akan tahu produk apa yang konsumen butuhkan dan juga alasannya.

2. Mencari Penjual dengan Tawaran Harga Terbaik

Setelah mengetahui produk yang akan kamu jual, selanjutnya kamu bisa mulai mencari penjual yang menawarkan harga terbaik. Biasanya supplier akan memberi harga terbaik dan kompetitif sehingga kamu perlu selektif dalam memilih penjual. Jangan ragu membandingkan beberapa situs untuk mendapatkan harga terbaik.

3. Menjadikan Toko Online sebagai Pasar Usaha Import Utama

Tips selanjutnya adalah menjadikan toko online, seperti platform media sosial sebagai pasar utama yang kamu gunakan untuk menjual barang. Dengan begitu, maka kamu akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang membutuhkan barang yang sama seperti produk kamu. 

4. Buat Tanda Pengenal Importir

Setiap importir wajib membuat tanda pengenal importir sebagaimana yang terdapat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014. Tanda pengenal ini bisa kamu daftarkan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dengan begitu, maka kamu akan bisa melakukan usaha import secara legal.


Tertarikkah Kamu untuk Mencoba Bisnis Import Barang?

Demikian penjelasan seputar peluang usaha import barang yang kini sedang marak dilakukan oleh para pengusaha. Peluang pasar yang sangat besar membuat pengusaha tidak ingin melewatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi permintaan masyarakat dalam negeri terhadap suatu produk juga cukup tinggi.

Jadi, apakah kamu tertarik menjadikan peluang usaha import barang ini sebagai sektor bisnis yang menjanjikan?


Temukan berbagai ide bisnis, tips binis dan strategi bisnis lainnya hanya di LokalSupportlokal.id.

Baca juga: 

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait