Peluang Usaha Dagang Beras dan Tips Sukses Jualan

“Orang Indonesia tidak bisa makan tanpa nasi!” Kalimat tersebut pasti sering kamu dengar bukan? Jika kamu memiliki jiwa bisnis, kalimat tersebut akan membuka mata kamu bahwa peluang usaha dagang beras di Indonesia sangat menguntungkan.

Nasi merupakan makanan pokok bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya, hal ini akan membuat masyarakat Indonesia akan selalu membeli beras untuk mencukupi kebutuhan pokok mereka sehari-hari. Sayangnya, peluang bisnis beras ini tidak terlalu dilirik oleh pebisnis muda karena bisnis ini terlihat kuno dan terlalu tradisional.

Masih tidak percaya bahwa bisnis ini menguntungkan? Jika iya, maka kamu harus membaca sampai tuntas artikel ini supaya kamu paham berapa banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam mendagangkan beras.


Peluang Usaha Dagang Beras di Indonesia

Jika melihat dari laman Dukcapil, jumlah penduduk di Indonesia per Juni 2021 adalah sebanyak 272.229.372 jiwa. Untuk total penduduk di Jakarta saja sudah mencapai 11,5 juta jiwa per Juni 2021 dan jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya.

Coba kamu bayangkan, 11.5 juta jiwa tersebut membutuhkan nasi sebagai makanan pokok mereka. Seperti yang kita tahu, dalam kawasan 1 RW saja memiliki minimal 3 RT dan paling banyak adalah 10 RT. 1 RT saja memiliki rata-rata 10 KK (Kartu Keluarga). Jika kamu memiliki 1 toko beras di 1 RT saja, setidaknya kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari 10 KK tersebut.

Modal yang Dibutuhkan

Namun, berapakah modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis dagang beras ini? Ini semua tergantung dari skala usaha yang ingin kamu jalani. Apakah kamu ingin membuka warung beras dalam skala kecil, menengah, atau besar seperti agen beras. Setiap skala bisnis membutuhkan modal yang berbeda-beda. Berikut adalah rincian modal usaha beras dalam skala kecil:

Lokasi Usaha

Lokasi menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis kamu. Semakin strategis lokasi bisnis kamu, semakin banyak pula potensi pelanggan yang bisa kamu raih. Dengan memilih lokasi bisnis di tempat keramaian dan mudah dijangkau oleh pembeli dan dilihat oleh orang-orang sekitar, maka akan semakin banyak pelanggan yang akan mengunjungi toko kamu.

Namun, untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis seperti itu setidaknya kamu membutuhkan modal sebanyak 20 juta untuk menyewa ruko. Tapi jika kamu tidak memiliki dana sebanyak itu, kamu bisa membuka warung kecil yang berada di depan rumah kamu dengan modal 2 juta untuk membangun warung kecil.

Stok Beras

Sebelum menentukan stok beras, kamu perlu tahu jenis beras yang ideal dengan target pasar kamu. Jika daerah perumahan kamu merupakan perumahan elit, maka setidaknya kamu harus menyediakan beras pandan wangi atau setra ramos. Namun, jika daerah rumah kamu merupakan kalangan kecil-menengah, sediakan beras dengan jenis setra ramos dan beras rojolele yang cukup terjangkau.

Perkiraan harga beras setra ramos dalam ukuran 10 KG adalah Rp.100.000. Setidaknya, kamu harus menyediakan stok beras sebanyak 20 karung atau 20 KG untuk memenuhi permintaan di daerah kamu. Jadi, modal untuk persediaan beras adalah Rp.200.000 x 20 karung beras = Rp.4.000.000.

Biaya Telepon dan Listrik

Toko kamu pasti memerlukan tenaga listrik dan telepon untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan pemasok. Jadi, kamu harus pastikan menyediakan modal untuk kedua hal ini.

Setidaknya, listrik untuk warung ukuran kecil akan menghabiskan biaya Rp.100.000 per bulan. Sedangkan untuk biaya telepon, kamu bisa menyisihkan Rp.100.000.

Biaya Transportasi

Dalam berbisnis beras, setidaknya kamu akan membutuhkan kendaraan untuk membawa beras yang kamu beli dari pemasok. Sebenarnya, stok beras ini bisa kamu pesan secara langsung ke pemasok, kemudian pemasok akan mengirimkan beras tersebut ke alamat warung beras kamu.

Biasanya, biaya pengiriman barang tersebut tidak termasuk dengan biaya beli beras, jadi perkirakan biaya pengiriman beras tersebut adalah Rp.50.000 dalam sekali jalan. Jika kamu akan memesan beras 4 kali dalam sebulan, maka kamu harus menyiapkan dana Rp.200.000 untuk satu bulan.

Namun, jika kamu memiliki kendaraan pribadi yang bisa kamu gunakan untuk mengangkut beras, kamu bisa alihkan uang tersebut untuk mengisi bensin kendaraan pribadi kamu. Tentunya biaya yang akan kamu keluarkan akan jauh lebih murah.

Biaya Tidak Terduga

Bisnis apapun pasti memiliki pengeluaran tidak terduga. Jadi pastikan kamu memiliki dana tidak terduga 10% dari total modal yang kamu miliki.

Contoh biaya tidak terduga:

Sewa Ruko = Rp.2.000.000

Stok Beras = Rp.4.000.000

Telepon dan listrik = Rp.200.000

Transportasi = Rp.200.000

Total = Rp.6.400.000

Maka biaya tidak terduga (+10%) adalah sebesar Rp.640.000.


Perkiraan Keuntungan Peluang Usaha Dagang Beras

Setelah mengetahui peluang usaha dagang beras, mari kita bahas perkiraan keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Sekarang kamu bayangkan, dalam 1 RW memiliki minimal 3 RT, bukan? Dalam 1 RT setidaknya memiliki 30 kepala keluarga yang berbeda. Ini berarti, kamu memiliki peluang mendapatkan 30 pelanggan tetap yang akan membeli beras di warung kamu.

Anggap saja dalam 1 keluarga membutuhkan 10 KG beras untuk kebutuhan makanan pokok selama sebulan. Kamu menjual beras 10 KG dengan harga Rp.110.00 dengan keuntungan Rp.10.000 maka kamu kalikan dengan 30 pelanggan yang berpotensi membeli beras di warung kamu, maka keuntungan yang kamu dapatkan adalah Rp.300.000.

30 pelanggan tetap itu hanya perkiraan saja. Namun jika kamu memiliki sebuah usaha agen beras yang dimana kamu memiliki stok beras dalam jumlah banyak dengan banyak variasi, maka keuntungan penjualan kamu bisa lebih dari Rp.300.000 sebulan.

Coba kamu bayangkan saja ada berapa banyak rumah makan yang tersebar di dalam 1 RW, setidaknya pasti memiliki 10-20 rumah makan yang berbeda-beda bukan? Rumah makan tersebut juga membutuhkan beras untuk disajikan kepada pelanggan mereka. Tentunya, rumah makan akan membeli beras dalam jumlah yang lebih banyak, dan kamu akan memiliki keuntungan yang lebih besar juga.

Belum lagi kamu melebarkan bisnis kamu dengan membuka toko online di platform marketplace. Akan semakin banyak pula pelanggan yang akan membeli beras di toko kamu.

Jadi kamu sudah percaya bukan bahwa peluang usaha dagang beras sangat menguntungkan? Tapi, dalam menjalankan bisnis ini tidak semudah yang kamu pikirkan. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan supaya usaha dagang beras kamu dapat berjalan dengan baik.


Tips Sukses Jualan Usaha Dagang Beras

Memilih Supplier Beras dengan Kualitas Baik

Ini merupakan faktor utama dalam berbisnis. Tidak memiliki produk dengan kualitas yang baik akan merusak bisnis kamu. Tidak akan ada pelanggan yang akan membeli produk kamu secara berkala, kecuali jika mereka merasa terpaksa.

Jangan terlalu memikirkan keuntungan yang berlebihan dengan menjual beras dengan kualitas tidak bagus, tapi pikirkanlah dengan menyediakan beras dengan kualitas yang baik sehingga pelanggan merasa nyaman dan percaya dengan kualitas beras yang kamu dagangkan.

Jadi, carilah produsen beras yang memang dikenal menyediakan beras dengan banyak variasi dan juga memiliki kualitas terbaik.

Tentukan Jenis Beras

Jika kamu memiliki modal yang besar, menyediakan berbagai jenis beras di toko kamu merupakan hal yang bagus. Tapi, jika kamu memiliki modal usaha yang terbatas, maka tentukanlah jenis beras yang paling banyak di beli oleh masyarakat Indonesia.

Berikut adalah daftar jenis beras yang paling populer di Indonesia

  • Beras Pandan Wangi

Beras pandan wangi adalah beras yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena beras ini memiliki aroma yang wangi dibandingkan dengan jenis beras putih lainnya. Selain aromanya yang wangi, beras pandan wangi juga memiliki tekstur yang sangat pulen dan manis. Namun, harga pasar beras ini terbilang sedikit lebih mahal daripada jenis beras putih lainnya.

  • Setra Ramos

Jenis beras terfavorit selanjutnya adalah Setra Ramos atau yang biasa dikenal oleh masyarakat dengan IR 64. Beras ini menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada beras pandan wangi. 

Namun, ada harga ada rupa juga, beras ini tidak memiliki aroma wangi seperti beras pandan. Tetapi, beras ini terbilang cukup pulen dan gurih sehingga beras ini sangat layak untuk dikonsumsi oleh siapapun. Satu hal yang harus kamu ketahui mengenai beras ini adalah daya tahan kualitas beras ini sangat cepat, yakni hanya 3 bulan saja.

  • Beras Rojolele

Selanjutnya ada beras rojolele yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beras ini memiliki bentuk bulat memanjang dan terdapat bagian yang memiliki warna seputih susu dan sebagian tempat tidak bening. Tekstur beras ini terbilang cukup pulen dan sedikit memiliki aroma harum saat masak.

  • Beras IR 42

Jenis beras paling populer terakhir adalah Beras IR 42 yang memiliki bulir kecil dan tekstur yang sedikit keras dan kering. Karena itulah, beras ini sering digunakan untuk membuat nasi goreng, nasi uduk, atau ketupat karena memiliki tekstur yang keras.

Manfaatkan Google My Business

Kalau zaman dulu, masyarakat selalu bertanya kepada tetangga atau orang-orang yang berada di sekitarnya. Kalau sekarang, masyarakat lebih sering mengandalkan Google untuk mencari informasi apapun, termasuk juga bisnis kamu.

Dengan menggunakan fitur Google My Business, kamu bisa mendapatkan peluang pelanggan yang jauh lebih besar. Selain itu, dengan adanya fitur reviews atau ulasan akan membantu menaikkan peringkat dan kepercayaan bisnis kamu di mata calon pelanggan.

Tempat Penyimpanan Beras

Hal penting yang harus kamu ketahui saat membuka usaha dagang beras adalah mereka sangat rawan terhadap kutu. Jadi, siasat untuk menjaga kualitas beras dagangan kamu tetap baik adalah dengan rajin membersihkan tempat penyimpanan beras dengan menjaganya tetap kering dan tidak lembab.

Manajemen Keuangan

Faktor keberhasilan menjalankan bisnis yang keberlangsungan adalah manajemen keuangan yang baik, terutama untuk bisnis yang baru. Banyak bisnis baru yang langsung pailit karena tidak memiliki manajemen keuangan yang baik. Alhasil, bisnis yang mereka jalankan hanya bertahan beberapa bulan saja tanpa mendapatkan balik modal.

Untuk itulah, kamu harus mempelajari cara mengatur keuangan bisnis kamu mulai dari menghitung pemasukan, pengeluaran, stok beras, kerugian, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu akan mengetahui berapa keuntungan yang kamu dapatkan dalam sebulan.

Kesimpulan

Jadi bagaimana? Peluang usaha dagang beras cukup menjanjikan bukan? Kamu bisa mengembangkan strategi bisnis dagang beras ini dengan versi kamu sendiri. Semoga bisnis kamu berhasil!


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga: 

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait