Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang dan Tips Sukses

Salah satu bisnis yang cukup populer belakangan ini adalah bisnis ikan cupang. Peluang usaha budidaya ikan cupang ini memang cukup bisa mendatangkan banyak keuntungan. Salah satu alasannya adalah karena cara budidaya ikan cupang yang termasuk mudah.

Pemilihan bisnis ikan cupang sendiri bukan tanpa alasan. Karena prosesnya yang mudah, sehingga sebagian orang menjadikan bisnis ini untuk bisnis sampingan. Bisnis ini juga cukup naik popularitasnya terutama di masa pandemi Covid-19.


Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang 

Jika berbicara masalah peluang, setidaknya ada beberapa alasan mengapa bisnis ini cukup bisa kamu andalkan. Berikut ini beberapa alasan yang membuat peluang dari bisnis ikan cupang ini cukup menjanjikan, yaitu:

1. Pemeliharan yang Mudah

Salah satu alasan mengapa bisnis ini cukup menjanjikan adalah karena cara budidaya ikan cupang yang mudah. Proses perawatannya sendiri tidak membutuhkan banyak biaya, sehingga akan sangat menguntungkan.

Hal terpenting ketika merawat ikan cupang, yaitu memperhatikan masalah makanan dan juga kebersihan air. Selama makanannya teratur dan kebersihan air bisa dijaga secara rutin, maka sebenarnya proses perawatan sudah kamu lakukan dengan baik.

2. Harga yang Terjangkau

Peluang usaha budidaya ikan cupang juga cukup menjanjikan jika dilihat dari sisi harga. Perlu kamu ketahui, bahwa harga ikan ini mulai dari puluhan ribu hingga mencapai jutaan rupiah. Range harga inilah yang cukup menguntungkan bagi para pembudidayanya.

Di lain sisi, bisnis ini juga memiliki peluang ekspor yang cukup tinggi. Sudah sangat banyak contoh bisnis ikan cupang yang bisa diekspor ke luar negeri. Peluang bisnis inilah yang tentunya menjadi idaman bagi para pelaku budidaya.

3. Peluang Usaha Budidaya yang Cukup Menjanjikan

Peminat ikan hias yang satu ini cukup banyak. Mulai dari yang membeli sekedar untuk hiasan sampai yang membeli untuk meredakan stres. Sehingga, sudah bisa kamu perkirakan jika pasar ikan yang satu ini memang cukup menjanjikan.

Pasar dan peminat yang cukup ramai ini juga yang menjadi alasan dan juga peluang usaha budidaya ikan cupang yang cukup menjanjikan. Semakin ramai peminatnya, tentu akan semakin baik untuk bisnis

4. Memiliki Banyak Jenis dan Ragam

Berkaitan dengan jumlah peminatnya yang banyak, ikan cupang juga memiliki banyak jenis dan ragam. Dilihat dari jenisnya, semakin banyak jenis ikan tentunya juga akan semakin banyak menarik minat konsumen, terutama untuk para kolektor.

Di lain sisi, ikan ini juga memiliki banyak pilihan warna yang indah dan mencolok. Sebagai ikan hias, ikan cupang memang memiliki keunikan tersendiri dalam masalah ini. Inilah alasan mengapa peminat ikan ini cukup banyak.


Berapa Modal yang Diperlukan?

Berbicara soal peluang bisnis budidaya ikan cupang, maka hal pertama yang akan kamu pikirkan adalah masalah modal. Satu hal yang pasti, bisnis ikan cupang ini sendiri tidak membutuhkan banyak modal. Berikut rincian modal yang perlu kamu persiapkan untuk memulai bisnis ikan yang satu ini:

1. Modal Awal

Modal awal ini merupakan hal yang benar-benar perlu kamu siapkan ketika baru akan memulai budidaya ikan cupang. Beberapa hal dari modal awal ini biasanya hanya akan kamu beli sekali dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Adapun hal yang akan termasuk modal awal, yaitu:

  • Bibit ikan dan indukan seharga Rp 300.000
  • Akuarium atau tempat budidaya ikan dengan harga Rp 400.000

Bibit ikan akan menjadi modal awal yang kamu perlukan. Pastikan kamu mendapatkan bibit unggul agar bisnis ikan cupang ini berjalan lancar. Selain itu, untuk masalah tempat budidaya, maka kamu bisa menyesuaikan ukurannya dengan jumlah bibit yang akan kamu budidayakan.

Estimasi biaya sebenarnya tergantung pada kondisi dan kualitas yang kamu pilih. Karena semakin baik kualitas bibit ikan tentunya akan semakin mahal. Perhitungan ini juga akan berlaku untuk jumlah bibit yang akan kamu beli nantinya.

2. Modal Operasional

Selain modal awal, ketika akan melakukan budidaya ikan cupang yang benar, maka kamu juga akan membutuhkan modal operasional. Berbeda dari modal awal yang sifatnya sekali untuk waktu yang lama, maka modal operasional ini sifatnya rutin dan berulang.

Beberapa contoh untuk modal operasional yang akan kamu butuhkan antara lain:

  • Pakan Ikan per bulan kurang lebih Rp 200.000
  • Vitamin per bulan kurang lebih Rp 300.000
  • Biaya pembersihan akuarium Rp 200.000

Contoh di atas merupakan biaya yang perlu kamu keluarkan secara rutin nantinya. Misalnya, satu bulan sekali.


Tahapan Memulai Usaha Budidaya Ikan Cupang

Supaya bisa memaksimalkan peluang usaha bisnis ikan cupang ini, maka ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan. Beberapa tahapan tersebut antara lain:

1. Menyiapkan Tempat

menyiapkan tempat
source: Youtube Channel CapCapung

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam cara budidaya ikan cupang adalah menyiapkan tempat untuk ikan cupang tersebut. Cupang ini termasuk ikan yang cukup mudah perawatannya, sehingga untuk masalah tempat, bahkan kamu bisa menggunakan botol bekas atau akuarium kecil.

2. Persiapan Breeding

persiapan breeding
source: Youtube Channel CapCapung

Hal lainnya yang juga perlu kamu siapkan adalah tempat untuk breeding atau indukan. Kamu bisa menggunakan ember untuk tempat indukan. Ini merupakan tempat minimal yang bisa kamu gunakan, semakin besar tempatnya, tentunya akan semakin baik. Karena menyesuaikan ukuran indukan yang akan semakin besar.

Selain masalah tempat, hal lain yang juga perlu kamu siapkan adalah masalah pakan. Sebaiknya, berikan pakan ikan sebanyak 3 kali sehari. Kamu bisa menggunakan jentik nyamuk sebagai pilihan untuk pakan ikan ini.

3. Proses Pembesaran

proses pembesaran
source: Youtube Channel CapCapung

Setelah dari proses breeding, jika prosesnya lancar, maka kurang lebih dalam waktu 2 minggu maka sudah akan banyak telur ikan yang dihasilkan. Setelah anak ikan atau burayak tersebut lahir, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke proses pembesaran.

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan burayak tadi dari tempat indukan ke kolam pembesaran. Pindahkan secara perlahan, karena burayak ini masih berukuran kecil. Pada prosesnya, biarkan indukan ikut ke kolam pembesaran, setidaknya sampai usia anak ikan mencapai 2 minggu.

Dalam proses pembesaran ini, maka perhatikan juga jumlah anak ikan dalam satu tempat. Sebaiknya, jika jumlah anak ikan cukup banyak, maka bisa dibagi ke beberapa tempat. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masalah kebersihan tempat pembesaran dan juga pakan.

4. Grooming Ikan

grooming ikan
source: Youtube Channel CapCapung

Setelah proses pembesaran, maka tahapan selanjutnya adalah proses grooming. Pada proses ini, biasanya kamu akan memilih ikan-ikan yang berpotensi menjadi ikan yang bagus, sehingga bisa menjadi peluang usaha budidaya ikan cupang yang menjanjikan.

Proses grooming sendiri bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, kamu bisa melakukannya di toples ataupun ember. Proses grooming sendiri caranya adalah dengan memasukan ikan ke dalam ember, lalu tempat tersebut akan diberi batas untuk memasukan ikan lain sebagai lawan. 

Cara ini akan membantu memaksimalkan warna ikan. Pada proses ini juga biasanya kamu akan membutuhkan bantuan obat. Selain itu, proses penggantian air juga perlu kamu perhatikan. Usahakan mengganti air secara rutin.


Tips Sukses Usaha Budidaya Ikan Cupang 

Peluang usaha budidaya ikan cupang ini memang dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Namun, untuk mendapatkan keuntungan tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisnis ikan cupang ini sukses. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Menyiapkan Rumah untuk Ikan Cupang

Meskipun termasuk mudah, namun cara budidaya ikan cupang yang benar tetap harus memperhatikan masalah tempat budidaya. Kebutuhan tempat ikan cupang memang cukup dengan akuarium, namun dalam hal ini masalah ukuran akan menjadi penting.

Ukuran tempat yang terlalu kecil, terutama dengan jumlah ikan yang banyak akan membuat air menjadi cepat kotor. Walaupun ikan cupang mampu bertahan di tempat yang agak kotor, namun membiarkan tempat budidayanya kotor bukanlah pilihan yang baik. 

Oleh sebab itu, kamu perlu memindahkan sebagian ikan ke tempat lain jika sudah terlalu banyak di satu wadah atau kamu bisa mengganti wadah dengan yang lebih besar.

2. Menyiapkan Peralatan Budidaya

Salah satu kesalahan banyak orang ketika memanfaatkan peluang bisnis budidaya ikan cupang adalah tidak menggunakan peralatan dengan benar. Salah satu contohnya adalah pembiakan ikan pada akuarium biasa.

Perihal akuarium saja misalnya, khusus untuk pembiakan maka kamu akan memerlukan beberapa alat. Beberapa contohnya seperti pemanas, filter air, dan pompa. Selain itu, kamu juga perlu memastikan jika air tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Menyiapkan Indukan 

Ini merupakan salah satu langkah penting dalam cara budidaya ikan cupang. Bisa dibilang, keberhasilan pengembangbiakan ikan cupang akan sangat tergantung dari jenis pemilihan indukan. Karena kualitas dari indukan akan sangat menentukan hasil yang akan kamu dapatkan.

Pastikan untuk tidak membeli indukan ini dari sembarang tempat. Setidaknya, ketahui hal tentang genetika dari indukan tersebut. Salah satu cara untuk mendapatkan indukan yang baik adalah dengan mendapatkannya dari breeder yang memiliki reputasi baik juga.

4. Perhatikan Kualitas Air

Hal lain yang juga sangat penting untuk bisa memaksimalkan peluang bisnis budidaya ikan cupang adalah dengan memperhatikan kualitas air. Pastikan selain kebersihan, kondisi dan suhu air juga harus tetap terjaga.

Khusus urusan kebersihan, ikan cupang memang cukup bisa bertahan di lingkungan yang kurang bersih. Namun, sebaiknya kamu tidak membiarkan tempat budidayanya tampak kotor.

Selain itu, ikan cupang merupakan ikan yang berasal dari daerah tropis. Inilah yang menjadi alasan mengapa suhu air ketika memelihara ikan cupang perlu kamu perhatikan. Membiarkan ikan cupang dalam suhu air yang terlalu dingin juga akan mempengaruhi kualitas budidayanya.

5. Pemberian Nutrisi Tambahan

Tips terakhir yang tidak bisa terlewatkan ketika melakukan budidaya ikan cupang adalah pemberian nutrisi. Penting untuk kamu perhatikan adalah memastikan kebutuhan makan ikan tersebut tercukupi.

Baru setelahnya, kamu bisa memberikan nutrisi tambahan .Sebenarnya, untuk masalah nutrisi ini bisa sekaligus kamu berikan dalam makanan tersebut. Sebaiknya, pilih pakan ikan yang juga mengandung nutrisi tambahan yang cukup tinggi.


Tertarik untuk Memulai Usaha Budidaya Ikan Cupang?

Setelah menyimak semua penjelasan tentang peluang usaha budidaya ikan cupang di atas, maka cukup terlihat jelas jika bisnis ikan cupang merupakan usaha yang menguntungkan. 

Selain jumlah peminatnya yang cukup banyak, alasan lainya adalah karena cara budidaya ikan cupang yang cukup mudah.


Temukan berbagai informasi dan tips bisnis lainnya hanya di LokalSupportLokal.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait