Cara Usaha Barang Elektronik dan Tips Suksesnya

Salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cukup cerah adalah usaha barang elektronik. Ini merupakan salah satu bisnis dengan jumlah konsumen yang terus bertambah namun penjualnya tidak banyak bertambah. Selain itu, modal usaha elektronik juga tidak sebesar yang kamu pikirkan.Tips usaha elektronik juga tidak jauh berbeda dengan usaha lainnya.

Hanya saja untuk usaha elektronik ini mungkin kamu akan membutuhkan data pasar yang cukup spesifik. Hal ini karena orang yang sama belum tentu membeli barang elektronik dalam waktu yang berdekatan.


Peluang Usaha Barang Elektronik

Jika berbicara masalah peluang usaha barang elektronik, maka usaha ini cukup memiliki prospek yang menjanjikan. Dalam banyak hal, bisnis ini memang menyimpan banyak keuntungan. Setidaknya, ada beberapa hal yang membuat peluang usaha ini cukup baik, seperti:

1. Omset yang Besar

Peluang usaha barang elektronik yang terbaik datang dari omsetnya yang cukup besar. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika konsumen dari barang elektronik ini selalu tumbuh dari waktu ke waktu. Hal ini akan berkaitan dengan kebutuhan tiap orang yang selalu berubah.

Terutama ketika muncul barang elektronik versi terbaru, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan. Momentum ini juga bisa menjadi waktu di mana kamu mendapatkan keuntungan yang berlipat

Selain itu, variasi usaha barang elektronik juga terbilang cukup banyak. Jika modal usaha elektronik kamu terbatas, maka kamu bisa mencoba berjualan komponen elektronik. Variasi lain yang juga bisa kamu lakukan seperti jual beli barang elektronik secara kredit, jua beli barang elektronik  baru dan bekas, sampai jasa service barang elektronik. Jika modal usaha elektronik yang Anda punya cukup besar, maka semua variasi tadi bisa Anda gabung dalam satu lini usaha.

2. Persaingan yang Belum Begitu Ketat

hal lain yang juga membuat peluang usaha barang elektronik ini cukup menjanjikan adalah level persaingan yang belum begitu ketat. Hal ini memang tidak berlaku di semua tempat. Contohnya, di daerah perkotaan mungkin persaingannya sangat ketat. Namun jika Anda sedikit bergeser ke daerah sub-urban atau pedesaan maka persaingan bisa menjadi sedikit lebih longgar. Inilah tempat yang bisa Anda jadikan peluang bisnis dengan baik

3. Risiko Kecil

Selama tidak ada kerusakan maka barang elektronik tersebut bisa Anda jual. Hal ini akan memperkecil resiko kerugian yang bisa kamu alami. Bahkan, jika sudah muncul versi terbaru, bukan berarti versi yang lama sudah tidak bisa Anda jual. Versi lama tetap akan memiliki peminat, itu artinya versi yang lama pun tetap bisa Anda jual.

4. Pangsa Pasar yang Luas

Jika dikaitkan dengan jumlah konsumen yang selalu meningkat, dan persaingan yang belum terlalu ketat. Maka kedua hal tersebut akan membuat pangsa pasar dari usaha barang elektronik ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Hal ini juga diperkuat dengan fakta jika akan selalu ada orang yang membutuhkan barang elektronik baru.


Modal yang Diperlukan

Modal merupakan hal penting yang harus selalu Anda perhatikan ketika sedang berbisnis apapun. Masalah modal ini yang akan menentukan seberapa besar usaha yang akan Anda punya untuk pertama kal. Yang perlu kamu perhatikan juga adalah modal untuk usaha elektronik ini akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Faktor pembedanya juga karena banyak hal. Dari mulai skala usaha yang mungkin berbeda sampai jenis dan barang yang akan dijual. Untuk perkiraan, berikut adalah beberapa hal yang Anda perlukan dan perkiraan jumlah uang yang Anda perlukan

  • Pembelian barang untuk Stok awal Kurang lebih 100 juta (nilai akan tergantung jenis usaha yang Anda ambil dan banyak barang untuk stok awal)
  • Etalase toko sekitar 3 Juta
  • Sewa lokasi usaha sekitar 15 juta per tahun
  • Renovasi tempat usaha 15 Juta 
  • Biaya Perawatan 2 Juta per bulan
  • Gaji karyawan untuk satu orang 3 Juta per bulan

Nilai yang ada di atas adalah nilai estimasi. Artinya, nilainya mungkin akan berbeda ketika Anda mencoba melakukannya. Akan ada banyak faktor yang membuat nilai tersebut akan berbeda.


Perkiraan Keuntungan Usaha Barang Elektronik

Jika berbicara masalah keuntungan, maka bisnis ini termasuk lumayan menguntungkan. Meski demikian, agak sulit untuk memprediksi nilai keuntungannya. Terutama jika Anda mengharapkan balik modal, maka biasanya usaha barang elektronik ini membutuhkan waktu yang sedikit lama. Hal ini karena modal usaha elektronik yang Anda keluarkan juga cukup besar.

Namun yang pasti, dengan melihat pertumbuhan konsumen tiap waktu, maka usaha ini semakin menjanjikan. Apalagi jika Anda bisa melakukan peningkatan usaha. Selain itu, optimalisasi dari variasi usaha yang Anda lakukan juga cukup penting.

MIsalkan, Anda menjual barang elektronik, maka daripada menjual dengan cash maka Anda bisa bekerja sama dengan penyedia layanan kredit agar barang yang Anda jual juga bisa dibeli dengan cara angsuran. Cara ini juga bisa meningkatkan penjualan dengan cepat dan tentuntu bisa menaikan keuntungan yang akan Anda dapatkan.


Tips Sukses Usaha Barang Elektronik

Setelah banyak hal tentang modal usaha barang elektronik dan bagaimana prospek keuntungannya, ada beberapa hal juga yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis ini. Nantinya, hal-hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Hal ini juga termasuk tips usaha elektronik yang bisa Anda lakukan, seperti

1. Lokasi Usaha

Lokasi usaha akan benar-benar memainkan peran penting dalam usaha barang elektronik ini. Tentunya Anda harus memiliki lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan aksesnya sangat mudah, Membuka toko di pinggir jalan raya merupakan salah satu langkah yang tepat.

2. Memberikan Banyak Pilihan Brand

Selain jenis barang elektronik yang Anda jual, masaah yang juga menjadi hal yang sangat penting. Ada banyak orang yang sangat identik dengan brand tertentu, namun ada juga orang yang tidak peduli dengan brandnya, asalkan sesuai dengan keinginan dirinya maka akan langsung dibeli.

Inilah mengapa menyediakan pilihan banyak brand menjadi penting dalam usaha barang elektronik. Selain tersedia banyak pilihan, cara ini juga bisa menunjukan jika toko Anda cukup lengkap.

3. Perhatikan Faktor Harga Jual

Selain fitur, harga jual juga merupakan tips usaha elektronik yang penting dalam usaha barang elektronik saat ini. Banyak orang membeli barang elektronik dengan memperhatikan masalah harga sebagai hal yang mereka lihat pertama. Orang seperti ini tidak akan peduli dengan brand dan fitur, asalkan harganya masuk dengan keinginan dia maka akan langsung dibeli.

Dalam hal ini maka toko elektronik juga harus memberikan harga yang bisa bersaing. Yang menarik, harga barang elektronik ini biasanya sudah bisa dicek di internet. Sehingga konsumen biasanya sudah memiliki angka patokan berapa harga barang yang dibelinya. Anda juga bisa menjadikan hal ini sebagai cara untuk menetapkan harga jual.

4, Menyediakan Fasilitas kredit dan Tunai

Sebagian orang mungkin akan membeli dengan cara tunai. Namun banyak orang yang juga merasa butuh barang elektronik namun tidak bisa membeli dengan tunai. Di sinilah peran fasilitas pembayaran cicilan akan sangat diperlukan. Nantinya konsumen bisa mendapatkan barang nya yang ia mau dengan mudah,

Anda sebagai penjual juga bisa menjual barang Anda dengan lebih mudah, bahkan mungkin lebih cepat. Cara ini juga menjadi keuntungan dan bisa menambah keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

5. Menambah Variasi Usaha

Jika sebelumnya usaha barang elektronik Anda hanya sekitar jual beli, mungkin Anda bisa memikirkan untuk membuka jasa service atau jual komponen. Cara ini juga dinilai cukup efektif untuk menaikan nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, dengan menambah variasi usaha ini juga bisa menunjukan jika usaha yang Anda lakukan ini mengalami progres yang nyata.

6. Lakukan Promosi

Ini juga merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin usaha Anda makin dikenal.Melakukan promosi adalah hal wajib untuk Anda lakukan. Saat ini sendiri ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan kegiatan promosi ini.


Tertarik Membuka Usaha Elektronik?

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mulai tertarik untuk membuka usaha barang elektronik. Satu yang perlu Anda pertimbangkan adalah masalah ketersediaan pasar dan juga saingan. Bisnis ini biasanya hanya akan berkembang ketika And berjualan di daerah dengan kelas menengah ke atas. Di beberapa tempat, di mana arang elektronik bukanlah kebutuhan maka bisnis ini mungkin belum bisa berkembang.

Namun, ketika bisa mendapatkan tempat yang pas, maka usaha barang elektronik yang Anda buka ini bisa saja mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Bahkan mungkin bisa berkembang dengan sangat cepat.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Baca juga:

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait