Peluang Bisnis Subway, Restoran Sandwich yang Sering Muncul di Drama Korea

Peluang Bisnis Subway – Sandwich memang bukan makanan utama di Indonesia, tapi cukup banyak yang menggemarinya. Kabar baiknya, restoran sandwich asal Amerika, Subway, akan membuka cabang mereka di Indonesia.

Apa itu Subway?

Subway merupakan restoran sandwich yang pernah hadir di Jakarta dan Bali pada tahun 1990-an, namun seluruh gerainya tutup di tahun 2000. Akhir tahun ini Subway akan kembali muncul di tanah air dan bekerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, yang merupakan anak usaha PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MBA).

Di Indonesia, Subway akan menerapkan model waralaba sehingga kamu yang tertarik berbisnis di bidang kuliner pun dapat menjalankannya dengan bimbingan dari MBA. Peluang bisnis Subway ini bisa dibilang terbuka lebar melihat kesuksesannya di berbagai negara, termasuk negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Restoran ini bahkan sering muncul di drama Korea sehingga banyak penonton yang tergiur untuk mencobanya.


Sejarah Singkat Subway

Sejarah pendirian Subway tergolong unik dan menginspirasi. Hal ini berawal di tahun 1965, ketika seorang anak muda bernama Fred DeLuca membutuhkan biaya untuk kuliah. Kenalan dari orangtuanya, Peter Buck, menyarankannya untuk membuka kedai sandwich.

Ia pun memberikan modal sebesar USD1,000 kepada Fred untuk mengembangkan restoran ini yang ternyata sukses dan disukai oleh banyak konsumen. Hingga kini, Subway telah memiliki lebih dari 40,000 gerai di berbagai negara.

Meski masuk kategori restoran cepat saji, menu sandwich di Subway tergolong sehat karena 80% terdiri atas sayuran. Konsumen pun bisa memilih menu seperti sub, salad, atau wrap.

Ukuran sub, jenis roti, keju, hingga sayuran juga dapat disesuaikan dengan keinginanmu sebagai konsumen. Tidak heran, Subway pun memiliki penggemar setia tidak hanya di negara asal, tapi juga luar negeri.

Baca juga: Rekomendasi Franchise Minuman Terlaris dan Murah untuk Bisnis


Perkiraan Modal Franchise Subway

Hingga kini MBA belum mengumumkan biaya franchise bagi pengusaha yang tertarik untuk menjalankannya. Namun, sebagai gambaran kamu bisa melihat biaya franchise Subway Singapura, seperti yang dikutip dari website resmi mereka.

Biaya franchise Subway Singapura tergantung dari jumlah dana yang kamu miliki dan lokasinya. Berdasarkan dana, ada tiga opsi biaya franchise, yaitu lower cost, moderate cost, dan higher cost.

Dari segi lokasi terdiri atas dua pilihan, yaitu lokasi tradisional dan lokasi non-tradisional. Lokasi tradisional adalah gerai Subway yang berlokasi di gedung sendiri. Jadi, di gedung tersebut tidak ada penyewa bisnis komersial atau non-komersial lainnya.

Sedangkan lokasi non-tradisional adalah gerai di area komersial dan non-komersial seperti mall, bandara, rumah sakit dan kampus.

  • Biaya franchise bagi gerai di lokasi tradisional adalah SG$213.725 untuk lower cost, SG$280.850 untuk moderate cost dan SG$350.270 untuk higher cost.

Jika memiliki dana lebih sedikit, kamu bisa memilih franchise di lokasi non-tradisional.

  • Biaya franchise di lokasi non-tradisional adalah SG$124.130 untuk lower cost, SG$217.490 untuk moderate cost dan SG$313.435 untuk higher cost.

Jadi, jika dirupiahkan, biaya frachise Subway di lokasi tradisional adalah mulai dari Rp2,2 miliar, sedangkan biaya franchise di lokasi non-tradisional berkisar Rp1,3 miliar untuk lower cost.

Biaya ini meliputi properti, asuransi, biaya pelatihan termasuk perjalanan dan penginapan, promosi pembukaan (iklan), peralatan, perlengkapan, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi Franchise Barbershop Murah Mulai dari 17 Juta!

Namun patut diingat, biaya tersebut adalah biaya franchise di Singapura yang biaya hidup dan sewa propertinya lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Jadi ekspektasinya, biaya franchise Subway di Indonesia bisa saja lebih rendah.

Jika kamu tertarik franchise Subway namun terkendala modal, tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengajukan pinjaman modal usaha melalui KoinBisnis dari KoinWorks.

Kamu pun bisa mendapatkan pembiayaan bisnis hingga Rp2 miliar dengan bunga cicilan terjangkau, yaitu antara 0,75% – 1,67% per bulan,

Cukup registrasi dan ajukan pinjaman secara online di sini melalui ponselmu, maka kamu akan memperoleh dana yang dibutuhkan.

Mudah dan aman!

Apalagi KoinWorks telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD).

Agar bisnis makin berkembang, jangan berhenti untuk belajar dan mencari inspirasi. Kunjungi LokalSupportLokal untuk memperoleh inspirasi bisnis lainnya!

Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...
usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
foundation untuk kulit kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Foundation Lokal Untuk Kulit Kering - Bicara soal foundation untuk kulit kering, brand lokal sudah bisa menjadi rekomendasi. Terlebih gaya dewy look yang...

Artikel Terkait