Peluang Bisnis Musiman Beserta Tips Suksesnya

Tahukah kamu bahwa dengan memanfaatkan peluang bisnis musiman, itu berarti kamu tidak punya penghasilan di luar musim tersebut. Dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, macam-macam bisnis musiman yang kamu jalankan bisa tetap mendapatkan keuntungan, bahkan setelah peak season berakhir. 

Bagi kamu yang tertarik atau sedang menjalankan bisnis musiman, sangat penting untuk mengelola arus kas dan memperluas penjualan selama periode offseason. Periode ini bisa kamu manfaatkan untuk merencanakan, menyusun strategi, dan membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Nah, mau tahu lebih lanjut mengenai informasi menarik seputar peluang dan macam-macam bisnis musiman? Yuk, simak artikel berikut!


Peluang Bisnis Musiman

Bisnis musiman adalah jenis bisnis yang paling menguntungkan untuk dijalankan selama periode atau musim tertentu. Model bisnis ini punya peluang yang cukup ideal buat kamu yang ingin memulai atau sudah memiliki bisnis jasa kecil dan membutuhkan uang ekstra selama offseason

Bisnis ini juga cocok buat kamu yang merupakan pebisnis pemula atau mahasiswa yang mencari tambahan penghasilan. Hanya karena bisnis ini paling laris saat musimnya, bukan berarti kamu tidak bisa memperoleh pemasukan dan meningkatkan bisnis kamu. 

Justru, kamu bisa gunakan periode ini untuk menyusun strategi bisnis, membuat perencanaan, atau bahkan memberikan pelatihan untuk karyawan agar siap untuk mencapai target pada saat musim berikutnya tiba. Selain itu, periode offseason adalah kesempatan bagus untuk mempelajari dan mengevaluasi keberhasilan strategi bisnis.

Dengan menjalankan bisnis musiman, bukan hal yang tak mungkin bagi kamu untuk tetap memperoleh keuntungan sepanjang tahun. Caranya, kamu bisa mencari alternatif bisnis lain untuk mengimbangi bisnis musiman inti kamu.

Gunakan niche bisnis serta peralatan yang tak jauh beda dengan yang kamu gunakan dalam bisnis inti kamu untuk memulai alternatif bisnis lain saat offseason. Cara ini bisa membantu kamu untuk mengurangi biaya overhead dan memudahkan untuk memasarkan bisnis baru kamu kepada sekelompok pelanggan yang sudah kamu miliki. 

Misalnya, kamu menjalankan bisnis musiman catering pernikahan. Maka saat offseason, kamu bisa mencoba alternatif bisnis lain di musim yang berbeda, seperti berjualan takjil atau membuka bisnis katering menu buka puasa saat bulan Ramadhan. 

Atau bisa juga kamu membuka bisnis jajanan lebaran saat Hari Raya Idul Fitri, menjalankan bisnis katering hidangan saat Idul Adha, atau jasa katering aqiqah. Dengan begini, kamu bisa tetap memperoleh pemasukan sepanjang tahun meskipun offseason.


Rekomendasi Bisnis Musiman yang Bisa Jadi Cuan

Buat kamu yang tertarik memanfaatkan peluang bisnis musiman, berikut ini macam-macam bisnis musiman yang patut kamu coba:

1. Peluang Bisnis Musiman Bulan Ramadhan

Ramadhan dikenal sebagai bulan yang penuh rahmat dan rejeki. Di bulan ini, kamu bisa beribadah dengan nyaman dan juga mendapatkan rejeki yang lebih banyak dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. 

Selain itu, kamu bahkan juga bisa membuka lapangan pekerjaan, terutama untuk mereka yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini. Berikut beberapa contoh peluang bisnis yang bisa kamu jalankan di bulan Ramadhan:

  • Bisnis Katering

    Peluang bisnis katering jelas sangat menjanjikan selama Ramadhan. Apalagi jika menyasar orang-orang yang kesulitan menyiapkan makanan sendiri saat akan sahur atau berbuka puasa, baik yang tinggal sendiri maupun yang berumah tangga namun tidak sempat memasak sendiri.

    Melalui peluang bisnis ini, kamu bisa membuka jasa memasak dan mengantarkan catering ke setiap pelanggan yang membutuhkan makanan bergizi puasa mereka tetap lancar.

    Area pengiriman catering juga dapat disesuaikan dengan wilayah dan jam pengiriman. Bila kamu tertarik menjalankan bisnis ini di bulan Ramadhan, maka sediakan pilihan menu makanan rumahan yang enak, namun bergizi dan tentunya halal.

  • Berjualan Takjil

    Jika bisnis katering kamu anggap sulit, maka kamu bisa coba menjajaki bisnis kuliner dalam skala yang lebih kecil, seperti takjil. Dibandingkan katering, membuat takjil jauh lebih ringkas dan cepat.

    Takjil juga merupakan peluang bisnis musiman yang bagus dan selalu menjadi primadona saat Ramadhan tiba. Apalagi dalam suasana pandemi ini, ada baiknya kamu menyiapkan layanan pesan antar untuk pelanggan atau kalau bisa mendaftarkan bisnis kamu ke aplikasi pemesanan makanan secara online.

  • Menjual Baju Muslim

    Busana muslim juga menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari menjelang lebaran. Banyak orang akan mencari baju muslim, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk couple satu keluarga. Tentu kamu tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini.

    Buat kamu yang punya skill menjahit, kamu bisa membuat berbagai model pakaian lainnya dari yang ada di pasaran. Namun, jika kamu tidak bisa menjahit sendiri, maka kamu bisa dapat memasok pakaian dari supplier dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

  • Bisnis Jajanan Lebaran

    Kue-kue lebaran seperti nastar, kaasstengels, kue putih salju, dan lain-lain selalu muncul di hari raya Idul Fitri. Permintaan kue ini juga akan meningkat bahkan sejak awal Ramadhan. Jika kamu memiliki bakat untuk menyiapkan jajanan ini, maka jangan ragu untuk memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini.

    Kamu bisa menjualnya per toples atau paket hampers. Kemas dengan rapi dan jangan lupa beri tanggal kadaluarsanya juga. Maksimalkan peluang bisnis ini dengan sistem pre-order dan delivery jika kepada pelanggan agar kualitas rasanya tetap terjaga.

  • Desain dan Jual Amplop Lebaran
    Kamu pasti sudah tak asing dengan tradisi bagi-bagi uang tunai kepada anak-anak saat lebaran, bukan? Tradisi ini bisa kamu manfaatkan dengan memulai menjual amplop lebaran dengan aneka gambar dan desain yang menarik.

2. Peluang Usaha Saat Hari Raya Natal

Memulai bisnis baru saat hari raya Natal bisa jadi sangat menguntungkan, loh. Ada banyak ide bisnis Natal yang bisa kamu mulai, di antaranya:

  • Gift Shop

    Selama musim Natal, orang-orang (terutama yang beragama Kristen) akan merasa exited untuk saling memberikan hadiah. Dari peluang bisnis musiman ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka gift shop.

    Kamu juga bisa sekalian menjual aneka gift box supaya pelanggan bisa membuat hadiah jadi lebih berkesan. Kamu bisa menggunakan ide-ide kreatif kamu untuk membuat gift box yang unik.

  • Desain dan Penjualan Kartu Natal

    Tidak hanya saat lebaran, momen Natal pun biasanya digunakan umat Kristiani untuk saling memberikan kartu ucapan. Pada musim natal ini permintaan pelanggan akan kartu natal cukup besar.

    Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendesain dan menjual kartu natal. Apalagi sekarang dengan bantuan komputer dan aplikasi, mendesain kartu menjadi sangat mudah.

    Dengan kreativitas dan skill desain dasar, kamu bisa memulai bisnis ini. Beberapa desainer memilih niche seperti mendesain kartu Natal yang lucu, romantis, elegan, dan sebagainya.

  • Jasa Dekorasi Natal

    Hari raya Natal juga bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa dekorasi. Saat, Natal, berapa keluarga lebih suka kalau rumahnya penuh dekorasi yang bernuansa natal, namun tidak punya cukup waktu untuk mendekorasi sendiri.

3. Peluang Bisnis Menjelang Tahun Baru

Untuk beberapa alasan, akhir tahun biasanya menjadi salah satu peluang bisnis musiman terbaik untuk menghasilkan cuan. Berikut ini beberapa peluang usaha menjelang tahun baru yang bisa kamu manfaatkan:

  • Membuka Jasa Event Organizer

    Menjelang tahun baru biasanya orang-orang akan merencanakan pesta dan perayaan, terutama di kantor, komunitas, atau organisasi lain. Kamu bisa bermitra dengan penyelenggara acara untuk menawarkan berbagai layanan. Misalnya musik, penjualan makanan, dekorasi, layanan kebersihan (sebelum dan sesudah acara), dan lain-lain.

  • Berjualan Mainan dan Kembang Api

    Perayaan tahun baru kurang lengkap rasanya jika tidak disemarakkan dengan aneka mainan dan kembang api. Kamu sendiri mungkin menjumpai penjual mainan dan kembang api lebih banyak saat akhir tahun dari pada bulan-bulan sebelumnya.

    Kamu tidak harus memiliki toko besar untuk membangun bisnis ini. Mislanya, kamu bisa mendapatkan pasokan mainan dan kembang api murah dari distributor grosir dan menyewa tempat di mal atau tempat berjualan lainnya.

4. Peluang Usaha Saat Idul Adha

Tidak hanya saat Idul Fitri, hari raya Idul Adha pun bisa jadi kesempatan emas untuk meraup pundi-pundi rupiah. Di antaranya adalah jual hewan kurban. Sebagaimana kamu tahu bahwa penjualan sapi dan kambing meningkat drastis menjelang Idul Adha. 

Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan membuka bisnis ini dan dapat menghasilkan banyak uang. Selain menjual hewan kurban, kamu menawarkan jasa katering daging kurban untuk menghasilkan cuan.


Tips Sukses Bisnis Musiman

Dengan menjalankan bisnis musiman, itu berarti kamu hanya punya sedikit waktu untuk menghasilkan keuntungan. Maka dari itu, kamu perlu memanfaatkan offseason untuk tetap menjaga arus kas. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan saat menjalankan bisnis musiman:

  • Manfaatkan offseason untuk marketing melalui media sosial.
  • Tetap pertahankan hubungan dan komunikasi dengan pelanggan.
  • Minimalkan pengeluaran selama offseason.
  • Cari peluang bisnis lain yang memiliki musim lebih lama.
  • Evaluasi kinerja dan rencana bisnis kamu untuk musim depan.

Nah, itulah beberapa peluang dan macam-macam bisnis musiman yang patut kamu coba untuk mendapatkan cuan. Sangat beragam, bukan? Meskipun musiman, tapi dengan komitmen yang tinggi bisnis kamu juga berpotensi untuk berkembang dan tumbuh lebih besar.


Belum memutuskan mau usaha apa? Kamu bisa temukan inspirasi dan tips bisnis lainnya melalui situs #LokalSupportLokal, wadah berbagi dukungan untuk para pebisnis pemula.

Mimpinya kembangkan bisnis di pasar global
Kenyataannya masih kurang modal


Eits .. Jangan sedih!
KoinBisnis bisa kasih kamu pinjaman modal sampai dengan Rp. 2 Miliar

Simulasikan pinjamanmu sekarang!
Kalkulator Simulasi Pinjaman
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Cek SKOR Kredit

Klik Gambar Dibawah!

Artikel Terpopuler

usaha-barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop

Tips Sukses Memulai Usaha Barbershop - Ingin memulai bisnis barbershop namun bingung mulai dari mana? Usaha barbershop (pangkas rambut) memang berkembang cukup pesat terutama...
Simply Fresh Laundry

Simple, Ini Cara Raih Untung dengan Bisnis Waralaba Simply Fresh Laundry!

Bagi kamu yang pernah tinggal di kawasan pemukiman dan daerah kampus di Yogyakarta, pasti sudah tidak asing dengan brand Simply Fresh Laundry. Berawal dari usaha...
usaha bengkel mobil

Tertarik Usaha Bengkel Mobil? Ini Estimasi Modal dan Tips Suksesnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan tingginya jumlah pengguna mobil. Hal ini pun terlihat dari padatnya ruas jalan di kota-kota besar—yang dipenuhi oleh...
cara memilih supplier usaha kuliner

7 Tips Mencari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Kamu

Peluang usaha kuliner semakin bersinar di tahun 2021. Meski di tengah pandemi corona, usaha kuliner tidak terlalu terkena dampak ekonomi yang menurun. Sebaliknya, justru semakin banyak keuntungan bisnis yang...
bisnis sambal kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan

Alasan Untuk Segera Memulai Bisnis Sambal Kemasan - Sambal masih menjadi primadona yang identik dengan kebanyakan santapan khas Indonesia. Rasanya yang pedas dan lezat menambah...

Artikel Terkait